17 Top Makanan yang mengandung vitamin C tinggi

Vitmain C adalah salah satu dari sekian banyak vitamin yang larut dalam air. Manfaat dan fungsi Vitamin C sangat banyak sekali bagi kesehatan, mulai dari mencegah sariawan sampai membantu tubuh melawan infekesi.

Fungsi vitamin C

Fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.  Karena Vitamin C juga merupakan antioksidan, maka dapat membantu melindungi sel-sel darah putih dari kerusakan oksidatif.

Kesehatan kulit. Vitamin C sering digunakan sebagai buah sehat untuk kulit, bahkan serum vitamin C juga telah digunakan untuk perawatan kecantikan. Tetapi manfaat yang sesungguhnya dari vitamin C untuk kulit adalah karena vitamin ini mampu melindungi kulit dari kerusakan seperti keriput dan kulit kering.

makanan tinggi vitamin C
makanan tinggi vitamin C

Mengurangi Risiko Stroke. American Journal of Clinical Nutrition mempublikasikan penelitian jika vitamin C dapat memberikan efek menguntungkan bagi penderita stroke. Dalam studi tersebut mengungkap orang-orang dengan kadar tinggi vitamin C dalam darah mereka memiliki risiko 50% lebih rendah untuk terkena stroke.

Makanan yang mengandung tinggi vitamin C

1. Jambu biji. Makanan yang mengandung vitamin C paling terkenal adalah buah jeruk, padahal kandungan vitamin C dari jambu biji jauh lebih tinggi jika dibandingkan jeruk. Satu buah jambu biji berukuran sedang setidaknya mengandung 125,57mg Vitamin C. Jumlah ini sudah melebihi dari kebutuhan vitamin C kita perharinya, yaitu lebih dari dua kali dari jumlah harian yang direkomendasikan.

2. Paprika. Paprika adalah makanan yang mengandung tinggi vitamin C selanjutnya. Paprika banyak warna dan hampir dari semuanya mengandung tinggi vitamin C, tetapi paprika merah diyakini yang paling tinggi. Paprika adalah sayuran yang masuk dalam keluarga cabai, meskipun sekilas memiliki tampilan seperti tomat. 1 buah paprika mengandung sekitar 341,31 mg Vitamin C (569% DV).

3. Kembang kol. Satu porsi kembang kol menyediakan 46,4mg Vitamin C, atau tiga perempat dari jumlah kebutuhan vitamin rata-rata orang dewasa. Sayuran ini adalah makanan yang sangat lezat dan tinggi nutrisi sehingga menjadi menu ideal untuk anda. Kembang kol juga relatif rendah kalori sehingga anda tidak perlu khawatir soal kenaikan berat badan.

4. Kubis. Kubis mentah biasanya digunakan sebagai hiasan dalam makanan, tetapi sebenarnya manfaat kubis tidak terbatas itu. Kubis mengandung tinggi vitamin C yang sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem imun.  Satu cangkir kubis cincang sudah memenuhi lebih dari kebutuhan vitamin C harian anda. Jadi tunggu apa lagi, bagi anda yang membutuhkan makanan tinggi vitamin C masukkan sayur yang satu ini ke dalam menu sehat.

5. Sawi hijau. Sawi adalah makanan sehat tinggi nutrisi. Sawi mengandung rendah lemak sehingga cocok bagi pelaku diet sehat. Satu cangkir sawi cincang menyediakan 539,2 miligram vitamin C. Selain itu, sawi hijau juga diperkaya dengan nutrisi lain seperti kalsium, folat, serta vitamin A dan vitamin K.

6. Lobak hijau. Satu cangkir lobak mentah mengandung 33 mg Vitamin C. Lobak bisa menjadi makanan tambahan sumber antioksidan dan menyediakan lebih dari setengah dari jumlah total vitamin C yang direkomendasikan. Vitamin C dalam lobak bermanfaat meningkatkan sistem imun sekaligus menangkal serangan virus.

7. Brokoli. Brokoli sangat terkenal karena mengandung tinggi antioksidan yang bermanfaat menangkal efek buruk radikal bebas dari polusi udara. Brokoli merupakan makanan ideal untuk membersihkan paru-paru dari racun dan polusi. Satu cangkir brokoli cincang memberikan sekitar 81,18 mg Vitamin C, jumlah tersebut sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian anda.

8. Buah kiwi. Buah kiwi memiliki harga cukup mahal, tetapi manfaat yang dimilikinya cukup sepadan dengan harganya. Buah kiwi diperkaya dengan vitamin C yaitu 84,36 mg. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Cobalah mengganti camilan anda dengan buah-buahan sehat seperti kiwi dan dapatkan manfaat yang banyak darinya.

9. Buah nanas. Buah tropis dengan bentuk khas ini bisa digunakan untuk salad atau smoothie. Nanas mengandung tinggi vitamin C dan memenuhi sekitar 131% dari kebutuhan vitamin C harian. Selain vitamin C, nanas juga mengandung banyak nutrisi sehingga sangat bermanfaat memperkuat tulang, meringankan gejala arthritis, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

10. Tomat. Sayuran ini memang diperdebatkan apakah masuk dalam kategori buah atau sayur.  Terlepas dari itu, tomat adalah makanan paling menguntungkan karena memiliki kandungan antioksidan ganda. Tomat memiliki salah satu antioksidan paling kuat yaitu likopen. Antioksidan ini dipercaya mampu mencegah kanker dan kondisi kesehatan lainnya. Belum lagi tomat juga merupakan sumber vitamin C.  Tomat berukuran sedang mengandung 28,78 mg Vitamin C (48% DV).

11. Strawberry. Buah dengan tampilan menawan ini memang memiliki daya tarik tersendiri dikalangan penggemarnya. Terlepas dari kandungan nutrisinya, buah strawberry masih tetap menjadi primadona banyak orang. Buah ini relatif mahal, tetapi mengandung tinggi antioksidan dari vitamin C. Satu cangkir strawberry cincang sudah memenuhi lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda.

12. Melon. Melon masih satu keluarga dengan mentimun. Dalam hal manfaat keduanya juga tidak jauh berbeda. Melon mengandung tinggi vitamin C, 1/8 menyediakan setidaknya 20,19 mg vitamin C atau setera dengan 34% kebutuhan vitamin C anda. Karena kandungan nutrisinya yang tingi, melon diketahui juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi tingkat stres. Selain vitamin C, Buah ini juga diperkaya dengan kalium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi.

13. Buah Mangga. Buah mangga sangat mudah dibudidayakan di Indonesia, maka tidak heran jika pohon mangga sangat sering dijumpai khususnya di daerah pedesaan. Mangga memiliki harga cukup terjangkau, tetapi memiliki manfaat yan tidak sedikit. Buah mangga diperkaya dengan aneka mineral dan vitamin seperti vitamin C. Buah mangga segar berukuran sedang memberikan 57,34 vitamin C. Mengkonsumsi mangga juga memberikan anda banyak nutrisi seperti Vitamin A, E, dan B6, serta mineral termasuk tembaga dan kalium.

14. Buah jeruk. Diantara semua makanan tinggi vitamin C di atas, jeruk merupakan yang paling populer, meskipun bukan yang paling tinggi dalam hal kandungan vitamin C. Jeruk memang memiliki rasa asam manis yang unik sehingga membuatnya banyak digemari banyak orang. Dalam buah jeruk segar mengandung sekitar 36,11 vitamin C, masih kalah jauh dengan jambu biji, tetapi setidaknya buah jeruk bisa menjadi pilihan yang lezat. Belum lagi, jeruk juga menyediakan nutrisi penting seperti asam folat, kalium, dan vitaminB.

15. Buah pepaya. Buah pepaya sering digunakan sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Satu buah pepaya berukuran sedang mengandung 187,87 mg vitamin C. Itu lebih dari tiga kali lipat kebutuhan vitamin C harian.

16. Kubis merah. Tidak jauh berbeda dengan kubis biasa, kubis merah juga menyediakan vitamin C.  Satu cangkir kubis merah segar mengandung 50,73 mg Vitamin C dan 993.2IU Vitamin A.

17. Buah ceri. Ada banyak jenis  bauh ceri, hampir semuanya mengandung tinggi vitamin C. Buah memang merupakan sumber terbaik dari vitamin dan mineral, terlebih buah juga lebih rendah lemak sehingga baik dikonsumsi secara rutin. Satu cangkir Buah ceri segar mengandung sekitar 1644,05 miligram Vitamin C (2740% DV).
loading...