Sunday, October 4, 2015

10 manfaat buah ceri yang mengagumkan

Ceri adalah buah kecil yang memiliki warna merah menawan. Ceri sering digunakan sebagai penghias kue atau minuman manis seperti jus dan sirup. Tetapi manfaat buah ceri tidak sesimpel itu, buah ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi penitng untuk tubuh yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi dalam buah ceri diantaranya: vitamin A, C, K, kalsium, magnesium, kalium dan zat besi. Beberapa manfaat buah ceri diantaranya:

manfaat buah ceri
gambar buah dan jus ceri

1. Mengatasi susah tidur. Banyak dari jenis buah ceri mengandung melatonin yang biasanya diproduksi oleh otak untuk mengatur siklus tidur. Sementara itu, tubuh tidak dapat memproduksi melatonin sendiri, jadi sangat penting bagi kita untuk mendapatkannya dari makanan seperti ceri. Melatonin memiliki banyak fungsi di dalam tubuh, diantarnya mengatasi dpresi, stress dan gangguan mental lainnya, termasuk rasa cemas berlebih.

2. Mengurangi gejala osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit nyeris sendi yang biasanya dialami oleh kaum lansia. Penelitian menunjukkan bahwa minum jus buah ceri segar dapat membantu meringankan nyeri pada penderita osteoarthritis. Dalam penelitian tersebut mengungkap bahwa penderita osteoarthritis yang minum setidaknya dua botol jus ceri segar setiap hari selama 6 minggu mengalami penurunan tingkat nyeri.

3. Melawan sel kanker. Sama halnya dengan buah berry, ceri juga mengandung tinggi antioksdian yang mampu mencegah kerusakan sel akibat kanker. Selain itu, Antioksidan dalam buah ceri yang disebut anthocyanin dapat membantu mencegah penyakit jantung dan serangan virus. Minum jus buah ceri segar 2 gelas perhari dapat membantu anda mendapatkan asupan antioksdian.

4. Menjaga kestabilan berat badan. Buah ceri merupakan buah dengan kandungan air cukup tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pencahar alami. Kandungan serat dalam buah ceri juga bermanfaat melancarkan proses pencernaan yang pada gilirannya akan menguragi perut buncit.

5. Mencegah diabetes. Buah ceri memiliki warna cerah,  yang menunjukkan bahwa buah ini kaya akan antioksidan. Dalam sebuah penelitian kepada hewan menunjukkan bahwa antioksidan yang disebut anthocyanin dalam buah ceri mampu meningkatkan produksi insulin. Sehingga bisa menurunkan kadar gula darah pada orang normal. Sedangkan pada pasien diabetes konsumsi buah ceri akan membantu meringankan penyakit mereka. Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada hewan, para peneliti memperkirakan hasilnya tidak akan jauh berbeda pada manusia.

6. Mengurangi risiko stroke. Penelitian di University of Michigan Health System menemukan bahwa mengkonsumsi buah ceri dapat memberikan bantuan dalam mengatur gen yang bekerja dengan lemak dan glukosa metabolisme, yang pada gilirannya akan membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk jantung dan stroke.

7. Meningkatkan sistem imun. Ceri tergolong sebagai salah satu makanan yang mengandung tinggi vitamin C. Dalam satu cangkir buah ceri segar setidaknya menyediakan sekitar 1644,05 mg vitamin C. Setengah dari jumlah tersebut sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C memainkan peran penting dalam menjaga tubuh dari serangan virus dan infeksi termasuk flu.

8. Membuat awet muda. Penuaan adalah proses alami, dan semua orang akan mengalaminya. Tetapi, proses penuaan bisa cepat atau lambat tergantung dari gaya hidup yang kita terapkan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar tetap terlihat awet muda adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah ceri. Antioksidan sangat penting untuk mencegah keriput yang disebabkan oleh radikal bebas dari polusi.

9. Mencegah penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah kondisi dimana terjadi penurunan fungsi kognitif pada otak yang diakibatkan oleh faktor usia. Penyakit ini sulit diobati, tetapi bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi buah segar yang kaya antioksidan seperti buah ceri.

10. Jantung yang sehat. Ceri bisa digunakan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan jantung anda. Buah ini mengandung sejumlah kalium yang bermanfaat mengatur detak jantung pada tingkat normal.
loading...