Sunday, October 25, 2015

10 Manfaat susu untuk kecantikan kulit dan rambut

Susu adalah salah satu sumber nutrisi paling menguntungkan untuk manusia. Segelas susu diperkaya dengan kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, D, B6, B12, dan protein. Jelas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi manfaat susu tidak sebatas itu saja, susu memiliki banyak kegunaan untuk perawatan tubuh kita termasuk mencegah jerawat.

Bahkan, Cleopatra, ratu legendaris dari Mesir diketahui sering menggunakan susu sebagai bahan perawatan kecantikannya. Susu mengandung asam laktat yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan juga mempromosikan pembaharuan sel. Kandungan asam laktat ini telah mengilhami penggunaan susu secara luas sebagai bahan produk kecantikan. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat susu untuk kecantikan, berikut daftarnya:

manfaat susu untuk kecantikan
Ilustrasi manfaat susu untuk kecantikan

1. Memutihkan kulit. Manfaat susu ternyata bukan hanya untuk memperkuat tulang saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai perawatan wajah. Susu bisa digunakan sebagai bahan kecantikan yang bermanfaat mencerhakan wajah secara alami tanpa efek samping. Kandungan asam laktat yang tinggi dalam susu bukan hanya baik untuk menghaluskan kulit, tetapi juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan wajah. Untuk menggunakannya: masukkan susu murni segar ke dalam mangkuk dan celupkan kain lap lembut, peras kemudian terapkan ke kulit wajah anda. lakukan cara ini setidaknya tiga kali seminggu sebelum mandi.

2. Manfaat susu untuk mengenyalkan wajah. Jika anda membutuhkan perawatan wajah alami, susu bisa menjadi bahan yang tepat. Susu mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang sangat diperlukan untuk perawatan kecantikan, terutama kulit wajah. Cara penggunaannya adalah: Ambil 2 sendok makan susu murni mentah, Tuangkan dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan madu plus 1 kapsul vitamin E. Aduk ketiganya secara merata setelah itu terapkan ke seluruh wajah anda, tetapi sebelumnya cuci wajah anda sampai bersih untuk menghindari kotoran yang menempel di permukaan kulit wajah. Diamkan setidaknya 30 menit, kemudian cuci sampai bersih.

3. Manfaat susu sebagai pembersih wajah. Secara alami susu sering digunakan sebagai produk kecantikan yang memiliki efek membersihkan. Saat diterapkan pada permukaan kulit wajah, susu dapat menghilangkan kotoran dalam pori-pori kulit yang menjadi penyebab munculnya komedo dan jerawat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan susu murni ke seluruh bagian wajah. Setelah itu gunakan bola kapas bersih atau kain lap, untu meratakan susu pada kulit dengan gerakan circulat lembut. Melakukan cara ini setiap hari bisa membantu anda mendapatkan wajah kenyal bersih dan bebas kotoran.

4. Manfaat susu untuk pertumbuhan rambut. Susu mngandung segudang nutrisi penting seperti kalsium dan protein. Protein dalam susu dapat membantu anda mendapatkan rambut kuat sekaligus bersinar. Susu juga mengandung kasein dan whey protein yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Protein dalam susu merupakan nutrisi penting dalam membuat rambut lebih tebal dan sehat. Sedangkan kalsium memainkan peran penting untuk kekuatan rambut sekaligus mencegahnya dari  kerontokan. Belum lagi susu juga menyediakan vitamin A, B6, biotin dan kalium yang bisa membuat membuat rambut menjadi lebih berkilau.

5. Melindungi kulit wajah. Jika Anda sering membeli toner dengan bahan kimia, sebaiknya mulai dari sekarang beralih menggunkan susu. Sebagai bahan perawatan kecantikan, susu sangat aman dan cukup efektif.  Campurkan beberapa tetes susu dengan teh hijau dalam mangkuk. Oleskan ramuan tadi ke seluruh kulit wajah anda. Biarkan selama beberapa menit, setelah itu cuci sampai bersih. Menggunakan susu dengan cara tersebut bisa menyembuhkan kulit akibat sengatan matahari.

6. Manfaat susu untuk Spa kaki. Manfaat susu bukan hanya untuk kulit dan rambut saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan spa kaki. Penggunaan: Campurkan susu dan air panas hingga terasa hangat. Rendam kaki anda sambil bersantai selama kurang lebih 30 menit. Melakukan cara di atas secara rutin dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati di kaki. Bagi anda yang ingin menghilangkan bau kaki, mungkin bisa mencoba cara tersebut.

7. Menghilangkan bekas luka. Manfaat yang menakjubkan dari susu adalah menyamarkan bekas luka. Tetapi untuk melakukannya kita membutuhkan bahan lain yaitu madu murni.
Caranya: Ambil satu sendok madu murni dan susu, campurkan keduanya ke dalam mangkuk kecil kemudian aduk hingga merata. Oleskan ke bagian bekas luka secara perlahan. Lakukan secar rutin hingga bekas luka mulai memudar.

8. Anti penuaan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan manfaat susu bagi kecantikan. Kita bisa menerapkannya secara langsung ke wajah atau mengkonsumsinya.  Susu mengandung tinggi antioksidan yang dapat melawan efek buruk radikal bebas dari lingkungan. Perlu kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan salah satu faktor utama penuaan. Untuk mendapatkan hasil maksimal anda bisa menambahkan madu murni.

9. Kulit berminyak. Susu sangat cocok digunakan untuk berbagai macam jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Susu bisa menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat dan komedo. Susu bekerja dengan cara membuat kulit menjadi lebih lembab alami sehingga mengurangi produksi minyak berlebih. Minyak secara alami digunakan oleh kulit untuk membuatnya tetap lembab. Jadi, kulit kering biasnya juga dibarengi dengan minyak berlebih.

10. Manfaat susu untuk kulit sensitif. Memiliki kulit sensitif memang sangat merepotkan karena orang dengan kulit jenis ini harus sering mencari pembersih wajah yang anti-iritasi. Tidak semua produk kecantikan bisa cocok dengan kulit sensitif, oleh sebab itu anda membutuhkan bahan perawatan yang alami seperti susu. Susu selain lebih aman, juga bisa dicampur dengan bahan alami lain termasuk madu dan lidah buaya.   
loading...