13 Manfaat tauge bagi kesehatan dan kecantikan

Kecambah atau tauge adalah biji yang mulai berkembang untuk menjadi tumbuhan.  Proses biji menjadi kecambah ini akan membuat kacang dan biji-bijian akan lebih mudah dicerna dan meningkatkan kandungan gizi di dalamnya. Tauge umumnya ditambahkan dalam makanan seperti sup atau soto untuk memberikan sensasi rasa menyegarkan, hal ini mirip dengan lalapan.  Jika anda masih belum banyak mengetahui manfaat tauge, berikut informasinya:

manfaat tauge
Gambar tauge

1. Baik untuk wanita hamil. Tauge (kecambah) bisa diandalkan sebagai sumber vitamin B12 atau asam folat, terutama tauge kacang hijau. Satu cangkir tauge bisa memasok tubuh hingga 16 persen dari kebutuhan asam folat harian anda.  Di dalam tubuh kita asam folat berfungsi membantu tubuh memproduksi DNA, asam amino dan sel darah merah, dimana kesemuanya sangat diperlukan selama masa kehamilan. Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan seorang ibu memiliki risiko besar melahirkan cacat.

2. Meningkatkan sistem imun. Tauge bisa anda jadikan salah satu makanan sumber vitamin C karena dalam 1 cangkir tauge mengandung sekitar 13 mg vitamin C. Vitamin C sangat penting sekali bagi tubuh kita karena berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Wanita membutuhkan setidaknya 75 mg vitamin C setiap hari sedangkan  pria 90 mg. Untuk memastikan kandungan nutrtisi tauge tetap terjaga, usahakan anda tidak memasaknya atau memakannnya secara mentah. Tetapi jika anda tidak menyukainya, rebuslah sebentar agar kandungan nutrisi dalam tauge tidak hilang.

3. Menurunkan kolesterol. Pada umumnya tauge menyediakan tinggi serat, khususnya serat larut. Serat jenis ini sangat berguna untuk menciptakan rasa kenyang secara alami dengan memperlambat transisi dari makanan melalui lambung dan usus. Di dalam tubuh, serat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat yang menjadi biang keladi banyak penyakit termasuk penyakit jantung.

4. Kesehatan rambut. Secara alami tauge mengandung Vitamin K, vitamin larut dalam lemak yang membangun protein dalam kulit kepala untuk mempertahankan kekuatan akar rambut. Belum lagi, tauge sendiri juga merupakan sumber protein nabati seperti halnya jenis kacang. Sumber protein nabati dari tauge memiliki kualitas tinggi karena di sisi lain juga rendah lemak.

5. Mencegah anemia. Makanan kecil ini ternyata juga merupakan sumber zat besi cukup baik. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hemoglobin yang pada gilirannya menciptakan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah akan menyebabkan anemia dan akan menghambat peredaran oksigen di dalam tubuh melalui sel darah merah. Tambahkan tauge ke dalam makanan tinggi zat besi lain seperti hati unggas, daging kalkun dan daging sapi sebagai pelengkap.

6. Diet sehat. Tauge sangat tinggi serat dan rendah kalori, sehingga dapat memberikan bantuan kepada anda yang ingin menurunkan berat badan. Makan tauge akan membuat anda merasa kenyang lebih lama dari nutrisi yang dimilikinya tanpa harus khawatir akan menjadi gemuk. Dengan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh, anda tidak akan cepat merasa lapar sehingga akan mengurangi nafsu makan. Jika anda benar-benar membutuhkan menu diet sehat, pertimbangkan tauge masuk di dalamnya.

7. Manfaat dari enzim. Untuk membuat benih bisa berkembang cepat mereka membutuhkan enzim. Diperkirakan ada hingga 100 kali enzim menguntungkan bagi kesehatan di dalam tauge. Selain itu, tauge juga merupakan sumber yang sangat baik dari inducer enzim yang melindungi terhadap karsinogen kimia.

8. Manfaat kesuburan. Banyak masyarakat yang mengatakan jika ingin cepat hamil harus banyak makan tauge. Hal ini menjadi indikasi jika tauge bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Salah satu alasannya adalah tauge memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi yang membantu melindungi sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan asam folat dalam tauge juga bisa memberikan dorongan kesehatan pada wanita hamil sekaligus mencegah mereka melahirkan cacat.

9. Mencegah rambut rontok. Tauge kaya akan nutrisi seperti vitamin E, Kalium, dan Besi, dimana kesemua nutrisi tersebut sangat penting untuk memelihara kekuatan rambut.  Selain itu, kebanyakan jenis tauge juga merupakan sumber protein nabati yang baik untuk pertumbuhan rambut sekaligus mempertahankan kekuatannya.

10. Manfaat untuk alergi dan asma. Ada banyak alasan kenapa anda harus rutin mengkonsumsi tauge, salah satunya adalah tauge dapat meringankan Alergi dan Asma. Tauge jika dikonsumsi secara rutin dengan porsi cukup bisa membantu mengurangi reaksi alergi, termasuk asma, yang merupakan kondisi peradangan pada sistem pernapasan.  Untuk mendapatkan manfaat tauge anda bisa menggunakannya menjadi lalapan atau  membuatnya menjadi sup.

11. Mencegah diabetes. Di Jepang telah diadakan penelitian untuk mencari tahu manfaat tauge bagi penderita diabetes. Dari penelitian tersebut menunjukkan jika seseorang yang diberikan tauge dari beras merah mengalami kadar glukosa darah lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa tauge bisa memberikan bantuan kepada mereka dengan diabetes.

12. Mendukung kesehatan jantung. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika tauge bermanfaat menurunkan kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Selain itu,  tauge merupakan sumber kalium, mineral penting untuk kontraksi otot jantung dan menormalkan tekanan darah.Tekanan darah yang terkontrol menjadi indikasi penting untuk menjaga kesehatan jantung kita.

13. Kecantikan kulit. Sudah tidak diragukan lagi jika tauge merupakan sumber vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tauge dapat membantu meremajakan dan menghaluskan kulit secara alami. Di dalam tubuh Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang akan melindungi sel dari serangan radikal bebas sehingga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan di wajah. 
loading...