14 Manfaat asparagus dan kandungan nutrisinya

Asparagus merupakan sayuran musim semi dan masih satu anggota keluarga lily. Asparagus juga dikenal sebagai asparagus officinalis, merupakan tanaman yang dibudidayakan secara luas di seluruh Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat. Asparagus adalah salah satu sayuran bergizi yang kaya nutrisi diantaranya kalium, asam folat, vitamin B6, tiamin dan serat.

Manfaat asparagus
Gambar: Manfaat asparagus

Nilai gizi asparagus sangat mengesankan karena sayuran ini hampir tidak memiliki kandungan lemak dan sangat rendah kalori, dimana dalam 5 biji asparagus hanya mengandung 20 kalori tetapi di sisi lain mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, protein, dan mineral.

Kandungan nutrisi asparagus

  • 20 kalori per cangkir
  • 2 gram protein
  • 60% folacin
  • 38% vitamin K
  • 20% vitamin C
  • 15% vitamin B1 Thiamin
  • 10% vitamin B6
  • 8% vitamin A
  • 6% vitamin B2 Riboflavin
  • 5% vitamin B3 Niacin
  • 2% kalsium
  • 4% magnesium
  • 4% tembaga

Manfaat Asparagus bagi kesehatan dan kecantikan

1. Wanita hamil. Tingginya kandungan asam folat, kalsium dan mineral lainnya dalam asparagus sangat penting bagi wanita hamil untuk mengurangi risiko cacat lahir. Jus asparagus juga memiliki efek deuretik yang membantu mengurangi retensi air pada wanita hamil.

2. Gejala PMS. Efek diuretik yang diberikan asparagus dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri selama pramenstruasi. Sedangkan magnesium dalam asparagus berguna dalam membantu mengontrol emosi, kelelahan, depresi dan gangguan mental lainnya.

3. Melawan sel kanker. Asaparagus memiliki senyawa yang disebut dengan Protodioscin, senyawa ini diyakini dapat mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Cancer Investigation pada 2003 lalu menemukan bahwa protodioscin dalam asparagus memiliki aktivitas anti-kanker. Selain itu, Asparagus juga diperkaya dengan glutathione, senyawa yang bermanfaat mengeluarkan racun yang menjadi penyebab kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Kesehatan jantung. Banyak nutrisi yang ditemukan dalam asparagus memainkan peran penting untuk menjaga kesehatan jantung kita. Serat dan  vitamin B termasuk folat dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke. Vitamin B membantu mengatur homosistein, asam amino yang dapat menjadi agen  penyakit jantung jika kadarnya terlalu tinggi. Anda bisa menggunakan asparagus sebagai ramuan untuk menjaga kesehatan jantung dengan mencampur jus asparagus segar dengan madu, minum tiga kali sehari untuk memperkuat jantung lemah.

5. Kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam asparagus benar-benar memberikan bantuan pada kesehatan mata. Belum lagi, kandungan vitamin A ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan melindungi tubuh terhadap infeksi. Vitamin A dalam asparagus juga bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah dari berbagai jenis kanker.

6. Kekebalan tubuh. Selain vitamin A, asparagus juga merupakan makanan tinggi vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu vitamin C yang ditemukan dalam asparagus juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental sekaligus menangkal efek buruk radikal bebas.

7. Kekuatan tulang. Asparagus merupakan sumber vitamin K, dimana lima biji asparagus segar menyediakan sekitar 35 persen dari kebutuhan vitamin K harian anda. Vitamin K sangat penting di dalam tubuh kita untuk membantu pembekuan darah selama kita mengalami luka atau cidera, bersama dengan kalsium vitamin K juga sangat penting untuk mempertahankan kekuatan tulang. Vitamin K bekerja dengan cara mengatur mineralisasi tulang, memfasilitasi produksi protein yang diperlukan untuk penyerapan kalsium dan membantu menjaga kepadatan tulang. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam "American Journal of Clinical Nutrition" pada 2003 lalu menemukan jika rendahnya asupan vitamin K berhubungan erat dengan penurunan kepadatan tulang pada wanita.

8. Rambut yang sehat. Asparagus menyediakan aneka nutrisi seperti kalsium, antioksidan, vitamin A dan C yang berguna untuk mempromosikan kesehatan rambut. Nutrisi tersebut merangsang folikel rambut yang kemudian menghasilkan sebum (adalah zat berminyak yang terdiri dari lemak). Meskipun beberapa orang menganggap sebum ini buruk karena bisa menimbulkan masalah seperti jerawat, tetapi di sisi lain sangat menguntungkan bagi rambut karena bisa menjadi kondisioner alami dan pelembab untuk rambut anda, sehingga mencegahnya menjadi kering dan rapuh.

9. Mencegah diabetes. Manfaat asparagus bisa digunakan sebagai pencegah diabetes. Hal ini dikarenakan asparagus dapat membantu manajemen gula darah. Vitamin B dalam asparagus selain bermanfaat untuk jantung juga bisa mengatur metabolisme gula dan pati sehingga berguna menurunkan risiko diabetes tipe 2. Asparagus juga merupakan sayuran yang kaya serat sehingga benar-benar memeberikan bantuan kepada penderita diabetes.

10. Anti-inflamasi. Inflamasi adalah salah satu dari respon utama sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Asparagus mengandung senyawa anti-inflamasi seperti asparanin A, sarsasapogenin, protodioscin dan diosgenin. Peradangan kronis akibat inflamasi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti diabetes dan penyakit jantung. Sehingga mengkonsumsi makanan antiinflamasi seperti asparagus bisa mengurangi risiko pengembembangan penyakit jantung san stroke.

11. Kecantikan. Manfaat asparagus tidak terbatas pada kemampuannya mencegah penyakit, tetapi juga kecantikan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa makan asparagus secara rutin bisa memberikan manfaat kecantikan.

12. Menu diet sehat. Jika anda membutuhkan makanan untuk diet sehat, cobalah memulai dengan asparagus. Selian rendah kalori asparagus meyediakan tinggi serat yaitu sekitar 10,9% (dari kebutuhan serat harian anda) dalam satu porsi. Serat sangat penting untuk menurunkan berat badan karena membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh. Belum lagi, serat juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga akan mengurangi porsi makan kita. Asparagus juga dikenal sebagai makanan untuk menghilangkan lemak di perut karena  mengandung kalium, yang telah terbukti membantu mengurangi lemak perut.

13. Diperkaya zat besi. Bagi para vegetarian tampaknya harus memperhitungkan asparagus sebagai makanan sumber zat besi. Sayur ini mengandung setidaknya 15,9% zat besi dalam 1 porsi. Zat besi memainkan banyak peran penting di dalam tubuh kita terutama dalam pembentukan hemoglobin. Trpenuhinya zat besi di dalam tubuh akan menghindarkana anda dari masalah kesehatan seperti anemia.

14. Menurunkan kolesterol. Asparagus adalah makanan penurun kolesterol alami karena mengandung tinggi serat. Bukti menunjukkan bahwa serat sangat efektif menurunkan kolesterol. Salah satu cara serat menurunkan kolesterol darah adalah dengan mengurangi jumlah penyerapan empedu dalam usus. Bagi anda yang memiliki tingkat kolesterol tinggi, tidak ada salahnya mulai dari sekarang rutin mengkonsumsi asparagus.
loading...