6 langkah mudah untuk menjaga kesehatan tubuh

Tubuh adalah anugrah Allah yang paling besar, sedangkan kesehatan adalah nikmat yang luar biasa. Tubuh membutuhkan perlakuan yang baik agar tetap bisa bekerja optimal. Beberapa langkah sederhana diketahui cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh kita, apa saja itu? mari simak di langkah mudah menjaga kesehatan tubuh:
menjaga kesehatan
ilustrasi menjaga kesehatan

1. Tidur siang. Tidur merupakan aktivitas yang baik bagi kesehatan. Tidur adalah bagian dari cara kita mengistirahatkan tubuh dan otak. Tidur pada siang hari itu tidak perlu lama yang penting teratur.  Cukup dengan memejamkan mata selama 30 menit untuk membuat tubuh kita kembali bugar. Jika anda adalah seorang pekerja yang tidak memiliki waktu tidur di siang hari, istirahat sejenak mungkin bisa menggantikan manfaat tidur siang tersebut. Selengkapnya manfaat tidur siang bagi kesehatan

2. Berjalan kaki. Aktivitas ini tampaknya semua orang melakukannya, tetapi tidak banyak yang tahu mengenai manfaatnya. Berjalan kaki adalah olahraga paling ringan dan hampir tidak memiliki efek samping. Beberapa manfaat jalan kaki diantaranya mengurangi risiko serangan jantung, hipertensi, mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan metabolisme tubuh. Lakukan jalan kaki di pagi hari setidaknya 30 menit sebelum berangkat bekerja atau pergi ke sekolah, untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa darinya.

3. Minum air putih. Manfaat minum air putih memang sangat banyak bagi kesehatan. Air merupakan sumber kehidupan yang bisa membantu kita mengurangi risiko berbagai macam penyakit termasuk jantung dan diabetes. Tetapi sayangnya air putih sudah mulai digantikan dengan minuman lain seperti jus, softdrink, dan teh manis. Padahal minuman tersebut jika dikonsumsi secara rutin sangat berbahaya bagi kesehatan. Khusus untuk teh, saat dipadukan dengan nasi bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan.

4. Ganti camilan anda. Ngemil adalah kebiasaan yang sangat menyenangkan, tetapi di sisi lain bisa menimbulkan masalah jika kita tidak bisa mengontrolnya. Kebanyakan dari kita ngemil dengan makanan manis atau kue kering yang tentunya kurang baik bagi kesehatan. Untuk itu cobalah mengganti menu camilan anda dengan makanan seperti kacang-kacngan, buah dan biji-bijian. Ketiganya memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh termasuk protein, mineral, vitamin dan lemak baik.

5. Keluar rumah. Jika anda adalah seorang yang hidup didaerah perkotaan besar, biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, hal ini memang wajar mengingat di daerah perkotaan lebih banyak polusi jika di luar, belum lagi panasnya sinar matahari juga membuat penduduk kota enggan keluar rumah. Untuk menyiasati hal ini, anda bisa memilih taman-taman kota yang sudah disediakan untuk sekedar bersantai atau menikmati udara segar. Hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh dan mental kita. Penelitian menunjukkan bahwa melihat pepohonan akan memberikan dorongan pada kesehatan mental seseorang.

6. Kurangi aktivitas di depan LCD. Kehidupan manusia yang serba moderen ini memang tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya smarthphone ataupun komputer. Bagi sebagian orang keduanya bahkan menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Sebenarnya tidak masalah jika kita melakukan aktivitas di depan layar, tetapi anda harus tahu kapan waktunya berhenti. Tubuh kita termasuk mata membutuhkan waktu untuk beristirahat sehingga terlalu lama di depan layar akan menimbulkan masalah kesehatan, dan yang paling umum adalah menurunnya kesehatan mata. Jika anda adalah seorang pekerja yang berada di depan komputer dalam waktu lama, maka sebaiknya kurangi penggunaan smarthphone atau aktivitas lain seperti menonton tv.

Ke 6 langkah di atas adalah bagian dari cara kita menjaga kesehatan tubuh. Mungkin sebagian dari kita tidak bisa menerapkan semuanya, tetapi beberapa saja itu sudah cukup. Intinya, lakukan apa yang mungkin dan bisa anda lakukan, karena Insya Allah itu akan sangat berarti bagi kesehatan anda. Semoga bermanfaat.
loading...