6 Makanan yang mengandung tinggi fosfor

Fosfor adalah jenis mineral yang paling banyak ditemukan dalam tubuh manusia bersama dengan kalsium. Mineral ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh tetapi jika berlebih juga bisa menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi ginjal. Untuk membantu anda mendapatkan informasi mengenai jenis makanan yang mengandung tinggi fosfor, berikut daftarnya:

Makanan yang mengandung tinggi fosfor
Gambar: Makanan  tinggi fosfor

1. Kalkun. Daging kalkun merupakan sumber mineral yang sangat baik bagi tubuh. Selain terkenal karena mengandung tinggi zat besi, daging kalkun juga menyediakan fosfor cukup tinggi.

2. Biji bungan matahari. Jika anda berfikir makanan ini hanya cocok untuk hamster, sebaiknya anda berfikir ulang. Biji bunga matahari menyediakan aneka mineral dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Biji bunga matahari menyediakan fosfor, vitamin E dan zat besi, sehingga sangat cocok dijadikan camilan sehat.

3. Bawang putih. Tumbuhan yang satu ini memiliki banyak kegunaan, selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga sering dipakai sebagai bahan perawatan tubuh karena mengandung berabagai macam zat yang sangat menguntungkan bagi tubuh manusia. Bawang putih mengandung tinggi fosfor yang bermanfaat menajga kekuatan tulang dan gigi. Selain fosfor, bawang putih juga terkenal sebagai makanan untuk membersihkan paru-paru karena mengandung tinggi antioksidan penting.

4. Kacang-kacangan. Ada banyak jenis kacang yang menyediakan nutrisi penting termasuk fosfor diantarnya kacang almond, kacang brazil, dan kacang mete. Bukan hanya itu saja, beberapa jenis kacang tersebut juga menyediakan lemak baik yang berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

5. Brokoli. Tanaman paling menguntungkan di bumi, mungkin itulah gelar yang tepat untuk brokoli. Brokoli mengandung aneka nutrisi seperti vitamin, serat protein nabati, mineral dan antioksidan.  Jika anda membutuhkan asupan fosfor, masukkan brokoli ke dalam menu sehat harian anda. Belum lagi, brokoli juga masuk daftar makanan tinggi vitamin C yang membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

6. Jagung. Makanan pokok orang maudura ini bisa menjadi pilihan sempurna sebagai menu pengganti nasi putih. Jagung adalah jenis karbohidrat kompleks yang sangat baik bagi kesehatan. Jagung menyediakan mineral termasuk fosfor dan kalium. Kalium berfungsi menjaga kestabilan detak jantung, sedangkan fosfor membantu mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh.

Manfaat dan fungsi fosfor bagi tubuh:

  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  • Membantu proses DNA
  • Menjaga keseimbangan vitamin dan mineral
  • Meningkatkan fungsi ginjal

Efek samping fosfor:

Orang dewasa membutuhkan setidaknya 700 miligram fosfor setiap hari. Jika lebih dari jumlah tersebut maka akan mengakibatkan penumpukan kalsium pada ginjal.

Terlalu banyak fosfor dapat menghalangi tubuh dalam menyerap mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium dan seng. Jika hal ini terjadi maka akan menyebabakan gangguna kesehatan seperti anemia, osteoporosis dan gangguan kesehatan lainnya.

Kelebihan dosis fosfor jug bisa menimbulkan masalah kesehatan pencernaan. terutama bagi mereka yang memiliki pencernaan sensitif. Untuk itu, usahakan mendapatkan fosfor dari sumber makanan agar terhindari dari kelebihan dosis fosfor. 
loading...