7 cara mempercepat lari dengan mudah

Memiliki kecepatan berlari bisa menjadi salah satu hal yang sangat diidamkan oleh atlet lari atau pemain sepak bola. Alasannya sangat sederhana, bagi sprinter dengan kecepatan berlari maka dia akan lebih mudah memenangkan pertandingan. Sedangkan bagi pemain sepak bola, kecepatan berlari menjadi sangat penting karena olahraga ini sangat mengandalkan kecepatan, terutama bagi pemain yang mengisi posisi sayap atau striker. Jika anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan berlari anda, mungkin tips mempercepat berlari di bawah ini bisa membantu anda:

cara mempercepat lari
Gambar: Ilustrasi lari cepat

1. Prowler Push. Mendorong kereta luncur atau beban lainnya bisa membantu anda meningkatkan kecepatan lari. Hal ini berfungsi melatih otot kaki anda dengan beban sehingga membuat kaki menjadi lebih ringan saat berlari. Lakukan cara tersebut setidaknya 1 kali sehari, untuk mempercepat kemampuan berlari anda.

2. Sled Pull. Latihan yang bisa meningkatkan kecepatan lari selanjutnya adalah dengan mengikat tubuh dengan beban berupa roda mobil atau sejenisnya, kemudian berlari dengan cepat. Hal ini biasanya dilakukan pada pemain sepakbola untuk menambah stamina sekaligus kemampuan mereka dalam berlari. Dengan beban yang melekat pada bagian tengah tubuh, Anda akan memberikan latihan pada lutut saat berlari sehingga otot kaki menjadi lebih kuat.

3. Tire Flips. Cara mempercepat lari juga bisa dilakukan dengan membalik roda kendaraan besar untuk membuat anda bergerak lebih cepat. Latihan membalik roda ini akan membuat seluruh bagian tubuh kita bekerja termasuk tangan dan paha. Prinsip dalam berlari cepat (sprint) adalah saat start, yang itu bisa kita lakukan dengan otot paha yang kuat.  Cara melakukannya adalah: Taruh ban kendaraan besar di tanah, kemudian jongkok seperti akan mengangkat beban, pegang kuat-kuat bagian bawah ban tersebut kemudian balikkan sehingga mendarat kembali seperti posisi awal, tetapi pada tempat berbeda.

4. Lompat dengan bola. Latihan ini sebenarnya mudah, tetapi cukup efektif untuk  mempercepat lari anda. Prinsipnya masih sama dengan poin ke 3 tadi yaitu memperkuat otot paha, tetapi menggunakan metode yang berbeda. Caranya: mulai dengan jongkok sambil memegang bola besar, lemparkan bola tersebut ke atas bagian depan, setelah itu tangkap dengan cara melompat mengikuti bola. Lakukan cara ini berulang-ulang sesuai batas kemampuan anda.

5. Resisted Sprint. Hampir sama dengan latihan nomor 2, tetapi untuk melakukannya anda membutuhkan teman. Latihan ini berfungsi mempercepat pergerakan lutut sekaligus membuatnya menjadi lebih kuat. Caranya adalah: ikat perut anda dengan tali karet lebar.
Suruh seseorang untuk memegang karet tersebut sambil sedikit menahan, tetapi jangan terlalu kuat, hanya sebatas menghambat laju anda. Pada waktu yang bersamaan lari dengan sekencang-kencangnya. Jika latihan ini dilakukan dengan rutin dan benar, maka Insya Allah kemampuan berlari anda akan menjadi lebih cepat.

6. Skipping. Skipping ini adalah lari sambil sedikit melompat yang bertujuan melatih lompatan anda saat berlari sprint. Cara melakukannya cukup dengan lari seperti biasa tetapi dengan kecepatan yang sedang, artinya tidak dalam kecepatan penuh, kemudian ditambah dengan sedikit lompatan.

7. Hill sprint. Hill sprint atau lari di tanjakan adalah olahraga paling efektif dalam meningkatkan kecepatan lari. Cara ini selain dapat mempercepat kemampuan berlari anda, juga bermanfaat meningkatkan stamina tubuh, sehingga membuat anda tidak mudah lelah saat berlari. Caranya cukup dengan mencari tanjakan kemudian lari seperti biasa.

Untuk mempercepat lari selain melakukan latihan, anda juga perlu memilih makanan sehat yang dapat meningkatkan stamina tubuh. hal ini penting mengingat makanan adalah bahan bakar tubuh saat berlari. Beberapa makanan tersebut diantarnya:

Makana tinggi protein. Bagi seorang atlet lari, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh mereka termasuk protein. Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk membangun otot. Jika anda memiliki otot yang kuat, terutama otot kaki, maka kecepatan lari anda juga akan meningkat.

Makanan tinggi karbohidrat kompleks. Karbohidrat dikenal sebagai nutrisi untuk membuat energi. Tanpa karbohidrat kita tidak akan memiliki tenaga, bahkan untuk berjalan sekalipun. Karbohidrat kompleks memiliki banyak kelebihan karena mengandung tinggi serat dan rendah gula.  Karbohidrat kompleks akan diserap tubuh secara bertahap sehingga akan memberikan tenaga saat anda berlari atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Buah dan sayur. Jika anda ingin meningkatkan kecepatan lari, banyaklah mengkonsumsi buah dan sayur. Memang keduanya tidak akan serta merta membuat anda menjadi lebih cepat dalam berlari, tetapi kandungan nutrisi dalam buah dan sayur seperti vitamin dan mineral akan memberikan dorongan saat berlari, terutama stamina.
loading...