7 manfaat dan fungsi vitamin K

Kekurangan vitamin K biasanya terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan asupan yang cukup dari makanan. Selain faktor makanan, kekurangan vitamin K juga bisa terjadi ketika sesorang minum antibiotik jangka panjang, hal ini dikarenakan bakteri akan membuat vitamin K, sedangkan antibiotik yang dikonsumsi akan memblock vitamin K tersebut, sehingga tubuh tidak mendapatkan suplay vitamin K. Beberapa penyakit seperti liver dan penyakit empedu juga bisa mempengaruhi penyerapan vitamin K oleh tubuh. Beberapa manfaat dan fungsi vitamin K bagi tubuh adalah:

fungsi vitamin K
fungsi vitamin K

1. Pembekuan darah. Fungsi utama Vitamin K bagi tubuh kita adalah untuk mengatur pembekuan darah. Pembekuan darah di sini adalah proses yang terjadi secara otomatis ketika bagian tubuh kita mengalami luka atau cidera, sehingga mengurangi pendarahan. Vitamin K melakukan hal ini dengan cara mengangkut kalsium ke seluruh tubuh.

2. Memperkuat tulang. Cara terbaik untuk mendapatkan tulang yang kuat adalah dengan mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin D, dan Vitamin K. Ketiganya bekerja sama dalam mempertahankan kepadatal tulang sekaligus mencegah osteoporosis.  Vitamin K bekerja sebagai lem yang membantu kalsium dan mineral penting lainnya dalam memperkuat tulang. Penelitian di Jepang mengungkap bahwa vitamin K dapat mencegah hilangnya masa tulang sekaligus meningkatkan kekuatannya pada penderita osteoporosis.

3. Mencegah pendarahan pada wanita hamil. Vitamin K bermanfaat membantu pembekuan darah yang pada gilirannya akan mencegah pendarahan pada wanita hamil. Biasanya dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin K untuk mengurangi risiko pendarahan pada saat proses melahirkan. Selain itu, vitamin K juga dapat mengurangi risiko pendarahan berat pada perempuan yang mengalami menstruasi.

4. Mempercepat penyembuhan luka. Krim dari Vitamin K sering digunakan sebelum dan setelah proses operasi karena memiliki efek penyembuhan yang luar biasa. Vitamin K adalah bahan aktif yang memiliki sifat penyembuhan. Ketika krim vitamin K diterapkan pada kulit dan daerah memar, maka pembuluh darah yang rusak akan segera diperbaiki.

5. Melindungi jantung. Vitamin K berguna untuk mencegah pengerasan arteri, yang merupakan salah satu faktor utama penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin K dapat membantu mempertahankan kalsium agar tidak keluar dari lapisan arteri dan jaringan tubuh lainnya.

6. Mencegah kanker. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin K memiliki manfaat mencegah penyakit kanker. Salah satu penelitian menunjukkan, vitamin K memiliki potensi besar mencegah beberapa jenis kanker termasuk kanker darah atau leukimia.
Dalam penelitian terhadap kanker darah menunjukkan bahwa Vitamin K bekerja dalam menginduksi jenis sel-sel leukemia tertentu  pada manusia untuk dirubah menjadi sel-sel darah putih normal. Dalam penelitin lain juga menemukan bahwa vitamin K bisa mengurangi risiko kanker prostat hingga 35%.

7. Meningkatkan fungsi otak. Selama ini kita mengenal omega-3 adalah nutrisi utama bagi otak, tetapi ternyata omega-3 bukan satu-satunya. Vitamin K telah terbukti bermanfaat membantu sintesis sphingolipids (lemak penting) yang berfungsi membentuk selubung myelin atau pembungkus luar sekitar saraf. Lemak tersebut diperlukan oleh otak untuk fungsi sistem saraf. Meningkatnya fungsi otak akan mengurngi risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Makanan yang mengandung tinggi vitamin K

  1. Brokoli, dalam setengah cangkir mengandung 110,06 mcg Vitamin K;
  2. Kale, dalam satu cangkir mengandung 547,39 mcg Vitamin K;
  3. Sayur bayam, dalam satu cangkir menyediakan 144,87 mcg Vitamin K;
  4. Daun bawang, dalam satu cngkir mengandung 207 mcg Vitamin K;
  5. Asparagus, 4 biji menyediakan 48 mcg Vitamin K;
  6. Prem (pulm), dalam 100 g menyediakan 59 mcg Vitamin K;
  7. Kacang kedelai, dalam 100 g mengandung 70 mcg Vitamin K. 
loading...