8 Makanan penyebab kenaikan berat badan

Jika anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu penyebab kenaikan berat badan. Termasuk makanan apa saja yang bisa memicu naiknya berat badan. Hal ini penting, karena memilih makanan adalah salah satu faktor utama penentu keberhasilan diet anda. Beberapa makanan yang dapat memicu kenaikan berat badan anda diantaranya:
makanan penyebab kenaikan berat badan
Gambar makanan penyebab kenaikan berat badan

1. Gorengan. Makanan ini sangat merakyat di Indonesia. Selain harganya cukup terjangkau, gorengan juga lezat, terutama dijadikan camilan. Sayangnya gorengan memiliki kandungan kalori cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan kebanyakan jenis gorengan adalah karbohidrat, sedangkan karbohidrat itu sendiri tidak baik jika digoreng karena akan menaikkan kalori di dalamnya.

2. Minuman manis. Jika anda sedang menjalani diet sehat, sebaiknya kurangi minuman manis seperti susu soda, jus dengan pemanis atau kapucino. Minuman manis memang tinggi kalori dari gula sehingga bisa memicu naiknya berat badan. Jika anda suka minuman manis, pilihlah jus buah segar dengan rasa manis alami.

3. Makanan bersantan. Kuliner di Indonesia memang rata-rata menggunakan santan sebagai salah satu bahan makanannya. Santan jika dipanaskan akan mengeluarkan minyak sehingga bisa meningkatkan kalori di dalam makanan. Belum lagi, makanan bersantan juga bisa memicu kolesterol sehingga harus dihindari bagi orang dengan kolesterol tinggi.

4. Kue kering. Masyarakat kita sering memilih kue kering sebagai camilan, karena dianggap lebih praktis, dari pada harus membuat makanan sehat sendiri. Kue kering memiliki kandungan nutrisi yang rendah dan di sisi lain mengandung tinggi kalori, tentunya asupan kue kering ini jika tidak dibatasi dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Kue dengan krim. Anda pasti suka dengan kue yang dilapisi dengan krim seperti kue ulang tahun? Ya,,kue seperti ini memang sangat nikmat apalagi jika sedang lapar. Tapi tunggu dulu, makanan seperti ini memang cukup nikmat, tetapi anda harus waspada dalam mengkonsumsinya. Pasalnya krim yang dibuat untuk hiasan kue seperti white cream ini memiliki kandungan kalori cukup tinggi, terlebih jika dipadukan dengan kue manis, maka akan semakin tinggi kandungan kalorinya. Untuk itu, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, harus mengurangi makanan seperti ini.

6. Steak dan sate. Siapa yang tidak suka dengan kedua makanan ini? Melihatnya saja pasti sudah membuat kita ngiler. Daging memang mengandung tinggi protein dan zat besi yang kesemuanya sangat diperlukan oleh tubuh. Tetapi, daging juga mengandung tinggi lemak dan kolesterol, sehingga bisa menyebabkan naiknya berat badan. Belum lagi, daging panggang juga lebih membahayakan jika dikonsumsi berlebih karena bisa memicu penyakit kanker, terutama jika dipanggang dengan asap.

7. Nasi goreng. Nasi goreng dinobatkan menjadi salah satu makanan paling lezat di dunia, hal ini dikarenakan bumbu yang dicampurkan saat proses pembuatan. Tetapi sayangnya, ini juga menjadi alasan kenapa nasi goreng harus anda hindari selama diet. Nasi sendiri sebenarnya sudah mengandung tinggi kalori, nah, jika digoreng maka akan membuat kandungan kalorinya semakin tinggi, belum lagi campuran bumbu seperti saus dan garam juga membuat nasi goreng menjadi makanan penyebab kenaikan berat badan.

8. Makanan cepat saji. Menurut Cancer Research Fund world and American Institute for Cancer Research makanan cepat saji atau fast food dapat meningkatkan berat badan atau obesitas. Meskipun beberapa restoran cepat saji sudah memberikan menu makanan yang rendah kalori dan dibuat dengan bahan-bahan segar, beberapa makanan seperti kentang goreng dan chicken nugget cenderung memiliki tingkat kalori dan lemak lebih tinggi, sehingga harus anda kurangi.
loading...