Monday, October 26, 2015

9 Daftar sayuran sehat dengan tinggi nutrisi

Sayuran adalah makanan sehat dengan segudang manfaat.  Sayur sering digunakan sebagai menu diet sehat karena mengandung rendah kalori dan tinggi nutrisi, dimana perpaduan keduanya sangat diperlukan untuk mendapatkan tubuh sehat. Bahkan, seseorang tidak bisa hidup tanpa sayuran, tetapi mereka masih bisa hidup tanpa daging, hal ini menunjukkan betapa pentingnya sayuran bagi tubuh kita. Semua jenis sayuran pada umumnya mengandung banyak manfaat, tetapi ada beberapa jenis sayuran yang menempati urutan teratas dalam hal kandungan nutrisi dan manfaatnya, sayur apa sajakah itu, mari kita simak 9 daftar sayuran sehat dengan tinggi nutrisi:

gambar sayuran sehat
gambar sayuran sehat

1. Bayam. Kurang lengkap rasanya tidak memasukkan bayam ke dalam daftar sayuran sehat. Bayam merupakan tumbuhan dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Sayuran ini dilengkapi dengan mineral termasuk zat besi, vitamin, asam amino, dan serat yang kesemuanya sangat diperlukan oleh tubuh.

2. Brokoli. Brokoli dikenal sebagai makanan tinggi antioksidan. Sayuran hijau ini diketahui juga menyedian serat, protein, vitamin dan mineral yang tinggi. Jika dikonsumsi secara teratur brokoli dapat membantu mencegah penyakit kanker dengan cara menangkal efek buruk radikal bebas.

3. Kale. Seperti halnya sayuran hijau lainnya, kale merupakan sumber antioksidan alami. Sayuran ini juga tinggi sarat dengan berbagai senyawa bioaktif, termasuk Isothiocyanates dan Indole-3-carbinol, yang telah terbukti mampu melawan sel kanker.

4. Wortel. Sayuran ini sangat identik dengan kesehatan mata, karena kandungan nutrisi paling terkenal dalam wortel adalah betakaroten. Betakaroten bermanfaat menjaga kesehatan mata dengan cara meningkatkan ketajaman mata dan melindungi retina dari kerusakan. Sayuran orange ini juga sangat efektif dalam menurunkan kolesterol, jadi bisa dikatakan wortel sebagai makanan penurun kolesterol alami.

5. Paprika. Paprika merupakan sayuran dalam keluarga cabai, tetapi sekilas memiliki bentuk menyerupai tomat. Sayuran ini memiliki warna beragam mulai dari hijau, kuning dan merah. Paprika sering digunakan sebagai pelengkap masakan, terutama untuk menguatkan rasa. Paprika mengandung tinggi nutrisi terutama vitamin C. Vitamin C dalam paprika dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Selengkapnya bisa anda baca di manfaat paprika bagi kesehatan.

6. Asparagus. Nilai gizi dalam asparagus sangat mengesankan karena sayuran ini mengandung tinggi nutrisi dan sangat rendah kalori. Di dalam asparagus setidaknya terdapat beberapa nutrisi seperti Vitamin A, C, K, B6, B2, B3, kalsium, magnesium dan tembaga. Jika anda membutuhkan sayurn sehat, cobalah mengkonsumsi sayuran ini. Informasi mengenai manfaat asparagus selangkapnya bisa anda baca di 14 manfaat asparagus dan kandungan nutrisinya.

7. Okra. Okra mengandung tinggi serat yang berguna membantu proses pencernaan tubuh. Serat dalam okra berfungsi menyerap air untuk mempermudah pengeluaran tinja, sehingga membantu mencegah dan mengatasi sembelit. Selain itu, okra juga mengandung vitamin A, C, zat besi dan kalsium.

8. Tomat. Sayuran ini bukan hanya berfungsi sebagai penghias makanan saja, tetapi juga menyediakan manfaat yang luar biasa. Tomat diketahui mengandung tinggi antioksidan yang disebut likopen. Senyawa ini dapat mencegah beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat dan kanker paru-paru. Belum lagi, tomat juga merupakan sumber terbaik vitamin C dan serat.

9. Kubis. Jika anda makan soto, pasti akan menemukan sayuran yang satu ini. Kubis memang menjadi salah satu sayuran pelengkap terutama untuk makanan berkuah seperti soto, bakso dan sup. Sayuran ini sangat baik untuk wanita hamil karena mengndung asam folat yang mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Tidak hanya itu, kubis juga dilengkapi dengan asam lemak omega 3, kalium, serat, vitamin C dan K.
loading...