Alasan kita harus banyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan sehat yang wajib kita konsumsi. Kita bisa saja hidup tanpa mengkonsumsi hewan seperti halnya para vegetarian, tetapi kita akan kesulitan jika harus hidup tanpa buah dan sayur, hal ini menunjukkan betapa penting keduanya bagi kehidupan manusia. Dalam banyak penelitian telah mengungkap mengenai manfaat mengkonsumsi buah dan sayur, bahkan beberapa penelitian telah menunjukkan jika makan buah dan sayur setiap hari bisa menambah usia hingga 10 tahun lebih lama. Inilah beberapa alasan kenapa kita harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur:

buah dan sayur sehat
Gambar: buah dan sayur sehat

1. Tinggi serat. Buah san sayur merupakan makanan tinggi serat yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat serat sangat banyak di dalam tubuh kita seperti menurunkan kolesterol, mempermudah proses pencernaan sampai mencegah kanker usus besar. Makanan tinggi serat juga sangat ampuh untuk membersihkan usus besar dari kotoran dan limbah.

2. Sumber vitamin. Vitamin adalah nutrisi penting di dalam tubuh kita. Manfaat vitamin sangat banyak untuk kesehatan. Contohnya vitamin C berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Vitamin A meningkatkan kesehatan mata sedangkan vitamin D membantu penyerapan kalsium. Vitamin sangat mudah di dapatkan dari buah dan sayur segar seperti wortel, bayam, brokoli, jeruk dan aneka buah sayur lainnya.

3. Tinggi mineral. Mineral merupakan komponen penting di dalam tubuh manusia, seperti kalsium yang berfungsi membentuk kekuatan tulang. Ada beberapa jenis mineral yang ditemukan dalam buah dan sayur seperti kalsium, magnesium, kalium, mangan, zat besi, dan fosfor. Buah dan sayur menjadi sumber aneka mineral dengan porsi yang tepat, berbeda jika anda mendapatkan sumber mineral tersebut dari suplemen yang memiliki efek samping.

4. Rendah kalori. Selain tinggi nutrisi, Buah dan sayur juga rendah kalori dan lemak, sehingga sangat baik untuk mendukung program diet anda. Pilihlah jenis buah sehat seperti anggur, berry, alpukat, pepaya dan jeruk untuk dijadikan menu sehat harian.

5. Kaya antioksidan. Di zaman moderen ini manusia tidak bisa lepas dengan bahan kimia dan polusi udara, dimana keduanya bisa menjadi faktor timbulnya beberapa penyakit berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan kandungan antioksidan yang tinggi dari buah dan sayur. Antioksidan berguna sebagai agen yang memerangi efek buruk radikal bebas. Beberapa sayur dan buah tinggi antioksidan diantaranya: brokoli, strawberry, blueberry, tomat, wortel, jeruk dan buah naga.

6. Mencegah banyak penyakit. Kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah dan sayur menjadi indikasi bahwa keduanya bisa menjadi agen pelawan penyakit. Beberapa penyakit seperti kanker dan jantung bisa diminimalisir dengan kandungan nutrisi di dalam buah termasuk serat, antioksidan dan mineral. Jadi, pastikan untuk lebih banyak menambahkan buah dan sayur ke dalam menu sehat harian anda.

7. Sumber protein nabati. Meskipun tumbuhan bukan sumber utama protein, tetapi mereka bisa menjadi pilihan yang sehat karena hampir tidak memiliki kandungan lemak. Brokoli salah satu contoh sayur yang mengandung tinggi protein bersama dengan asparagus.
loading...