Thursday, October 15, 2015

Kekurangan dan kelebihan obat herbal

Obat herbal atau sering disebut sebagai obat tradisional merupakan jenis obat yang menggunakan bahan alami yang biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan. Obat herbal memiliki banyak kelebihan dibandingkan obat-obatan kimia karena lebih alami dan memiliki efek samping lebih sedikit. Beberapa kelebihan obat herbal antara lain:

kelebihan obat herbal
kelebihan obat herbal

1. Efek samping lebih sedikit. Obat herbal adalah obat alami sehingga memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan obat kimia. Tentunya harus digunakan dengan benar dan sesuai aturan.

2. Memiliki banyak khasiat. Kebanyakan obat kimia digunakan untuk satu jenis penyakit saja, sedangkan obat herbal umumnya bisa memberikan banyak khasiat sekaligus, ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri bagi obat herbal.

3. Lebih mudah digunakan. Obat herbal dapat digunakan dalam berbagai cara, tergantung jenis obat herbal tersebut. Dengan demikian, kita akan lebih mudah untuk menggunakannya.

4. Menuntaskan penyakit. Obat herbal diketahui cukup efektif menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa merusak sel-sel atau bagian tubuh yang sehat. Obat herbal bekerja dengan cara memperbaiki bukan hanya sekedar menghilangkan rasa sakit. Meskipun proses penyembuhannya butuh waktu lama, tetapi obat herbal bisa menyembuhkan penyakit lebih permanen dibandingkan obat kimia.

5. Alternatif yang murah. Obat herbal sering digunakan sebagai alternatif untuk menyembuhkan penyakit karena memiliki harga relatif terjangkau dibandingkan obat kimia atau perawatan medis.

6. Aman digunakan jangka panjang. Tidak seperti obat kimia yang bisa memberikan efek negatif jangka panjang, obat herbal biasanya lebih aman. Bahkan, penggunaan obat herbal memang harus dilakukan secara berkesinambungan.

Meskipun obat herbal lebih aman, tetap saja anda harus berhati-hati dalam menggunakannya, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai penggunaan obat herbal tersebut, jika perlu konsultasikan dulu ke tenaga medis profesional.
Kekurangan obat herbal:

1. Membutuhkan waktu. Tidak seperti obat kimia yang langsung bisa memberikan efek nyata untuk penyembuhan penyakit, obat herbal membutuhkan waktu dan keberlanjutan dalam proses penyembuhannya, sehingga hal ini akan membuat penderita penyakit harus lebih bersabar.

2. Kurang terpercaya. Kekurangan nyata dari obat herbal disebabakan penggunaannya tidak dipantau oleh dokter atau tenaga medis profesional. Sehingga obat-obatan herbal sering diambil tanpa resep yang benar. Meskipun efek samping obat herbal lebih sedikit, tetapi  tidak menutup kemungkinan jika penggunaan obat herbal yang tidak sesuai bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain.

3. Interaksi obat. Meskipun obat herbal terbuat dari bahan alami, tetap saja pengobatan herbal dapat berinteraksi dengan obat tertentu sehingga harus mendapatkan pengawasan dari dokter. Untuk itu sebaiknya anda harus berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis profesional saat mengambil obat herbal. 
loading...