7 Jenis makanan pantangan penderita diabetes

Diabetes adalah penyakit yang sangat serius, tetapi gejala awal penyakit ini tidak begitu tampak. Banyak dari penderita diabetes tidak menyadari penyakit ini hingga diabetes mereka menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan penyakit diabetes umumnya tidak menunjukkan gejala yang berarti, terutama jenis diabetes tipe 2. Cara untuk mengetahui penyakit diabetes yang masih dalam tahap awal adalah dengan melakukan cek kadar gula darah. Jika seseorang sudah didiagnosis menderita diabetes, tidak ada cara lain kecuali harus menjaga asupan makanan. Beberapa makanan yang menjadi pantangan penderita diabetes diantaranya:

makanan pantangan penderita diabetes
makanan pantangan penderita diabetes

1. Karbohidrat sederhana. Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena lebih rendah gula dan tinggi serat. Karbohidrat kompleks sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, tetapi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantarnya: jagung, kacang almond, kedelai, beras merah dan aneka biji-bijian lainnya. Sedangkan jenis kedua adalah karbohidrat sederhana. Jenis karbohidrat ini memiliki kualitas buruk karena mengandung tinggi gula dan rendah serat. Bagi penderita diabetes harus benar-benar menjauhi makanan ini. Beberapa diantaranya adalah: donat, kue kering, permen, cokelat susu, es krim, mie instan dan hamburger.

2. Minuman manis. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah, sehingg harus menghindari makanan dan minuman manis. Bagi penderita diabetes jangan pernah mengkonsumsi minuman manis seperti softdrink, teh manis, jus, dan minuman kemasan meskipun hanya sesekali. Sebagai pengganti sebaiknya penderita diabetes harus banyak minum air putih.

3. Nasi putih. Nasi putih adalah salah satu makanan pokok utama bagi masyarakat Indonesia. Tetapi sayangnya konsumsi nasi putih secara berlebihan tidak baik terutama bagi penderita diabetes. Mungkin mengkonsumsi nasi putih tidak langsung membuat penyakit diabetes langsung parah, tetapi jika terakumulasi bisa saja hal ini terjadi, tergantung jenis dan tingkat keparahan penyakit diabetes.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 350.000 orang, menemukan bahwa mereka yang secara rutin makan nasi putih memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Terus, bagaimana solusinya? solusi paling mudah adalah dengan mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat kompleks seperti jagung atau beras merah. Jika tidak bisa melakukannya, minimal kurangi nasi putih, contohnya jika makan siang anda berupa nasi putih sebaiknya menu makan malam dan sarapan, anda ganti dengan beras merah atau jagung.

4. Buah tinggi gula. Selama ini kita mengenal jika semua jenis buah-buahan baik bagi kesehatan. Pernyataan tersebut memang benar, tapi tidak semua buah cocok untuk semua orang. Apabila dalam keadaan normal mungkin kita boleh mengkonsumsi buah apa saja selama tidak berlebihan. Tetapi bagi penderita diabetes tidak semua buah boleh dikonsumsi bagi mereka. Intinya pilihlah buah dengan kandungan gula yang rendah plus tinggi serat. Beberapa contoh buah yang harus dihindari penderita penyakit diabetes adalah: pisang, durian dan semangka. Buah yang bisa menjadi pilihan antara lain: blueberry, apel dan buah lainnya yang mengandung rendah gula. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk memilih jenis buah yang cocok bagi penderita diabetes.

5. Makanan tinggi lemak. Selain makanan manis, penderita diabetes juga harus mengurangi atau bahkan menghindari makanan tinggi lemak. Makanan tinggi lemak dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam darah atau yang disebut LDL. Sedangkan kolesterol yang tinggi sangat erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Jadi manajemen diabetes membutuhkan glukosa darah yang baik (gula), tekanan darah, dan kontrol kolesterol. Beberapa makanan yang mengandung tinggi lemak buruk diantaranya: gorengan, jeroan, mie instan, es krim, kulit ayam, dan sate.

6. Susu. Minuman ini adalah sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, karena menyediakan aneka mineral dan vitamin. Tetapi sayangnya, susu tidak boleh dikonsumsi secara berlebih oleh penderita diabetes. Ada banyak alasan kenapa susu harus dihindari oleh orang dengan diabetes. Alasan pertama kebanyakan jenis susu mengandung tinggi lemak, sedangkan alasan kedua banyak dari produk susu yang mengandung tinggi gula. Jika anda membutuhkan asupan kalsium dari susu, sebaiknya pilihlan susu yang diformulasikan khusus bagi penderita diabetes.

7. Makanan/minuman berkafein. Kafein adalah zat yang ditemukan secara alami dalam berbagai macam tumbuh-tumbuhan termasuk kopi, daun teh dan biji cokelat. Kafein memiliki manfaat bagi kesehatan, tetapi di sisi lain juga memberikan bahaya tersendiri terutama bagi penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian di Duke University oleh James D. Lane, PhD, menemukan bahwa kafein bisa memberikan efek negatif bagi penderita diabetes. Dalam penelitian tersebut setiap orang disuruh mengambil 250 mg kapsul berkafein saat sarapan dan 250 mg saat makan siang. jumlah tersebut kira-kira setara dengan dua cangkir kopi. Hasilnya: Orang yang mengambil kafein tadi, mengalami peningkatan kadar gula darah sebesar 8%.
Terus bagaimana dengan informasi mengenai manfaat kopi bagi penderita diabetes?

Menurut beberapa peneliti, manfaat yang diberikan kopi bagi penderita diabetes bukan karena kafein yang ada di dalamnya, hal ini dibuktikan bahwa kopi dengan rendah kafein lebih membantu dalam mencegah penyakit diabetes dibandingkan kopi dengan tinggi kafein.

Demikian tadi 7 jenis makanan yang menjadi pantangan penderita diabetes, meksipun anda bukan penderita diabetes sebaiknya harus tetap waspada dan menjaga asupan makanan, terutama makanan di atas. Semoga bermanfaat.
loading...