Sunday, October 11, 2015

17 Makanan untuk menghilangkan lemak di perut

Melakukan olahraga teratur dinilai merupakan cara efektif untuk membakar lemak di perut. Tetapi sayangnya ini tidak bisa bekerja maksimal, terutama jika tidak diimbangi dengan menjaga asupan kalori dengan mengurangi makanan tinggi lemak dan meningkatkan asupan serat. Beberapa jenis makanan diketahui dapat membantu mengurangi lemak di perut bila dikonsumsi dengan benar. Beberapa makanan tersebut diantaranya:

Makanan untuk menghilangkan lemak
Makanan untuk menghilangkan lemak

1. Seledri. Untuk mengurangi lemak di perut anda perlu mengkonsumsi makanan dengan rendah kalori sekaligus tinggi nutrisi seperti seledri. Seledri mengandung rendah kalori dan tinggi serat, plus mengandung aneka mineral termasuk kalsium. Selain itu, seledri juga merupakan makanan yang mengandung tinggi vitamin C yang mampu menurunkan berat badan anda. Seledri bisa digunakan sebagai ramuan untuk mengurangi lemak di perut dengan membuatnya menjadi jus segar. Minum jus seledri sebelum makan nasi berguna untuk membersihkan sistem pencernaan.

2. Mentimun. Mentimun adalah makanan yang mengandung rendah kalori dan tinggi air, sehingga membuatnya menjadi makanan paling ideal untuk mengurangi lemak di perut.  Belum lagi mentimun juga diperkaya dengan mineral penting dan aneka vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. mengkonsumsi mentimun secara rutin apat membantu membersihkan sistem pencernaan anda dari racun dan limbah. Gunakan mentimun sebagai lalapan makan untuk membantu anda mendapatkan tubuh ideal yang terbebas dari timbunan lemak.

3. Almond. Makanan ini kecil, tetapi manfaatnya sangat besar bagi kesehatan. Kacang almond bukan hanya mengandung tinggi vitamin E dan protein, tetapi juga tinggi serat sehingga membantu kita kenyang lebih lama. Selain kandungan nutrisinya yang melimpah, almond juga rendah kalori sehingga sangat ideal untuk dijadikan sebagai makanan untuk diet sehat. Gantilah camilan anda dengan kacang almond untuk menghilangkan di perut.

4. Buah apel. Apel adalah makanan paling sempurna untuk  mengurangi lemak di perut. Apel mengandung tinggi serat, vitamin dan air yang bermanfaat melancarkan sistem pencernaan kita. Dengan sistem pencernaan yang sehat, maka kita akan terhindar dari perut buncit. Bukan hanya itu, kandungan pektin dalam apel juga membantu mengurangi risiko kanker usus besar, dengan membantu membersihkannya dari limbah dan racun.

5. Alpukat. Alpukat sangat populer sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung lemak baik. Meskipun sebagain besar orang justru menghidarinya karena alpukat  dianggap dapat menaikkan berat badan. Alpukat memang mengandung tinggi lemak, tetapi sebagian besar lemak dalam buah ini adalah lemak sehat, yang justru menguntungkan bagi kesehatan. Lemak baik dalam alpukat ini bermanfaat mengurangi kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit jantung atau dikenal sebagai LDL. Keuntungan lain dari buah alpukat adalah kandungan seratnya yang melimpah, serat ini dapat memaksimalkan pembuangan limbah di dalam pencernaan, sehingga bisa memberikan bantuan untuk menghilangkan lemak di perut.

6. Kayu manis. Penelitian mengungkap bahwa kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin untuk menstabilkan gula darah. Ini menjadi dasar bahwa kayu manis dapat menghilangkan lemak di perut.

7. Buah pir. Hampir sama dengan apel, pir memiliki segudang manfat bagi kesehatan. Buah ini segar karena mengandung tinggi air. Perpaduan serat dan air tersebut benar-benar memberikan bantuan kepada anda dalam usaha mengurangi lemak di perut. Belum lagi buah ini juga sangat rendah kalori sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin.  Anda bisa memulai dengan makan satu buah segar ini sebelum makan untuk menurunkan berat badan. Dalam studi jangka panjang menemukan jika kandungan flavonol (antioksidan yang ditemukan dalam pir) dapat menghambat penyimpanan lemak perut.

8. Kentang. Hal penting yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengganti sumber karbohidrat dari yang mengandung tinggi gula ke janis karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang rendah gula dan tinggi serat seperti kentang dan beras merah. Untuk melakukannya anda bisa memulai dengan mengganti menu sarapan dengan kentang atau makanan sejenis. Kentang membantu anda kenyang lebih lama dibandingkan dengn nasi putih, sehingga membuat anda tidak cepat lapar. Hal ini tentunya akan berdampak pada penurunan berat badan anda.

9. Madu. Ada ramuan sederhana yang sangat berguna untuk menghilangkan lemak perut, yaitu campuran madu dan air hangat. Keduanya sangat membantu program diet anda jika diokonsumsi dengan rutin. Minum ramuan ini pada pagi dan malam hari sebelum makan, maka Insya Allah timbunan lemak di perut anda akan berangsur hilang. Tentunya juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya termasuk olahraga teratur. Perlu diingat jika madu juga memiliki kandungan gula, sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebih.

10. Sayuran hijau. Sayur tetaplah menjadi pilihan yang baik untuk diet sehat.  Sayur hijau mengandung banyak manfaat lebih dari yang anda bayangkan. Sayur mengandung tinggi vitamin, mineral, serat, antioksidan dan sebagian protein, yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh. Dalam menjalani diet prinsipnya bukan memotong jumlah nutrisi, tetapi lebih memilih makanan yang rendah kalori plus tinggi nutrisi. Beberapa sayur yang harus anda masukkan ke dalam menu diet sehat diantaranya: Bayam, asparagus, brokoli, dan kubis.

11. Semangka. Buah ini sangat menyegarkan terutama saat cuaca panas. Tetapi efek menyegarkan bukan satu-satunya manfaat dari buah ini. Semangkan bisa anda jadikan sebagai makanan alami untuk menghilangkan lemak di perut, karena kandungan air dan seratnya cukup tinggi. Buah ini juga sering dijadikan pencahar alami untuk mengatasi sembelit atau gangguan pencernaan lain.

12. Pisang. Pisang merupakan makanan yang mengandung tinggi kalium dan vitamin. Makanan ini sering digunakan untuk diet karena memiliki serat cukup tinggi.

13. Tomat. Sayuran ini dikenal karena kandungan likopennya yang berguna dalam memerangi sel kanker. Tapi lebih dari itu, tomat juga menyediakan manfaat lain, yaitu  membakar lemak. Dalam tomat terdapat senyawa yang disebut 9-okso-ODA, senyawa ini berguna mengurangi lemak dalam darah, yang pada gilirannya membantu mengontrol lemak di perut. Belum lagi, tomat juga menegandung tinggi serat dan rendah kalori, karena hanya memiliki 33 kalori dalam tomat berukuran besar.

14. Cuka sari apel. Jika anda membutuhkan makanan pembakar lemak, cuka sari apel mungkin bisa anda coba. Cuka sari apel mengandung senyawa yang dikenal dengan asam asetat. Senyawa ini diketahui mampu membakar lemak dalam perut sekaligus menghambat penyimpanan lemak, sehingga sangat efektif untuk mengecilkan perut buncit.

15. Ikan salmon. Kebanyakan orang mengira jika mengurangi konsumsi makanan hewani dapat membantu mereka menghilangkan lemak di perut, sehingga banyak dari mereka yang beralih menjadi vegetarian. Meskipun itu tidak selamanya salah tetapi juga tidak sepenuhnya benar . Karena anda tetap membutuhkan nutrisi dari sumber hewani terutama jenis ikan seperti salmon. Salmon mengandung lemak sehat atau yang dikenal sebagai asam lemak omega-3. Lemak ini tidak merugikan, justru memberikan bantuan kepada anda untuk mengurangi berat badan berlebih. Selain itu, omega-3 juga sangat diperlukan untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit jantung.

16. Buah berry. Aneka jenis berry termasuk raspberry, blueberry, strawberry dan blackberry adalah makanan paling menguntungkan. Berry mengandung tinggi antioksidan dan serat keduanya dibutuhkan dalam manajemen berat badan.

17. Yogurt. Bakteri baik yang terkandungan dalam  yoghurt  bisa memaksimalkan pembuangan racun di perut sehingga penyerapan nutrisi bisa berjalan dengan baik. Yogurt juga dikenal sebagai makanan pembakar lemak karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
loading...