17 sumber makanan yang mengandung vitamin K

Vitamin K dikenal sebagai nutrisi yang bermanfaat dalam proses pembekuan darah. Vitamin K merupakan jenis vitamin larut dalam lemak yang disimpan dalam jaringan hati dan lemak tubuh. Di dalam tubuh kita, vitamin K memainkan peran penting seperti membantu penyerapan kalsium dan mengurangi pendarahan saat terjadi luka. Kita bisa mendapatkan asupan vitamin K dari makanan yang kita konsumsi terutama buah dan sayur segar, beberapa makanan yang mengandung tinggi vitamin K diantarya:

makanan yang mengandung vitamin K
makanan yang mengandung vitamin K

1. Okra. Okra adalah sayuran sehat yang memiliki banyak manfaat. Sayuran ini sangat mudah dibudidayakan di Indonesia, meskipun bukan berasal dari Indonesia. Okra mengandung tinggi vitamin K, yaitu 34 mcg dalam setengah cangkir okra cincang.  Jumlah tersebut bisa memenuhi 43% dari total kebutuhan vitamin K harian anda.

2. Brokoli. Ketika dikonsumsi secara teratur, brokoli bisa membantu anda meningkatkan kesehatan tubuh termasuk sistem saraf, mata, jantung dan tulang. Mengkonsumsi brokoli akan meningkatkan asupan nutrisi seperti zinc, kalsium, kalium, vitamin C, dan vitamin K. Setengah cangkir brokoli mengandug setidaknya 110,06 mcg vitamin K atau setara dengan 138%.

3. Blueberry. Jika anda sedang mencari makanan yang mengandung tinggi vitamin K, mungkin anda bisa memilih blueberyy. Buah ini memang masih kalah dibandingkan okra dalam hal kandungan vitamin K, tetapi blueberry adalah sumber antioksidan penting, sehingga anda akan mendapatkan manfaat yang banyak dari buah berwarna biru gelap ini. Belum lagi blueberry juga tinggi mineral seperti kalium, zat besi, tembaga, dan seng. Satu cangkir blueberry menyediakan anda dengan 28,56 mcg vitamin K.


4. Kale. Kale adalah sayur yang masuk dalam keluarga brassica bersama dengan kubis. Kale mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin A, C, D, E, B2, B3, dan B6. Luar biasanya adalah, kale mengandung vitamin K yang sangat tinggi, dan mungkin yang tertinggi diantara makanan lain. Satu cangkir kale cincang mengandung 547,39 mikrogram vitamin K, jumlah ini sudah melebihi 6 kali lipat kebutuhan vitamin K perhari.

5. Sayur bayam. Sayur ini adalah makanan kesukaan popeye, dan menjadi senjata andalanya dalam mengalahkan musu-musuhnya. Tentuya manfaat bayam di dalam film tersebut dilebih-lebihkan untuk menarik minat penonton. Tetapi faktanya, banyam tetaplah makanan super yang memiliki segudang nutrisi. Bayam mengandung bebera nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin K. Satu cangkir bayam  menyediakan sekitar 144,87 mcg vitamin K atau setara 181%.

6. Daun bawang. Daun bawang sering dijadikan sebagai makanan campuran untuk berbagai sup. Daun bawang bisa menambah aroma dan tampilan makanan, tetapi manfaat daun bawang tidak berhenti sampai di situ saja. Daun bawang adalah suber vitamin K yang membantu mempertahankan kepadatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis. Dalam satu cangkir daun bawang cincang memberikan 207 mcg vitamin K.

7. Minyak nabati. Meskipun minyak nabati terdiri dari lemak, tetapi tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan, bahkan sebaliknya, karena sebagian besar lemak dalam minyak nabati adalah lemak sehat. Menurut University of North Carolina, beberapa jenis minyak nabati termasuk canola dan minyak kedelai mengandung 20-27 mikrogram vitamin K per sendok makannya. Minyak nabati sangat baik dikonsumsi secara teratur untuk mencegah penyakit jantung. Tentunya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

8. Raspberry. Raspberry adalah buah sehat dengan  tampilan menawan. Buah ini sangat padat dengan gizi termasuk vitamin K. Banyak jenis berry juga mengandung nutrisi yang sama, sehingga anda bisa menjadikannya sebagai pilihan menu sehat. Dalam 1 cangkir raspberry mengandun 9,59 mcg vitamin K. Raspberry juga rendah kalori, sehingga aman bagi pelaku diet, selama anda tidak berlebihan mengkonsumsinya. Baca juga 10 manfaat buah raspberry

9. Wortel. Satu wortel berukuran sedang menyediakan sekitar 8 mcg vitamin K, jumlah tersebut cukup untuk memenuhi 10% dari kebutuhan vitamin K yang direkomendasikan. Selain vitamin K, wortel juga menyimpan segudang nutrisi lain termasuk betakaroten. Sehingga kandungan vitamin K di dalamnya bukan satu-satunya alasan kenapa anda harus mengkonsumsi wortel.

10. Gandum. Makanan berbasis gandum juga menyediakan sejumlah vitamin K, meskipun dalam jumlah kecil.  Makanan seperti Sandwich, biskuit, oatmeal atau hamburger memiliki sekitar 1-11 mcg vitamin K per 100 gramnya. Meskipun kandungan vitamin K dalam gandum tidak terlalu banyak, tetapi gandum bisa dijadikan sebagai makanan pokok, atau menu sarapan, sehingga anda lebih mudah untuk mendapatkan asupan vitamin K.

11. Asparagus. Ada banyak alasan untuk mengkonsumsi asparagus, salah satunya adalah kandungan vitamin K di dalamnya. Belum lagi asparagus juga memiliki sifat anti-penuaan karena mengandung tinggi antioksidan penitng. Antioksidan bermanfaat memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab timbulnya banyak penyakit berbahaya termasuk kanker, katarak, penuaan dini dan penyakit alzheimer. 4 biji asparagus segar memasok setidaknya 48 mcg vitamin K dan hanya mengandung 11 kalori.

12. Seledri. Satu tangkai seledri memberikan 15% dari kebutuhan vitamin K harian anda. Selain itu, seledri juga sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil karena mengandung asam folat. Seledri juga menyediakan aneka mineral diantaranya kalsium dan kalium, dimana keduanya merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara mengontrol detak jantung pada tingkat normal.

13. Mentiumun. Mentimun adalah sayuran segar yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Mentimun sering digunakan sebagai lalapan makanan pedas karena memiliki rasa menyegarkan. Jika anda adalah penggemar mentimun, anda patut bergembira karena sayur ini mengandung vitamin K, yaitu sekitar  16,1 mcg dalam 100 gramnya.

14. Prem (pulm). Prem atau pulm adalah buah sehat yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Buah ini masuk dalam keluarga genus prunus. Pulm masuk dalam daftar makanan yang mengandung vitamin K dengan indeks sekitar 59 mcg Vitamin K dalam 100 gram buah segar.  Selain vitamin K, Pulm juga merupakan sumber fenol, yang membantu mencegah kerusakan oksigen ke sel.

15. Kacang kedelai. Kedelai adalah bahan untuk membuat tempe dan tahu, dimana keduanya merupakan makanan sehat asal Indonesia. Kedelai diketahui memang memiliki berbagai macam nutrisi diantaranya vitamin K, Vitamin B1, B2, B6, protein nabati, kalsium, magnesium dan kalium. Dalam 100 g kedelai mengandung vitamin K sebesar 70 mcg.

16. Blackberry. Buah ini memiliki warna gelap dimana warna tersebut mengindikasikan bahwa balckberry memiliki tinggi antioksidan. Blackberry ditemukan mengandung tinggi mineral termasuk tembaga dan mangan, serta vitamin seperti vitamin C dan vitamin K. Satu cangkir blackberry segar memasok dengan 28,51 mcg vitamin K dengan 62 kalori.

17. Produk hewani. Makanan yang mengandung tinggi vitamin K memang didominasi oleh buah dan sayur, karena vitamin ini tidak terlalu banyak ditemukan pada produk hewani seperti telur, susu dan daging. Kebanyakan jenis hewan menyediakan kurang dari 5% vitamin K. Meskipun demikian, produk hewani biasanya digunakan sebagai makanan penyempurna vitamin K, karena di sisi lain menyediakan mineral yang melimpah, terutama seafood dan daging. 
loading...