17 Manfaat seledri yang mengagumkan

Seledri adalah makanan yang sangat sering dijumpai pada masakan seperti sup, bakso dan soto. Sayuran ini sangat terkenal di seluruh dunia dan telah di dibudidayakan di banyak negara Amerika Utara sebagai salad. Seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung tinggi nutrisi. Seledri mengandung 95% air, diperkaya serat, dan memiliki sifat anti-bakteri. Seledri mengandung nutrisi penting lainnya termasuk protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Berikut beberapa Manfaat seledri bagi tubuh kita:

Manfaat seledri
Ilustrasi manfaat seledri

1. Kurangi perlemakan hati. Perlemakan hati adalah masalah kesehatan yang cukup serius, dimana terdapat lebih banyak lemak pada organ hati. Kondisi ini bisa megakibatkan penyakit hati parah termasuk sirosis dan kanker hati. Kabar baiknya adalah seledri dapat membantu mengatasi perlemakan hati. Peneliti dari departemen Gizi dan Ilmu Pangan di Helwan University Mesir menemukan, jika tikus yang diberi makan seledri mengalami penurunan lemak dalam organ hati. Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada tikus, tampaknya seledri juga akan memberikan manfaat yang tidak jauh berbeda pada manusia.

2. Anti kanker. Seledri memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat mencegah kanker,  kumarin adalah salah satu diantaranya. Senyawa ini diketahui sangat berguna dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Lebih dari itu, kumarin juga dapat memperkuat kemampuan sel darah putih dalam membantu melawan kanker termasuk kanker kulit dan kanker usus besar.

3. Kesehatan otak. Seledri mengandung senyawa yang disebut L-3-N-Butylphthalide. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat mencegah penumpukan plak di otak yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Perlu kita ketahui jika alzheimer adalah penyakit penurunan fungsi kognitif otak yang sangat sulit diobati, penyakit ini biasanya dialami oleh orang lanjut usia.

4. Anti-bakteri. Biji seledri telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal untuk melawan infeksi. Sebuah studi pada 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy dan Farmakologi menunjukkan bahwa biji seledri mengandung komponen anti-mikroba khusus yang mampu mengurangi pertumbuhan bakteri. Dari penelitian tersebut tampaknya bisa disimpulkan jika biji selederi dapat digunakan sebagai bahan alami  untuk melawan infeksi akibat bakteri.

5. Menjaga kesehatan ginjal. Jus seledri adalah pembersih alami bagi tubuh dari dan racun dan toxin. Ada banyak nutrisi penting dalam seledri yang mampu pembersihan ginjal. Ginjal memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita, sehingga menjaga kesehatannya menjadi hal yang wajib dilakukan. Seledri juga dapat menjadi diuretik ampuh untuk menghilangkan kelebihan air di dalam tubuh untuk membantu proses pengeluran racun.

6. Bantuan hipertensi. Manfaat jus seledri bisa digunakan sebagai obat alami tekanan darah tinggi. Seledri dapat berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah tinggi pada pasien hipertensi. Alasan utama kenapa seledri dapat memberikan keuntungan bagi penderita hipertensi karena seledri mengandung magnesium, dan kalium, dimana keduanya merupakan mineral penting yang memberikan efek menenangkan.

7. Anti-inflamasi. Manfaat seledri bisa dirasakan oleh penderita penyakit arthritis, osteoporosis, asam urat dan asma karena memiliki sifat anti-inflamasi. Para peneliti meyakini jika hal ini disebabkan  seledri mengandung dua senyawa penting seperti luteolin dan polyacetylenes. Luteolin adalah flavonoid antioksidan dengan sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Dimanan kemampuannya telah ditunjukkan dalam menghambat enzim tertentu yang menjadi penyebab peradangan. Polyacetylenes juga memiliki efek hampir sama yaitu mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar prostaglandin inflamasi dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi jus seledri akan memberikan manfaat yang besar bagi penderita penyakit di atas.

8. Diet sehat. Kandungan kalorinya yang rendah dalam seledri tampaknya bisa dijadikan acuan penggunaan seledri untuk diet. Tetapi itu bukan satu-satunya alasan kenapa seledri bisa digunakan untuk diet. Seledri bisa menurunkan berat badan karena memiliki kemampuan untuk menyediakan nutrisi penting dan membantu mengatur metabolisme lemak dalam tubuh.

9. Peningkatan Sistem imun. Seledri terkenal karena kemampuannya dalam merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit berbahaya termasuk kanker dan serangan virus. Hal ini dikarenakan seledri mengandung banyak antioksidan dalam bentuk vitamin C dan senyawa lainnya. Tambahkan seledri ke dalam sup atau makanan lainnya untuk mendapatkan manfaat yang banyak dari seledri.

10. Anti-penuaan. Manfaat seledri memang sangat luar biasa bagi tubuh manusia. Salah satunya dikarenakan seledri dapat mencegah penuaan dini dengan cara memarangi radikal bebas. Seledri diperkaya dengan aneka vitamin termasuk Vitamin A dan C, yang bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam dan garis halus di wajah.  Sedangkan vitamin E dalam seledri bekerja dengan mempertahankan kelembaba kulit agar tampak segar.

11. Mencegah dehidrasi. Dibandingkan dengan minuman elektrolit kemasan yang menawarkan manfaat tetapi disisi lain memeberikan efek negatif bagi tubuh, anda bisa mencoba minum jus seledri. Seledri mengandung tinggi air yaitu sekitar 95% dan elektrolit, yang penting untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Manfaat jus seledri bahkan bisa lebih cepat dirasakan dibandingkan minuman kemasan lain, tentunya lebih aman dan juga tanpa efek samping. Jika anda baru saja melakukan aktivitas yang menguras cairan tubuh, misalnya setelah penerbangan panjang atau olahraga, cobalah untuk minum jus seledri segar tanpa tambahan gula. Jus seledri juga bisa digunakan untuk mengembalikan cairan tubuh pasca mabuk kendaraan atau keracunan.

12. Menurunkan kolesterol. Dalam studi pada hewan dengan kadar kolesterol tinggi, menunjukkan hasil positif dalam kemampuan seledri mengurangi kolesterol. Seledri mengandung senyawa unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) yang telah terbukit memiliki kemampuan menurunkan kolesterol. Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi di University of Singapore, menemukan saat tikus diberi makan ekstrak seledri mengalami penurunan lipid dalam darah.

13. Menjaga Ph tubuh. Menajaga tingkat keasaman tubuh sangat penting karena dapat memberikan  manfaat seperti meningkatkan energi, kestabilan berat badan dan menghindarkan seseorang dari serangan jantung. Seledri telah direkomendasikan oleh beberapa pakar nutrisi sebagai salah satu dari 10 makanan terbaik penyeimbang asam basa.  Seledri mengandung nutrisi yang membantu mengatur keseimbangan basa untuk melindungi tubuh dari tingginya tingkat keasaman.

14. Antiseptik alami. Biji Seledri sering digunakan sebagai ramuan alami untuk mengobati asam urat karena memiliki sifat diuretik, yang dapat merangsang buang air kecil. Seledri bisa memberikan manfaat nyata bagi pendrita gangguan kandung kemih, masalah ginjal, infeksi saluran kemih, dan kondisi lainnya.

15. Kesehatan pencernaan. Seledri memiliki kandungan air yang tinggi dan serat makanan dari kelompok pektin. Dengan kandungan keduanya bisa membantu proses pencernaan, membersihkan usus besar dan mencegah sembelit dengan mempermudah proses pembuangan limbah.

16. Mengurangi nyeri saat haid. Biji seledri merangsang rahim dan membantu mengurangi kejang otot, terutama yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita. Biji seledri membantu mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi. Bagi para wanita, cobalah memasukkan seledri ke dalam menu sehat harian untuk memudahkan ketidaknyamanan menstruasi.

17. Kaya kalsium. Selain biji dan daunnya, manfaat seleri juga terdapat pada batangnya. Setiap porsi batang selederi setidaknya mengandung 44 miligram mineral. Kalsium berfungsi membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat, mempermudah kontraksi otot, dan transportasi sinyal melalui sistem saraf. Orang dewasa membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari sampai mereka mencapai usia 50. Setelah itu, mereka membutuhkan 1.200 miligram per hari.

Demikian daftar 17 manfaat seledri yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun sayuran ini sering digunakan sebagai pelengkap makanan ternyata manfaatnya benar-benar mengagumkan.
loading...