10 Cara melancarkan buang air besar tanpa obat

Sulit BAB bisa menimbulkan masalah yang sangat banyak bagi kesehatan, terutama bagi pelaku diet. Memperlancar buang air besar memiliki banyak keuntungan diantarnya mencegah perut buncit, mencegah pertumbuhan bakteri di usus, mengurngi risiko kanker usus, dan membantu mengontrol berat badan. Untuk memperlancar BAB anda perlu mengubah gaya hidup dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta melakukan olahraga secara teratur.
cara melancarkan BAB
Ilustrasi buang air besar

Penyebab sulit buang air besar

  • Akibat kurang mengkonsumsi makanan beserat
  • Tidak mendapatkan cukup air putih
  • Managemen stres yang buruk
  • Kurangnya aktivitas fisik 
  • Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayur
  • Terburu-buru menelan makanan
  • Melampiaskan kesedihan dengan banyak makan
  • Makan karbohidrat secara berlebihan
  • Tidur setelah makan
  • Terlalu banyak duduk

Cara melancarkan buang air besar 


1. Banyak minum air putih. Air putih memiliki banyak kegunaan bagi tubuh terutama untuk melancarkan buang air besar. Air putih bekerja dengan cara membantu proses pencernaan sehingga memudahkan pembuangan limbah. Kita dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan dan keseimbangan cairan di dalam tubuh.

2. Banyak bergerak. Aktivitas fisik menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Aktivitas fisik seperti olahraga membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. Dengan kita banyak bergerak, maka proses metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik termasuk proses pembuangan limbah. Lakukan aktivitas fisik setidaknya 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 20-40 menit. Jika anda tidak mampu melakukan olahraga berat, mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

3. Konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan makanan paling sehat di planet bumi. Keduanya mengandung tinggi serat dan air yang secara alami dapat melancarkan buang air besar. Serat membantu pergerakan usus sehingga mempermudah proses pembuangan. Pilihlah jenis buah sehat seperti pepaya, anggur, pisang, buah naga, jeruk dan melon. Selain buah, sayur juga merupakan makanan alami yang berguna mempermudah BAB karena mengandung tinggi serat.

4. Beralih ke protein nabati. Terlalu banyak mengkonsumsi daging dapat mengganggu proses pencernaan sehingga akan menyulitkan buang air besar. Hal ini akan semakin parah jika kita tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur. Untuk memperlancar buang air besar anda bisa memanfaatkan sumber protein nabati seperti kacang, kedelai, brokoli dan biji-bijian. Protein nabati umumnya menjadi pilihan bagi pelaku diet karena lebih rendah lemak. Meskipun demikian, anda tetap membutuhkan asupan protein hewani sebagai penyeimbang nutrisi.

5. Managemen stres. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, stres juga bisa mengganggu proses pencernaan tubuh sehingga menyebabkan sulit BAB. Stres memang bukan penyabab umum sulit BAB, tetapi jika dibiarkan mungkin bisa sangat berpengaruh kepada sistem tubuh anda yang pada gilirannya bisa menghambat proses pencernaan. Stres bisa dicegah dengan cara sederhana seperti bernafas dalam, berfikir positif, dan istirahat yang cukup.

6. Memperlancar BAB dengan makanan fermentasi. Mengkonsumsi makanan fermentasi adalah salah satu rahasia penyembuhan sembelit. Makanan fermentasi seperti yogurt dilengkapi dengan probiotik alami yang mampu menekan pertumbuhan bakteri merugikan di usus. Ingat, anda hanya perlu mengkonsumsi sejumlah kecil makanan yang difermentasi, karena makanan ini juga tidak baik dikonsumsi secara berlebih.

7. Makan perlahan-lahan. Mengunyah makanan dengan perlahan-lahan  akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan sempurna. Sebaliknya, Jika terburu-buru saat mengunyah makanan tubuh tidak akan memposes makanan dengan benar sehingga pengurain nutrisi akan lebih sulit, dampaknya kita akan mengalami kesulitan saat BAB. Selain itu, kombinasikan antara makanan tinggi karbohidrat dan serat untuk mengurangi beban pada tubuh dan mempercepat pencernaan.

8. Detoksifikasi tubuh. Melakukan detoksifikasi tubuh merupakan cara yang bagus untuk memperlancar BAB. Ada banyak makanan yang bisa digunakan untuk membersihkan usus besar diantaranya seperti lidah buaya. Jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang ketika dikonsumsi akan membantu pengeluaran racun dari tubuh sekaligus menenangkan peradangan internal pada lapisan pencernaan. Selain bergunan untuk memperlancar buang air besar, detoksifikasi juga bermanfaat mencegah penyakit berbahaya termasuk kanker.

9. Hindari makan ketika tertekan. Adrenalin, yang diproduksi oleh tubuh ketika dalam keadaan stres, akan memperlambat aliran darah ke perut, sehingga relaksasi otot dan usus akan menyebabkan pencernaan menjadi lamban. Hindari juga mengkonsumsi makanan berat ketika anda berada di bawah tekanan.

10. Hindari tidur setelah makan. Untuk memperlancar BAB usahakan anda tidak langsung tidur setelah makan. Tidur setelah makan dapat menyebabkan proses pencernaan menjadi kacau sehingga makanan tidak bisa diporses dengan semestinya. Untuk menghindari hal ini sebaiknya lakukan aktivitas ringan setelah makan.

Makanan untuk melancarkan buang air besar

1. Ubi jalar. Makanan ini sangat baik untuk sistem pencernaan anda karena diperkaya dengan serat makanan yang membantu proses pencernaan. Selain serat, ubi jalar juga mengandung tinggi karbohidrat kompleks, vitamin B6 dan C, yang berguna membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Menurut penelitian terbaru, cyanidins, peonidins dan fitonutrien yang terdapat dalam ubi jalar bermanfaat membantu menurunkan risiko masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh logam berat dan radikal oksigen.

2. Buah pepaya. Buah ini sering disebut sebagai pencahar alami, hal ini disebabkan buah pepaya mengandung tinggi air dan serat yang berguna melancarkan buang air besar. selain buah pepaya, sebenarnya ada banyak jenis buah yang memilki manfaat sama, diantaranya semangka, melon, anggur, jeruk, tomat dan sawo.

3. Brokoli. Sayur ini mengandung tinggi antioksidan penting yang berguna mencegah kanker, termasuk kanker usus besar. Brokoli juga mengandung serat yang jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu memperlancar buang air besar. Jika anda menyukai makan brokoli mentah, itu lebih baik karena kandungan nutrisinya masih terjaga dengan baik, tetapi memasaknya sebentar juga tidak masalah, karena kandungan serat dalam brokoli tidak akan hilang melalui proses memasak, akan tetapi kandungan vitamin di dalamnya mungkin akan sedikit menurun.

4. Kentang. Makanan ini sangat baik untuk memperlancar BAB karena diperkaya dengan serat makanan. Belum lagi kentang juga tinggi mineral penting termasuk zat besi yang membantu mencegah anemia.

5. Sayuran segar. Hampir semua jenis sayuran baik untuk kesehatan. Sayuran merupakan sumber vitamin, serat, mineral dan antioksidan yang bermanfaat mencegah berbagai macam penyakit. Serat di dalam sayuran juga memberikan efek yang menguntungkan bagi kesehatan pencernaan sehingga membantu melancarkan pencernaan.

6. Buah pisang. Buah pisang sering dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar karena memiliki tekstur yang lembut dan mengandung tinggi serat. Selain itu, protein dalam pisang juga membantu memperbaiki dan memelihara jaringan saluran pencernaan sekaligus memperlambat pencernaan karbohidrat. Tidak hanya itu, pisang juga dianjurkan bagi penderita diare, karena membantu mengembalikan elektrolit dan kalium yang hilang ketika mengalami diare.
loading...