10 manfaat kacang hijau yang menakjubkan

Kacang hijau adalah makanan yang sangat padat akan nilai gizi. Makanan ini sering digunakan sebagai menu makanan di Cina, dan disebut disebut lǜ Dou. Selain di cina, kacang hijau juga digunakan secara luas di Thailand, Taiwan, Jepang, Korea, Pakistan, India, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di Vietnam, kacang hijau disebut Djau xanh. Umumnya, kacang hijau bisa dimasak secara langsung atau dibuat menjadi tauge. Tauge dari kacang hijau biasanya dibuat menjadi campuran sup atau soto. Beberapa manfaat kacang hijau diantaranya:
manfaat kacang hijau
Gambar kacang hijau

1. Untuk penderita diabetes. Ada banyak makanan sehat di luar sana yang memberikan manfaat mengurngi kadar gula darah termasuk kacang hijau. Makanan ini tinggi akan kandungan serat yang berguna mengurangi tingkat kolesterol darah. Selain itu, kacang hijau juga sangat rendah indeks glikemik sehingga sangat berguna untuk mengontrol kadar gula darah yang pada gilirannya akan mencegah penyakit diabates. Untuk mendapatkan manfaat kacang hijau, anda bisa membuatnya menjadi berbagai macam olahan makanan seperti bubur kacang hijau.

2. Mengurangi risiko kanker. Salah satu jenis kanker yang bisa dicegah dengan manfaat kacang hijau adalah kanker payudara. Kacang hijau diketahui kaya akan protein inhibitor yang membantu mengurangi manipulasi sel tumor termasuk kanker payudara. Jadi bagi para wanita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau secara rutin.

3. Mengurangi pendarahan. Pendarahan merupakan kondisi yang terjadi saat kita mengalami cidera. Dalam keadaan normal saat pendarahan tubuh akan melakukan pembekuan darah untuk mencegah darah keluar terlalu banyak. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah pendarahan adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung tinggi vitamin K, dimana vitamin ini  bermanfaat mempermudah proses pembekuan darah saat cidera.

4. Meningkatkan fokus. Kacang hijau merupakan makanan yang mengandung tinggi zat besi yang berguna membuat sel darah merah. Sel darah merah sangat diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh organ di dalam tubuh termasuk otak. Jika pasokan oksigen ke otak bisa lancar, maka akan membuat kita lebih mudah berkonsentrasi. Untuk itu, bagi anda yang memiliki buah hati cobalah untuk rutin menyajikan kacang hijau ke menu harian mereka.

5. Kolesterol terjaga. Bagi yang memiliki kolesterol tinggi tampaknya harus mencoba  makan lebih banyak kacang hijau. Manfaat kacang hijau yang paling penting datang dari kandungan seratnya. Serat larut dalam kacang hijau sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengeluarkan kolesterol. Kolesterol adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke yang merupakan dua dari beberapa penyakit paling mematikan di Indonesia. Untuk mencegah penyakit jantung, tidak ada salahnya jika anda mencoba rutin mengkonsumsi olahan kacang hijau.

6. Meringankan hipertensi. Kacang hijau adalah salah satu makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2014 dalam Chemistry Central Journal, tikus yang diberikan ekstrak kecambah kacang hijau mengalami penurunan tekanan darah tinggi secara signifikan. Para peneliti menduga jika efek anti-hipertensi yang diberikan  kacang hijau disebabkan fragmen protein yang disebut sebagai peptida. Senyawa ini diketahui dapat membantu mengurangi konstraksi pembuluh darah yang bisa memicu tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan asupan protein. Jika anda adalah seorang vegetarian dan khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan protein harian, anda bisa mencoba mengkonsumsi kacang hijau. Kacang hijau megandung 20-24% dari struktur kimia pembentuk asam amino. Asam amino berperan penting dalam membantu pembentukan protein dari makanan.

8. Makanan untuk diet. Disamping kaya akan nutrisi penting, kacang hijau juga sangat rendah kalori. Dalam kacang hijau hanya terdapat sekitar 30 kalori per cangkir. Makanan rendah kalori dan tinggi serat seperti kacang hijau sangat cocok digunakan sebagai makanan untuk diet sehat. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat kita kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi porsi makan kita.

9. Tinggi antioksidan. Kacang hijau adalah makanan dengan tinggi kandungan antioksidan. Dalam satu cangkir kacang hijau mengandung setidaknya 13 miligram vitamin. Menurut Linus Pauling Institute Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung koroner atau stroke. Selain itu, antioksidan juga sangat berguna untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

10. Baik untuk wanita hamil. Dalam satu cangkir kacang hijau memenuhi  100 persen kebutuhan asam folat harian anda. Fungsi asam folat sangat banyak sekali di dalam tubuh kita termasuk untuk sintesis DNA, pertumbuhan sel, keseimbangan hormon, fungsi kognitif otak, dan sistem reproduksi. Karena manfaatnya pulalah yang membuat folat sangat diperlukan oleh wanita hamil. Dan itu bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi satu cangkir kacang hijau. Perlu diketahui jika kekurangan asam folat selama kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat.
loading...