12 Makanan yang mengandung zinc (seng)

Zinc merupakan mineral penting yang secara alami terdapat di beberapa makanan, dan juga tersedia sebagai suplemen. Selain itu, zinc juga ditemukan di banyak tablet hisap dingin dan beberapa obat flu.

Zinc dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita, terutama bagi mereka yang sudah mengalami menopause. Penelitian telah menunjukkan bahwa rendahnya tingkat zinc pada wanita berhubungan erat dengan berkurangnya kepadatan tulang, sehingga akan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain itu, zinc juga sangat diperlukan untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit, mencegah ketombe, dan rambut rontok.

Makanan yang mengandung zinc
Makanan sumber zinc

Zinc sangat penting untuk pembelahan sel dan pertumbuhan, sehingga sangat penting bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zinc. Zinc juga membantu menghindari kelainan bawaan dan mencegah bayi lahir prematur. Sedangkan untuk pria zinc bisa menjaga kesehatan testosteron (hormon pria). Zinc akan melindungi kelenjar prostat dari infeksi dan peradangan. Sehingga membantu menjaga kesuburan pria.

1. Daging sapi. Daging sapi adalah makanan sumber Zinc utama karena  dalam 100 gram daging sapi menyediakan setidaknya 4,18 mg zinc. Belum lagi daging sapi juga mengandung tinggi protein, magnesium dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama tulang. Pastikan anda memilih daging sapi yang berkualitas untuk mendapatkan manfaat dari kandungan zinc dan nutrisi lainnya.

2. Sayur bayam. Makanan ini sangat disukai oleh vegetarian karena mengandung tinggi nutrisi penting termasuk Zinc di dalamnya. 1 porsi bayam dengan berat 100gram mengandung 0.53 miligram zinc dan hanya memiliki 23 kalori. Bayam juga memiliki banyak kelebihan lain terutama kandungan serat dan vitaminnya yang benar-benar membantu anda mendapatkan tubuh sehat.

3. Biji labu. Satu porsi (100 gram) biji labu mengandung sekitar 10,3 mg zinc, jumlah tersebut mencukupi sekitar 69% kebutuhan zinc harian anda. Selain sangat tinggi zinc, biji labu juga dapat membantu mencegah kanker prostat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan kandungan zinc yang maksimal, disarankan untuk mengkonsumsi biji labu mentah-mentah, tetapi jika tidak menyukainya,  anda boleh memasaknya, meskipun akan mengurangi kandungan zinc di dalamnya.

4. Kerang. Seafood umumnya memang mengandung tinggi mineral. Satu porsi dengan 6 tiram mengandung 76 mg zinc yang sudah melebihi kebutuhan zinc harian anda. Meskipun demikian, makanan ini tidak mudah tersedia. Karena itu mungkin anda hanya akan mengkonsumsinya sesekali saja. Selain itu, kelebihan asupan zinc dapat menyebabkan gangguan kekebalan tubuh dan terganggunya metabolisme mineral lainnya.

5. Bawang putih. Makanan ini lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur dibandingkan dikonsumsi secara langsung. Karena manfaat bawang putih sangat banyak bagi kesehatan membuat penggunaannya semakin luas. Bawang putih menawarkan sejumlah nutrisi termasuk zinc. Bawang putih juga merupakan makanan yang bagus untuk detoks tubuh karena diperkaya dengan mangan, vitamin B6, vitamin C dan selenium.

6. Cokelat hitam. Mengkonsumsi cokelat hitam bisa memberikan dorongan asupan zinc harian anda. 100 gram cokelat hitam tanpa gula memiliki hingga 9.6mg zinc. Sedangkan bubuk kakao mengandungi 6.8mg zinc. Cokelat hitam juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan mental. Tetapi, anda harus waspada karena cokelat yang selama ini beredar memiliki kandungan kakao lebih sedikit, plus sangat tinggi kalori karena penambahan gula.

7. Jamur. Di antara sayuran lain, jamur juga pantas disebutkan secara khusus sebagai makanan sumber zinc yang baik. Jamur hampir tidak memiliki kandungan lemak dan sangat rendah kalori sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Secangkir irisan jamur putih yang sudah dimasak memberikan 1,4 mg atau 9% DV zinc. Meskipun jumlah tersebut tidak terlalu tinggi, tetapi jamur masih menjadi pilihan yang tepat karena ada banyak nutrisi penting di dalamnya.

8. Biji wijen. Biji wijen sering digunakan sebagai campuran membuat kue atau makanan lainnya. Sebagai bahan campuran biji wijen memiliki banyak sekali manfaat lebih dari makanan utama. Biji wijen mengandung setidaknya 10 mg zinc dari 100 gram. Selain zinc, biji wijen juga mengandung mineral lainnya seperti magnesium.

9. Biji semangka. Makanan yang satu ini mungkin kurang umum dikonsumsi masyarakat kita, tetapi diakui atau tidak biji semangka menyediakan nutrisi yang cukup melimpah bagi tubuh. Biji semangka mengandung beberapa nutrisi seperti zinc, protein, magnesium, lemak sehat, dan sejumlah Vitamin B. 100 gram biji semangka mengandung 10 mg zinc dan 602 kalori.

10. Hati sapi. Hati dianggap sebagai makanan sumber lemak dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebih, tetapi di sisi lain hati juga merupakan sumber mineral termasuk zat besi, kalium, magnesium, dan zinc. Untuk itu, sebaiknya jangan menggunkan hati sapi sebagai makanan utama sumber zinc, anda hanya boleh mengkonsumsinya sesekali saja.

11. Ikan salmon. Reputasi ikan ini memang sangat baik, seiring dengan kandungan omega-3 yang dimilikinya. Salmon adalah ikan yang sangat sehat dan berguna menjaga kesehatan jantung. Selain zinc, anda juga akan mendapatkan mineral lain dari ikan ini diantaranya kalsium dan selenium.

12. Beras merah. Jika anda ingin mendapatkan asupan zinc dengan mudah, cobalah mengganti beras putih dengan beras merah. Beras merah menjadi makanan pokok paling spesial karena memiliki indeks glikemik sangat rendah dibanding nasi putih. 100 gram beras merah mengandung sekitar 2,2 mg zinc.  
loading...