Friday, November 27, 2015

6 Makanan yang mengandung mangan

Ketika kita berpikir mengenai makanan tinggi mineral, pasti kita akan mencari kalsium atau zat besi. Keduanya mamang merupakan mineral utama bagi tubuh. Tetapi ada banyak jenis trace mineral, yang umumnya kurang mendapatkan perhatian, kerena kebutuhannya bagi tubuh tidak sebanyak kedua mineral tersebut. Selain itu, saat kita mencari makanan tinggi mineral lain seperti magnesium dan kalsium, maka kita juga akan menemukan mangan di dalamnya, sehingga kekurangan mangan sangat jarang terjadi. Pada tahun 1930, peneliti menemukan bahwa tubuh kita memerlukan sejumlah kecil mangan dari makanan yang kita konsumsi. Sejak itu, telah ditetapkan bahwa setiap orang dewasa membutuhkan sekitar 15-20 mg mangan dari makanan.

Manfaat dan fungsi mangan

Mangan memiliki banyak manfaat dan fungsi bagi tubuh kita, contohnya sebagai antioksidan. Selain itu mangan juga dapat membantu mengurangi tingkat kelelahan, mencegah osteoporosis, dan bahkan meningkatkan memori otak.

Mangan adalah mineral yang berguna mengkonversi protein dan lemak untuk diubah menjadi energi. Mangan juga mendorong pertumbuhan tulang yang normal, membantu menjaga kesehatan reproduksi, saraf, dan sistem kekebalan tubuh, dan terlibat dalam regulasi gula darah. Selain itu, mangan terlibat dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang rawan serta cairan pelumas pada sendi. Beberapa makanan tinggi mangan diantaranya:
makanan yang mengandung mangan
makanan sumber mangan

1. Kacang hazelnut. Kacang memang merupakan sumber mineral yang sangat baik untuk tubuh seperti hazelnut. Jenis kacang umumnya juga mengandung tinggi protein yang bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda. 100 gram kacang jenis ini memenuhi semua kebutuhan mangan harian anda.

2. Biji bunga matahari. Makanan ini memang sering dipandang sebagai sumber mineral tubuh, selain menyediakan tinggi zat besi, magnesium dan vitamin E, biji bunga matahari juga mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan mangan harian anda.

3. Oatmeal. Oatmeal terbuat dari biji-bijian seperti gandum sehingga mengandung banyak nutrisi penting termasuk mineral seperti mangan. Seperempat cangkir oatmeal mengandung kurang lebih 6 mg mangan. Biji-bijian lain seperti sereal bekatul murni juga mengandung mangan, yaitu sekitar 2,5-2,7 mg dalam seperempat cangkir.

4. Kacang lima. Kacang adalah salah satu tanaman yang paling lama dibudidayakan dan telah menjadi sumber penting protein nabati di seluruh belahan Dunia. Setengah cangkir (85 gram) kacang lima mengandung lebih dari setengah jumlah kebutuhan mangan per individu.

5. Sayuran hijau. Ada banyak keuntungan mengkonsumsi sayuran hijau. Selain menyediakan vitamin, antioksidan dan serat, sayuran berdaun hijau juga menyediakan sebagian besar mineral termasuk mangan. Beberapa kelompok sayuran seperti selada, bayam, endive, arugula, brokoli, sawi, kangkung dan swiss chard merupakan sumber mangan yang cukup baik.

6. Kakao atau cokelat. Cokelat sering dianggap tidak sehat karena mengandung tinggi lemak. Tetapi cokelat hitam yang terbuat dari kakao murni merupakan makanan sehat karena mengandung tinggi antioksidan dan mineral. Satu porsi (100 gram) bubuk kakao atau cokelat mengandung 3,8 mg mangan, setara 192% kebutuhan mangan harian.
loading...