7 Manfaat kacang polong dan kandungan nutrisinya

Kacang polong adalah produk kacang-kacangan yang menyediakan tinggi nutrisi plus rendah kalori. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam kacang polong diantarnya: serat, protein nabati, folat, vitamin E, C, A, niacin, zat besi, magnesium, kalium, mangan, dan karetenoid. Beberapa manfaat kacang polong diantaranya:
Manfaat kacang
 kacang polong

1. Mencegah kanker. Kacang polong dikemas dengan beberapa senyawa alami, termasuk polifenol yang disebut Coumestrol. Senyawa ini telah ditemukan mampu mengurangi risiko kanker perut hingga 50 persen. Sebuah studi di Meksiko telah menemukan bahwa mengkonsumsi satu porsi kacang polong setiap hari dapat membantu kita mengurangi risiko kanker perut. Satu cangkir kacang polong menyediakan 10 mg Coumestrol.

2. Mencegah diabetes. Fitonutrien yang ditemukan dalam kacang polong, seperti saponin, asam fenolik, dan flavanol seperti catechin dan epicatechin, telah terbukti dapat memberikan efek antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mencegah penyakit diabetes. Kacang polong juga mengandung serat larut yang bisa membantu anda mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah yang terkontrol akan membantu anda terhindari dari penyakit diabetes.

3. Menurunkan kolesterol. Kacang polong adalah makanan penurun kolesterol karena dikemas dengan serat larut. Serat larut adalah jenis serat yang apabila masuk di dalam tubuh akan membentuk sebuah gel. Gel ini berguna menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh kita. Jadi dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat larut seperti kacang polong akan membantu anda menurunkan kolesterol jahat. Studi menemukan jika mengkonsumsi setidaknya 10 gram serat larut perhari bisa mengurangi kadar kolesterol jahat hingga 10 persen.

4. Sumber folat. Asam folat adalah nutrisi yang sangat penting bagi wanita hamil. Kurangnya asupan folat selama masa kehamilan dapat mengakibatkan bayi beresiko tinggi lahir cacat. Hal ini dikarenakan folat berguna dalam membentuk jaringan otak dan sum-sum tulang belakang. Selain itu, folat juga diperlukan untuk sintesis DNA dalam sel. Studi menunjukkan bahwa memenuhi kebutuhan asam folat selama hamil akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab tertinggi kematian akibat penyakit. Salah satu pemicu utama penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol darah. Kacang polong dikenal sebagai makanan yang mengandung tinggi serat larut dimana serat ini berfungsi menyerap kolesterol kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Belum lagi, anti-oksidan yang kuat dan sifat anti-inflamasi yang dimiliki kacang polong juga bermanfaat mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Selain kolesterol, stres merupakan faktor penting penyebab penyakit jantung.

6. Sumber protein nabati. Jenis kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Kacang polong lebih rendah lemak dibandingkan dengan sumber protein hewani seperti daging. Jadi kacang polong bisa menjadi pilihan sumber protein bagi para vegetarian. Selain itu, bagi anda yang sedang menjalani diet juga bisa mencoba mengkonsumsi kacang polong sebagai pengganti protein hewani karena lebih rendah kalori dan tinggi serat makanan.

7. Meningkatkan imunitas. Kekebalan tubuh kita sangat tergantung pada konsumsi Vitamin A dan C. Keduanya sangat penting untuk menangkal efek buruk rdikal bebas dari polusi karena merupakan antioksidan alami. Satu cangkir kacang polong memenuhi sekitar 22% dari kebutuhan vitamin A harian kita. Vitamin A dan C dalam kacang polong memiliki manfaat melindungi tubuh dari serangan infeksi dan mikroba.
loading...