8 Manfaat lobak bagi kesehatan tubuh

Lobak adalah sayuran yang berasal dari jenis umbi-umbian yang sangat rendah kalori dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lobak pertama kali dibudidayakan di Cina, tanaman ini menyebar melalui belahan bumi utara dan sampai ke Eropa pada tahun 1500-an. Secara ilmiah lobak juga disebut sebagai Raphanus sativus, yang masih dalam keluarga Brassicaceae. Lobak memiliki beberapa fariasi warna seperti putih, merah, ungu atau warna hitam. Dari segi bentuk, bisa bulat, panjang atau silinder.
Manfaat lobak
Gambar lobak merah

1. Mencegah Kanker. Lobak merupakan makanan tinggi vitamin C, asam folat dan anthocyanin, yang berguna mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker usus, ginjal, dan kanker mulut. Antioksidan dalam lobak juga memiliki peran besar dalam mencegah kerusakan akibat radikal bebas, sehingga akan menjauhkan anda dari penyakit kanker.

2. Menyediakan serat. Lobak memang bukanlah sumber utama serat karena dalam ½ cangkir lobak hanya menyediakan  1 g serat, tampaknya jumlah ini masih relatif jauh dari kebutuhan serat harian anda.  Tetapi, lobak bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk mendapatkan serat, karena sayuran ini juga relatif rendah kalori. Menurut hasil penelitian dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa meningkatklan asupan serat dalam makanan bisa menurunkan risiko beberapa jenis penyakit termasuk diabetes, penyakit jantung, divertikulitis dan kanker usus besar.

3. Gangguan tidur. Minum jus lobak sebelum tidur dapat memberikan bantuan kepada mereka dengan insomnia. Sifat sedatif yang dimilki lobak telah dikenal sejak zaman Yunani dan Romawi kuno di mana sayur ini sering digunakan untuk mengatasi susah tidur.

4. Meringankan hipertensi. Menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam The journal of Nutrition Research and Practice menyatakan bahwa daun lobak dapat membantu penderita hipertensi dalam menurunkan tekanan darah mereka. Hal ini disebabkan lobak mengandung Kalium, sekaligus rendah natrium sehingga dapat menjaga kestabilan tekanan darah pada pasien hipertensi.

5. Penyakit hati. Lobak memiliki sifat detoksifikasi yang bermanfaat meningkatkan kesehatan organ hati. Lobak mengandung sejumlah sulfur yang membantu meningkatkan aliran empedu sehingga akan mempertahankan kesehatan hati. Sehingga rutin mengkonsumsi lobak dipercaya bisa membantu mengatasi perlemakan hati dan penyakit hati lainnya.

6. Mengobati asma. Ini adalah salah satu manfaat lobak paling menguntungkan. Lobak memiliki sifat anti kongestif sehingga dapat digunakan untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir. Dengan demikian lobak bisa membantu melindungi saluran pernapasan dari  alergi dan infeksi.

7. Menjaga kesehatan ginjal. Lobak merupakan diuretik yang sangat efektif. Lobak bisa memberikan bantuan kepada ginjal untuk mengolah limbah secara efisien sehingga akan mengeluarkan lebih banyak urin. Hal ini tentunya berkontribusi besar untuk meningkatkan fungsi ginjal, membantu membersihkan darah, menghilangkan racun melalui ginjal, hati, kelenjar keringat dan saluran pencernaan.

8. Kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam lobak tidak hanya bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh, tetapi juga mencegah berbagai macam masalah kulit. Vitamin C dalam lobak berperan sebagai antioksidan yang dimanfaatkan tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah penyabab utama penuaan seperti kerutan dan bintik hitam di wajah.
loading...