Thursday, November 5, 2015

9 Buah untuk melancarkan buang air besar

Pencernaan yang sehat ditandai dengan lancarnya buang air besar, sebaliknya pencernaan yang buruk akan mengakibatkan masalah pada BAB. Solusi paling mudah untuk melancarkan buang air besar adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Buah memiliki banyak manfaat karena mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu manfaat buah yang utama adalah menjaga kesehatan pencernaan karena mengandung tinggi air dan serat. Beberapa jenis buah untuk melancarkan buang air besar diantaranya:
Buah untuk melancarkan buang air besar
Gambar: buah untuk melancarkan BAB

1. Pepaya. Pepaya adalah buah paling menguntungkan untuk pencernaan. Buah ini menyediakan serat yang melimpah sehingga sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga memberikan bantuan mengatasi sembelit. Konsumsi setidaknya 2 potong buah pepaya setiap hari agar pencernaan anda lancar dan terbebas dari sembelit.

2. Pisang. Buah ini terkenal mengandung tinggi kalori sehingga kurang diminati bagi pelaku diet, tetapi buah ini juga menyediakan serat yang bia membantu memperlancar buang air besar sekaligus membersihkan sistem pencernaan. Sembelit bisa menjadi penyabab perut buncit yang pada akhirnya akan mengakibatkan berat badan anda bertambah. Belum lagi pencernaan yang tidak lancar juga bisa menyebabkan banyak penyakit di usus. Makanlah buah pisang dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan, agar anda dapat memperoleh manfaatnya tanpa harus khawatir menjadi gemuk.

3. Anggur. Buah berair menjadi pilihan yang sempurna untuk melancarkan BAB. Buah berair umumnya digunakan sebagai pencehar alami saat mengalami sulit BAB. Terlebih lagi buah seperti anggur juga menyediakan antioksidan tinggi yang membantu mengurangi paparan antioksidan berbahaya. Untuk melancarkan buang air besar, makanlah 1 cangkir buah anggur segar setiap hari.

4. Buah apel. Apel tergolong sebagai makanan tinggi serat yang jika dikonsumsi secara ruitn bisa memberikan bantuan kepada pencernaan anda.   Pektin dalam buah  apel berguna sebagai agen anti-inflamasi yang mencegah peradangan pada sistem pencernaan kita. Selain itu pektin yang memilki bentuk seperti gel dapat membuat kita kenyang lebih lama sehingga membuat kita tidak mudah lapar, hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi orang yang sedang menjalani diet.

5. Buah alpukat. Alpukat adalah buah sehat yang mengandung tinggi nutrisi. Buah ini menyediakan tinggi serat, yaitu sekitar 25% dalam 100g. Buah alpukat juga menjadi menu diet yang sempurna karena memiliki kemampuan mengendalikan tingkat kolesterol darah yang pada gilirannya akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Jika ingin melancarkan buang air besar, pastikan buah ini masuk dalam menu harian anda.

6. Blackberry. Buah ini sangat menawan terlebih karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Hampir semua keluarga berry menyediakan tinggi antioksidan yang penting bagi tubuh. Selain manfaatnya dari anitoksidan, blackberry juga bisa membantu melancarkan BAB karena mengandung tinggi serat. Dalam 100g blackberry segar memenuhi sekitar 20% kebutuhan serat yang direkomendasikan. Kombinasikan blackberry dengan buah lainnya untuk meningkatkan asupan serat harian anda.

7. Buah pir. Buah pir memiliki tekstur mirip dengan buah apel, tetapi dengan kandungan air yang lebih tinggi. Buah ini menyediakan tinggi vitamin dan serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kombinasi antara serat dan air dalam buah pir akan memberikan dorongan nyata pada kesehatan pencernaan anda. Belum lagi, buah ini juga memiliki kandungan pektin seperti halnya buah apel yang bermanfaat mengurangi peradangan pada sistem pencernaan.

8. Raspberry. Selain blackberry, raspberry juga merupakan pilihan yang baik untuk melancarkan BAB. Anggota keluarga berry ini menyediakan tinggi serat, antioksidan, vitamin dan mineral penting. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam raspberry akan memeberikan banyak manfaat bagi kesehatan anda secara keseluruhan. Sehingga melancarkan buang air besar bukan satu-satunya alasan bagi anda untuk mengkonsumsi buah ini.

9. Melon. Buah ini sangat menyegarkan karena mengandung tinggi air, terutama jika dikonsumsi saat cuaca panas. Tetapi manfaat melon tidak berhenti sampai di situ saja. Buah melon mengandung tinggi serat dan air yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan buang air besar. Kandungan mineral di dalam buah ini juga bisa menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga mencegah dehidrasi. Saat tubuh kita terhidrasi maka proses pencernaan akan bisa berjalan dengan baik.
loading...