9 Manfaat Okra bagi kesehatan tubuh

Okra adalah sayuran hijau yang memiliki bentuk polong. Tanaman ini sering dijumpai di beberapa negara Afrika dan cina. Okra memang sedikit asing di Indonesia dan mungkin tidak banyak yang tahu mengenai tanaman ini. Di Amerika okra sering dibuat menjadi semur, sup dan tumis. Okra memiliki tekstur kenyal, rasanya agak miri dengan terung. Kantha Shelke, dari Institute of Food Technologists, mengatakan bahwa okra adalah sayuran yang disajikan untuk atlet olimpiade di Beijing. Hal ini mungkin disebabkan karena okra mengandung tinggi vitamin B yang dapat menambah energi para atlet saat bertanding.
Manfaat tanaman Okra
Ilustrasi Manfaat tanaman Okra

1. Meringankan penyakit ginjal. Tanaman okra bermanfaat bagi penderita penyakit ginjal, dan mungkin juga bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2005 lalu yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal, mengungkap bahwa mengkonsumsi tanaman okra dapat mengurangi risiko penyakit ginjal. Dalam studi ini munjukkan jika orang yang diberi makan okra setiap hari mengalami penurunan kerusakan ginjal dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi okra. Penyakit ginjal sering dipicu penyakit lain seperti diabetes, bahkan 50% penderita diabetes biasanya juga mengalami penyakit ginjal.

2. Untuk penderita diabetes. Okra memiliki sifat membantu menurunkan kadar gula darah. Okra memiliki indeks glikemik rendah hanya 20, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Sebuah studi pada 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Ilmu menemukan bahwa okra memiliki sifat antidiabetes cukup potensial. Studi lain pada tahun yang sama di ISRN farmasi menemukan bahwa okra membantu mengurangi penyerapan glukosa, yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah.

3. Menurunkan kolesterol. Okra menjadi makanan penurun kolesterol yang sangat baik karena memiliki tinggi serat. Sebuah studi pada 2014 lalu yang diterbitkan dalam Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology menemukan bahwa aktivitas hipolipidemik ekstrak yang ditemukan pada kulit okra berguna untuk menurunkan kolesterol jahat. Okra bekerja dengan  cara menghambat aktivitas esterase kolesterol pankreas, yang pada gilirannya dapat mengurangi penyerapan kolesterol.

4. Kaya antioksidan. Antioksidan merupakan komponen penting yang berguna melawan radikal bebas. Manfaat dari antioksidan ini bisa ditemukan dalam okra. Okra mengandung tinggi vitamin A, serta komponen antioksidan seperti karoten beta, xanthein, dan lutein. Radikal bebas bertanggung jawab atas degreadation dari sel-sel dalam tubuh, termasuk yang menjadi penyebab penyakit kanker.

5. Dorongan sistem kekebalan. Okra mengandung tinggi vitamin C, dimana vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang kuat menjadikan tubuh lebih  siap dalam melawan serangan penyakit berbahaya termasuk kanker dan katarak. Selain itu, Vitamin C juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat sel-sel darah putih, yang berguna memerangi infeksi.

6. Kesehatan pencernaan. Okra bisa memberikan bantuan kepada mereka dengan masalah pencernaan seperti sembelit. Hal ini dikarenakan okra menyediakan serat cukup tinggi yang bermanfaat memaksimalkan pembuangan limbah di saluran pencernaan dengan membuat gerakan usus lebih teratur. Orang yang memiliki perut buncit juga merasakan manfaat dari okra karena kandungan seratnya tersebut.

7. Menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam okra benar-benar bermanfaat bagi kesehatan. Jenis serat larut dalam okra memainkan peran penting dalam penurunan kolesterol darah dengan mengubah produksi empedu dalam usus. Kolesterol tinggi dalam darah bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

8. Menjaga kesehatan. Okra membantu membersihkan hati dan mencegah beberapa jenis penyakit hati. Okra berguna menghilangkan zat-zat beracun di dalam organ hati sehingga akan meringankan kerja hati. Mengkonsumsi okra secara rutin juga bisa membantu mengatasi perlemakan hati. Sebuah studi dalam Journal Saudi Pharmaceutical, menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam ekstrak okra memiliki kemampuan untuk melindungi hati dari kerusakan bahan kimia.

9. Tinggi mineral. Okra mengandung tinggi berbagai macam mineral seperti kalsium, kalium, dan zat besi yang kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh. Dalam okra setidaknya terdapat 216 mg kalium, yang diperlukan untuk mengontrol denyut jantung dan tekanan darah pada tingkat normal. Mencukupi kebutuhan kalium juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Mineral lain yang tidak kalah penting dalam okra adalah zat besi. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah, sehingga akan mencegah anda mengalami defisit darah merah atau dikenal dengan anemia.
loading...