Wednesday, November 11, 2015

Alasan kenapa olahraga itu penting

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Olahraga merupakan faktor penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindari dari berbagai penyakit. Tetapi sayangnya banyak orang yang kurang mendapatkan waktu  olahraga. Kebanyakan dari kita mengetahui manfaat olahraga, tetapi rasa malas dan kurangnya waktu lah yang menjadi penyebab utama kenapa kita enggan berolahraga. Untuk membuat kita semakin bersemangat dalam berolahraga, berikut beberapa alasan kenapa olahraga itu penting untuk kita lakukan:
gambar orang sedang berolahraga
gambar orang sedang berolahraga

1. Cara menjaga kesehatan yang murah. Jika mau sehat, pasti membutuhkan biaya, setidaknya untuk membeli makanan sehat dsb. Tetapi sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat badan kita tetap sehat, salah satunya dengan banyak berolahraga. Untuk berolahraga kita tidak membutuhkan banyak biaya asalkan kita bisa memilih jenis olahraga yang tepat. Misalnya berjalan kaki di pagi hari, selain gratis berjalan kaki juga sangat menyehatkan terutama untuk kesehatan jantung kita.

2. Agar tidak mudah lelah dan selalu fit. Anda merasa mudah lelah dan kurang fit? banyaklah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Olahraga memberikan kita doronga energi dengan cara memberikan latihan kepada tubuh. Selain itu, olahraga juga berguna membakar lemak berlebih di dalam tubuh yang sering menyebabkan kita mudah lelah dan kurang bersemangat.

3. Meningkatkan kepercayaan diri. Olahraga bukan hanya sekedar membuat tubuh kita tetap sehat, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan tubuh yang selalu fit dan bertenaga maka kita akan lebih percaya diri. Beberapa jenis olahraga seperti bela diri, basket, sepak bola dan bersepeda akan membantu kita mendapatkan kepercayaan diri.

4. Meningkatkan kesehatan mental kita. Olahraga bukan hanya dapat mencegah penyakit berbahaya, tetapi juga memberikan dorongan pada kesehatan mental. Dengan banyak berolahraga maka kita akan meminimalisir stres dan depersi, dimana keduanya merupakan gangguan mental utama di era moderen ini. Olahraga di pagi hari menjadi salah satu cara paling efektif untuk membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Usahakan juga berolahraga di ruang terbuka seperti taman, agar kita bisa menghirup udara segar.

5. Mencegah penyakit berbahaya. Jika kita bertanya kepada ahli kesehatan apa rahasia hidup sehat, pasti salah satu jawabannya adalah melakukan olahraga secara teratur. Memang tidak bisa dipungkiri jika olahraga merupakan faktor penting untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Bahkan, penelitian menunjukkan jika aktivitas fisik seperti olahraga dapat memperpanjang usia seseorang. Tercatat ada banyak penyakit yang bisa dicegah dengan olahraga teratur termasuk diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker, nyeri sendi, Alzheimer dan masih banyak lagi.

6. Kualitas hidup yang lebih baik. Jika kita bisa mendapatkan manfaat dari olahraga di atas, pastinya kualitas hidup kita akan lebih baik. Kualitas hidup seseorang bukan hanya diukur dari kekayaan saja, tetapi juga dengan bagaiman kita menjalani hidup. Orang yang sehat akan memiliki banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah, berkumpul bersama keluarga, teman atau orang yang kita cintai. 
loading...