10 Cara agar tidak mudah lelah dan selalu fit

Lelah adalah kondisi yang wajar saat tubuh kita membutuhkan waktu istirahat. Tetapi beberapa orang mengeluh jika tubuh mereka menjadi mudah lelah dan kurang bersemangat. Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat kita menjadi mudah lelah, salah satunya adalah penyakit seperti anemia. Selain penyakit, mudah lelah juga menjadi indikasi jika tubuh kita mengalami penurunan kesehatan, yang mungkin disebabkan gaya hidup kita yang tidak sehat. Untuk mengatasi hal ini dan membuat anda lebih fit mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu:
Cara agar tidak mudah lelah
Ilustrasi agar tidak mudah lelah

1. Rutin berolahraga. Olahraga dapat memberikan dorongan energi pada tubuh sehingga membuat kita tidak mudah lelah. Olahraga secara rutin akan menaikkan gairah sekaligus mencegah rasa malas. Olahraga terutama di pagi hari bisa membuat otak dan badan kita selalu fit dan bertenaga. Lakukan olahraga setidaknya 3 kali seminggu dengan durasi rata-rata 30 menit.

2. Makan buah dan sayur. Buah merupakan makanan sehat dengan nutrisi melimpah. Buah dan sayur mengandung tinggi vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu, buah umumnya juga mengandung gula alami yang bisa memberikan tambahan energi sehingga membuat kita tidak mudah lelah dan selalu fit. Pilihlah beberapa jenis buah sehat seperti strawberry, buah naga, anggur dan pisang untuk membantu anda mendapatkan tambahan energi.

3. Jaga kestabilan berat badan. Obesitas selain berdampak buruk bagi kesehatan juga membuat kita malas. Berat badan berlebih akan membuat kita lebih cepat lelah dan tidak fit. Belum lagi ancaman penyakit berbahaya juga mengancam mereka dengan tubuh gemuk. Untuk itu, cobalah mengontrol berat badan pada tingkat normal dengan banyak melakukan aktivitas fisik dan mengatur pola makan.

4. Penuhi kebutuhan zat besi. Mudah lelah, lesu dan letih bisa jadi merupakan tanda awal anda mengalami kurang darah. Kondisi ini umumnya disebabkan kurangnya asupan zat besi dari makanan yang kita konsumsi. Jika anda mengalami kondisi tersebut tingkatkan asupan zat besi harian anda. Beberapa makanan yang mengandung tinggi zat besi diantaranya: hati sapi, beras merah, daging merah, kentang dan seafood.

5. Cukupi waktu istirahat. Waktu istirahat yang kurang kadang bisa membuat kita menjadi mudah lelah dan tidak bersemngat, hal ini wajar karena tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat sebagaimana mestinya. Istirahat terbaik adalah tidur, dimana saat kita tertidur otak dan tubuh akan di refresh sehingga saat kita bangun tubuh akan kembali fit dan siap untuk beraktivitas kembali.

6. Hindari begadang. Waktu tidur terlalu malam selain berefek buruk bagi kesehatan juga bisa membuat tubuh kehilangan tenaga sehingga membuat kita menjadi mudah lelah. Meskipun kita menggantikan tidur di pagi hari itu tidak bisa membantu memulihkan tenaga. Hal ini dikarenakan malam adalah waktu paling ideal untuk kita beristirahat. Sedangkan waktu pagi seharusnya kita menghirup udara segar. Jadi jika tidak benar-benar terpaksa sebaiknya jangan tidur larut malam.

7. Tingkatkan asupan vitamin B. Vitamin B memainkan peran penting dalam mengubah lemak, protein dan karbohidrat menjadi energi. Jika anda membutuhkan lebih banyak energi tingkatkan asupan vitamin B harian anda. Ada banyak makanan yang mengandung tinggi vitamin B diantaranya sereal gandum, daging, unggas, ikan salmon, telur, susu dan sayuran berdaun hijau.

8. Pilih karbohidrat kompleks. Karbohidrat merupakan sumber energi tubuh, tanpa adanya karbohidrat tubuh kita tidak akan bisa beraktivitas. Karbohidrat dibagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks memiliki kualitas lebih baik karena mengandung rendah gula dan tinggi serat. Karbohidrat kompleks secara bertahap diserap oleh tubuh sehingga kita tidak mudah lelah saat beraktivitas. Beberapa contoh karbohidrat kompleks: gandum utuh, kacang, beras merah, kacang hijau, kentang dan jagung. Sedangkan karbohidrat sederhana mengandung tinggi gula tetapi rendah serat. Contoh karbohdrat sederhana: permen, olahan tepung, kue kering, donat, cokelat kemasan, dan snack pada umumnya.

9. Mengambil nafas dalam-dalam. Cara ini selain membantu kita membersihkan paru-paru juga bermanfaat memberikan dorongan energi bagi tubuh sehingga kita tidak cepat lelah. Dr. Woodson Merrell, penulis Power Up, menyarankan kita untuk menarik nafas dalam-dalam kemudian menahannya sambil melepaskan nafas secara perlahan. Ini kan memberikan tubuh rilekesasi sekaligus memberikan tambahan energi bagi anda.

10. Tetap terhidrasi. Dehidarasi merupakan kondisi dimana tubuh kehilangan sejumlah cairan dalam jumlah tertentu. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, yang paling sering adalah aktivitas fisik berlebih, cuaca panas, dan keracunan. Dehidrasi akan berdampak pada menurunnya performa semua anggota tubuh termasuk otak. Jadi sangat penting bagi kita untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih plus mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur.
loading...