Fungsi mangan, manfaat, dan efek samping

Mangan adalah mineral yang banyak ditemukan dalam tubuh manusia dan tumbuhan. di dalam tubuh kita mangan disimpan dalam beberapa organ penting seperti tulang, hati, ginjal, dan pankreas.

University of Maryland Medical Center melaporkan jika Kekurangan mangan dalam tubuh seseorang dapat menyebabkan terganggunya sistem reproduksi, malformasi tulang, kejang dan lemah. Meskipun ada banyak makanan yang mengandung tinggi mangan seperti kacang-kacangan, jenis bijian dan nanas, tetapi masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mampu mencukupi kebutuhan mineral ini. Kebutuhan mangan pada masing-masing orang berbeda tergantung jenis kelamin dan usia. Pria berusia 19 atau lebih tua harus memenuhi sekitar 2,3 mg mangan setiap hari, sedangkan wanita usia 19 atau lebih membutuhkan setidaknya 1,8 mg mangan setiap hari. Wanita hamil dan menyusui lebih diutamakan memenuhi kebutuhan mangan harian untuk memastikan bayi mereka lahir dengan normal.
Fungsi mangan
suplemen mangan

Mangan adalah komponen enzim antioksidan superoxide dismutase (MnSOD). Antioksidan mengambil partikel merusak dalam tubuh yang sering dikenal sebagai radikal bebas. Partikel-partikel ini terjadi secara alami dalam tubuh, tetapi dapat merusak membran sel, berinteraksi dengan materi genetik, dan mengakibatkan proses penuaan serta pengembangan sejumlah penyakit berbahaya termasuk kanker. Antioksidan seperti MnSOD dalam mangan dapat menetralkan radikal bebas tersebut sehingga mengurangi dan mencegah beberapa kerusakan yang diakibatkannya. Selain itu, mangan juga sangat diperlukan dalam mempertahankan kesehatan sistem saraf dan meningkatkan fungsi otak. Beberapa manfaat dan fungsi mangan yang lain diantaranya:

Untuk kekuatan tulang. Mangan adalah mineral paling penting untuk menguatkan tulang setelah kalsium. Mineral ini sangat diperlukan oleh tubuh terutama tulang belakang. Mencukupi kebutuhan mangan harian dikaitkan dengan meningkatnya kekuatan tulang seseorang. Meskipun belum ada penelitian yang konsisten mengenai manfaat mangan untuk mencegah osteoporosis, tetapi diyakini mineral ini merupakan kontributor utama dalam mencegah pengeroposan tulang terkait usia.

Mencegah diabetes. Beberapa penelitian telah menemukan jika orang yang mengalami penyakit diabetes biasanya memiliki tingkat mangan yang rendah dalam tubuh mereka dibandingkan orang tanpa diabetes. Para penelitia masih belum bisa menyimpulkan secara pasti apakah orang dengan tingkat mangan rendah mengalami kemungkinan lebih besar terkena diabetes ataukah penyakit diabetes lah yang mengurangi tingkat mangan pada tubuh penderita. Tetapi ada penelitian lain yang sedikit menguatkan mengenai manfaat mangan untuk penderita diabetes, studi tersebut mengungkap jika penderita diabetes dengan kadar kadar mangan lebih tinggi di dalam tubuh mereka lebih terlindung dari oksidasi LDL (kolesterol jahat) dibandingkan penderita diabetes dengan tingkat mangan lebih rendah. Perlu diingat jika kandungan kolesterol yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes.

Meningkatkan kesuburan. Mangan terlibat dalam pembentukan hormon reproduksi sehingga dapat meningkatkan kesuburan terutama pada wanita usia muda. Selain itu, mangan juga sangat diperlukan oleh wanita selama masa kehamilan dan menyusui untuk membantu meningkatkan kesehatan ibu dan bayi.

Meringankan gejala PMS. Banyak wanita sering mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). Dimana wanita pada masa ini sering mengalami perubahan suasana hati, sakit kepala, depresi dan mudah tersinggung. Wanita yang menderita gejala PMS tersebut sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi mangan  yang berasal dari kacang-kacangan.

Efek samping dan keamanan: Mangan adalah salah satu mineral paling beracun jika dikonsumsi secara berlebih. Setidaknya batasi kebutuhan mangan harian anda dari 2-3 mg saja perhari. Dosis hingga lebih dari itu bisa membahayakan bagi kesehatan dan bahkan mengakibatkan keracunan. Meskipun demikian, sangat jarang kasus keracunan akibat mengkonsumsi makanan tinggi mangan, tetapi hal ini sangat mungkin jika seseorang mendapatkan asupan mangan dari suplemen.
loading...