13 Makanan yang mengandung protein nabati

Protein merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kita, termasuk meningkatkan fungsi otak, pembentukan otot, dan menjaga kekuatan rambut. Tanpa kehadiran protein maka tubuh tidak akan bisa bekerja dengan baik, bahkan bisa menimbulkan masalah serius. Namun, masalah yang sesungguhnya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan asupan protein yang sehat, karena kita tahu jika di negara kita sumber protein utama adalah dari hewan. Tidak semua protein dari hewan itu buruk, bahkan protein hewani memiliki kandungan asam amino yang lebih lengkap dibanding protein nabati, tetapi sayangnya kelebihan protein hewani bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama jika tidak diimbangi dengan sumber protein nabati. Penelitian telah menunjukkan jika kelebihan protein yang berasal dari daging merah bisa memicu penyakit kanker. Berikut daftar makanan sumber protein nabati pengganti protein hewani:
Makanan yang mengandung protein nabati
Makanan sumber protein nabati

1. Lentil. Lentil adalah makanan sumber protein favorit para vegetarian. 1 cangkir Lentil mengandung 9 gram protein ditambah dengan hampir 15 gram serat. Jika anda sedang mencari camilan sehat, lentil bisa menjadi pilihan yang sangat cocok.

2. Tahu. Makanan ini memang sangat digemari di Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau dan nilai gizinya cukup tinggi. Tahu mengandung tinggi protein karena terbuat dari kedelai, dimana kedelai juga sumber protein nabati. Untuk menemukan makanan ini juga sangat mudah jadi anda tidak perlu khawatir kekurangan protein nabati.

3. Jamur. Jamur semakin populer seiring dengan manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan. Bahkan, selama berabad-abad yang lalu jamur sering digunakan sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di zaman moderen ini, penggunaan jamur sebagai obat mungkin sudah jarang ditemui, tetapi makanan yang satu ini tetap digunakan oleh masyarakat luas tetapi sebagai bahan makanan. Jamur diketahui mengandung tinggi protein nabati yang bisa dijadikan alternatif pengganti daging merah. Kandungan lemaknya yang sangat rendah juga menjadi daya tarik tersendiri.

4. Brokoli. Brokoli adalah salah satu sayuran yang padat akan nilai gizi termasuk protein nabati. Brokoli selalu menjadi pilihan bagi vegetarian karena selain menyediakan protein, makanan ini juga sangat tinggi serat, vitamin, dan antioksidan penting. Antioksidan dalam brokoli disebut-sebut dapat mencegah penyakit kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Jadi, tunggu apa lagi, masukkan brokoli ke dalam daftar menu sehat harian anda.

5. Kacang polong. Manfaat kacang polong memang sangat banyak, terutama karena kandungan protein nabati di dalamnya. 1 Cangkir kacang polong mengandung setidaknya 8 gram protein nabati, sehingga sangat baik digunakan sebagai makanan pengganti protein hewani. Selain itu, kacang polong juga kaya leusin, asam amino penting untuk metabolisme dan penurunan berat badan yang sulit ditemukan di sebagian besar makanan nabati.


6. Tempe. Tidak jauh beda dengan tahu, tempe juga sering digunakan sebagai bahan masakan di banyak warung di Indonesia. Kelebihan makanan ini masih terletak pada kandungan protein nabati dan harganya yang pastinya cukup terjangkau. Jika anda sedang mencoba menurunkan kolesterol cobalah mengkonsumsi makanan ini karena protein dari kedelai sangat rendah lemak jahat, selama tidak digoreng. Belum lagi, kedelai yang menjadi bahan pembuat tempe juga tinggi serat yang bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Kecambah kacang hijau. Kecambah atau tauge adalah suatu proses biji yang tumbuh menjadi tanaman. Tauge kacang hijau memiliki banyak manfaat karena mengandung tinggi vitamin K. Viatmin K sangat diperlukan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Tidak hanya vitamin K, tauge juga sarat akan protein nabati sehingga bisa menjadi pilihan yang bagus terutama bagi anda yang sedang diet.

8. Kacang almond. Almond dikenal sejak lama menjadi camilan sehat karena mengandung jenis lemak baik. Dimana jenis lemak ini sangat begruna untuk mengurangi kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Tidak berhenti sampai disitu, kacang almond juga tinggi akan kandungan protein nabati. Satu ons yang berisi sekitar 24 biji, mengandung 6,03 gram protein.

9. Asparagus. Asparagus adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti tombak. Seperti sayuran hijau lainnya, aparagus menyediakan berebagai macam nutrisi yang berasal dari vitamin dan mineral. Sayuran ini sangat padat akan protein, dimana 1 cangkir asparagus cincang menyediakan 4 gram protein nabati, jumlah ini sekitar 4-6 biji asparagus. Selain itu, asparagus juga merupakan sumber vitamin B dan asam folat yang sangat diperlukan oleh wanita hamil.

10. Biji bunga matahari. Biji bunga matahari merupakan paket kecil yang menyediakan tinggi protein nabati. Selain protein, makanan kecil ini juga dikemas dengn aneka mineral penting termasuk zat besi, magnesium, dan selenium. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, magnesium berguna meningkatkan kepdatan tulang, sedangkan selenium bisa dimanfaatkan untuk mencegah kanker. Jadi, kandungan protein di dalamnya bukan satu-satunya asan bagi anda untuk mengkonsumsi makanan ini. Dalam 100 gram biji bunga matahari terdapat setidaknya 21 gram protein nabati.

11. Alpukat. Buah pada dasarnya bukan merupakan sumber protein yang baik, karena umumnya buah mengandung sejumlah kecil protein. Meskipun demikian, ada banyak alasan lain kenapa anda harus memperhitungkan buah sebagai makanan sumber protein. Buah Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh anda, sedangkan di sisi lain alpukat juga memiliki lebih banyak kalium per gram dibandingkan pisang. Untuk mendapatkan kandungan protein dari alpukat anda membutuhkan makanan lain sebagai tambahan.

12. Sayur bayam. Popeye sangat menyukai makanan ini karena saat memakannya dia akan menjadi lebih kuat, mungkin karena kandungan protein dan zat besi di dalamnya. Di dalam film tersebut berpesan jika mengkonsumsi banyak sayuran terutama bayam, bisa membuat tubuh kita menjadi kuat. Tentunya film tersebut sedikit dilebih-lebihkan, tetapi faktanya bayam memang menjadi makanan super yang sangat padat dengan nilai gizi. Di dalam bayam setidaknya terdapat beberapa nutrisi seperti protein, leutin, vitamin C, A, K, asam folat, serat, zat besi, zinc, dan fosfor. Baca juga info mengenai 22 makanan yang mengandung protein tinggi.

13. Kacang hitam. Kacang hitam sering dianjurkan bagi orang dengan penyakit diabetes karena membantu menjaga kadar gula darah. Kacang hitam dicerna secara bertahap oleh tubuh, sehingga dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan protein nabatinya yang tinggi juga bisa membantu anda merasa lebih terisi.
loading...