Monday, November 9, 2015

14 Manfaat buah strawberry yang mengagumkan

Manfaat buah strawbeerry sering didominasi karena kandungan antioksidan di dalamnya. Strawberry memang menjadi salah satu rajanya buah dengan antioksidan tinggi bersama dengan keluarga berry lainnya termasuk blueberry dan blackberry.  Strawberry mengandung antioksidan yang disebut antosianin dan catechin yang telah dikaitkan dengan penurunan  risiko penyakit kronis termasuk kanker dan jantung. Dengan banyaknya hasil penelitian yang mengungkap manfaat strawberry bagi kesehatan, membuat buah ini semakin populer. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat buah strawberry, mari simak ulasan berikut ini:
manfaat buah strawberry
Gambar buah strawberry segar

1. Sistem imun. Strawberry merupakan makanan yang mengandung tinggi vitamin C, dimana vitamin jenis ini bermanfaat meningkatkan istem imun tubuh. Sistem imun yang kuat akan membentengi tubuh dari serangan berbagai macam infeksi akibat virus dan bakteri.

2. Tinggi serat. Bersama dengan keluarga berry lainnya, strawberry adalah makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Serat dari makanan sangat berguna untuk meningkatkan kinerja sistem pencernan tubuh, sehingga dapat melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

3. Mencegah kanker. Kandungan vitamin C dalam strawberry selain berguna meningkatkan sistem imun juga bisa dimanfaatkan sebagai agen anti-kanker. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan alami yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Mencegah penyakit jantung. Flavonoid yang disebut anthocyanin dan antioksidan dalam strawberry dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat pada dinding arteri, penumpukan kolesterol dalam arteri akan mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Penelitian juga telah menunjukkan jika konsumsi strawberry secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Kesehatan kulit. Sudah tidak diragukan lagi jika strawberry merupakan sumber antioksidan. Antioksidan bukan hanya diperlukan untuk mencegah kanker, tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi. Alasan ini jugalah yang membuat banyak produk kecantikan seperti pembersih wajah, krim anti-penuaan dan pelembab sering menggunakan ekstrak strawberry.

6. Meringankan hipertensi. Penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Penyakit ini sering mengakibatkan banyak kematian mendadak, karena gejala awal hipertensi kadang tidak bisa diidentifikasi. Kabar baiknya, Strawberry bisa dijadikan sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung tinggi kalium dan magnesium, yang keduanya cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan fungsi otak. Menurunnya fungsi otak merupakan masalah klasik bagi para lansia. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satu yang paling umum adalah radikal bebas. Untuk mencegah hal ini, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan termasuk strawberry. Selain antioksidan, strawbeery juga diperkaya dengan flavonoid alami untuk meningkatkan kemampuan mengingat otak dengan merangsang jalur sinyal. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Neurology telah membuktikan bahwa makan 2 porsi atau lebih buah strawberry dalam seminggu bisa menunda penurunan memori akibat bertambahnya usia.

8. Buah untuk diet. Selama menjalani diet, anda dituntut untuk mengurangi jumlah kalori tanpa harus mengabaikan kebutuhan nutrisi. Untuk itu, kita harus pandai memilih makanan yang tinggi nutrisi tetapi rendah lemak, strawberry adalah salah satu diantarnya. Strawbeery mengandung tinggi air dan juga serat yang bisa membuat anda kenyang lebih lema sehingga mengurangi makan berlebih. Tidak berhenti sampai di situ, strawberry juga mengandung anthocyanin, yang dapat merangsang pembakaran lemak berlebih. Baca juga 17 makanan untuk menghilangkan lemak.

9. Baik untuk wanita hamil. Srawberry memberikan sejumlah asam folat yang sangat baik untuk wanita hamil. Kekurangan asam folat selama masa kehamilan akan beresiko melahirkan cacat. Selain itu, Folat dalam buah strawberry membantu perkembangan otak bayi, tengkorak dan pengembangan sumsum tulang belakang.

10. Mencegah rambut rontok. Salah satu manfaat strawberry untuk kecantikan adalah memperkuat folikel rambut. Bukan hanya itu, Mineral seperti tembaga dan magnesium dalam strawberry berguna mencegah ketombe dan pertumbuhan jamur pada kulit kepala Anda.

11. Anti-inflamasi. Peradangan dapat dikurangi, berkat antioksidan dan fitokimia yang ditemukan dalam buah strawberry. Penelitian menemukan jika wanita yang makan setidaknya 16 buah strawberry setiap hari memiliki risiko lebih kecil mengalami permasalah inflamasi seperti penyakit jantung dan rheumatoid arthritis.

12. Mengontrol gula darah. Ketidakseimbangan dalam regulasi gula darah, atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat sederhana dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang menjadi penyebab utama penyakit diabetes. Strawberry bisa digunakan sebagai makanan pengontrol kadar gula darah karena mampu memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa setelah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Bukan hanya itu, kandungan serat dalam buah strawberry juga bermanfaat mengurangi risiko diebetes.

13. Tinggi mangan. Satu cangkir Strawberry memenuhi sekitar 29% kebutuhan mangan harian Anda. Mangan merupakan mineral penting yang diperlukan untuk sistem saraf dan otak. Dengan mencukupi kebutuhan mineral ini maka beberapa gangguan neurologis seperti penyakit epilepsi dan Parkinson dapat dicegah. Mangan juga merupakan mineral yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang sehingga rutin mengkonsumsi strawberry bisa membantu anda mendapatkan tulang kuat.

14. Meningkatkan kesehatan mata. Mengkonsumsi strawberry dalam jumlah moderat bisa membantu melindungi seseorang dari degenerasi makula terkait usia. Degenerasi makula adalah menurunnya fungsi penglihatan seiring dengan bertambahnya usia. 
loading...