7 manfaat minyak bunga matahari untuk tubuh

Minyak bunga matahari dihasilkan dari biji bunga matahari. Menurut University of Maryland Medical Center minyak bunga matahari mengandung vitamin A, yang penting bagi banyak fungsi tubuh Anda. Beta-karoten dapat diproduksi secara sintetis dari minyak bunga matahari dan diubah menjadi retinol, yang merupakan bahan dalam banyak produk anti-penuaan perawatan kulit, menurut Mayo Clinic. Minyak bunga matahari juga dapat diambil dalam bentuk suplemen, serta dibeli dalam bentuk minyak murni untuk memasak dan aplikasi topikal.

manfaat minyak bunga matahari
Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari memiliki komposisi nutrisi yang seimbang sehingga manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan. Selain vitamin A, minyak bunga matahari mengandung tinggi vitamin E dan lemak baik (Omega-6) sehingga minyak ini bisa digunakan secara internal ataupun eksternal untuk tubuh.

1. Pencegahan Kanker.  Seperti yang sudah kita ketahui jika minyak bunga matahari merupakan sumber vitamin E, yang mana vitamin jenis ini adalah antioksidan penting dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan dan menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.  Radikal bebas akan membuat sel-sel normal bermutasi menjadi sel-sel kanker. Jenis kanker yang secara khusus bisa dicegah dengan manfaat minyak bunga matahari adalah kanker  usus besar. Tetapi penelitian tidak berhenti sampai di situ saja, karena tercatat ada beberapa jenis kanker lain yang bisa dicegah dengan memanfaatkan kandungan vitamin E dalam minyak bunga matahari.

2. Kaya akan Omega-6. Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan enam asam lemak tak jenuh ganda (omega- 6). Menurut Linus Pauling Institute Lemak jenis ini merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat omega-6 kita membutuhkan 11 sampai 14 gram omega-6 per hari.

3. Kesehatan jantung. Minyak bunga matahari kaya akan vitamin E dan rendah lemak jenuh. Minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda bersama dengan vitamin E keduanya merupakan salah satu minyak paling sehat untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan seimbang antara lemak tek jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat memberikan bantuan kepada anda dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, Minyak bunga matahari juga kaya akan fitokimia tertentu seperti kolin dan asam fenolik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

4. Menurunkan kolesterol. Di atas sudah kita ketahui jika minyak bunga matahari merupakan sumber lemak baik seperti omega-3 dan 6. Keduanya bermanfaat mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan kolesterol dalam darah. Selain penyakit jantung, ada banyak penyakit yang bisa dikurangi dengan mengontrol kolesterol termasuk diabates, kanker, stroke dan sirosis. Untuk itu, pastikan anda mendapatkan asupan lemak baik dari minyak bunga matahari. Sebenarnya ada makanan lain yang bisa membantu anda mendapatkan omega-3 dan 6 seperti ikan salmon, tuna, minyak jagung, kacang almond dan aneka jenis kacang lainnya.

5. Mencegah infeksi pada bayi. Minyak bunga matahari berguna dalam mengurangi risiko infeksi pada bayi yang lahir prematur dimana mereka memiliki berat badan lebih rendah. Dalam keadaan prematur bayi akan lebih mungkin untuk menderita infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum berkembang dengan baik termasuk organ penting seperti kulit. Minyak bunga matahari bertindak sebagai pelindung dan mencegah infeksi tersebut. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan minyak bunga matahari kepada bayi.

6. Menjaga kesehatan kulit. Manfaat minyak bunga matahari bukan hanya dapat mencegah penyakit, tetapi juga bisa digunakan sebagai produk kecantikan. Minyak bunga matahari mengandung tinggi vitamin E, dimana vitamin jenis ini sangat diperlukan untuk kesehatan kulit. Vitamin E diperlukan untuk mencegah kerusakan  kulit akibat paparan sinar UV dan meregenerasi sel kulit.

7. Mengatasi jerawat. Jerawat terjadi ketika ada minyak berlebih dalam folikel di bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, C, D, E, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak bunga matahari akan memberikan lapisan pelindung, yang mencegah kontak kulit dengan bakteri. Karena itu. minyak bunga matahari juga bekerja sebagai obat yang efektif terhadap jerawat, dan minyak ini harus diterapkan pada kulit secara langsung.

Minyak bunga matahari menyediakan sekitar 124 kalori dan 14 gram lemak per 1 sendok makan. kelebihan lemak dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan atau obesitas, dan obesitas meningkatkan risiko berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Namun, jumlah lemak yang terkontrol dari makanan seperti 20 sampai 35 persen kalori dari lemak, atau 44-78 gram lemak per hari pada total 2.000 kalori justru dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat menurut Dietary Guidelines from the U.S. Department of Health and Human Services. Dalam jumlah tepat, minyak bunga matahari adalah sumber lemak sehat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung sekaligus mempertahankan berat badan anda.

Menurut National Sunflower Association, ada lima jenis minyak bunga matahari, minyak bunga matahari termasuk terhidrogenasi parsial, tetapi hanya tiga dari mereka yang digunakan untuk memasak. Setiap jenis minyak bunga matahari memiliki kandungan lemak jenuh, lemak tak jenuh dan trans yang berbeda-beda. Minyak bunga matahari linoleat, adalah jenis yang paling umum dari minyak bunga matahari, yang mengandung tinggi asam lemak omega-6. Mengkonsumsi makanan tinggi asam lemak omega-6 tetapi tidak diimbangi dengan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh Anda. Hal ini juga menempatkan anda pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit seperti sindrom iritasi usus, inflamasi, obesitas, diabetes tipe-2 dan penyakit jantung.
loading...