10 Manfaat minyak bunga mawar untuk kecantikan dan kesehatan

Pada umumnya ada dua jenis mawar yang digunakan dalam perawatan kulit: rosa damascena dan rosa centifola. Keduanya dinilai memiliki kualitas baik untuk digunakan sebagai minyak esensial murni, yang berasal dari bunga mawar. Fakta menarik: Dibutuhkan puluhan ribu bunga mawar untuk menghasilkan 1 ons minyak esensial mawar, hal ini disebabkan mawar tersebut akan dipilih saat fajar, karena tidak semua bunga mawar bisa dibuat menjadi minyak. Alasan Itulah yang membuat minyak bunga mawar menjadi salah satu minyak esensial paling mahal. Beberapa manfaat dari minyak bunga mawar diantarnya:
Manfaat minyak bunga mawar
Gambar minyak bunga mawar

1. Manfaat minyak mawar sebagai Antidepresan. Minyak bunga mawar merupakan antidepresan alami yang membantu mengatasi masalah mental termasuk kecemasan, depresi, dan stres. Pasien dengan depresi akut bisa diberikan minyak bunga mawar secara rutin dengan dosis tertentu. Selain itu, minyak mawar juga banyak digunakan sebagai aromaterapi yang memberikan efek relaksasi secara alami.

2. Manfaat minyak mawar sebagai Antiseptik. Minyak bunga mawar adalah obat yang paling efektif untuk mengobati luka. Minyak ini merupakan antiseptik alami sehingga dapat mencegah infeksi.

3. Manfaat minyak mawar untuk mengobati jerawat. Minyak bunga mawar dapat menghilangkan jerawat secara alami dengan mudah. Cara menggunakan minyak mawar untuk jerawat: Oleskan satu tetes minyak bunga mawar murni ke jerawat tiga kali sehari. Pastikan Anda menggunakan kapas steril saat mengoleskan ke jerawat. Menggunakan minyak esensial bunga mawar untuk kulit dapat membantu meningkatkan permeabilitas kulit.

4. Manfaat minyak mawar sebagai aroma terapi. Anda mungkin sudah mengenal mengenai penggunaan minyak bunga mawar untuk yang satu ini. Menurut legenda, Cleopatra diketahui telah menggunakan minyak bunga mawar untuk mandi sebagai aromatik untuk membantu menarik perhatian kekasihnya. Minyak bunga mawar diyakini akan meningkatkan perasaan cinta, kasih sayang dan pengabdian, yang juga bertindak sebagai tonik untuk sistem reproduksi wanita.

5. Manfaat minyak mawar sebagai Antiinflamasi. Selain minyaknya bunga mawar juga dapat mengurangi bintik-bintik kemerahan atau bengkak pada kulit. Sifat menenangkan ini juga dapat membantu meringankan eksim. Cara penggunaannya, cukup rendam 8 kelopak bunga mawar dalam 3-4 sendok makan air selama kurang lebih 2-3 jam. Lalu tumbuk kelopak tersebut ke dalam air dan tambahkan 3 sendok makan madu. Aduk hingga merata, dan terapkan ke seluruh bagian wajah anda. Biarkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

6. Minyak mawar untuk sistem imun. Salah satu manfaat minyak mawar yang paling menguntungkan adalah karea sifat antivirus yang dimilikinya. Minyak bunga mawar berguna merangsang sel darah putih untuk melawan serangan bakteri dari luar. Hal ini juga mampu mencegah beberapa kondisi seperti flu, pilek dan penyakit lain yang disebabkan menurunnya sistem imun.

7. Manfaat minyak mawar untuk melindungi kulit. Minyak bunga mawar mengandung tinggi vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C adalah komponen penting dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, seperti kerusakan akibat paparan sinar UV. Dengan demikian, menggunkan minyak mawar pada kulit benar-benar memberikan manfaat yang banyak.

8. Bermanfaat bagi wanita. Menghirup aroma minyak bunga mawar selama pra menstruasi bisa sangat membantu meringankan gejala pra menstruasi. Beberapa masalah seperti kram perut, pinggul, dan paha selama masa menstruasi dapat dikurangi dengan menggunakan minyak esensial bunga mawar. Bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur juga mendapatkan keuntungan saat menggunakan minyak ini karena bunga mawar sangat efektif dalam membantu sekresi hormon yang bertanggung jawab untuk menstruasi. Selain itu, minyak bunga mawar sangat bermanfaat meringankan masalah selama pasca-menopaus dan wanita hamil termasuk morning sickness (mual selama hamil).

9. Manfaat minyak mawar untuk Detoksifikasi tubuh. Ketika minyak esensial bunga mawar digunakan untuk pijat tubuh, bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan efek  terapeutik. Hal ini juga membantu drainase cairan limfatik. Sistem saraf, kelenjar dan otot akan dirangsang saat penggunaan minyak bunga mawar untuk pijat, sehingga akan mempermudah proses detoksifikasi tubuh.

10. Membantu meringankan gejala menopause. Manfaat minyak bunga mawar untuk menopause ditunjukkan pada sebuah studi pada 2008 lalu yang melibatkan 52 wanita menopause.  Penelitian ini memberikan setengah wanita menopause untuk pijat mingguan dengan beberapa minyak esensial (termasuk lavender melati, minyak mawar dan minyak geranium). Setelah 8 minggu, para wanita yang menerima pijat dengan minyak bunga mawar memiliki gejala menopause lebih ringan (seperti hot flashes) daripada mereka yang tidak dipijat.

Jangan menelan atau menerapkan minyak bunga mawar langsung pada kulit Anda tanpa saran dari tenaga medis profesional karena sebagai minyak esensial murni bunga mawar sangat terkonsentrasi sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Konsultasikan dulu dengan dokter anda sebelum menggunakan minyak esensial untuk pengobatan atau sebagai produk kecantikan.
Minyak mawar secara umum aman digunakan selama berkualitas baik. Disarankan  untuk melakukan tes patch kulit untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi atau kepekaan terhadap minyak ini. Untuk keamanan, Wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak sebaiknya tidak menggunkan minyak bunga mawar.
loading...