10 Makanan untuk memperbanyak ASI dan kualitasnya

Menyusui adalah hal penting yang diperlukan oleh bayi anda. Bayi yang baru lahir harus mendapatkan ASI eksklusif selama setidaknya 6 bulan, dan setelah masa itu bayi sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan dari luar atau mendapatkan tambahan susu pendamping. Selain bermanfaat bagi sang bayi, menyusui juga bisa membantu menyingkirkan jaringan lemak yang disimpan selama masa kehamilan dengan menggunakan lemak ini sebagai sumber energi untuk menghasilkan ASI. Tubuh bukan hanya akan menyimpan lemak selama kehamilan untuk digunakan dalam menyusui, tetapi juga akan menyimpan nutrisi lainnya seperti protein yang penting untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI adalah makanan yang diokonsumsi sang ibu selama menyusui.
Makanan untuk memperbanyak ASI
Makanan untuk memperbanyak ASI

Nutrisi penting untuk memperbanyak ASI

Kebutuhan beberapa nutrisi  ini akan melonjak saat wanita dalam keadaan menyusui, hal ini dikerenakan sang ibu harus membagi sumber gizi mereka dengan sang bayi, beberapa nutrisi yang harus ditingkatkan untuk melancarkan ASI adalah:

  • Kalori: Peningkatan kebutuhan kalori yaitu sekitar 500 kkal/hari dari kebutuhan normal sang ibu.

  • Protein: Dalam masa menyusui sang ibu setidaknya harus mendapatkan 15gm tambahan protein/hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan sang bayi.

  • Vitamin A: Vitamin A adalah salah satu nutrisi yang harus anda tingkatkan selama menyusui, dimana kebutuhan nutrisi ini mencapai 1200-1300 mikrogram/hari karena sekresi yang tinggi dalam ASI. Anda bisa mendapatkannya dari buah dan sayur segar tinggi vitamin A termasuk wortel.

  • Vitamin C: Vitamin ini sangat penting dalam mendukung isitem kekebalan tubuh, untuk itu vitamin C juga sangat diperlukan dalam memperbanyak kualitas ataupun kuantitas AS. Kebutuhan vitamin C harian ibu menyusui meningkat hingga 90 miligram/hari karena sekresi yang tinggi dalam susu. Makanan sumber vitamin C diantarnya: jeruk, strawberry, kiwi, pepaya, dan paprika.

  • Kalsium dan Fosfor: Kedua mineral ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang. Pada masa hamil dan menyusui akan menyebabkan tubuh membutuhkan kedua mineral tersebut lebih banyak dibandingkan biasanya. Untuk mendukung kesehatan tulang diperlukan 1200 miligram kalsium /hari untuk melancarkan produksi ASI.

Makanan untuk memperbanyak ASI

1. Daun katuk. Sayuran ini mungkin masih sedikit asing untuk beberapa orang, karena tidak setenar bayam ataupun kangkung. Tetapi daun katuk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama dalam memperbanyak ASI selama masa menyusui. Untuk membantu melancarkan produksi ASI, anda dapat mengkonsumi daun katuk rebus selama 3 hari setelah melahirkan.

2. Bawang putih. Hampir seluruh negara di Dunia menggunakan bawang putih sebagai salah satu bumbu masakan mereka. Bawang putih memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, selain dapat bertindak sebagai antibiotik alami, bawang putih juga bisa digunakan untuk melancarkan ASI. Sebuah penelitian menemukan jika mengambil suplemen bawang putih dapat meningkatkan jumlah ASI sang ibu.

3. Ikan salmon. Ikan laut pada dasarnya adalah sumber terbaik asam lemak omega 3, seperti halnya ikan salmon. Selain berguna mencerdaskan otak, omega 3 merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kualitas ASI. Anda bisa menikmati ikan salmon dalam bentuk panggang atau direbus untuk mendapatkan manfaat darinya.

4. Biji wijen. Biji wijen adalah makanan yang mengandung tinggi kalsium, dan merupakan salah satu dari makanan untuk melancarkan ASI. Selian kalsium, biji wijen juga menyediakan aneka mineral lainnya yang sangat diperlukan selama menyusui. Jadi, anda bisa memanfaatkan kandungan nutrisi dari biji wijen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI anda.

5. Sayur wortel. Salah satu nutrisi yang anda perlukan untuk memperbanyak ASI adalah vitamin A, dimana nutrisi ini sangat banyak ditemukan dalam wortel. Selain membantu memperlancar ASI, wortel juga berguna meningkatkan penglihatan terutama di malam hari, jadi mengkonsumsi sayuran yang satu ini akan memberikan bantuan kepada anda dan bayi anda untuk mendapatkan mata yang sehat.

6. Daun kemangi. Daun kemangi adalah sumber anti-oksidan penting yang diperlukan oleh tubuh. Daun kemangi memiliki efek menenangkan yang penting saat menyusui. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Menambahkan beberapa tangkai daun kemangi ke dalam lalapan dapat memabntu anda mendapatkan kualitas ASI yang baik.

7. Gandum. Gandum adalah jenis biji-bijian yang memiliki banyak nutrisi penting terutama yang diperlukan untuk memperbanyak ASI. Gandum dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti sereal gandum, roti gandum utuh, atau membuatnya menjadi bubur. Sangat disarankan bagi anda untuk mengolah gandum sendiri agar lebih aman karena tanpa tambahan pengawet dan pemanis buatan. Jika itu merepotkan, anda bisa membeli sereal gandum yang sudah tersedia di supermarket/mall.

8. Buah kurma. Buah kurma diketahui cukup ampuh dalam memperbanyak kuantitas ASI karena memiliki banyak nutrisi penting. Alasan itu pula lah yang menjadikan buah kurma sangat dianjurkan sebagai menu berbuka puasa. Buah ini mengandung tinggi gula alami yang bisa memberikan energi, dimana pada masa ini  sang ibu sangat membutuhkan banyak energi. Belum lagi, kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah membuat kurma menjadi makanan ideal untuk meningkatkan kualitas ASI.

9. Fenugreek. Fenugreek adalah ramuan yang dipercaya dapat meningkatkan pasokan ASI. Di India, fenugreek sering dimasak dengan mentega dan gula. Sedngkan di negara AS, beberapa ibu menyusui minum teh fenugreek atau mengambil suplemen fenugreek dalam bentuk kapsul untuk memperbanyak ASI mereka. Ingat, memperbanyak ASI didasarkan pada kebutuhan sang bayi, jadi kebutuhan antara anak laki-laki dan perempuah mungkin akan sangat berbeda.

10. Sayur bayam. Bayam menjadi penutup daftar makanan untuk memperbayak ASI, meskipun seharusnya menempati posisi atas. Sayuran ini memang sangat luar biasa dalam hal kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan. Selama menyusui anda dituntut memperbanyak asupan sayur segar seperti bayam. Beberapa nutrisi dalam bayam diantarnya: zat besi, mangan, zinc, selenium, vitamin A, C, K, flavonoid dan serat.
loading...