6 Manfaat dan fungsi zinc bagi tubuh

Zinc memiliki banyak fungsi dan manfatat untuk tubuh kita. Bahkan berbagai aspek metabolisme seluler bergantung pada mineral ini. Zinc memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan, respon imun, fungsi neurologis, dan reproduksi. Bahkan dalam setiap sel kita, zinc berperan sebagai katalis untuk reaksi enzimatik yang merupakan bagian integral dari struktur dan integritas protein sel dan membran. Selain itu, zinc juga sangat dibutuhkan untuk indra penciuman dan perasa. Wanita hamil, bayi, dan masa kanak-kanak sangat membutuhkan zinc untuk membantu tumbuh kembang mereka.
 fungsi zinc
 makanan sumber zinc

Dengan mengetahui manfaat dan fungsi zinc bagi tubuh manusia, kita akan berfikir bagaimana untuk bisa mencukupi kebutuhan zinc harian. Zinc adalah salah satu trace mineral dimana tubuh kita tidak membutuhkan terlalu banyak mineral ini. Itu artinya kebutuhan kita akan zinc tidak sebesar mineral lain seperti zat besi dan kalsium.

Kebutuhan zinc harian rata-rata orang dewasa usia 18 tahun ke atas adalah 15 mg, termasuk wanita hamil dan menyusui. Jumlah ini merupakan rekomendasi untuk minimum kebutuhan zinc bagi tubuh kita agar bisa bekerja dengan optimal. Ada banyak makanan yang mengandung tinggi zinc sehingga anda tidak perlu khawatir kekurangan mineral yang satu ini. Selengkapnya bisa anda baca di 12 makanan yang mengandung zinc

Manfaat dan fungsi zinc bagi tubuh

1. Kulit sehat. Meskipun zinc tidak secara teknis sebagai antioksidan (seperti vitamin C dan E), tetapi zinc merupakan bagian penting dari pertahanan kulit Anda dari serangan radikal bebas. Mineral ini berguna mengurangi efek buruk radikal bebas yang merusak dengan cara melindungi lipid kulit (lemak) dan fibroblast-sel yang membuat kolagen. Dengan demikian zinc akan melindungi  kulit Anda dari sinar UV, polusi dan masalah kulit lainnya.

2. Mencegah jerawat. Jerawat berkembang ketika ada penumpukan minyak, bakteri dan sel-sel kulit menutupi pori-pori, sehingga menyebabkan kulit di sekitar pori-pori berubah menjadi merah, bengkak dan sakit. Zinc bermanfaat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan membantu mengendalikan respon inflamasi. Zinc juga dapat mengatur produksi sel yang dapat membantu mengurangi jumlah minyak berlebih yang dihasilkan oleh kulit, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori yang menjadi penyebab jerawat.

3. Meningkatkan sistem imun. Mencukupi kebutuhan zinc harian bisa membantu anda meningkatkan sistem imun tubuh. Sebaliknya, makan terlalu sedikit zinc dapat merusak fungsi kekebalan tubuh sehingga membuat Anda lebih mungkin untuk terkena serangan penyakit, terutama penyakit yang menyerang sistem imun seperti virus dan bakteri. Kekurangan zinc akan membuat seseorang mengalami keterlambatan penyembuhan luka dan membuat tubuh menjadi rentan terhadap infeksi.

4. Sintesis protein. Tubuh menggunakan zinc untuk membuat protein. Itu artinya zinc memainkan peran penting dalam membangun dan mempertahankan massa otot. Bahkan, kekurangan zinc dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan yang berdampak pada hilangnya berat badan seseorang dengan tidak sehat. Untuk itu sebaiknya cukupi kebutuhan zinc harian anda dengan banyak mengkonsumsi makanan seperti daging, sayuran hijau, kacang-kacangan dan beberapa jenis seafood.

5. Membantu penyerapan nutrisi. Zinc membantu tubuh  menyerap vitamin A dan juga enzim antioksidan lainnya sehinga bermanfaat mengurangi tingkat radikal bebas. Zinc telah terbukti mampu melindungi mata dari kerusakan seperti degenerasi makula dan rabun. Meskipun demikian, anda harus waspada karena kebutuhan zinc untuk tubuh kita tidak terlalu banyak. Jadi, pastikan anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zinc.

6. Mencegah osteoporosis. MedlinePlus melaporkan bahwa asupan zinc yang rendah pada wanita dapat menurunkan kepadatan tulang mereka. Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi 2007 dari "Journal of International Medical Research" melaporkan bahwa penderita osteoporosis rata-rata memiliki konsentrasi zinc yang rendah pada tubuh mereka. 
loading...