9 Manfaat buah nangka untuk kesehatan dan kulit

Buah nangka berasal dari keluarga murbei yang berasal dari Asia Selatan dan Tenggara. Para ahli percaya bahwa buah nangka berasal dari hutan hujan Selatan-barat India. Buah nangka sekilas mirip dengan durian dalam penampilan luar karena sama-sama memiliki duri. Tetapi duri buah ini lebih kecil dibandingkan durian. Berbeda dengan durian, buah nangka tidak memiliki bau yang menyengat sehingga lebih ramah. Daging buah nangka sangat manis dan berserat dengan sedikit getah yang lengket.
Manfaat buah nangka
gambar buah nangka

1. Mencegah kanker. Buah nangka memiliki kandungan antioksidan yang melimpah dan sifat flavonoid yang memberikan perlindungan terhadap serangan kanker. Antioksidan bermanfaat melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas diproduksi secara alami oleh tubuh melalui sisa proses metabolisme. Selain itu, radikal bebas juga bisa diakibatkan oleh polusi. Radikal bebas Ini dapat merusak DNA sel dan menghasilkan sel kanker. Dengan mengkonsumsi buah nangka anda akan mengurangi risko terkena beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar, paru-paru dan kanker rongga mulut.

2. Mencegah sembelit. Serat yang terkandung dalam buah nangka dapat membantu anda menjaga sistem pencernaan dengan cara mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Dengan kata lain, mengkonsumsi buah nangka  akan membantu menjaga kebersihan saluran pencernaan dan mencegah penumpukan limbah dalam usus. Hal ini juga sangat berguna dalam mencegah kanker usus besar.

3. Mengontrol tekanan darah. Buah nangka diperkaya dengan mineral penting seperti kalium yang  berguna mengontrol natrium dalam tubuh kita, sehingga membantu dalam keseimbangan elektrolit bersama dengan mengatur fungsi otot. Karena fungsi kalium tersebut membuat buah nangka menjadi makanan yang sangat sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Sumber energi tubuh. Jika anda merupakan orang dengan aktivitas padat, tampaknya harus mencoba buah nangka. Buah ini mengandung tinggi karbohidrat dan kalori tetapi sangat rendah lemak sehingga sangat cocok dijadikan makanan penambah energi. Belum lagi buah nangka juga berisi sejumlah gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Meskipun buah nangka mengandung tinggi gula, tetapi tidak akan menyebabkan diabetes selama anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan kandungan gula dalam nangka melepaskan glukosa dalam tubuh kita dengan cara yang terkendali sehingga mengurangi indeks glikemik.

5. Meningkatkan kesehatan mata. Manfaat buah nangka yang luar biasa adalah menjaga kesehatan mata. Buah dengan rasa manis ini mengandung nutrisi penting yang disebut betakaroten. Betakaroten adalah salah satu bentuk Vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk mata. Vitamin A berguna dalam meningkatkan ketajaman mata sekaligus melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas seperti katarak.

6. Melindungi kulit dari kerusakan. Salah satu manfaat yang besar dari buah nangka berasal dari kandungan antioksidannya. Antioksidan mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh stres oksidatif yang tinggi dan polusi. Antioksidan dalam buah nangka bermanfaat memperlambat proses penuaan dan mengurangi munculnya keriput, garis-garis halus dan kulit kering. Vitamin C dalam buah nangka selain berguna meningkatkan sistem imun juga dapat membantu memproduksi kolagen, protein penting yang membantu kulit tetap kencang dan ketat.

7. Meningkatkan sistem imun. Mungkin dalam hal kandungan vitamin C, buah nangka tidak setenar buah jeruk ataupun kiwi. Meskipun demikian buah ini juga patut diperhitungkan sebagai sumber vitamin C. Vitamin C dalam buah nangka bekerja melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dan infeksi. Yang itu artinya vitamin C akan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

8. Mencegah anemia. Anemia biasanya disebabkan kurangnya asupan mineral dan vitamin tertentu yang diperlukan untuk sintesis sel darah merah. Buah nangka kaya akan kandungan vitamin A, C, E K dan asam folat. Serta beberapa nutrisi penting termasuk mangan, magnesium dan tembaga. Mineral dan vitamin tersebut sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah, sehingga membantu mengurangi dan mencegah anemia.

9. Kesehatan tulang. Kita semua sepakat jika mencukupui kebutuhan kalsium merupakan cara terbaik untuk menjaga kepadatan tulang. Kabar baiknya adalah buah nangka adalah salah satu buah yang menyediakan kalsium meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu tinggi. Satu potongan buah nangka dapat memenuhi sekitar 6% kebutuhan kalsium harian anda. 
loading...