Buah dan sayur sumber antioksidan penting

Antioksidan adalah senyawa atau zat yang ditemukan dalam berbagai buah dan sayur. Senyawa ini bermanfaat  mencegah atau memperlambat kerusakan oksidatif pada tubuh kita. Ketika sel-sel tubuh kita menggunakan oksigen, mereka secara alami akan menghasilkan radikal bebas  yang bisa memberikan efek merugikan bagi tubuh. Radikal bebas yang tidak terkontrol di dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker, jantung, katarak, alzheimer dan diabetes. Antioksidan berguna menangkal efek buruk radikal bebas dengan cara memperbaiki kerusakan tersebut. Beberapa daftar sayur dan buah sumber antioksidan:
Buah dan sayur sumber antioksidan
Buah dan sayur sumber antioksidan

1. Blueberry. Buah ini sangat mengagumkan dalam hal menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan sangat  tinggi. Salah satu senyawa yang terdapat dalam blueberry adalah flavonoid. Senyawa ini mamapu melindungi otak dari kerusakan yang menjadi penyebab penyakit alzheimer (menurunnya fungsi kognitif otak). Belum lagi senyawa fenolik dalam buah blueberry juga berguna menghambat proliferasi sel kanker usus besar dan kanker ovarium.

2. Blackberry. Satu cangkir blackberry segar mengandung tinggi antioksidan mengalahkan jenis berry lainnya termasuk, strawberry, cranberry, dan raspberry. Buah ini juga dikemas dengan vitamin C, dimana satu cangkir blackberry memenuhi  setengah kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Brokoli. Jika mengikuti kejuaran dalam hal kandungan nutrisi mungkin brokoli akan sering mendapatkan medali emas. Bagaimana tidak, sayur yang satu ini mengandung lebih banyak vitamin C dari pada buah jeruk dan memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan segelas susu. Selain vitamin dan mineral, brokoli juga dilengkapi dengan antioksidan penting yang disebut dengan sulforaphane, sebuah phytonutrisi yang telah terbukti dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

4. Wortel. Warna orange menyala pada sayur ini telah menunjukkan jika wortel merupakan sumber betakaroten. Beta-karoten adalah suatu bentuk vitamin A, yang memberikan perlindungan terhadap kanker, diabetes dan penyakit kardiovaskular. Menurut University of New Hampshire, Lutein juga merupakan karotenoid yang berfungsi sebagai pelindung alami untuk retina, sekaligus mengurangi risiko pembentukan katarak di mata, serta mengurangi efek degenerasi makula terkait usia.

5. Tomat. Buah yang sering dijadikan sayur ini sangat terkenal seiring dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Tomat diketahui cukup ampuh dalam melawan sel kanker karena memiliki kandungan likopen. Bahkan, penelitian telah menunjukkan jika likopen memiliki kemampuan lebih kuat dari pada vitamin E dan beta karoten dalam hal fungsinya sebagai antioksidan. Likopen membutuhkan lemak untuk dapat diserap dengan optimal, untuk itu tomat bisa dipadukan dengan minyak zaitun yang merupakan sumber lemak baik.

6. Buah anggur. Anggur merupakan buah kelas mewah karena sering menjadi makanan para raja. Di zaman moideren ini telah ditemukan banyak senyawa menguntungkan yang dimiliki anggur seperti flavonoid. Kebanyakan senyawa fenolik yang ditemukan dalam anggur dapat bertindak sebagai antioksidan. Bahkan ekstrak dari biji anggur disebut sebagai salah satu antibiotik alami paling kuat di bumi. Menurut hasil sebuah penelitian di Journal of Alternative Medicine menunjukkan jika ekstrak biji anggur bisa membunuh hingga 800 strain virus dan bakteri yang berbeda.

7. Strawberry. Anthocyanin adalah antioksidan yang memberikan pigmen warna merah pada strawberry. USDA Agricultural Research Service melaporkan bahwa anthocyanin dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung. Mayoritas penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa anthocyanin bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan menghalangi mekanisme yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. Termasuk mengurangi pembekuan, menghambat peradangan kronis dan menurunkan kolesterol. Selain itu, buah merah ini juga diperkaya dengan Vitamin C, yang merupakan antioksidan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Satu cangkir strawberry segar menyediakan sekitar 85 miligram vitamin C, memenuhi 94 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Selengkapnya 14 Manfaat buah strawberry 
loading...