Tuesday, December 15, 2015

Kandungan dan manfaat buah sirsak

Pohon sirsak dapat mencapai ketinggian hingga 25 atau 30 kaki. Sedangkan buahnya bisa mencapai ukuran panjang 12 inci. Buah sirsak memiliki kulit yang pahit, tetapi daging buahnya sangat halus dan manis. Buah ini memiliki cukup tinggi karbohidrat dan aneka vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, termasuk vitamin C. Menurut the nutrition facts database Healthaliciousness, dalam 100 gram buah sirsak mengandung 66 kalori dan hanya memiliki kurang dari 1 gram lemak. Buah ini juga mengandung gula alami yang dapat dikonfersi menjadi energi oleh tubuh saat dikonsumsi dalam jumlah tepat. Manfaat buah sirsak diantarnya:
Buah sirsak, image by pashapixel/iStock/Getty Images

1. Meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu manfaat buah sirsak yang paling utama adalah menjaga sistem kekebalan tubuh karena buah ini mengandung tinggi vitamin C. Vitamin C dapat membantu tubuh melawan serangan bakteri dan virus, sehingga anda akan terlindungi dari penyakit seperti flu, pilek dll.

2. Mencegah kanker. Satu lagi manfaat buah sirsak yang sangat luar biasa yaitu mencegah penyakit kanker. Sebuah Penelitian pada tahun 1997 yang lalu telah menemukan bahwa kandungan senyawa yang terdapat dalam buah sirsak dapat membunuh sel kanker payudara lebih baik dibandingkan kemoterapi.

3. Mencegah osteoporosis. Buah sirsak memiliki kandungan dua mineral penting yang berguna menjaga kepadatan tulang, yaitu fosfor dan kalsium. Mencukupi keduanya sangat diperlukan untuk mendapatkan tulang yang sehat dan terhindar dari osteoporosis.

4. Sumber vitamin B. Ada dua jenis vitamin B yang terdapat dalam buah sirsak, yaitu vitmin B1 dan B2. Vitamin B1 berguna melancarkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi risiko gangguan saraf. Sedangkan Vitamin B2 dalam buah ini juga bisa dimanfaatkan tubuh untuk pemeliharaan otot jantung.

5. Tinggi serat. Serat merupakan nutrisi penting yang banyak ditemukan dalam buah dan sayur. Sirsak adalah contoh dari buah yang mengandung tinggi serat. Serat sangat berguna untuk melancarkan pencernaan sekaligus menjaga kesehatan usus. Kurang serat bisa berakibat tubuh kesulitan dalam memproses makanan sehingga dapat menyebabkan sembelit.

6. Mencegah penuaan. Sirsak adalah salah satu makanan yang mengandung tinggi antioksidan. Dimana senyawa ini sangat diperlukan tubuh untuk mengurangi bahaya radikal bebas. Radikal bebas dapat mempercepat penuaan ditandai dengan keriput dan garis-garis halus di wajah. Belum lagi efek buruk radikal bebas juga bisa memicu penyakit alzheimer (penyakit menurunnya kemampuan otak pada lansia).
loading...