Saturday, December 12, 2015

9 Manfaat beras merah dan kandungan nutrisinya

Beras merah memang terkesan unik, setidaknya dari sisi warna. Jika selama ini kita sering mengkonsumsi beras putih tetapi sebagian kita mungkin jarang yang menggunakan beras merah sebagai makanan pokok. Berbeda dengan beras putih, beras merah memiliki keunggulan tersendiri, terlebih karena kandungan nutrisinya yang banyak.
beras merah
image by pixabay, beras merah

Beras merah sebenarnya berasal dari genus dan spesies tanaman yang sama, yaitu Oryza sativa. Oleh karena itu beberapa varian beras memiliki lebih banyak kesamaan daripada perbedaan, varietas berbeda sering dapat dibedakan dengan warna kulit yang juga menjadi indikasi kandungan nutrisinya. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat beras merah, berikut ulasannya:

1. Sebagai antioksidan. Warna merah yang dimiliki beras merah berasal dari anthocyanin, kelompok yang sama dari senyawa fenolik yang memberikan warna merah dan ungu pada kubis ungu, bawang merah dan sayuran lainnya. Secara biologis molekul senyawa ini sangat aktif, dan para ilmuwan mengelompokkan mereka sebagai "bioflavonoid". Senyawa ini merupakan  antioksidan kuat, yang sudah terbukti dalam pengujian laboratorium mampu menghambat pertumbuhan tumor.

2. Tinggi serat. Beras merah dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Seperempat cangkir beras merah mengandung setidaknya 2 gram serat, yang berkontribusi memenuhi 8 persen kebutuhan serat harian. Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dan akan melalui pencernaan dalam keadaan utuh, hal ini akan membantu membersihkan saluran pencernaan dan mempermudah pembuangan limbah. Serat dalam beras merah juga dapat membuat kita kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi kebiasaan mengemil, itu artinya mengkonsumsi beras merah bisa membantu mengurangi berat badan anda.

3. Kaya zat besi. Mengkonsumsi beras merah adalah cara yang baik untuk mendapatkan asupan zat besi. ¼ cangkir beras merah memenuhi 2 persen dari kebutuhan zat besi harian anda. Meskipun jumlah tersebut tidak terlalu banyak, tetapi beras merah bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi putih sehingga anda akan mudah mendapatkan zat besi. Tubuh kita sangat membutuhkan zat besi untuk membuat sel darah merah yang kemudian akan mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk otak. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia dan gangguan kesehatan lainnya.

4. 
Manfaat beras merah dalam menurunkan kolesterol. Selain serat tidak larut, beras merah juga mengandung jenis serat larut. Di dalam tubuh serat larut dapat menarik air disekitarnya sehingga akan membentuk gel. Dengan demikian serat jenis akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain menurunkan kolesterol, serat larut juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit diabetes. Menjaga kadara kolesterol tetap terkontrol dapat menghindarkan anda dari penyakit jantung dan stroke yang merupakan penyakit paling ditakuti di Indonesia.

5. 
Manfaat beras merah untuk mencegah diabetes. Kadar glukosa darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes dapat merusak mata, ginjal dan juga jantung koroner. Dalam penelitian hewan yang dilakukan di Department of Food Science at the National Pingtung University of Science and Technology, menemukan jika pemberian beras merah kepada tikus yang diinduksi diabetes dapat mengurangi kadar glukosa darah mereka. Meskipun temuan ini berdasarkan penelitian dengan hewan tetapi para peneliti yakin jika hasilnya tidak jauh berbeda dengan manusia.

6. 
Manfaat beras merah untuk kesehatan jantung. Kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah  menjadi penyebab menumpuknya plak di dinding arteri. Kondisi ini akan mempersempit ukuran arteri sehingga bisa memblokir arteri koroner, yang menjadi penyebab serangan jantung. Karena kandungan seratnya yang tinggi beras merah benar-benar memberikan manfaat mencegah penyakit jantung. Sebuah studi 2009 lalu yang dilakukan oleh David Becker dan Ram Gordon, ahli jantung di Chestnut Hill Hospital melaporkan bahwa pasien yang diberi beras merah mengalami penurunan LDL (kolesterol buruk) dibandingkan dengan pasien yang mendapatkan plasebo.

7. Manfaat beras merah untuk meringankan asma. Beras merah adalah salah satu makanan sumber magnesium sehingga dapat membantu mengelola pola pernapasan anda. Dengan kata lain mengkonsumsi beras merah secara teratur dapat mengurangi masalah pernapasan seperti asma. Anda bisa memulai dengan mengganti menu sarapan dengan beras merah untuk mendapatkan asupan magnesium.

8. 
Manfaat beras merah untuk mencegah osteoporosis. Seperti yang telah disebutkan di atas, beras merah merupakan sumber magnesium dimana mineral ini sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang. Bersama dengan kalsium, magnesium bermanfaat menjaga kesehatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis . Kekurangan kedua mineral ini dapat membuat tulang kehilangan kekuatan sehingga membuatnya menjadi rapuh. Jadi, cobalah banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalsium dan megnesium termasuk beras merah.

9. Sumber vitamin B6. Salah satu nutrisi paling menguntungkan dalam beras merah adalah kandungan Vitamn B6.  Vitamin ini sangat diperlukan tubuh untuk memrpduksi sel darah merah dan pembentukan DNA. Selain itu, Vitamin B6 dalam beras merah juga bermanfaat menyeimbangkan pembentukan serotonin atau sering dikenal sebagai hormon bahagia. Satu porsi beras merah sudah memenuhi sekitar 23% kebutuhan vitamin B6 harian anda.
loading...