Pentingnya mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral merupakan dua dari banyak jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Keduanya memainkan banyak peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayangnya kebanyakan asupan masyarakat Indonesia lebih cenderung kepada protein dan karbohidrat sehingga kedua jenis nutrisi di atas kadang kurang terpenuhi dengan baik.
vitamin dan mineral
vitamin dan mineral

Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah tertentu. Ada banyak jenis vitamin yang kita ketahui seperti vitamin A, B, C, D, E dan K. Kesemua vitamin tersebut diperlukan oleh tubuh untuk mencapai keseimbangan.

Setiap hari tubuh kita membutuhkan vitamin untuk bisa bekerja dengan baik. Jika tubuh memiliki tingkat rendah vitamin tertentu, maka mungkin kita akan mendapatkan masalah kesehatan. Misalnya, jika tubuh kekurangan vitamin C, kita akan mengalami anemia, karena vitamin C diperlukan dalam penyerapan zat besi. Sedangkan vitamin meruopakan vitamin penting untuk menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah rabun sekaligus meningkatkan ketajaman mata.

Contoh manfaat dan fungsi vitamin


Mineral adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk mempertahankan fungsi organ di dalamnya. Mineral tidak memberikan energi atau kalori, tetapi dapat membantu dengan fungsi lain dalam tubuh kita. Tubuh tidak dapat memproduksi mineral dengan sendirinya sehingga kita membutuhkan asupan dari makanan. Kebanyakan orang tidak dapat memenuhi kebutuhan mineral seperti yang disarankan sehingga kebanyakan dari mereka mengambil suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral harian.

Contoh manfaat dan fungsi mineral

  • Kalsium: menguatkan tulang
  • Magnesium: Membantu transmisi sinyal syaraf
  • Kalium: Menjaga irama jantung
  • Zat besi: Memproduksi sel darah merah
  • Selenium: Bekerja sebagai antioksidan
  • Fosfor: Ektraksi energi dan reaksi kimia dalam tubuh
  • Mangan: Mengatur kadar gula darah
  • Tembaga: Membantu fungsi otot
  • Zinc: Sintesis protein
Selengkapnya bisa anda baca di Fungsi, jenis dan sumber mineral

Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar karena keduanya merupakan sumber vitamin dan mineral. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu untuk mengambil suplemen. Tetapi, sebelum melakukannya ada baiknya jika anda meminta saran dari dokter untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.
loading...