10 Makanan untuk diet sehat

Advertisement
Dalam menjalani diet memilih makanan sehat yang kaya nutrisi tentunya menjadi suatu keharusan. Makanan menjadi komponen yang sangat penting untuk mensukseskan program diet, bahkan bisa menjadi penentu tingkat keberhasilan diet anda. Jika selama menjalani diet anda berhasil mengatur pola makan maka hal ini juga menjadi indikasi keberhasilan anda dalam menurunkan berat badan.

1. Kacang almond. Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandung tinggi protein dan serat yang membantu anda merasa kenyang lebih lama. Untuk menurunkan berat badan anda harus mencukupi keduanya, serat diperlukan tubuh untuk membantu proses pencernaan sedangkan protein berfungsi membangun kekuatan otot. Kacang almond juga mengandung magnesium untuk mengatur kadar gula darah.

gambar Makanan untuk diet sehat
Gambar: Makanan untuk diet

2. Buah Apel. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition pada tahun 2003 lalu menemukan bahwa wanita dengan berat badan berlebih yang mengkonsumsi tiga buah apel atau pir setiap hari selama tiga bulan mengaalmi penurunan berat badan lebih baik dibandingkan mereka yang makan diet oat. Buah apel berukuran besar mengandung lima gram serat, 85 persen air, yang membantu Anda merasa kenyang.

3. Ikan salmon. Ikan rendah lemak ini sangat baik dikonsumsi selama anda menjalani diet. Ikan salmon dikenal karena mengandung aam lemak omega 3, lemak sehat ini dapat membantu pembakaran lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian di Australia menemukan bahwa orang yang memiliki berat badan berlebih saat makan ikan setiap hari mengalami peningkatan respon glukosa insulin mereka.

4. Buah berry. Beberapa jenis keluarga berry seperti strawberry dan blueberry mengandung rendah lemak dan tinggi vitamin C. Vitamin C berfungsi merangsang sekresi saliva dan cairan lambung, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pencernaan.

5. Kentang. Sebagai sumber karbohidrat kentang memiliki kandungan gula lebih sedikit dibandingkan dengan nasi sehingga bisa menjadi pilihan menu diet sehat. Selain itu kandungan serat dalam kentang juga cukup tinggi untuk mempromosikan kesehatan pencernaan anda.

6. Ubi jalar. Ubi jalar mengandung serat hampir 7 gram per porsinya, jumlah ini cukup tinggi diantara sumber serat lainnya. selain rendah kalori ubi jalar juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, B, C dan E yang sangat diperkukan selama anda menjalani diet.

7. Sayur sayuran. Sayur adalah makanan sehat yang mengandung rendah kalori dan lemak. Mengkonsumsi sayur-sayuran sangat direkomendasikan oleh pakar nutrisi karena sangat baik bagi kesehatan. Beberapa jenis sayur diketahui sangat baik dikonsumsi selama diet karena mengandung tinggi vitamin, mineral dan beberapa protein seperti brokoli, bayam dan asparagus.

8. Ikan tuna. Ikan tuna sangat terkenal di kalangan binaragawan karena ikan ini rendah kalori dan tinggi protein. Mengkonsumsi ikan tuna sebagai sumber energi dapat membantu anda menurunkan berat badan karena sangat rendah lemak jika dibandingkan sumber protein heani lainnya. Pastikan anda mendapatkan ikan tuna segar agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

9. Buah alpukat. Buah yang satu ini sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal asam oleat, jenis lemak yang juga ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun alpukat mengandung tinggi lemak tetapi sebagaian besar adalah jenis lemak baik. Penelitian menunjukkan bahwa lemak di dalamnya dapat meningkatkan serapan hara dari sayuran 2,6-15 kali lipat. Alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan potasium.

10. Telur. Sebagian kita terutama yang menjalani diet sangat takut mengkonsumsi telur karena dianggap mengandung tinggi lemak. Sebaiknya anda harus mulai mengubah persepsi tersebut, sebenarnya tidak ada hubungan antara mengkonsumsi telur dengan naiknya berat badan. bahkan telur mengandung nutrisi yang kita butuhkan seperti protein, lemak sehat, dan sangat rendah kalori. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa telur tidak mempengaruhi kolesterol darah dan tidak pula menyebabkan serangan jantung. Ini menepis anggapan bahwa lemak dalam telur dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung. 
loading...

Share this

11 cara menurunkan berat badan dengan cepat

Advertisement
Memiliki berat badan ideal merupakan impian semua orang mulai dari pria, wanita, tua maupun muda. Tapi tidak semua orang benar-benar serius mendapatkannya, hal ini dapat dilihat dari gaya hidup yang mereka jalani. Cara menurunkan berat badan itu sebenarnya mudah jika anda benar-benar serius melakukannya, tapi di sisi lain juga sulit jika anda tetap tidak mau merubah kebiasaan buruk.

Tips dan cara menurunkan berat badan dengan cepat

1. Olahraga rutin. Anda malas berolahraga tapi ingin punya badan ideal? Hmmm,,tampaknya sulit. Tubuh kita memerlukan keseimbangan untuk bisa bekerja dengan baik, olahraga adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan agar mencapai keseimbangan tersebut. Olahraga selain bermanfaat menurunkan berat badan dengan cepat juga memiliki banyak manfaat diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung, diabtes, stroke dan osteoporosis. Untuk membuat olahraga tampak lebih mudah anda tidak perlu membayangkan jenis olahraga yang sulit seperti lari, ngegym, sepak bola atau siteup, cukup luangkan waktu sekitar setengah jam perhari dengan bersepeda atau jalan kaki itu sudah sangat baik jika dilakukan secara rutin.

gambar cara menurunkan berat badan
Gambar: menurunkan berat badan
2. Hindari makanan berlemak. Cara ini sebenarnya tidak kalah merepotkan dengan olahraga, kalau berhubungan dengan gaya hidup tampaknya memang sulit dirubah. Kebiasan mengkonsumsi makanan berlemak memang cukup sukar dihilangkan terlebih masyarakat kita banyak yang memasak menggunakan santan, padahal santan jika dipanaskan bisa menjadi sumber lemak. Jadi untuk menurunkan berat badan anda harus benar-benar mengurangi makanan bersantan dan makanan berlemak lainnya.

3. Minum lebih banyak air. Dari sekian banyak cara menurunkan berat badan mungkin cara ini lah yang paling mudah, cukup dengan banyak minum air putih. Manfaat minum air putih sangat banyak bagi kesehatan, termasuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membantu anda membakar lemak, sehingga metabolisme tubuh sangat berpengaruh terhadap kenaikan atau penurunan berat badan. Selain itu air juga dapat menekan nafsu makan sehingga membuat anda kenyang lebih lama.

4. Hindari minuman manis. Kebanyakan kita lebih suka minum jus atau minuman bersoda selepas makan dibandingkan air putih. Padahal kita tahu minuman tersebut jika dikonsumsi secara terus menerus dapat memicu obesitas dan naiknya gula darah. 

5. Madu dan air hangat. Madu meskipun memiliki rasa manis akan tetapi tidak memicu naiknya berat badan selagi anda tidak mengkonsumsinya secara berlebih. Bahkan madu yang dicampur dengan air hangat dipercaya cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Madu dapat membakar lemak berlebih sehingga membantu penurunan berat badan. minumlah campuran madu dan air hangat di saat perut kosong atau di pagi hari untuk mendapatkan hasil maksimal. selengkapnya 30 Manfaat madu untuk kecantikan dan pengobatan

6. Cukupi kebutuhan serat. Makanan yang mengandung tinggi serat sangat baik dikonsumsi saat anda menjalani diet. Serat membantu melancarkan pencernaan yang pada gilirannya dapat menurunkan berat badan. Selain itu serat juga membuat perut menjadi kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga mencegah anda negmil.

7. Memenuhi kebutuhan protein. Kebutuhan orang akan protein memang tidak bisa ditawar lagi mengingat nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak protein dari pada karbohidrat lebih cenderung memudahkan kita dalam menurunkan berat badan. Tentunya hal ini juga melihat dari mana kita mendapatkan asupan protein tersebut. Carilah sumber protein yang rendah lemak seperti ikan, protein nabati dan yogurt rendah lemak. Protein dapat membuat anda kenyang lebih lama dan mencegah otot kehilangan nutrisi. Berbeda dengan karbohidrat protein dicerna lebih lama, hal ini akan membuat Tubuh mengeluarkan lebih banyak energi sehingga ada lebih banyak lemak yang dibakar.

8. Hindari Tidur selepas makan. Tidur selepas makan sangat tidak baik bagi kesehatan, terutama jika hal ini dilakukan pada malam hari. Saat kita tidur tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik sehingga membuat tubuh menumpuk lemak lebih banyak. Selain itu sistem pencernaan saat tidur akan bekerja lebih keras dari pada biasanya, hal ini dapat memicu sakit maag dan gangguan pencernaan lainnya.

9. Dengan berpuas. Kalian pernah dengar kan diet OCD ala Dedy Corbuzier? Teori dari diet tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kita melakukan puasa, jadi intinya tidak makan. Meskipun diet dengan cara seperti ini bisa
menurunkan berat badan dengan cepat akan tetapi anda juga harus waspada, karena kebanyakan orang cenderung makan lebih banyak saat berbuka terutama dengan makanan yang manis dan berlemak. Hal ini bukannya membantu anda menurunkan berat badan akan tetapi justru sebaliknya. Satu hal lagi yang perlu kita ingat adalah jangan sampai kita salah niat karena sebagai sorang muslim semua Ibadah pada dasarnya hanya untuk Alloh.

10. Menghitung jumlah kalori. Dalam menjalani diet prinsipnya bukan menghindari makanan berkalori secara mutlak, karena hal ini tidak mungkin kita lakukan mengingat tubuh juga membutuhkan kalori untuk energi. jadi cara yang bisa dilakukan adalah mengetahui berapa kebutuhan kalori perhari sehingga anda dapat memilih makanan dengan tepat tanpa khawatir akan memicu naiknya berat badan. Kebutuhan kalori masing-masing orang tentunya tidak sama tergantung usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan tingkat aktivitas. Jika merasa kesulitan melakukan hal tersebut anda bisa mengkonsultasikan dengan dokter.

11. Sarapan sehat. Makanan yang anda konsumsi saat sarapan akan  ikut ambil bagian dalam menurunkan berat badan. Sarapan sehat yang mengandung tinggi nutrisi serta rendah lemak akan membantu anda mendapatkan energi untuk beraktivitas lebih lama. Jadi anda tidak akan merasa lebih cepat lelah dan lapar, sehingga mengurangi kebiasaan negmil. Beberapa menu makanan sehat untuk sarapan diantranya: buah-buahan, sayur, gandum, biji-bijian, susu rendah lemak dan kentang.

Penyebab naiknya berat badan

Kehamilan. Pada masa kehamilan seorang ibu akan lebih banyak makan dibandingkan biasanya, ini akan memicu naiknya berat badan bagi sang ibu. Sebenarnya keadaan tersebut lumrah mengingat dalam keadaan mengandung sang ibu membutuhkan tambahan nutrisi untuk dia dan bayinya, bahkan dalam keadaan hamil sebaiknya anda tidak boleh mencoba melakukan diet untuk menurunkan berat badan karena bisa berbahaya bagi sang bayi, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah membatasi asupan makanan tinggi kalori dan menggantikannya dengan buah dan sayur.

Menopause. Selama menopause, perubahan hormonal akan memicu peningkatan nafsu makan dan menyebabkan penambahan berat badan. Perubahan komposisi tubuh juga membuat anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Faktor genetik. Obesitas atau berat badan berlebih ada hubungan erat dengan faktor genetik. Orang yang memilki orangtua gemuk memiliki resiko obesitas lebih tinggi daripada keturunan dari orang tua ramping. Fakta ini bukan untuk membuat orang dengan keturunan gemuk berkcil hati untuk menurunkan berat badan, akan tetapi lebih mendorong mereka lebih waspada.

Kurangnya aktivitas fisik. Padatnya aktivitas masyarakat di kota-kota besar menjadikan mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga sehingga lebih sering mengalami obesitas.  Hal ini juga diperparah dengan pola makan yang tidak teratur dengan tidak memperhitungkan jumlah nutrisi.

Stres. Stres ternyata dapat mempengaruhi naiknya berat badan seseorang. Ini dikarenakan stres dapat memperlambat metabolisme tubuh. Efeknya berat badan pun bertambah. Karena saat stres kadar insulin yang berperan menyimpan lemak di dalam tubuh menjadi meningkat. Selain itu, lemak juga lebih sulit diubah menjadi energi.

Pola makan. Pola makan bisa dikatakan menjadi penyumbang terbesar naiknya berat badan seseorang. Banyak mengkonsumsi makanan berlemak, manis dan berminyak dengan tidak diimbangi makan buah dan sayur bisa mempercepat peningkatan timbunan lemak di perut anda. Oleh sebab itu sangat penting mengatur pola makan atau program menurunkan berat badan anda akan sia-sia.
loading...

Share this

7 Fungsi dan manfaat vitamin A bagi tubuh

Advertisement
Vitamin A adalah nutrisi penting bagi tubuh kita yang memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi berdasarkan berbagai penelitian terbukti bahwa sebagaian besar masyarakat di Dunia tidak mendapatkan cukup asupan vitamin A dalam jumlah yang disarankan.

Kekurangan vitamin A biasanya terjadi akibat kurangnya asupan makanan yang mengandung tinggi vitamin A atau betakaroten. Kurangnya asupan vitamin A dapat ditandai dengan menurunnya penglihatan. Wanita hamil dan menyusui membutuhkan asupan vitamin A yang lebih banyak karena lebih rentan mengalami infeksi.

gambar manfaat vitamin A
Vitamin A
1. Mencegah kanker. Sebenarnya sampai saat ini hanya ada sedikit bukti bahwa tingginya asupan vitamin A pada manusia dapat mengurangi resiko penyakit kanker payudara dan kanker paru-paru. Meskipun demikian Vitamin A adalah antioksidan kuat untuk menangkal efek buruk radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

2. Menjaga kesehatan mata. Memenuhi kebutuhan nutrisi mata sangat penting untuk membuatnya dapat bekerja dengan baik. vitamin A sudah dikenal sejak lama sebagai nutrisi utama bagi mata. Kurangnya vitamin A menyebabkan kornea menjadi kering sehingga akan menyebabkan penglihatan menjadi kabur bahkan dalam kasus parah bisa mengakibatkan hilangnya penglihatan. Kekurangan vitamin A juga menyebabkan kerusakan pada retina, yang memberikan kontribusi kebutaan.

3. Memperkuat sistem imun. Sistem imun yang kuat menjadi salah satu tolak ukur kesehatan seseorang secara keseluruhan. Memenuhi kebutuhan Vitamin A sangat penting untuk memperkuat sistem imun dari serangan infeksi. Bahkan kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kematian karena infeksi pernapasan.

4. Mencegah tanda-tanda penuaan. Vitamin A bekerja sebagai antioksidan yang bukan hanya melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas, tetapi juga membantu dalam peremajaan kulit. Vitamin A bermanfaat membantu memproduksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak muda.

5. Mencegah Jerawat. Vitamin A membantu mengurangi produksi sebum berlebih, sehingga mengurangi risiko jerawat. Hal ini juga memperkuat jaringan pelindung kulit, sehingga meningkatkan kesehatan kulit dan vitalitas permukaan kulit secara keseluruhan. Selain itu Vitamin A juga sangat dibutuhkan untuk pemeliharaan jaringan kulit dan selaput lendir.

6. Mencegah Kencing Batu. Vitamin A mencegah pembentukan batu urin dengan cara mengurangi pembentukan kalsium fosfat. Hal ini juga membantu menjaga lapisan saluran kemih, sehingga mengurangi resiko batu ginjal.

7. Menajga kesehatan tulang dan gigi. Ketika diubah menjadi asam retinoat, vitamin A dapat mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Dentin juga membutuhkan vitamin A dalam pemembentukan lapisan keras yang menjadi pembentuk gigi kita, sehingga mencukupi kebutuhan Vitamin A dapat menguatkan tulang dan gigi. Manfaat Vitamin A yang lain adalah membantu menggantikan jaringan lama dengan jaringan baru.
loading...

Share this

Dampak negatif kurang minum air putih bagi kesehatan

Advertisement
Manfaat minum air putih sangat banyak bagi tubuh karena air memiliki peran penting untuk mendukung kinerja organ-organ di dalam tubuh termasuk jantung dan otak. Kita dianjurkan minum 7-8 gelas air putih perhari bukan tanpa alasan, pasalnya ada banyak penyakit yang hinggap di tubuh saat kita kurang memenuhi kebutuhan air putih ini. Berikut beberapa dampak buruk saat kurang memenuhi kebutuhan air putih:

1. Membuat kita cepat lelah. Dehidrasi ringan mungkin tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, akan tetapi sering mengalami dehidrasi dalam jangka waktu lama bisa memicu masalah kesehatan seperti mudah lelah dan kurang bersemangat, hal ini dikerenakan air berfungsi menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dalam keadaan dehidrasi tubuh akan menyerap energi di dalam tubuh sehingga membuat kita mudah lelah.

Gambar ilustrasi air putih
Ilustrasi air
 2. Menurunkan konsentrasi. Sebagian besar otak kita terdiri dari air sehingga untuk membuatnya bekerja dengan baik anda membutuhkan lebih banyak air. Penelitian menunjukkan mencukupi kebutuhan air putih akan membuat kita lebih mudah berkonsentrasi dan berfikir.

3. Memicu naiknya kolesterol. Ketika kita dalam keadaan dehidrasi akan ada banyak cairan yang hilang di dalam sel sehingga tubuh mencoba untuk menghentikan kerugian ini dengan memproduksi lebih banyak kolesterol.

4. Gangguan pencernaan. Jika seseorang tidak minum cukup air mereka tidak memiliki cairan yang cukup untuk membantu proses pencernaan. Hal ini akan mengakibatkan sembelit, sindrom iritasi usus, kembung, sakit perut, mual dan dalam kasus kronis dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.

5. Meningkatkan resiko penyakit jantung. Semakin banyak cairan yang hilang di dalam tubuh, akan membuat darah menjadi lebih keras sehingga otot jantung harus bekerja untuk memompa darah melalui sistem peredaran darah. Penelitian juga telah membuktikan bahwa minum air putih dapat membantu mengurangi stres dan depresi. Kita tahu keduanya dapat memicu penyakit jantung.

6. Memicu kulit kering. Sebuah studi pada tahun 2007 lalu yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic mengungkap hubungan antara kurangnya konsumsi air putih dan kulit kering. Sebagian Peserta penelitian diminta minum 2,25 liter air per hari selama empat minggu. Hasilnya mereka yang lebih banyak minum air putih memiliki kesehatan kulit yang lebih baik.

7. Tubuh menjadi lebih panas. Salah satu manfaat dari minum air putih adalah mendinginkan tubuh. Tubuh menggunakan air untuk mendinginkan organ penting dari overheating terutama setelah berolahraga atau aktivitas fisik yang berat.
loading...

Share this

20 Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan pengobatan

Advertisement
Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak zaitun biasa dimanfaatkan sebagai minyak untuk memasak, tambahan produk kecantikan, sabun dan sebagai obat. Di zaman dahulu saat belum terdapat lampu minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai bahan bakar lampu penerangan.

Manfaat minyak zaitun untuk pengobatan dan kesehatan


Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan
Minyak zaitun murni
1. Mengandung antioksidan. Minyak zaitun mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat menghalau radikal bebas. Radikal bebas bisa disebabkan dari beberapa faktor diantaranya Ketika kita mencerna makanan maka radikal bebas yang diproduksi secara alami oleh tubuh dapat merusak sel. Radikal bebas dari faktor lingkungan seperti debu, asap kendaraan, asap rokok, dan pestisida juga sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan penyakit kanker. Mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin akan membantu anda menangkal efek buruk radikal bebas tersebut melalui antioksidan yang dimilikinya.

2. Mengatasi Nyeri. Manfaat Minyak zaitun dikenal sebagai obat karena mengandung zat yang disebut oleocanthal, zat ini memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi, sehingga membuat minyak zaitun seperti Ibuprofen alami. Penelitian menunjukkan minyak zaitun dapat benar-benar memberikan manfaat yang nyata pada sejumlah peradangan penyakit kronis.

3. Mencegah kanker. Minyak zaitun dikatakan sebagai agen anti kanker untuk melindungi tubuh terhadap pertumbuhan kanker, terutama kanker usus. Penelitian di Oxford University telah menunjukkan adanya hubungan positif antara kandungan asam dalam minyak zaitun dan pencegahan kanker usus. Di negara Inggris, kanker usus merupakan salah satu penyakit mematikan dan membunuh hampir dua puluh ribu warga setiap tahunnya.

4. Mengandung HDL (lemak baik). Lemak tak jenuh tunggal atau HDL (High density lipoproteins) adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun dari rangkaian atom-atom karbon yang memiliki satu ikatan ganda. Ikatan ganda ini menyebabkan molekul lemak tersebut tidak jenuh atau masih bisa menambah atom hidrogen. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun dapat memberikan dorongan kesehatan pada jantung anda. Penyakit jantung dapat diakibatkan oleh tingginya kadar LDL dalam darah (lemak jahat). Minyak zaitun mengandung 70% asam lemak tak jenuh tunggal yang akan mengurangi LDL dan meningkatkan tingkat HDL (lemak baik).

5. Menurunkan darah tinggi. Sebuah studi menemukan bahwa minyak zaitun mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan pada pasien dengan tekanan darah tinggi dan mengurangi kebutuhan mereka terhadap konsumsi obat-obatan penurun tekanan darah hingga 48% . Jadi bisa disimpulkan bahwa minyak zaitun merupakan obat penstabil tekanan darah secara alami.

6. Mengontrol kadar insulin. Minyak zaitun dikenal mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal, menurut Mayo Clinic. MUFAs, lemak tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Saat kadar insulin bisa terkontrol itu artinya akan menjauhkan anda dari resiko penyakit diabetes, dan untuk pasien diabtes akan sangat terbantu untuk menurunkan kadar gula darah mereka.

7. Melindungi hati. Minyak zaitun kaya akan antioksidan, yang memberikan perlindungan kepada hati terhadap oksidatif radikal bebas. Saat kita dalam keadaan stres berbagai molekul dalam tubuh kita mulai bereaksi secara kimia dengan radikal bebas sehingga akan mengganggu struktur dan kegiatan sel-sel di tubuh kita. Nah,,antioksidan dalam minyak zaitun tersebut bekerja melawan radikal bebas dan melindungi jaringan hati dari kerusakan

8. Mencegah Penyakit Alzheimer. Mengkonsumsi minyak zaitun mungkin tidak akan menyembuhkan pasien dengan Penyakit Alzheimer, akan tetapi Senyawa fenolik alami dalam minyak zaitun sangat efektif dalam mencegah penyakit tersebut. Menurut para ilmuwan, phytonutreint ini mendeteksi protein abnormal bernama 'beta-amyloid', yang bertanggung jawab terhadap munculnya Penyakit Alzheimer.

9. Mencegah osteoporosis. Penelitian berhasil mengungkap bahwa mencukupi kebutuhan oleates serta asam lemak esensial bermanfaat membantu mineralisasi tulang yang sehat sebuah proses yang membantu tulang berkembang pada anak-anak dan mencegah hilangnya kalsium pada orang dewasa, dan minyak zaitun adalah sumber asam lemak esensial yang cukup baik.

10. Kaya akan vitamin E. Minyak zaitun diperkaya dengan vitamin E. Dalam 100 gram minyak zaitun ekstra virgin segar mengandung 14.39 mcg vitamin E atau sekitar 96% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Selain baik untuk kulit Vitamin E juga merupakan antioksidan larut yang diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas berbahaya.

11. Menurunkan berat badan. Meskipun minyak zaitun adalah lemak akan tetapi telah terbukti dapat membantu mengurangi tingkat obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa aroma minyak zaitun dapat menciptakan rasa kenyang sehingga akan menekan nafsu makan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Women's Health pada bulan Juni 2010 lalu, juga menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 3 sendok makan minyak zaitun setiap hari selama delapan minggu mengalami penurunan berat badan dibandingkan mereka yang mengikuti diet rendah lemak.

12. Membantu mengatasi sembelit. Minyak zaitun memiliki tekstur lembut sehingga sangat ramah untuk saluran pencernaan. Minyak zaitun dapat bertindak sebagai pencahar alami yang membantu mengatasi sembelit. Selain itu minyak zaitun juga bermanfaat membantu mengatasi asam refluks, borok, gastritis dan fungsi pankreas.

13. Mencegah Pembekuan darah. Studi menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu mencegah pembekuan darah yang bertanggung jawab terhadap serangan jantung dan stroke.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

14. Menunda proses penuaan. Antioksidan dalam minyak zaitun benar-benar memberikan keuntungan bagi anda. Hal ini dikarenakan hampir semua masalah kesehatan dan penuaan diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa dicegah dengan mengkonumsi makanan tinggi antioksidan seperti minyak zaitun. Selain minyak zaitun sumber lain antioksidan adalah buah dan sayur segar. Penelitian medis telah menunjukkan bahwa tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin E bisa mempercepat pemecahan asam lemak tertentu, sebuah proses yang dapat menyebabkan penuaan. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun dipercaya memberikan pertahanan terhadap efek tersebut, dan dengan demikian membantu mempertahankan kemampuan mental dan kontrol otot lebih lama dan lebih baik. Manfaat lainnya adalah vitamin A membantu mencegah dan meminimalkan perkembangan kulit keriput.

15. Melembabkan rambut secara alami. Masalah rambut kering mengganggu anda? Tidak perlu khawatir, minyak zaitun bisa anda gunakan sebagai bahan perawatan kecantikan rambut secara alami. Caranya campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan setengah sendok teh madu pada sebuah mangkuk kecil. Ambil mangkuk besar yang terpisah dengan air mendidih dan tempatkan mangkuk kecil tadi di atasnya untuk membuat kualitas nutrisi keduany tetap terjaga. Terapkan ramuan tadi ke kulit kepala sambil memijatnya secara perlahan dan biarkan selama 20 menit, setelah itu bersihkan seperti biasa. Selengkapnya bisa anda baca 30 manfaat madu untuk kecantikan

16. Menghilangkan strech mark. Minyak zaitun membantu meregenerasi serta meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini selain mencegah timbulnya stretch mark paska melahirkan juga membantu menghilangkan strech mark secara perlahan. Pijatkan minyak zaitun hangat pada daerah yang terkena strech mark dua kali seminggu untuk membantu elastisitas kulit yang pada gilirannya akan menyamarkan strech mark secara perlahan.

17. Melembabkan kulit. Minyak zaitun adalah bahan sempurna untuk perawatan kecantikan. Untuk membuat kulit anda lembab alami minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang baik. cara penggunaannya campurkan 1 sdm madu murni, 1 sdm minyak zaitun dan kuning telur. Blender ketiganya hingga benar-benar tercampur. Jika sudah selesai oleskan ke seluruh bagian wajah anda hingga merata Biarkan selama 15-20 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

18. Mengatasi rambut keriting. Jika anda menginginkan rambut lurus alami anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Ambil beberapa tetes minyak zaitun kemudian aplikasikan ke seluruh bagian rambut anda hingga merata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih.

19. Menghilangkan kotoran telinga. Jika Anda memiliki kotoran di telinga yang sudah mulai mengeras dan susah untuk dikeluarkan, anda bisa memakai minyak zaitun sebagai bahan pelumas. Teteskan minyak zaitun di telinga dan tunggu sekitar 1 jam sambil bersanatai setelah itu bersihkan seperti biasa.

20. Kondisioner alami. Minyak zaitun telah digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan sejak zaman Mesir kuno. Hangatkan minyak zaitun dalam microwave atau di air panas. Kemudian terapkan dengan lembut dari pangkal sampai ujung rambut. Diamkan selama 10 sampai 20 menit, kemudian bersihkan dengan cara keramas.

Cara penyimpnanan: Penyimpanan yang benar sangat penting untuk menjaga kualitas dan kandungan nutrisinya mengingat minyak zaitun sangat rentan dengan perubahan suhu. Manfaat minyak zaitun bisa saja berkurang jika dibiarkan dengan suhu panas dan kontak langsung dengan sinar matahari seperti menurunnya kualitas vitamin E, beta-karoten, dan tingkat fenol lainnya. Simpanlah minyak zaitun di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sebagai tambahan usahakan anda membeli minyak zaitun dengan botol gelap untuk menjaga kandungan nutrisinya.

Perhatian: Penting untuk dicatat bahwa minyak zaitun tidak dianjurkan untuk memasak, karena dia hanya boleh digunakan dalam keadaan dingin. Struktur kimia minyak zaitun yang sebagian besar merupakan lemak tak jenuh membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif bila digunakan untuk memasak. Untuk itu lebih baik anda menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti minyak zaitun atau minyak nabati lainnya seperti mentega dan margarin. 


Demikian tadi ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk kecantikan semoga bisa memberi tambahan wawasan bagi anda.
loading...

Share this

10 Manfaat madu dan kayu manis untuk kesehatan

Advertisement
Madu dan kayu manis adalah kedua bahan yang sangat terkenal sebagai obat karena keduanya sama-sama memiliki sifat penyembuahan. Selain digunakan sebagai obat, madu dan kayu manis juga sering dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan sehingga tidak heran jika banyak produk kosmetik yang menggunakan keduanya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat madu dan kayu manis mari kita simak:
gambar madu dan kayu manis
 madu dan kayu manis

1. Menurunkan kolesterol. Perpaduan antara Madu dan kayu manis biasa digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan kadar kolesterol darah, hal ini akan membantu menjaga kesehatan jantung. Tingginya kolesterol jahat dapat menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan plak di dinding arteri dan pembuluh darah, sehingga meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

2. Arthritis. Manfaat Madu dan kayu manis juga dapat memberikan bantuan arthritis. Rutin mengkonsumsi madu dan kayu manis bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi nyeri sendi. Cara membuat ramuan dari madu dan kayu manis cukup mencampurkan kedua bahan tadi dengan air hangat, setelah itu minum selagi masih hangat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan meredakan nyeri sendi.

3. Menurunkan berat badan. Madu dan kayu manis adalah perpaduan sempurna sebagai bahan menurunkan berat badan. Madu dan kayu manis dapat mengurangi berat badan dengan cara mempercepat metabolisme tubuh yang membantu membakar lemak berlebih. Selain itu kayu manis bermanfaat menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme glukosa. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan penyimpanan lemak, kayu manis dapat mencegah hal ini dengan meningkatkan fungsi insulin.

4. Meningkatkan energi. Madu dan kayu manis bisa dijadikan sebagai suplemen alami sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Madu mengandung gula alami yang dapat memberikan energi bagai anda, selain itu kandungan vitamin dalam madu sangat melimpah sehingga dapat mengembalikan tenaga anda pasca latihan. Sedangkan kayu manis memiliki kemampuan meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Mencegah kanker dan tumor. Madu diketahui cukup efektif menekan pertumbuhan tumor dan kanker. The journal “Molecules” pada bulan Februari 2014 kemarin menemukan bahwa madu dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dengan menghambat proliferasi sel kanker, mengurangi peradangan, membunuh sel-sel kanker dan mencegah pembentukan pembuluh darah baru yang menjadi pendorong pertumbuhan kanker. Tidak berbeda jauh dengan madu kayu manis juga cukup efektif menekan pertumbuhan sel kanker, jurnal Nutrition and Cancer melansir sebuah Penelitian yang dilakukan di University of Texas Amerika serikat, berhasil mengungkap bahwa kayu manis memiliki kemampuan dalam mengurangi proliferasi sel kanker sehinga dapat mencegah penyakit kanker.

6. Meningkatkan imunitas. Cuaca yang tidak menentu dapat mengakibatkan tubuh kita sangat rentan terhadapat penyakit, apalagi jika kita kurang memperhatikan kebersihan lingkuan. Ada ramuan ampuh yang dapat membantu anda menigkatkan imunitas tubuh yaitu campuran kayu manis dan madu murni. Caranya campur dua sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis dengan air hangat dan minum setiap pagi. Madu dan kayu manis memiliki manfaat memerangi virus dan bakteri sekaligus memberikan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Menyembuhkan Infeksi Kulit. Madu dan kayu manis sudah digunakan sejak lama sebagai bahan perawatan kulit alami karena memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa. Keduanya memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga sangat efektif mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti Kurap dan eksim.

8. Mengatasi jerawat. Salah satu manfaat madu untuk kecantikan adalah kemampuannya dalam menhilangkan jerawat. Caranya adalah: buatlah pasta dengan tiga sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan pasta tadi pada jerawat sebelum tidur kemudian cuci keesokan harinya dengan air hangat. Bila anda menggunakan cara ini setiap hari selama dua minggu insya Allah jerawat anda akan hilang.

9. Meningkatkan vitalitas tubuh. Studi terbaru menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat dari pada memberikan efek negatif. Seorang peneliti bernama Dr Milton, mengatakan bahwa campuran setengah sendok makan madu, air hangat dan kayu manis dapat mengembalikan vitalitas tubuh setelah mengalami kelelahan (jika dikonsumsi secara rutin).

10. Meredakan flu. Anda mengalami flu? Cobalah ramuan berikut: Ambil satu sendok makan madu dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis masukkan kedua bahan tadi ke dalam air hangat, minum setiap hari selama tiga hari. Ramuan tadi akan membantu menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan diantaranya batuk kronis, flu, masuk angin, dan membersihkan sinus.
loading...

Share this

15 manfaat minum air putih bagi tubuh

Advertisement
Air adalah sumber kehidupan yang memiliki banyak peran penting di dalam tubuh kita. Tanpa air tidak akan ada kehidupan karena air diperlukan semua makhluk hidup yang berada di bumi. Karena alasan inilah mencukupi kebutuhan air sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan membuat organ-organ penting bisa bekerja dengan baik.

Di zaman sekarang, peran air putih sudah banyak digantikan dengan berbagai macam minuman izotonik, jus dan juga minuman bersoda. Tengok saja diberbagai warung ataupun rumah makan sangat jarang orang memesan air putih sebagai teman makan, ya mungkin hal ini disebabkan air putih terlalu banyak di rumah. Meskipun mereka adalah air akan tetapi komponennya sudah tidak sama lagi dan manfaatnya bagi kesehatan tentunya juga sangat berbeda. Untuk membuat anda tetap mengutamakan minum air putih dibandingkan minuman lainnya berikut saya informasikan mengenai manfaat minum air putih bagi kesehatan:

gambar manfaat air putih
air putih
1. Mengatasi dehidrasi. Mengkonsumsi air setelah melakukan aktivitas fisik yang berat merupakan cara bagi kita untuk memulihkan tenaga. Air akan dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Kurangnya konsumsi air putih membuat organ-organ dalam tubuh tidak bisa bekerja secara optimal.

2. Meningkatkan mood. Minum air putih diketahui dapat meningkatkan mood seseorang dengan cara membuat tubuh tetap terhidrasi. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat mempengaruhi suasana hati dan kemampuan berpikir seseorang, dehirasi ringan ditandai kekurangan cairan hingga 5 persen dari berat badan. Sebuah studi yang melibatkan 25 wanita dan diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi dapat mempengaruhi suasan hati dan fungsi kognitif otak.

3. Meningkatkan daya pikir. Otak kita sebagian besar terdiri dari air, jadi otak sangat membutuhkan suplay air agar dapat bekerja lebih optimal. Mencukupi kebutuhan air akan membantu kita lebih fokus, meningkatkan konsentrasi dan bahkan mungkin meningkatkan kecerdasan otak.

4. Mengeluarkan racun. Seiring bertambahnya waktu, racun di dalam tubuh kita semakin menumpuk melalui polusi udara dan makanan yang kita konsumsi. Hal ini akan menyebabkan kita menjadi lebih mudah lelah. Ginjal kita membutuhkan cairan dari air untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga mencukupi kebutuhan air putih akan membantu mengeluarkan racun.

5. Meredakan nyeri sendi. Sendi merupakan bagian tubuh yang memerlukan banyak air sebagai pelumas alami agar dapat berfungsi dengan baik. Air yang membentuk cairan di dalam dan sekitar sendi dapat membantu mencegah gesekan berlebih sehingga mempermudah dalam melakukan gerakan. Minum air putih dapat mengurangi rasa sakit pada sendi Anda dengan menjaga kelembutan tulang rawan.

6. Menurunkan berat badan. Air putih dapat Membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak dari dalam tubuh. Ini lah yang menjadi alasan kenapa saat diet Ada diharuskan mengkonsumi lebih bayak air putih. Manfaat lain dari air putih adalah menekan nafsu makan sehingga membuat berat badan anda terkontrol.

7. Membangun otot. Salah satu Manfaat minum air putih adalah membuat otot-otot Anda lebih kuat karena air membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh termasuk otot. Minum lebih banyak air putih akan membuat otot-otot bekerja lebih baik dan lebih lama.

8. Mencegah kulit kering. Salah satu faktor penyebab kulit kering adalah kurangnya kebutuhan air di dalam tubuh kita. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan bahkan mungkin menimbulkan jerawat. Kulit anda membutuhkan cairan dari air yang kita minum untuk membuatnya tetap lembab.

9. Membantu Metabolisme. Air memiliki peran penting di dalam tubuh kita seperti membawa oksigen, nutrisi, dan hormon ke seluluruh bagian tubuh. Selain itu air juga membantu menghilangkan racun dan sel-sel mati sehingga memenuhi kebutuhan air putih adalah hal yang wajib dilakukan.

10. Membantu pencernaan. Air adalah biokimia penting karena berpartisipasi dalam banyak reaksi kimia penting dalam organisme biologis. Seperti proses pencernaan, mengahncurkan makanan, terutama yang berhubungan dengan pencernaan kimia. Minum banyak air putih akan membantu kelancaran BAB karena saat proses akhir pencernaan membutuhkan air yang cukup. Cairan yang tidak mencukupi dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

11. Menjaga temperatur tubuh. Sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri dari air, oleh sebab itulah manfaat minum air putih sangat banyak bagi kesehatan. Salah satu fungsi Air di dalam tubuh yaitu mengatur suhu tubuh. Ini menjawab pertanyaan kenapa saat cuaca panas kita akan lebih membutuhkan banyak air dibaningkan musim dingin.

12. Mencegah batu ginjal. Kita setidaknya dianjurkan minum sekitar 8-10 gelas air setiap harinya (tergantung berat badan) untuk menjaga kesehatan ginjal. manfaat minum air putih untuk ginjal adalah sebagai pelarut garam dan mineral sebelum menjadi batu ginjal. Garam akan diencerkan oleh urin sebelum mencapai ginjal.

13. Mengatasi insomnia dan mengurangi stres. Memenuhi kebutuhan air putih setiap hari dapat membantu mengatasi susah tidur dan memberikan banyak manfaat kesehatan mental. Kurangnya air putih dapat mempengaruhi saraf dan emosi kita dengan cara yang halus. Penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih dapat membantu mengurangi tingkat stres pada seseorang, serta perasaan cemas dan depresi.

14. Membantu menormalkan hormon. Air bermanfaat mengatur produksi semua hormon dalam tubuh. Menjaga tubuh terhidrasi akan mencegah banyak ketidakseimbangan hormon, terutama bagi wanita saat mengalami menstruasi, kehamilan dan menopause.

15. Memberikan energi. Saat dalam keadaan dehidrasi tubuh akan menyedot energi dan membuat kita merasa cepat lelah. karenanya sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik sebaiknya kita minum lebih banyak air putih.
loading...

Share this

30 Manfaat madu untuk kecantikan dan pengobatan

Advertisement
Manfaat madu untuk kecantikan, pengobatan dan juga kesehatan sudah lama di kenal bahkan sejak zaman mesir kuno. Madu adalah cairan lengket menyerupai sirup yang dihasilkan oleh lebah sebagai makanan bagi mereka. Madu diperoleh lebah dari nektar bunga yang dihisap kemudian di bawa ke sarang mereka sebagai cadangan makanan. Manfaat madu sangat banyak sekali untuk kesehatan karena mengandung hampir semua vitamin, beberapa mineral, gula alami dan beberapa zat penting bagi tubuh manusia. Madu memiliki beberapa jenis tergantung dari mana si lebah menghisapnya, akan tetapi secara umum dibagi menjadi dua bagian besar. Pertama adalah Madu ternak dihasilkan lebah dari satu jenis tanaman saja, misalnya dari pohon randu sehingga disebut madu randu. Kedua Madu hutan berasal dari berbagai jenis nektar bunga dan memiliki nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan jenis pertama karena dihasilkan dari banyak jenis tanaman atau bunga.

gambar manfaat madu untuk pengobatan
Gambar madu
 Kandungan nutrisi madu 

Khasiat dan manfaat madu sangat banyak bagi tubuh manusia, hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang banyak pula. Kandungan madu sebenarnya tergantung dari mana lebah tersebut menghisap, tetapi secara garis besar madu memiliki kandungan yang hampir sama seperti air, gula, karbohidrat, vitamin A, B, C, E dan beberapa enzim.


Manfaat madu untuk pengobatan dan kesehatan

1. Mengobati batuk. Dalam Sebuah penelitian di tahun 2007 lalu dari Penn State College of Medicine diketahui bahwa madu dapat membantu menenangkan batuk pada anak-anak terutama di malam hari. Studi lain yang dipublikasikan di Pediatrics juga menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda, dalam studi tersebut melibatkan 270 anak berusia sekitar 1-5 tahun yang menderita batuk di malam hari, dalam penelitian ini masing-masing anak diberikan dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur, hasilnya mereka yang mendapatkan madu memiliki frekuensi batuk lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

2. Memberikan pasokan energi. Madu memiliki rasa manis yang berarti memiliki kandungan gula alami. Kandungan gula dalam madu berbeda dengan gula pasir karena gula dalam madu lebih lambat dicerna sehingga bisa memberikan anda energi secara bertahap, ini sangat cocok dijadikan sebagai suplemen penambah energi alami bagi anda yang memiliki aktivitas padat.

3. Meningkatkan produksi darah merah. Manfaat madu dalam tubuh berbeda-beda tergantung bagaimana anda mengkonsumsinya. Saat dicampur dengan air hangat madu dapat meningkatkan jumlah darah merah. Perlu kita ketahui bahwa Sel darah merah memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita seperti membawa oksigen dalam darah ke berbagai bagian tubuh termasuk otak. Itu artinya madu bisa menjadi obat alternatif bagi penderita anemia karena madu dapat meningkatkan produksi hemoglobin. Anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah dalam tubuh yang ditandai dengan pusing, lemas dan mudah mengantuk, hal ini bisa terjadi akibat kita kekurangan zat besi.

4. Melawan bakteri. Mengkonsumsi madu secara rutin dapat bermanfaat bagi tubuh anda karena dapat melawan bakteri dan mikroba dengan acara merangsang antibodi. Dalam sebuah studi berhasil mengungkap jika madu memberikan manfaat untuk mengobati luka. Studi ini diikuti oleh 59 pasien luka dan borok, semua pasien diberikan madu kecuali satu orang pasien dan hasilnya semua pasien menunjukkan peningkatan kecuali 1 pasien yang tidak mendapatkan madu tadi. Selain mendapat peningkatan penyembuhan, luka yang terinfeksi menjadi steril dalam waktu satu minggu setelah diobati dengan madu.

5. Membantu menurunkan berat badan. Banyak orang berfikir jika mengkonsumsi madu dapat menaikkan berat badan karena memiliki rasa manis. Cairan lengket ini memang tinggi kandungan gula akan tetapi tidak akan membuat anda menjadi gemuk karena gula dalam madu lebih lama dicerna oleh tubuh. Bahkan sebaliknya madu dapat bermanfaat menurunkan berat badan saat dicampur dengan air hangat dan lemon. Untuk mendapatkan manfaat ekstra minumlah ramuan tadi di waktu perut kosong pada pagi hari sebelum sarapan.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Penyakit ini sering dipicu akibat pola makan yang tidak sehat seperti banyak mengkonsumsi makanan berlemak sehingga dapat meningkatkan kolesterol dalam darah yang akan memicu penyakit jantung. Madu dicampur dengan kayu manis telah terbukti dapat merevitalisasi arteri dan vena jantung sekaligus mengurangi kadar kolesterol dalam darah hingga 10%. Konsumsi campuran madu dan kayu manis secara teratur dapat membantu anda mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu bagi penderita penyakit jantung madu akan membantu meringankan penyakit mereka.

7. Membantu mengobati diare. Madu memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu mengatasi diare secara alami. Selain itu madu juga memberikan energi bagi anda untuk mencegah dehidrasi yang diakibatkan sering BAB.

8. Mengatur gula darah. Meskipun madu mengandung tinggi gula akan tetapi bagi penderita diabetes tidak perlu khawatir untuk menkonsumsinya. Madu diketahui tidak sama dengan gula putih atau pemanis buatan lainnya. Kombinasi fruktosa dan glukosa dalam madu bahkan dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Selain itu cairan yang dihasilkan lebah ini juga memiliki indeks hipoglikemik lebih rendah dibandingkan gula pada umumnya, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

9. Mengobati Arthritis. Beberapa orang yang menderita Arthritis melaporkan bahwa mereka merasa lebih baik setelah mengkonsumsi campuran antara madu dan kayu manis. Sebuah studi di Copenhagen University menemukan bahwa penderita Arthritis yang diberi madu dan kayu manis selama seminggu merasa lebih baik. Caranya adalah campurkan 1 sendok madu dengan satu sendok teh kayu manis, kemudian Minum setengah gelas sebelum sarapan dan sebelum tidur.

10 Membantu mencegah sakit gigi. Sebelumnya Para peneliti dari New York menunjukkan bahwa madu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Namun, para ilmuwan di Selandia Baru mendapatkan hasil yang sebaliknya, mereka mengatakan bahwa madu justru memberikan efek yang positif pada gigi karena memiliki sifat anti-mikroba sehingga dapat menjaga kebersihan mulut, mengobati gusi yang terinfeksi serta menghindari kerusakan gigi.

11. Mencegah kanker. Madu mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu melawan efek buruk radikal bebas, hal inilah yang membuat orang mengatakan bahwa madu dapat mengobati penyakit kanker. Sebenarnya kebenaran manfaat madu untuk mengobati kanker masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Hal yang paling masuk akal adalah madu dapat mencegah penyakit kanker karena kandungan antioksidannya tersebut, meskipun demikian mengkonsumsi madu mungkin bisa membantu penderita kanker untuk meringankan penyakit mereka .

12. Membantu menjaga kesehatan pencernaan. Madu dapat bermanfaat membersihkan usus besar dengan menghilangkan racun. Ini akan membantu mempromosikan bakteri baik dalam usus sehingga pencernaan dapat bekerja lebih optimal. Selain itu madu juga membantu mengurangi sembelit, kembung dan gas, sekaligus sebagai pencahar alami. Madu juga kaya probiotik (bakteri baik) seperti bifido dan laktobasilus yang membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi alergi.

13. Infeksi kandung kemih. Madu dan kayu manis adalah kombinasi yang sempurna sebagai obat. Keduanya adalah solusi anti-bakteri super untuk mengobati infeksi kandung kemih dan sistitis bakteri. Sifat anti-mikroba dan penyembuhan dari madu dapat membersihkan kandung kemih dari semua infeksi.

14. Mengatasi stres dan penuaan. Madu mengandung tinggi antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas sering dikatakan sebagai salah satu penyebab utama proses penuaan kulit. Sebagai langkah pertahanan, orang-orang biasanya menambahkan makanan yang mengandung tinggi antioksidan sepert buah dan sayur termasuk juga madu. Penggunaan madu sebagai pemanis alami secara teratur dapat meningkatkan suplay antioksidan dalam tubuh. 

15. Menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah diklaim bertanggung jawab atas tingginya faktor serangan jantung. Sebaliknya menurunya kadar kolesterol bisa menjadi indikasi rendahnya resiko penyakit jantung dan stroke. Madu mengurangi kolesterol total (3%), LDL-C (5,8), triacylglycerole (11%), GDP (4,2%), dan CRP (3,2%), dan peningkatan HDL-C hingga 3,3%, sedangkan pada pasien dengan tinggi kolesterol, madu akan membantu penurunan kolesterol sebesar 3,3%, LDL-C sebesar 4,3%, triacylglycerole sebesar 19%, dan CRP sebesar 3,3%.

16. Meningkatkan kerja memori. Menurut penelitian yang dilansir Reuters, 102 wanita sehat yang memasuki usia menopause diminta untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari. Setelah empat bulan, mereka yang mengkonsumsi madu dapat mengingat 1 kata tambahan dari 15 kata yang diajukan pada tes memori jangka pendek. Akan tetapi para kritikus mengatakan bahwa itu tidak ilmiah karena hanya sebagian kecil dan tidak berlangsung lama.

17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi madu dan bubuk kayu manis secara rutin sering dikatakan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Para ilmuwan berhasil menemukan bahwa madu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral dalam jumlah besar, keduanya merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan sekaligus menjaga keseimbangan nutrisi. Madu juga mampu memperkuat sel-sel darah putih untuk melawan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan virus.

18. Menghilangkan bau mulut. Sifat antibakteri yang dimiliki madu menjadi salah satu alasan kenapa madu dikatakan dapat menghilangkan bau mulut. Bau mulut memang sering disebabkan akibat bakteri yang menempel di mulut dan sela-sela gigi. Bahkan Orang Amerika Selatan sering berkumur dengan satu sendok teh madu yang dicampur dengan bubuk kayu manis dalam air hangat untuk membuat nafas mereka tetap segar sepanjang hari.

19. Membantu detoksifikasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi madu dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Madu membantu Anda meningkatkan kualitas tidur dan memberikan sifat antivirus yang melindungi Anda dari sejumlah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan mikroba. Untuk mendapatkan hasil maksimal minumlah madu yang dicampur susu rendah lemak sesaat menjalang tidur.

20. Mengatasi kelelahan pada otot. Madu adalah suplemen alami bagi para atlet, selain memberikan suplay energi yang melimpah Campuran fruktosa alami dan glukosa yang dimilikinya ternyata diketahui juga bisa membantu memulihkan kelelahan pada otot setelah beraktivitas berat. hal ini lah yang membuat para atlet sering menggunakan madu sebagai suplemen sebelum dan sesudah bertanding.

21. Mencegah flu. Flu adalah penyakit ringan dan tidak berbahaya tetapi cukup mengganggu aktivitas terutama di saat tidur. Tahukah anda jika minum madu dalam keadaan perut kosong diketahui bisa membantu membersihkan tubuh dari lendir dan dahak. Madu juga akan bekerja dengan menghilangkan zat-zat berbahaya dan campuran dari perut.

22. Sebagai salep alami. Madu yang dicampur dengan propolis dapat digunakan sebagai salep alami untuk mengatasi gatal-gatal dan alergi di kulit. Sifat penyembuhannya juga sangat luar biasa untuk menyembuhkan luka bakar dan mencegahnya dari infeksi.

23. Menyehatkan lambung. Madu dapat membersihkan perut saat dikonsumsi sebelum makan. Caranya minum 1 sendok teh madu di pagi hari sebelum makan, tunggu kira-kira 15 menit, kemudian minum satu gelas air hangat. Cara tersebut selain dapat membersihkan lambung juga bisa mencegah penyakit maag.

24. Nutrisi untuk mata. Anda sering berada di depan komputer? Sebaiknya harus lebih memperhatikan kesehatan mata dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kombinasi antara madu dan wortel dipercaya dapat membantu meningkatkan kerja mata anda karena keduanya merupakan sumber vitamin yang baik terutama vitamin A.

Manfaat madu untuk kecantikan 

gambar Manfaat madu
madu kecantikan
 
25. Menjaga kesehatan rambut. Madu bekerja Sebagai emolien untuk menghaluskan dan melembutkan rambut secara alami. Manfaat madu dapat membantu mencegah rambut rontok, dan memperbaiki folikel rambut. Karena sifat antibakteri yang dimilkinya membantu menghilangkan bakteri di kulit kepala yang menyebabkan gatal.

26. Menjadi pelembab kulit. Madu bisa menjadi pelembab alami bagi kulit kering sehingga membuatnya lembab alami. Caranya tuangkan 1-2 sendok madu ke dalam wadah kemudian campurkan dengan minyak zaitun. Terapkan ke seluruh bagian wajah anda hingga merata dan diamkan hingga 15-30 menit setelah itu bersihkan dengan air hangat. Cara tersebut sangat efektif untuk mengatasi kulit kering.

27. Mengatasi jerawat. Jerawat telah menjadi masalah klasik bagi para remaja di seluruh dunia. Selain mengganggu penampilan, rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh jerawat juga menjadi alasan tersendiri kenapa anda harus menghilangkannya. Madu bisa menjadi alternatif bagi anda untuk menghilangkan jerawat karena memiliki sifat antibakteri. Madu juga bekerja dengan baik pada jenis kulit sensitif.

28. Menghilangkan flek hitam di wajah. Madu dikatakan dapat mencerahkan kulit secara alami. Hal ini dikarenakan madu mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri yang memiliki manfaat mengurangi bekas luka dikulit yang diakibatkan oleh jerawat. Cara penggunaan: Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak minyak zaitun. Terapkan pada daerah yang gelap/bekas luka, pijat dengan ujung jari dengan gerakan melingkar selama kurang lebih satu sampai dua menit. Diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat.

29. Menghilangkan bekas make up. Sisa make up yang tidak dibersihkan secara sempurna dapat menimbulkan masalah pada kulit. Madu bisa anda jadikan sebagai pembersih wajah alami. caranya: campurkan madu dan minyak kelapa hingga merata dengan perbandingan yang sama. Pijatkan pada seluruh wajah secara perlahan untuk membersihkan seluruh area wajah dari sisa make up. Setelah itu bilas dengan air hangat.

30. Melembabkan bibir. Jika anda suka menggunakan bahan alami untuk perawatan, madu bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bermanfaat bagi kulit dan rambut madu juga bisa dimanfaatkan sebagai lipstik memerahkan bibir. Penggunaan lipstik biasanya akan membuat bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah akan tetapi madu malah sebaliknya membuat bibir anda tampak lebih kenyal dan lembab alami.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat madu untuk kecantikan dan pengobatan. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.
loading...

Share this

10 manfaat buah leci dan kandungan nutrisinya

Advertisement
Manfaat buah leci sudah di kenal sejak lama oleh masyarakat cina melalui legenda turun temurun. Diyakini Kaisar Tang mengirimkan penjaga kerajaan sekitar 600 mil hanya untuk memilih leci terbaik sebagai bahan merayu selir favoritnya. Akibat dari legenda ini, di Cina buah leci dianggap sebagai simbol romantisme dan cinta. Meskipun itu hanya sebuah legenda belaka tapi rasa manis dan juga daging buah yang harum membuatnya begitu istimewa bahkan tanpa adanya legenda tersebut.
manfaat buah leci
Gambar buah leci

10 manfaat buah leci dan kandungan nutrisinya

1.  Mencegah pertumbuhan sel kanker. Penyakit Kanker bisa terjadi di mana sel-sel yang tidak teratur terpisah tanpa kontrol. Mengkonsumsi buah leci secara teratur dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker, mempertahankan quercetin flavon serta kaempferol zat efektif dalam mengurangi perluasan sel-sel kanker. hal Ini akan membantu mencegah kanker payudara dan kanker prostat.

2.  Mencegah penyakit jantung. The Journal of Nutrition melansir bahwa buah leci menempati peringkat ke dua buah dengan tinggi polifenol. Polifenol ini diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Buah Leci mengandung hampir 15% lebih banyak polifenol dibandingkan dengan buah anggur (yang dianggap sebagai sumber utama polifenol).

3.  Sumber vitamin C. Fungsi dan manfaat vitamin C sangat banyak sekali bagi tubuh kita diantaranya sebagai antioksidan, mencegah penyakit kanker dan memperkuat imunitas. Buah Leci diperkaya dengan vitamin C dengan 71,5 mg per 100 gramnya. Dengan jumlah tersebut membuat buah leci menjadi sumber vitamin C yang sangat baik. di dalam tubuh vitamin C bekerja sebagai antioksidan kuat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh kita sehingga akan menjauhkan kita dari penyakit seperti batuk, pilek dan flu. Memenuhi kebutuhan vitamin C sangat dianjurkan terutama bagi anak-anak yang sangat rentan terhadap infeksi dan dingin.

4.  Meningkatkan metabolisme. Buah Leci mengandung serat dan vitamin B kompleks yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme diperlukan untuk mengasimilasi, menyerap dan membuang kelebihan nutrisi dari tubuh kita seperti lemak, protein, gula dan karbohidrat. Metabolisme yang buruk juga dapat menyebabkan penyakit diabetes karena tidak dapat membuang kelebihan gula. Meskipun demikian bagi para penderita diabetes sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi buah leci karena kandungan gulanya cukup tinggi.

5.  Membantu proses pencernaan. Buah leci mempromosikan pencernaan yang sehat, mempertahankan kebersihan perut, meningkatkan nafsu makan dan meringankan mulas. Buah leci juga mengandung serat larut yang mengontrol masalah usus dan menjaga perut dari senyawa beracun sekaligus membantu membersihkan usus besar.

6.  Menjaga kesehatan kulit. Buah Leci adalah salah satu makanan sehat untuk kulit karena mengandung niacin, tembaga dan Thiamin. Nutrisi tersebut membantu tubuh dalam metabolisme lemak dan protein untuk kesehatan kulit. Niacin berfungsi mempertahankan kelembaban kulit, sementara tembaga dalam jumlah kecil membantu mempercepat penyembuhan kulit dari kerusakan.

7.  Mencegah Anemia. Kekurangan darah merah atau anemia sangat mengganggu aktivitas kita karena penyakit ini ditandai dengan pusing, lemas, dan mudah lelah. Konsumsi rutin buah leci dapat meringankan gejala anemia. Buah ini memiliki sejumlah mineral penting termasuk zat besi, folat, tembaga, mangan dan magnesium. Mineral tersebut memainkan peran penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Selain itu buah Leci juga merupakan sumber vitamin C untuk mempermudah penyerapan zat besi oleh tubuh.

8.  Menjaga kepadatan tulang. Mengkonsumsi leci secara teratur dapat mencegah penyakit degeneratif tulang seperti osteoporosis. Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa Buah leci adalah sumber mineral penting seperti fosfor, zat besi, mangan, seng, tembaga dan magnesium (nutrisi penting bagi tulang). Terpenuhinya kebutuhan mineral ini sangat penting untuk mendukung kesehatan tulang.

9.  Mengontrol detak jantung. Buah leci mengandung sejumlah mineral seperti kalium dan tembaga. Kalium merupakan mineral penting yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sehingga memberikan perlindungan tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Selain itu Tembaga juga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah dalam tubuh.

10.  Sumber energi. 1 cangkir buah leci segar memiliki 126 kalori, 2,5 gram serat, 28 gram gula alami satu gram lemak dan protein. Kandungan air dalam buah leci cukup tinggi sehingga buah ini menyegarkan ketika dikonsumsi saat cuaca panas. Karena kandungan gula dan airnya cukup tinggi membuat buah leci sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki aktivitas padat. Gula alami memberikan pasokan energi sedangkan air membuat tubuh tetap terhidrasi.
loading...

Share this