7 Akibat kekurangan Vitamin C

Advertisement
Vitamin C adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam banyak aktivitas seperti  membantu pertumbuhan sel, meningkatkan sistem imun dan membantu tubuh melawan berbagai penyakit berbahaya. Kekurangan vitamin C biasanya tidak akan mengakibatkan penyakit serius atau kematian, tetapi jika masuk tahap kronis dan tidak mendapatkan penanganan maka bisa berakibat fatal. Berikut beberapa akibat kekurangan Vitamin C yang perlu anda ketahui:

1. Anemia. Kekurangan sel darah merah atau anemia ternyata bukan hanya disebabkan karena kekurangan zat besi, penelitian menunjukkan bahwa tidak mencukupi kebutuhan vitamin C ternyata juga dapat mengakibatkan anemia.

2. Sariawan. Ini merupakan gejala awal saat kita kekurangan vitamin C. Sariawan bisa terjadi akibat tubuh tidak mampu melawan bakteri atau virus, hal ini mungkin terjadi saat seseorang kekurangan vitamin C karena vitamin tersebut berkontribusi besar dalam memperkuat sistem imun.

3. Menurunnya sistem imun. Vitamin C diketahui merupakan nutrisi penting untuk memperkuat sistem imun tubuh, sehingga kekurangan vitamin C bisa berakibat menurunnya sistem imun. Sistem imun yang lemah dapat mengakibatkan tubuh menjadi lebih mudah terkena penyakit seperti flu, serangan virus, infeksi, bahkan kanker. Jadi untuk itu sebaiknya anda menucukupi kebutuhan vitamin C harian dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C.

Akibat kekurangan Vitamin C
Viatmin C

4. Mudah memar. Jika tubuh anda mudah mengalami memar bahkan dengan benturan yang ringan, sebaiknya anda waspada karena itu mengindikasikan anda kekurangan vitamin C. Selain itu kekurangan vitamin C juga dapat membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih lambat.

5. Gusi berdarah. Pendarahan yang terjadi di gusi bisa memberikan sinyal bahwa seseorang sedang mengalami kekurangan vitamin C. Hal ini bisa terjadi karena kolagen yang diperlukan untuk membangun dan memelihara jaringan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu Vitamin C juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dengan membantu memproduksi kolagen.

6. Suasana hati yang buruk. Perubahan suasana hati yang cepat seperti mudah emosi, depresi dan mudah tersinggung dapat menjadi tanda awal dari kekurangan vitamin C. Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi lebih banyak vitamin C dari buah dan sayur  sebelum mencari solusi masalah suasana hati anda.

7. Kerapuhan pada tulang. Untuk menjaga kesehatan tulang selain mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin C.  Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan pembentukan jaringan tulang menjadi terganggu terutama pada anak-anak sehingga mereka menjadi lebih mudah cidera. Selain itu kekurangan vitamin C juga dapat memicu penyakit nyeri sendi yang biasanya terjadi pada kaum lansia.

Kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan masalah yang serius bagi kesehatan, akan tetapi sebenarnya dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung tinggi vitamin C seperti buah jeruk, strawberry, buah kiwi dan paprika.

Share this

6 Akibat kekurangan kalsium

Advertisement
Fungsi kalsium ternyata bukan hanya untuk membantu menjaga kesehatan tulang saja melainkan untuk banyak hal, oleh sebab itu akibat kurang kalsium bisa berbahaya bagi kesehatan. Dalam kasus ringan kekurangan kalsium mungkin tidak akan terasa, tetapi jika sudah masuk dalam tahap kronis maka bisa saja menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa gangguan kesehatan dan penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan kalsium:

1. Kram otot. Gejala ini bisa dikatakan sebagai akibat pertama kekurangan kalsium, dalam gejala awal ini biasanya otot akan terasa sakit, terutama di bagian paha, lengan, dan ketiak saat digunakan bergerak atau beraktivitas fisik. Jika anda mengalami hal ini cobalah memriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang sedang terjadi, jika nyeri tersebut diakibatkan kekurangan kalsium dokter mungkin akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium.
kekurangan kalsium
ilustrasi kekurangan kalsium

2. Pengeroposan tulang. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika mineral yang satu ini adalah nutrisi utama untuk tulang, hal ini bisa terjadi karena komponen utama pembentukan tulang adalah kalsium. Jadi jika anda tidak mendapat cukup kalsium dari makanan maka akan membuat anda memiliki resiko besar mengalami osteoporosis terutama di usia senja. Selain karena alasan tersebut ternayata ada faktor lain yang menyebabkan memenuhi kebutuhan kalsium sangat penting bagi tulang, salah satunya adalah saat tubuh kita kekurangan kalsium maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang, gigi atau organ lainnya. Hal ini menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan kehilangan kekuatannya.

3. Lebih rentan terkena virus. Kalsium membantu melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri jahat.  Sehingga jika anda mengalami kekurangan mineral ini maka tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit terutama penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri seperti flu, herpes dan hepatitis.

4. Tergangguanya fungsi saraf. Kalsium diperlukan tubuh untuk pengaturan respon otot dan fungsi saraf. Dengan demikian, kekurangan kalsium dapat menyebabkan melemahnya otot dan detak jantung yang tidak teratur. Hipokalsemia (rendahnya tingkat kalsium dalam darah) dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada jari-jari. Kekurangan kalsium juga dapat mengakibatkan tekanan darah rendah dan gagal jantung kongestif.

5. Mengakibatkan kejang. Gejala yang paling akut hipokalsemia adalah kejang. Karena kalsium diperlukan tubuh untuk fungsi neurologis dan pengembangan, kurangnya kalsium dalam darah juga dapat menyebabkan kerusakan pada otak. Yang perlu diwaspadai adalah gejala hipokalsemia ini biasanya sangat sulit dideteksi terutama pada bayi.

6. Insomnia. Jika anda tergolong orang yang sulit tidur mungkin anda termasuk diantara orang yang mengalami kekurangan kalsium. Di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu manfaat kalsium adalah mengoptimalkan fungsi saraf, sehingga saat tubuh anda tidak mendapatkan cukup kalsium maka beberapa organ penting seperti jantung juga bisa terganggu sehingga menyebabkan susah tidur.

Melihat betapa banyaknya fungsi kalsium bagi tubuh maka sudah seharusnya kita berusaha untuk memenuhi nutrisi yang satu ini dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu, keju, yogurt dan aneka sayuran hijau lainnya.

Share this

7 manfaat dan fungsi kalsium bagi tubuh

Advertisement
Kalsium adalah salah satu meineral penting untuk tubuh kita, mineral ini sering dikaitkan dengan kesehatan tulang karena memang komponen utama pembentukan tulang adalah kalsium. Tubuh kita tidak dapat memproduksi mineral yang satu ini sehingga kita membutuhkan makanan yang mengandung tinggi kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Kebutuhan kalsium pada setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelamin. Meskipun demikian setidaknya orang dewasa memerlukan 1.000 miligram kalsium setiap hari. Menurut Institute of Medicine bagi para wanita di atas usia 50 tahun dan laki-laki di atas usia 70 tahun membutuhkan setidaknya 1.200 miligram kalsium setiap hari. Beberapa manfaat dan fungsi kalsium dalam tubuh diantaranya:

1. Pembentukan tulang. Sebagian besar tulang kita terdiri dari kalsium, maka tidak heran jika kalsium sangat penting sekali dalam tubuh. Proses pembentukan tulang dimulai saat kita masih bayi, pada masa ini pertumbuhan tulang kita berjalan dengan cepat terutama pada trimester ketiga. Akumulasi kalsium dalam tulang berlanjut sampai pada awal masa dewasa, setelah masa ini tingkat kalsium dalam tulang mulai mengalami penurunan bertahap per tahun. Penurunan terjadi disebabkan tubuh perlu menyimpan kelebihan kalsium untuk perbaikan kerusakan tulang di masa dewasa.
gambar ilustrasi fungsi kalsium
gambar ilustrasi fungsi kalsium
2. Meningkatkan fungsi hati dan otot. Jika tadi kita sudah mengetahui manfaat kalsium bagi pertumbuhan tulang sekarang kita akan membahas fungsi kalsium yang lain yaitu untuk mendukung kerja hati dan otot. Kalsium memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong kinerja hati dan otot agar dapat bekerja secara optimal. Dalam hal ini kalsium mendukung transmisi saraf dan fungsi otot agar dapat membantu menjaga irama jantung tetap stabil. Selain bermanfaat bagi jantung studi telah menunjukkan bahwa kalsium juga bermanfaat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker ovarium.

3. Meringankan gejala PMS. DoctorOZ.com membahas bagaimana suplemen kalsium dapat bekerja untuk mengobati gejala PMS. Dari beberapa penelitian yang menggunakan kalsium untuk pengobatan PMS telah menunjukkan hasil yang cukup baik termasuk kemampuannya dalam membantu meringankan depresi, perubahan suasana hati, ketegangan, kecemasan, kembung dan kram selama masa menstruasi. Meskipun dalam penelitian tersebut memakai suplemen kalsium tapi sebaiknya anda mendapatkan sumber kalsium dari makanan karena selain aman pastinya juga lebih alami.

4. Interaksi gizi. Selain fungsi kalsium secara langsung mineral ini juga dapat mempengaruhi penyerapan dan penggunaan nutrisi lain. Di luar tubuh manusia, kalsium berfungsi membawa muatan listrik yang sangat kecil, itu lah sebabnya mengapa kalsium membantu mempermudah pergerakan nutrisi untuk melintasi membran sel.

5. Menjaga kestabilan berat badan. Kebanyakan orang hanya mengetahui mengenai manfaat kalsium untuk kesehatan tulang, tapi tidak banyak orang yang tahu jika ternyata kalsium juga bermanfaat menjaga kestabilan berat badan. Kalsium secara efisien membantu menjaga berat badan ideal pada laki-laki dan perempuan. Saat seseorang mengalami kekurangan kalsium maka tubuh akan cenderung untuk melepaskan hormon yang disebut paratiroid, hormon ini dapat memicu produksi lemak berlebih sehingga dapat menaikan berat badan.

6. Mencegah batu ginjal. Batu Ginjal terjadi akibat pengkristalan kalsium dan mineral lainnya di saluran kemih manusia, sehinga banyak orang berfikir jika asupan kalsium yang tinggi dapat memicu batu ginjal, ternyata anggapan ini salah, hal ini dibuktikan penelitian terbaru yang mengungkap bahwa asupan kalsium yang cukup malah berfungsi mengurangi risiko batu ginjal. Kebanyakan batu ginjal sering dipicu oleh faktor-faktor lain seperti mengkonsumsi oksalat berlebih dari sayuran berdaun seperti kale dan bayam, serta kurang minum air putih sehingga terjadi penumpukan mineral di saluran kemih.

7. Membantu mengontrol tekanan darah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa banyak mengkonsumsi sayur serta buah dengan diimbangi menucukupi jumlah mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan serat memiliki kontribusi besar dalam meringankan gejala hipertensi. Sebuah penelitian di National Institutes of Health juga menemukan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar serta makanan lain yang mengandung tinggi kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang termasuk mencegah penyakit stroke.

Makanan yang mengandung tinggi kalsium 
  • Olahan susu: seperti keju dan yogurt.
  • Aneka seafood: kerang,  kepiting dan udang
  • Sayur berdaun hijau: Brokoli, sayur bayam, sawi hijau dst.
  • Kacang-kacangan termasuk kacang almond
  • Olahan kedelai: Susu kedelai, tahu, tempe
  • Beberapa jenis ikan: Sarden, salmon dan Ikan teri
  • Makanan lain: jamur, sum-sum tulang, telur dan buah jeruk
Perlu dicatat. Meskipun nutrisi ini memiliki fungsi sangat banyak untuk tubuh, tapi jika berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh sebab itu sebaiknya anda mengkonsumsi kalsium hanya dalam jumlah yang dianjurkan saja, usahakan pula anda mendapatkan kalsium dari makanan bukan dari suplemen.  

Share this

20 sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi

Advertisement
Kalsium memiliki fungsi sangat banyak bagi tubuh kita termasuk membantu mempertahankan kepadatan tulang dan membuat saraf dapat berfungsi dengan baik. Makanan yang mengandung tinggi kalsium sangat dibutuhkan terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 1.000 miligram kalsium per hari, untuk memenuhi jumlah tersebut anda bisa mendapatkannya dari 3  gelas susu, tapi sayangnya susu tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena selain tinggi lemak susu diketahui juga bisa memicu penyakit kanker, diabetes dan juga penyakit jantung, oleh sebab itu anda membutuhkan sumber kalsium lain untuk melengkapi kebutuhan kalsium harian anda. Nah berikut makanan yang mengandung tinggi kalsium:
makanan yang mengandung kalsium
makanan sumber kalsium
1. Susu. Berbicara mengenai makanan yang mengandung tinggi kalsium tidak lengkap rasanya tidak memasukkan susu ke dalamnya. Susu adalah minuman sehat yang mengandung aneka mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tapi sayangnya kebanyakan minum susu juga tidak baik bagi kesehatan terutama susu sapi, sebagai alternatif anda bisa mengganti susu sapi dengan susu kambing.

2. Sawi hijau. Sawi termasuk salah satu jenis sayuran yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Ada dua jenis sawi yang biasanya kita jumpai yaitu sawi hijau dan putih. Keduanya sama-sama mengandung kalsium dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh, tapi sawi hijau diketahui memiliki kalsium lebih banyak dibandingkan sawi putih. Dalam 1 cangkir sawi hijau terdapat 268 milligram kalsium.

3. Kacang almond. Kacang yang satu ini memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, salah satunya adalah kalsium. Setengah cangkir kacang almond mengandung sekitar 183 miligram kalsium, atau memenuhi 18% dari kebutuhan kalisum harian anda.  Kacang almond bukan hanya mengandung tinggi kalsium tapi juga vitamin E yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit.  

4. Susu kedelai. Sebagai alternatif sumber kalsium susu kedelai menjadi pilihan yang cukup baik karena lebih rendah lemak. Meskipun kandungan kalsium dalam susu kedelai tidak setinggi susu sapi tapi susu kedelai lebih ramah karena tidak menimbulkan alergi seperti halnya susu sapi.

5. Ikan salmon. Selama ini kebanyakan orang mengenal ikan salmon sebagai sumber omega 3, akan tetapi tidak banyak yang tau jika ikan salmon ternyata juga mengandung kalsium cukup tinggi. Dalam ikan salmon seberat 154 gram menyediakan 20 miligram kalsium, atau 2% dari kebutuhan kalsium harian anda. Saya rasa kandungan kalsium di dalamnya bukan satu-satunya alasan bagi anda untuk mengkonsumsi ikan yang satu ini, karena  ikan salmon diketahui dapat mencegah penyakit kanker tertentu, meningkatkan fungsi kognitif otak sampai menjaga kesehatan kulit.

6. Yogurt. Satu porsi yogurt diketahui memiliki 400 mg kalsium. Selain itu Yogurt terkenal mengandung bakteri baik yang berfungsi meningkatkan kesehatan usus untuk mencegah sembelit. Usahakan anda memilih yogurt rendah lemak agar tidak menimbulkan masalah berat badan.
sumber kalsium hewani
sumber kalsium hewani

7. Keju. Keju adalah salah atu makanan yang dihasilkan dari olahan susu sehingga memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda, termasuk kandungan kalsium yang ada di dalamnya. Meskipun demikian ada beberapa kelebihan yang dimiliki keju yaitu kandungan laktosanya relatif rendah sehingga dapat ditoleransi dengan baik oleh mereka yang alergi laktosa.

8. Buah jeruk. Kebanyakan orang jarang melihat buah sebagai sumber kalsium, padahal beberapa jenis buah mengandung kalsium yang tidak sedikit, salah satu diantaranya adalah buah jeruk. Jeruk dengan berat 6 ons menyediakan 200 miligram kalsium, jumlah ini cukup banyak mengingat buah bukan sumber utama kalsium.

9. Brokoli. Brokoli adalah salah satu sayur yang mengandung tinggi kalsium, jadi bagi yang vegetarian tidak perlu khawatir jika anda akan kekurangan kalsium. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran seperti brokoli bisa memperkecil risiko penyakit kanker, terutama kanker usus besar dan kanker kandung kemih.

10. Tempe. Makanan sehat nan murah itulah tempe, sebagai makanan yang dibuat dari bahan kedelai tempe menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang murah dan pastinya sehat. Dalam 100 gram tempe mengandung sekitar 80 mg kalsium. Meskipun jumlah tersebut masih lebih rendah dari pada jumlah kalsium yang terkandung dalam produk susu, tapi kalsium dalam tempe bisa menjadi alternatif yang murah dan rendah kalori.

11. Telur. Telur memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan karena mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Dalam satu butir telur mengandung protein, kalsium, potasium, serat, asam folat, vitamin A, D dan B12. Selain tinggi kalsium vitamin D dalam telur diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tapi sayangnya kebanyakan orang sering salah menilai makanan yang satu ini karena dianggap menjadi biang keladi naiknya kolesterol, padahal meskipun telur memiliki kandungan lemak, tapi kebanyakan lemak dalam telur adalah jenis lemak baik.

12. Sarden. Ikan sarden telah terbukit dapat mencegah beberapa jenis kanker, mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi dalam ikan sarden membuatnya masuk dalam daftar makanan yang mengandung tinggi kalsium.

13. Tofu. Hampir mirip dengan tahu bedanya tofu memiliki tekstur lebih halus. Tofu merupakan sumber kalsium yang cukup baik karena mengandung rendah lemak dan tinggi nutrisi. Dalam 1 ons tofu menyediakan sekitar 100 miligram kalsium, jumlah tersebut mencukupi sekitar 10% kebutuhan kalsium perhari yang direkomendasikan.

14. Ikan teri. Ikan ini diketahui memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, hal ini lebih dikarenakan ikan teri dikonsumsi beserta dengan duri-durinya. Duri ikan teri sama dengan tulang yang banyak mengandung kalsium sehingga bisa menjadi pilihan yang sempurna bagi anda.

15. Seafood. Beberapa jenis seafod seperti kerang, kepiting dan udang mengandung tinggi kalsium yang bermanfaat mencegah osteoporosis. Selain kalsium kabanyakan jenis seafood juga mengandung vitamin D yang membantu proses penyerapan kalsium sehingga keduanya berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi.
sayur sumber kalsium
sayur sumber kalsium

16. Sayur bayam. Anda pernah meilihat film popeye kan, Apa yang terjadi setelah dia memakan bayam? popeye akan menjadi lebih kuat dan dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Meskipun di dalam film tersebut dilebih-lebihkan tetapi intinya adalah makanlah banyak sayuran terutama bayam maka anda akan kuat.  100 gram bayam segar mencukupi setidaknya 10% kebutuhan kalsium harian anda, jumlah ini cukup banyak diantara sayuran lain. Selain kalsium bayam juga mengandung tinggi zat besi yang bisa membantu pembentukan sel darah merah.

17. Biji bunga matahari. Jika anda membutuhkan camilan sehat mungkin bisa mencoba biji bunga matahari. Biji bunga matahari memang memiliki banyak kandungan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium dan selenium. Keempat jenis mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencapai keseimbangan.

18. Kubis cina. Ong king atau biasa disebut kubis cina merupakan salah satu makanan yang berasal dari cina dan telah dibudidayakan secara luas di Asia timur. Sayuran ini tergolong sebagai makanan bergizi sama halnya dengan bayam karena kadungan nutrisinya yang melimpah. Satu porsi kubis cina dengan berat 100 gram menyediakan 105 mg kalsium, sehingga sayur yang satu ini bisa menjadi menu pilihan yang tepat untuk mendapatkan asupan kalsium, terutama bagi penganut vegetarian.

19. Ubi jalar. Makanan yang satu ini sering digunakan sebagai menu pengganti nasi karena dinilai lebih rendah kalori dan tinggi serat. Selain serat betakaroten juga menjadi alasan banyak orang menyukai ubi jalar karena sering dikaitkan dengan kesehatan mata. Kandungan nutrisi dalam ubi jalar ternyata tidak berhenti sampai di situ saja, dalam ubi jalar berukuran sedang menyediakan sekitar 55 mg kalsium, dan secangkir ubi jalar yang sudah dimasak mengandung 76 mg kalsium.

20. Sum-sum tulang sapi. Sebagai salah satu sumber kalsium sum-sum tulang sapi mungkin masih sedikit asing, makanan ini masih jarang dijadikan menu harian dan lebih menjadi jajanan. Berbekal pada kandungan kalsiumnya yang tinggi, makanan ini sering diburu banyak orang karena dipercaya dapat memperkuat tulang. Selain itu dalam tulang sapi juga terdapat kandungan protein, saat dipadukan dengan kalsium bisa membantu memperkuat tulang dan gigi.

Share this

10 Manfaat jamur untuk pencegahan penyakit

Advertisement
Jamur adalah makanan yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia dan sudah digunakan sejak lama oleh berbagai masyarakat di dunia sebagai obat. Di zaman moderen ini jamur sering dijadikan sebagai bahan masakan yang lezat, bahkan sekarang jamur bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan seperti sup, tumis, kripik, sampai sate jamur. Nah untuk memberikan informasi bagi anda, berikut beberapa manfaat jamur bagi kesehatan:

1. Mengandung tinggi protein. Bagi anda yang ingin mendapatkan asupan protein dari sumber nabati jamur bisa menjadi pilihan yang tepat. Jamur mengandung tinggi protein dan rendah lemak sehingga sangat aman dikonsumsi, berbeda halnya dengan protein hewani protein dari sumber nabati relatif aman karena lebih ramah. Meskipun demikian tentunya anda tetap membutuhkan protein hewani sebagai penyeimbang nutrisi. 
 Manfaat jamur untuk kesehatan
 Gambar beberapa jenis jamur

2. Mencegah penyakit jantung. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2010 lalu menemukan bahwa jamur kancing bisa mengurangi peradangan pada arteri dan mencegah sel-sel darah putih menempel pada dinding arteri. Pembentukan plak pada dinding arteri dapat menyebabkan pengerasan arteri sehingga memicu penyakit jantung. Dari penelitian tersebut bisa disimpulkan mengkonsumsi jamur kancing bisa membantu mencegah penyakit jantung, tentunya harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya.

3. Mencegah penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah penyakit penurunan daya ingat oleh kaum lansia, penyakit ini sangat sulit untuk diobati tapi bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam  Journal of Neurology menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan kaya niacin seperti jamur  bisa mencegah penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif otak lainnya hingga 70 % .

4. Menurunkan kolesterol. Para ilmuwan dari University of Illinois di Urbana menemukan bahwa jamur memiliki kandungan serat yang dikaitkan dengan penurunan kolesterol dan pencegahan penyakit jantung. Dalam studi tersebut para peneliti menggunakan 6 jenis jamur berbeda.

5. Mencegah kanker payudara. Kanker payudara adalah salah satu penyakit paling ditakuti oleh para wanita di seluruh dunia karena penyakit ini sangat mematikan. Salah satu yang membuat jamur menjadi sangat terkenal sebagai obat adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jamur secara rutin diketahui dapat membantu mencegah kanker payudara dengan menghambat aromatase, enzim yang terlibat dalam hyperestrogenemia, yang ditandai oleh produksi estrogen berlebih. Selain itu jamur juga mengandung tinggi antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai jenis kanker.

6. Mecegah diabetes. Beberapa jenis jamur mengandung senyawa tertentu yang bermanfaat mengurangi risiko diabetes dengan membantu dalam formulasi insulin oleh pankreas . Pankreas adalah kelenjar yang memproduksi insulin untuk membantu metabolisme gula. Keuntungan lainnya adalah jamur mampu mencegah infeksi yang biasanya sering dialami oleh pasien diabetes.

7. Meningkatkan sistem imun. Jamur adalah sumber antioksidan yang sangat baik seperti Ergothioneine sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imun yang kuat dapat menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit terutama yang menyerang sistem imun seperti flu dan gangguan virus. Beberapa jenis jamur yang mengandung tinggi antioksidan diantaranya jamur kancing putih dan portabella.

8. Mencegah stroke. Sebagai salah satu superfood jamur memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, hal ini tidak terlepas dari kandungan jamur yang memang sangat banyak terutama mineral. Jamur diketahui mengandung tinggi kalium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke. Bahkan jamur jenis portabella diketahui memiliki kandungan kalium lebih tinggi dibandingkan buah pisang.

9. Sumber mineral. Jika anda sedang mencari makanan sumber mineral, jamur adalah pilihan yang tepat. Setidaknya ada lebih dari 5 jenis mineral yang ditemukan dalam berbagai jenis jamur seperti kalsium, tembaga, niacin, kalium, fosfor dan zat besi. Mineral memiliki banyak fungsi di dalam tubuh, contohnya saja zat besi berfungsi membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia, sedangkan tembaga membantu memperlancar proses metabolisme tubuh, pembentukan pigmen warna seperti rambut, kulit dan mata.

10. Makanan untuk diet sehat. Selain memiliki banyak manfaat untuk pencegahan penyakit, jamur ternyata juga bisa membantu anda mendapatkan tubuh ideal. Jamur tergolong sebagai makanan yang mengandung tinggi nutrisi dan rendah lemak sehingga sangat cocok dijadikan menu diet sehat. Selama menjalani diet anda membutuhkan makanan yang kaya nutrisi tapi di sisi lain juga rendah lemak seperti jamur. Bukan hanya itu saja, jamur ternyata juga mengandung tinggi serat yang bermanfaat memperlancar proses pencernaan sehingga menghindarkan anda dari sembelit yang menjadi penyebab perut buncit.

Ingat, tidak semua jenis jamur itu bisa dimakan, jadi pastikan anda dapat mengenali jenis jamur terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, karena beberapa jenis jamur sangat beracun.

Share this