6 manfaat dan fungsi vitamin E bagi tubuh

Advertisement
Menurut Recommended Dietary Allowance, atau RDA kebutuhan vitamin E bagi orang dewasa pria maupun wanita yaitu sekitar 15 miligram, jumlah tersebut setara dengan 22,5 IU. Linus Pauling Institute melaporkan bahwa asupan vitamin E untuk anak-anak dan orang dewasa di Amerika jauh dari jumlah direkomendasikan, padahal Amerikan tergolong sebagai negara maju. Untuk itu RDA merekomendasikan bagi orang dewasa untuk mendapatkan asupan vitamin E dari suplemen. Meskipun demikian sebaiknya anda lebih mengutamakan dari sumber makanan karena lebih alami dan aman serta tidak menimbulkan efek samping.

Manfaat dan fungsi vitamin E bagi tubuh

1. Mencegah penggumpalan darah. Vitamin E berfungsi sebagai pengencer darah alami sehingga mencegahnya dari penggumpalan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin E juga dapat mencegah gangguan pada arteri koroner atau penyakit jantung.


manfaat dan fungsi vitamin E
Suplemen vitamin E

2. Menjaga kesehatan kulit. Vitamin E sering dikenal sebagai nutrisi untuk kulit karena vitamin jenis ini bekerja sebagai antioksidan untuk melawan efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Vitamin E bisa kita dapatkan melalui makanan yang kita konsumsi seperti biji-bijian, berbagai jenis kacang, sayur bayam atau buah alpukat.
Mendapatkan asupan vitamin E melalui makanan bukanlah satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan kulit. Karena vitamin E juga bisa secara langsung diterapkan pada kulit, sehingga akan berinteraksi langsung dengan sel-sel kulit yang bekerja menetralkan efek buruk radikal bebas di kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan sekaligus resiko kanker kulit.

3. Mencegah penyakit jantung. Penelitian telah memberikan informasi kepada kita bahwa Vitamin E ternyata dapat membantu mencegah penyakit jantung. Vitamin E merupakan antioksidan yang berfungsi membatasi oksidasi LDL sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Penyumbatan di arteri yang diakibatkan oleh menumpuknya LDL atau kolesterol jahat  dapat menjadi penyebab serangan jantung. Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan tinggi vitamin E memiliki resiko lebih rendah mengembangkan penyakit jantung.

4. Memperkuat sistem imun. Vitamin E sering disebut sebagai alpha-tocopherol, yang merupakan vitamin larut dalam lemak yang bermanfaat membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah, dimana Sel darah merah tersebut berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga akan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membantu melawan serangan infeksi, virus dan penyakit yang menyerang sistem imun lainnya . Selain itu, vitamin E juga merupakan antioksidan kuat yang mampu menstabilkan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam pnyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung dan penyakit terkait virus.

5. Menjaga kesehatan mata. Menurut Harvard School of Public Health Mengkonsumsi suplemen vitamin E secara teratur memberikan efek positif terhadap meningkatnya kesehatan mata. Vitamin E dapat mencegah gangguan pengelihatan terkait usia seperti degenerasi makula, terutama bila dikombinasikan dengan vitamin C, beta karoten dan seng.

6. Mengurangi efek buruk rokok. Merokok, paparan polusi udara dan sinar ultraviolet dari matahari beresiko meningkatkan radikal bebas. Vitamin E dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak akibat polusi terebut. Cobalah mendaatkan asupan vitamin E dari makanan untuk menghindari kelebihan dosis vitamin E yang bisa saja terjadi jika anda menggunakan suplemen.

Tanpa kita sadari ternyata banyak juga ya manfaat dan fungsi vitamin E bagi tubuh kita. Semoga infromasi di atas membuat kita lebih memperhatikan akan pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh terutama vitamin E.

Share this

6 manfaat dan fungsi vitamin D bagi tubuh

Advertisement
Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Fungsi vitamin D di dalam tubuh kita sangat banyak dan yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sayangnya masyarakat kita jarang yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin D, padahal ada banyak gangguan kesehatan yang bisa diakibatkan saat seseorag mengalami defisit vitamin D.

The Institute of Medicine merekomendasikan orang dewasa untuk mendapatkan sekitar 600 IU vitamin D per hari. Sedangkan bagi mereka yang memiliki usia lebih dari 70 tahun membutuhkan setidkanya 800 IU vitamin D per hari. Beberapa makanan yang mengandung tinggi vitamin D diantaranya ikan salmon yaitu sekitar 450 IU per 3 ons. Selain ikan salmon beberapa makanan seperti kuning telur, susu dan keju merupakan sumber vitamin D yang cukup baik.

gambar ilustrasi  vitamin D
gambar ilustrasi  vitamin D

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin D, seperti penyakit ginjal, usia lanjut, malabsorpsi usus, dan kurangnya sinar matahari. Gaya hidup masyarakat yang cenderung beraktivitas di dalam rumah atau di perkantoran bisa menjadi penyebab seseorang kekurangan vitamin D, padahal terkena paparan sinar matahari terutama di pagi hari merupakan sumber vitamin D cukup potensial. Sinar matahari bisa menjadi alternatif bagi anda untuk mendapatkan vitamin selain dari makanan. Beberapa manfaat dan fungsi vitamin D adalah:

1. Mencegah penyakit jantung. Vitamin D sering dikaitkan dengan kesehatan tulang karena vitamin ini membantu penyerapan kalsium, yang kalsium itu sendiri merupakan nutrisi utama bagi tulang.  Namun, manfaat dan fungsi vitamin D bukan hanya  sekedar menjaga kesehatan tulang saja, melainkan ada banyak proses fisiologis yang melibatkan vitamin D dalam tubuh manusia. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa kurangnya kadar vitamin D pada  masa kanak-kanak berkaitan erat dengan peningkatan resiko penyakit jantung di usia dewasa.

2. Mencegah osteomalacia. Osteomalacia adalah sebuah kondisi di mana tulang mengalami kekurangan mineral sehingga menyebabkan kelemahan pada sistem otot dan tulang. Penyakit  Osteomalacia biasanya sering dialami oleh orang yang mengalami kekurangan vitamin D.

3. Kesehatan mental. Beberapa fungsi vitamin D yang sangat penting yaitu mengatur tekanan darah, mengurangi tingkat stres dan ketegangan.  Sehingga mencukupi kebutuhan vitamin D sering dikaitkan dengan meningkatnya kesehatan mental.

4. Membantu penyerapan nutrisi. Vitamin D memainkan fungsi penting dalam membantu usus menyerap nutrisi, termasuk kalsium dan fosfor. Hal ini akan memastika tulang mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga tulang menjadi lebih kuat.

5. Mencegah penyakit kanker. Hampir 30 tahun yang lalu, para peneliti melihat hubungan menarik antara kematian akibat kanker usus besar dan letak geografis . Penelitian tersebut menemukan orang-orang yang tinggal di kawasan dengan sinar matahari yang kurang, memiliki tingkat kematian lebih tinggi akibat kanker usus besar dibandingkan orang yang tinggal dekat dengan garis katulistiwa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kekurangn vitamin D dari sinar matahari bisa memperbsar resiko penyakit kanker usus besar, meskipun demikian penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menguatkan temuan ini.

6. Mencegah diabetes. Bukti bahwa vitamin D dapat mencegah diabetes tipe 1 berasal dari sebuah studi pada 30 tahun yang diikuti lebih dari 10.000 anak-anak Finlandia. Penelitian ini menemukan bahwa Anak-anak yang secara teratur mendapatkan suplemen vitamin D selama masa bayi memiliki risiko 90 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 1 dibandingkan mereka yang tidak menerima suplemen vitamin D.

Mengingat manfaat dan fungsi vitamin D sangat banyak dan penting bagi tubuh kita, sudah seharusnya kita berusaha memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini agar tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Share this

10 tips menjaga kesehatan hati anda

Advertisement
Hati adalah organ tubuh manusia yang sangat penting sekali karena memiliki banyak fungsi. Tapi jarang orang yang benar-benar berpikir tentang anugrah Allah yang satu ini. Ada banyak sekali fungsi hati di dalam tubuh manusia diantaranya membersihkan darah dari zat beracun, pengolahan hemoglobin, penyimpan vitamin dan menolak infeksi. Mengingat begitu banyaknya fungsi hati bagi tubuh manusia, sudah seharusnya kita menjaga agar hati kita tetap sehat supaya bisa berfungsi dengan baik. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan hati:
menjaga kesehatan hati
ilustrasi menjaga kesehatan hati

1. Hindari minuman beralkohol. Untuk alasan apapun minuman beralkohol tidak boleh dikonsumsi karena dapat membahayakan bagi kesehatan terutama kesehatan hati. Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi alkohol sehingga mengkonsumsi minuman beralkohol akan membuat hati terus bekerja, tentunyta hal ini akan membuat kerja hati semakin keras.

2. Hindari makanan yang membuat anda alergi. Makanan yang membuat alergi akan melemahkan fungsi hati dan menekankan sistem kekebalan tubuh.

3. Hindari makanan berpengawet. Setiap Makanan  berpengawet akan disaring oleh hati, jadi mengkonsumsi makanan berpengawet ataupun berpewarna akan membuat kerja hati semakin berat. Selain itu, usahakan anda juga mengurangi makanan tinggi gula dan pemanis sintetis.

4. Kurangi lemak. Makanan yang mengandung tinggi lemak seperti gorengan, kentang goreng, hamburger dan makanan bersantan juga tidak baik untuk kesehatan hati. Jadi untuk menjaga kesehatan hati anda harus mengurangi makanan tersebut.

5. Minum lebih banyak air putih. Manfaat minum air putih sangat banyak sekali bagi kesehatan karena air dapat membantu detoksifikasi tubuh sehingga dapat meringankan kerja hati.

6. Konsumsi makanan seperti bawang putih, bawang merah dan brokoli karena makanan tersebut  mengandung belerang yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati.

7. Minum teh hijau. Teh hijau adalah salah satu minuman yang mengandung tinggi antioksidan. Antioksidan dapat menangkal efek buruk radikal bebas dan membantu fungsi hati.

8. Makan lebih banyak sayur berdaun hijau. Mengganti kebiasaan makan anda dengan memilih sayur menjadi salah satu cara brilian untuk menjaga kesehatan hati, sayur mengandung rendah lemak, tinggi antioksidan dan kaya akan vitamin, sehingga dapat memberikan dorongan kesehatan kepada hati.

9. Kurangi Fruktosa. Zat ini sering ditemukan dalam banyak makanan baik secara alami atau sebagai tambahan. Seperti halnya alkohol, fruktosa juga dapat menyebabkan melemahnya fungsi hati jika dikosnumsi secara berlebihan.

10. Lemon dan air. Anda bisa membuat ramuan sederhana untuk menjaga kesehatan hati, caranya: campur perasan air lemon ke dalam segelas air kemudian minum di pagi hari sebelum makan atau mengkonsumsi makanan lainnya. Ramuan tersebut akan membantu detoksifikasi tubuh sehingga akan meringankan kerja hati.

Ada banyak alasan bagi anda untuk menjaga kesehatan hati, salah satunya karena organ ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai macam aktivitas. Mungkin sulit bagi anda melakukan semua tips di atas, tapi paling tidak lakukan apa yang bisa dan mungkin untuk dilakukan, insya Allah itu akan sangat berarti bagi kesehatan anda kedepannya.

Share this

6 Makanan penyebab naiknya kolesterol

Advertisement
Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga menempatkan anda pada risiko terkena penyakit jantung, menurut American Heart Association. Banyak makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan produk susu mengandung lemak jenuh, sedangkan makanan yang dipanggang dan makanan cepat saji syarat akan lemak trans. Untuk menghindarkan anda pada resiko terkena penyakit jantung sebaiknya anda mengurangi makanan berikut:

1. Hati ayam. Jeroan atau bagian hati ayam merupakan salah satu makanan yang cukup digemari oleh masyarakat kita, karena jeroan selain murah juga cukup lezat bagi para penikmatnya. Tapi bagi anda yang memiliki resiko tinggi mengalami penyakit jantung, sebaiknya berhati-hati jika ingin makan jeroan karena makanan ini mengandung kolesterol cukup tinggi sehingga dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. Dalam 100 gram hati terdapat setidaknya 564 mg kolesterol.

Makanan penyebab naiknya kolesterol
Makanan penyebab naiknya kolesterol

2. Kulit ayam. Di dalam bagain ayam yang bisa dimakan kulit menjadi salah satu yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi sehingga anda perlu waspada dalam mengkonsumsinya. Apa lagi jika ayam disajikan dalam bentuk digoreng maka akan menambah tinggi jumlah kolesterol di dalamnya.

3. Kentang goreng. Kentang adalah makanan yang memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, tapi sayangnya penyajian kentang yang salah dapat memicu kenaikan kolesterol dalam darah, karena kentang mengandung tinggi karbohidrat yang tidak baik disajikan dalam bentuk digoreng. Sebenarnya tidak masalah jika ingin mengkonsumsi makanan ini, tapi ingat, jangan berlebihan.

4. Daging sapi. Daging merupakan sumber protein utama bagi manusia, di mana  di dalam daging terdapat beberapa nutrisi seperti zat besi, vitamin D, protein, vitamin B kompleks dan omega-3. Tapi ingat, meskipun daging sapi memiliki segudang nutrisi, anda perlu waspada terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia 40 tahun. Daging sapi mengandung setidaknya 78 mg kolesterol dalam 100 gramnya.

5. Seafood. Anda suka seafood? Tampaknya bagi penggemar makanan yang satu ini harus mulai waspada karena diketahui beberapa jenis seafood umumnya mengandung kolesterol cukup tinggi seperti udang, cumi, kerang dan kepiting. Dalam 100 gram kerang terdapat setidaknya 211mg colesterol. Tapi anda tidak perlu khawatir selama mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan maka masih cukup aman. Selain itu seafood juga kaya akan nutrisi penting jadi anda tidak perlu menghindarinya, hanya mengurangi porsinya saja.

6. Makanan cepat saji. Makanan cepat saji seperti humberger, nugget, pizza dan es krim tampaknya memang sulit untuk dihindari, terutama bagi mereka yang sudah terlanjur menggemari makanan ini.  Contohnya saja pizza dalam penyajiannya dicampur dengan banyak keju, daging, saus, dan bahan lainnya sehingga pizza mengandung setidaknya 600 kalori per slice-nya. Selain itu makanan ini juga syarat akan lemak jenuh, sodium, dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menyebabkan naiknya kolesterol.

Nah,,bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol cobalah mengkonsumsi 25 makanan penurun kolesterol. Semoga informasi di atas bisa memberikan informasi bagi para pembaca dan membuat kita lebih selektif lagi dalam memilih makanan.

Share this

25 Makanan penurun kolesterol jahat

Advertisement
Kolesterol yang tinggi menjadi penyebab utama penyakit jantung, kenapa demikian? Karena kolesterol darah yang terlampau tinggi akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga dapat memicu penyakit jantung koroner. Selain penyakit jantung tingginya kadar kolesterol dalam darah juga dapat menyumbat pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan stroke. Untuk mencegah penyakit jantung ada banyak hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan istirahat, rutin berolahraga dan menjaga tingkat kolesterol dalam darah. Ada banyak makanan yang tanpa kita sadari ternyata dapat menurunkan kolesterol, makanan apa saja itu? Mari simak:

25 Makanan penurun kolesterol jahat

1. Oatmeal. Jika anda sedang berusaha menurunkan kolesterol, cobalah dengan memulainya dengan mengganti menu sarapan sehat. Menu sarapan seperti oatmeal selain mengandung rendah lemak dan tinggi nutrisi trenyata juga bisa membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Sarapan dengan dua porsi oatmeal secara teratur dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol buruk) hingga  5,3% hanya dalam waktu 6 minggu.

makanan penurun kolesterol
Gambar: makanan penurun kolesterol

2. Anggur. Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini, anggur adalah makanan super dengan segudang manfaat bagi kesehatan karena mengandung tinggi vitamin dan mineral. Sebuah penelitian di Universidad Complutense de Madrid di Spanyol menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen anggur mengalami penurunan kadar kolesterol hingga 9%.

3. Sayur bayam. Sayuran berdaun hijau ini mengandung tinggi  lutein. Lutein ini telah dikenal luas karena memiliki kemampuan untuk mencegah degenerasi makula terkait usia, yang menjadi penyebab utama kebutaan. Penelitian baru-baru ini berhasil menemukan bahwa mengkonsumsi ½ cangkir makanan dengan tinggi lutein sperti bayam dapat mencegah penyakit jantung dengan membantu menurunkan kolesterol.

4. Lemak ikan. Cobalah mengurangi konsumsi daging dan mengganti sumber protein dari ikan, terutama ikan yang mengandung tinggi omega 3 seperti salmon dan tuna. Makan ikan seperti salmon dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan kolesterol dalam darah anda. Omega-3 yang terkandung dalam beberapa jenis ikan mampu mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan mempertahankan irama jantung.

5. Kacang almond. Jika anda sedang mencari makanan penurun kolesterol kacang almond bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Kacang almond kaya akan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan LDL(kolesterol jahat).

6. Buah alpukat. Buah alpukat mengandung tinggi lemak sehingga sering dihindari oleh pelaku diet karena dianggap dapat menaikkan berat badan, meskipun buah ini mengandung tinggi lemak tapi lemak dalam buah alpukat adalah jenis lemak baik (HDL). Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak sehat untuk jantung. Sama halnya dengan kacang almond lemak tak jenuh tunggal dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL sambil menurunkan LDL. Meskipun buah alpukat baik untuk menurunkan kolesterol tapi anda juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena alpukat juga memiliki kalori cukup tinggi.

7. Buah jeruk. Buah segar yang satu ini sering dijadikan sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung rendah lemak dan tinggi vitamin. Buah jeruk mengandung tinggi vitamin C yang dapat memperkuat sisitem imun sekaligus membantu menurunkan kolesterol.

8. Minyak Zaitun. Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. Dalam sebuah studi yang melibatkan orang-orang dengan kolesterol tinggi, menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat mengurang potensi pembekuan kolesterol pada dinding arteri. Konsumsilah sekitar 2 sendok minyak zaitun murni dalam satu hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat darinya.

9. Teh. Teh menjadi terkenal karena mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas dan membantu menurunkan kolesterol. Menurut penelitian yang dilakukan di USDA, teh hitam telah terbukti dapat mengurangi kolesterol hingga 10% hanya dalam waktu 3 minggu. Temuan ini juga memberikan informasi jika teh juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

10. Bawang putih. Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat atau perawatan kesehatan oleh beberapa masyarakat kuno. Penelitian menunjukkan bahwa anggota keluarga allium, seperti bawang putih, bawang merah dan bawang lainnya, dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dan melindungi jantung.

11. Kacang kacangan. Kacang-kacangan memiliki kandungan serat makanan yang tinggi dan kaya akan nutrisi termasuk mineral, vitamin B dan fitonutrien. Nutrisi ini melindungi jantung dengan menurunkan kolsetrol.  Kadar serat yang tinggi dalam beberapa jenis kacang lah yang menjadi alasan utamanya. Kacang-kacangan juga secara alami rendah lemak dan dan rendah kolesterol.  Beberapa jenis kacang sehat diantaranya eperti kacang polong, lentil dan kacang kedelai.

12. Buah pir. Buah pir memiliki tekstur renyah, manis dan menyegarkan seperti halnya buah apel. Buah pir mengandung tinggi pektin yang membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Meskipun buah yang terkenl dengan pektin adalah buah apel tapi anehnya buah pir segar mengandung lebih tinggi pektin dari pada apel. Pektin mampu mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh sebelum dapat diserap. Sebuah pir berukuran sedang menyediakan sekitar 16 persen dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Buah yang kaya pektin lainnya termasuk apel, pisang, jeruk dan buah persik.

13. Tomat. Di Indonesia tomat sering dikenal sebagai sayur meskipun secara kelompok tanaman tomat seharusnya masuk dalam kategori buah, terlepas apakah tomat buah atau sayur, tomat memiiki banyak manfaat untuk kesehatan dan salah satunya menurunkan kolesterol karena mengandung sebuah zat bernama likopen. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh menyerap lebih banyak likopen jika tomat diproses atau dimasak, jadi anda tidak perlu khawatir jika memasak tomat akan mengurangi manfaatnya.

14. Beras merah. Beras merah mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Secangkir beras merah memberikan sekitar 14% dari nilai serat harian yang direkomendasikan. Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah ini membantu menurunkan gula darah dan kolesterol. Beras merah biasanya digunakan sebagai pengganti nasi putih.

15. Brokoli. Brokoli telah terbukti cukup ampuh menurunkan kolesterol jahat. Brokoli kukus diketahui lebih baik dari pada brokoli mentah dalam hal menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam brokoli bermanfaat menurunkan kolesterol dengan cara mengikat dengan asam empedu di saluran pencernaan kemudian dibuang dari tubuh. Selain kaya serat brokoli juga mengandung tinggi antioksidan yang berfungsi mencegah penyakit kanker, ambillah brokoli yang masih segar untuk mendapatkan manfaat yang banyak darinya.

16. Blueberry. Buah lezat yang memiliki warna biru gelap ini memang sangat terkenal karena kandungan antioksidannya, selain antioksidan blueberry juga mampu mengontrol kolesterol darah anda pada tingkat normal. Blueberry membantu menjaga kesehatan jantung dengan mencegah penyumbatan pada arteri. Para peneliti menduga hal ini bisa terjadi karena buah blueberry mendukung fungsi hati dengan baik.

17. Kayu manis. Hanya setengah sendok teh kayu manis sehari telah terbukti secara signifikan mengurangi kadar gula darah, trigliserida, LDL (kolesterol jahat), dan kadar total kolesterol pada orang dengan diabetes tipe 2. Kayu manis bisa ditambahkan ke teh hijau atau menggunakannya dalam makanan untuk menambah rasa.

18. Jahe. Jahe telah ditunjukkan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi pengujian khasiat jahe menemukan bahwa jahe mengurangi kolesterol, trigliserida dan kadar gula darah. Jahe juga mendorong pertumbuhan HDL (kolesterol baik) dan membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
 

19. Lemon. Lemon memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar karena bebas lemak, rendah kolesterol, tinggi vitamin C dan rendah kalori. Lemon mengandung limonoid, yang telah terbukti mengurangi produksi apo B, zat yang berhubungan dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi. Flavonoid, juga ditemukan dalam buah lemon, memiliki sifat antioksidan potensial yang mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

20. Kedelai. Ada banyak makanan yang dihasilkan dari olahan kedelai seperti tahu, nugget, tempe dan susu kedelai kesemuanya sangat baik digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi 25 gram protein dari kedelai per hari telah terbukti dapat menurunkan kolesterol sebesar 5% sampai 6%. Karena kandungan protein yang tinggi (protein 9 gram di 20 gram kedelai), itu adalah pengganti yang baik untuk protein hewani bagi para vegetarian. Mengganti protein hewani dengan protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL buruk, dan trigliserida tanpa menurunkan HDL.

21. Buah strawberry. Strawberry diketahui kaya akan phyto nutrisi yang merupakan jenis senyawa penting untuk mencegah berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat menghindarkan anda dari penyakit jantung.

22. Cokelat hitam. Kabanyakan orang berfikir jika cokelat memberikan efek buruk bagi kesehatan, bahkan banyak orang yang menganggap jika cokelat sering menjadi biang keladi obesitas dan serangan jantung karena dianggap mengandung tinggi kolsterol dan lemak. Jika anda juga menganggap demikian tampaknya anda harus membuang jauh-jauh anggapan tersebut karena cokelat hitam yang masih belum tercampur gula atau bahan pemanis lainnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatn. Cokelat memiliki asam oleat, yang merupakan jenis lemak sehat yang juga ditemukan dalam minyak zaitun.

23. Kubis. Kubis membantu menurunkan kolesterol dalam beberapa cara yang berbeda. Seperti halnya bayam, kubis mengandung tinggi lutein, dan juga serat. Lutein telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dari dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi dalam kubis juga dapat menurunkan kolesterol dengan cara menyerapnya kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh.

24. Buah pepaya. Pepaya kaya akan kandungan serat, vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat mencegah penumpukan kolesterol pada dinding arteri.

25. Jus wortel. Wortel mengandung sejumlah besar vitamin C dan A. Penelitian awal menunjukkan bahwa kedua vitamin tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain dari vitamin serat dalam wortel juga bermanfaat menyerap kelebihan kolesterol. 


Demikian tadi 25 makanan penurun kolesterol yang bisa cara hidup sehat bagi, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Intinyta untuk menjaga kesehatan mulailah dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Share this

10 manfaat dan fungsi protein bagi tubuh

Advertisement
Protein sudah tidak asing lagi merupakan nutrisi yang paling penting di dalam tubuh kita, protein memainkan banyak peran penting dalam menjaga kesehatan kita sekaligus membantu organ-organ penting dapat bekerja dengan baik. Protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Rambut dan kuku sebagian besar terbuat dari protein. Di dalam tubuh kita protein digunakan untuk memperbaiki sekaligus membangun beberapa komponen penting seperti sel, rambut, hormon, tulang rawan dan otot.

Di negara maju seperti Amerika dan Eropa, kekurangan protein bukan menjadi masalah serius. Akan tetapi di negara berkembang kekurangan protein menjadi masalah yang perlu diperhatikan mengingat fungsi protein sangat banyak bagi tubuh terutama pada anak-anak. Anak-anak yang mengalami kekurangan protein menunjukkan beberapa gejala seperti: Pertumbuhan terbelakang, kehilangan warna pada rambut dan kulit, melambatnya penyembuhan luka, defisit protein darah, pengeringan cairan darah (edema), kerusakan hati sampai menurunnya kekebalan tubuh.

manfaat dan fungsi protein
ilustrasi fungsi protein

Manfaat dan fungsi protein bagi tubuh

1. Nutrisi untuk diet. Kebanyakan pelaku diet menghindari protein karena dianggap dapat membuat berat badan bertambah, ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah karena ternyata protein malah sangat baik dikonsumsi selama diet karena protein dapat membuat seseorang kenyang lebih lama.  Diet tinggi protein akan membantu membuat kenyang lebih lama yang pada gilirannya akan menurunkan berat badan lebih cepat dalam jangka pendek. Meskipun demikian terlalu banyak mengkonsumsi protein juga dapat berefek buruk bagi kesehatan dan mungkin malah menyebabkan kenaikan berat badan karena akan ada banyak lemak yang disimpan dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung. Penelitian secara acak untuk mengetahui manfaat protein untuk kesehatan jantung menemukan bahwa menambahkan lebih banyak protein untuk mengurangi konsumsi karbohidrat memberikan hasil yang lebih baik dalam hal menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Tentunya anda juga harus memilih sumber protein yang sehat seperti ikan karena mengandung lebih rendah lemak dibandingkan daging.

3. Mengatasi Stres. Para peneliti di Belanda berhasil menemukan bahwa mengkonsumsi lebih tinggi protein dapat menghindarkan seseorang dari stres. Penelitian tersebut menggunakan 58 orang yang mengalami stres, dari hasil penelitian menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi protein whey mengalami gejala depresi lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak. Selain itu mereka yang diet tinggi protein juga tampak mengalami peningkatan suasana hati lebih baik. Para peneliti menyimpulkan bahwa protein kemungkinan dapat mempengaruhi serotonin otak.

4. Meningkatkan massa otot. Protein adalah nutrisi utama untuk otot, jadi anda perlu mencukupi kebutuhannya agar otot bisa bekerja dengan baik. Otot digunakan untuk berbegai macam aktivitas keseharian kita sehingga anda harus mendapatkan banyak protein dari makanan seperti daging, ikan atau sumber protein nabati agar tidak terjadi defisit protein dalam tubuh.

5. Hormon yang sehat. Protein berfungsi sebagai perantara interaksi beberapa organ dalam tubuh. Contohnya Insulin yang merupakan protein kecil untuk mengatur kadar gula darah dengan melibatkan interaksi antara organ seperti pankreas dan hati. Sedangkan contoh lainnya adalah Secretin yang merupaan bentuk lain dari protein. Zat ini berfungsi membantu proses pencernaan dengan cara merangsang pankreas dan usus agar membuat cairan pencernaan yang diperlukan.

6. Meningkatkan sistem imun. Protein selama ini hanya dikenal sebagai nutrisi untuk otot saja dan tidak banyak yang tau jika protein ternyata dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Protein adalah bentuk lain dari antibodi yang membantu mencegah infeksi. Protein bekerja dengan cara mengidentifikasi kemudian menghancurkan antigen seperti bakteri dan virus. Untuk melakukannya protein biasanya bekerja sama dengan sel-sel sistem kekebalan tubuh lainnya. Contohnya, protein mengidentifikasi kemudian mengelilingi bakteri atau virus untuk menjaga mereka sampai sel darah putih menghancurkak keduanya.

7. Sumber energi. Ada banyak alasan kenapa para atlet biasanya menkonsumsi lebih banyak protein, salah satunya adalah protein dapat memberikan energi kepada mereka saat bertanding. Protein dibutuhkan untuk pemeliharaan jaringan tubuh dan menggunakannya untuk energi. Namun, Jika anda mengkonsumsi banyak protein dengan karbohidrat maka tubuh akan mengambil energi dari sumber karbohidrat sehingga protein akan diubah oleh tubuh menjadi lemak. Oleh sebab itu diet tinggi protein plus rendah karbohidrat dapat membantu anda menurunkan berat badan sekaligus mendapatkan energi yang cukup.

8. Menjaga kesehatan rambut. Tahukah anda jika salah satu kunci agar rambut terlihat sehat dan kuat adalah protein? Protein memainkan banyak fungsi penting untuk kecantikan karena protein merupakan pendorong utama pertumbuhan sel dan regenerasi. Protein juga diperlukan untuk peredaran darah, regenerasi kulit, memperbaiki otot rambut sehingga membuatnya tetap kuat.

9. Menjaga kesehatan tulang. Selain untuk otot protein juga sangat diperlukan untuk mempertahankan kepadatan tulang. Penelitian telah menemukan bahwa saat seseorang mengalami kekurangan asupan protein akan menempatkan mereka pada resiko tinggi mengalami osteoporosis.

10. Perbaikan sel. Protein sering disebut sebagai blok bangunan tubuh, hal ini karena protein berfungsi membangun dan memperbaiki sel. Setiap sel yang rusak akan dengan cepat diperbaiki dengan protein seperti pembuluh darah pecah dan kondisi lainnya. Jadi jika kita tidak mencukupi kebutuhan protein maka tubuh tidak akan bisa mempebaiki kerusakan ataupun membangun sel dengan sempurna.

Mengingat manfaat dan fungsi protein sangat banyak bagi kesehatan sudah seharusnya kita mencoba mencukupi kebutuhannya agar tubuh kita bisa bekerja dengan optimal. Untuk informasi tambahan baca juga 10 manfaat dan fungsi kalsium bagi tubuh.

Share this

5 penyakit akibat kurang serat

Advertisement
Serat pangan adalah nutrisi dari tumbuhan yang tersusun dari karbohidrat dan memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan. Serat bermanfaa membantu menghaluskan sampah sisa makan (tinja), sehingga limbah tersebut menjadi lebih mudah dikeluarkan melalui saluran pencernaan. Kebutuhan serat yang  direkomendasikan adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram serat untuk pria. Ada banyak makanan yang menjadi sumber serat seperi buah, sayur, biji-bijian dan sereal. Kekurangan serat makanan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penyakit seperti kanker, penyakit jantung sampai diabetes. Untuk mengetahui bahaya kekurangan serat bagi kesehatan, berikut penyakit yang diakibatkan kurang serat:

1. Penyakit diabetes. Serat adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk membantu mengontrol kadar gula darah sehingga kekurangan serat bisa beresiko besar terkena penyakit diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi serat dari sereal dan biji-bijian (rata-rata 16,6 gram per hari) memiliki risiko 27 persen lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang rata-rata hanya mengkonsumsi 6,6 gram serat per hari. Penelitian ini juga menemukan bahwa serat yang diperoleh dari buah-buahan dan sayuran memiliki efek yang tidak sama. Meskipun demikian buah dan sayur memiliki kelebihan lain dilihat dari sisi kandungan vitamin.

penyakit akibat kurang serat
makanan berserat tinggi

2. Penyakit jantung. Manfaat dan fungsi serat yang sangat penting salah satunya adalah menurunkan kolsterol dalam darah dan kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan penyakit jabntung. Studi menunjukkan bahwa saat seseorang meningkatkan asupan serat harian rata-rata 10 sampai 20 gram per hari, memiliki resiko kematian akibat penyakit jantung lebih kecil hingga 19-27 persen.

3. Sembelit. Tanda umum yang dialami seseorang saat tidak mendapatakan cukup serat adalah sembelit atau sulit BAB. Hal ini dikarenakan serat bermanfaat mengatur  pegerakan makanan di dalam usus agar mudah dikeluarkan. Selain kurang serat sembelit juga dapat disebabkan kurangnya  aktivitas fisik seperti olahraga.

4. Menyebabkan obesitas. Jika anda sedang menjalankan program diet atau tidak ingin memiliki berat badan berlebih sebaiknya memasukkan lebih banyak serat ke dalam menu harian anda. Kurang serat dapat menghambat proses pencernaan dalam tubuh sehingga sampah menjadi lebih sulit dikeluarkan, hal ini tentunya akan memicu perut buncit. Selain itu serat juga membantu anda kenyang lebih lama sehingga mencegah anda ngemil.

5. Penyakit Kanker usus. Kanker usus diakibatkan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan berminyak, berprotein tinggi dan rendah serat sehingga pencernaan menjadi terhambat dan racun menjadi sulit dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk itu sebaiknya anda memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang seperti vitamin, serat, protein dan mineral.

Share this

10 manfaat dan fungsi serat bagi tubuh

Advertisement
Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sebagai gantinya serat berjalan melewati saluran pencernaan. Saat memasuki tubuh karbohidrat akan dipecah menjadi molekul gula, akan tetapi hal ini tidak terjadi pada serat sehingga serat tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Ada dua jenis serat: serat larut dan tidak larut. Serat larut adalah jenis serat makanan yang larut dalam air. Contoh serat larut adalah gandum dan biji-bijian. Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kontrol glukosa darah jika didikonsumsi dalam jumlah besar.

Sedangkan serat tidak larut adalah serat makanan yang tidak bisa larut dalam air. Serat ini merupakan jenis serat yang menyehatkan usus. Serat ini tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga melewati saluran pencernaan dalam keadaan utuh seperti gel. Beberapa manfaat serat tidak larut diantaranya: memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengeluarkan racun dan mencegah diare.

ilustrasi fungsi serat
ilustrasi fungsi serat

Asupan serat yang cukup dari makanan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena fungsi serat sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Namun, kebanyakan masyarakat di Indonesia kurang memenuhi asupan serat, bahkan anak-anak dan orang dewasa tidak mampu mencukupi dari setengah kebutuhan serat yang direkomendasikan. Kebutuhan serat yang dianjurkan untuk orang dewasa sekitar 25-30 gram.

1. Menurunkan berat badan. Serat larut, seperti yang ditemukan dalam mentimun, blueberry dan kacang-kacangan memiliki tekstur seperti gel yang diserap bertahap oleh tubuh, hal ini membantu tubuh untuk memperlambat pencernaan sehingga membuat anda kenyang lebih lama. Salah satu cara diet sehat adalah dengan mengurangi nafsu makan sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dari makanan yang tinggi nutrisi seperti buah dan sayur.

2. Mengontrol gula darah.  Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan serat harian karena nutrisi ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah.  Ketika serat dicerna tubuh sebagian serat hanya melewati sistem pencernaan anda dalam keadaan utuh. Hal ini berarti mengkonsumsi makanan kaya serat tidak menyebabkan lonjakan gula darah seperti halnya karbohidrat. Selain itu serat juga tidak memerlukan insulin saat dicerna, sehingga tidak dihitung sebagai bagian dari karbohidrat.

3. Mencegah kanker usus. Salah satu fungsi serat yang penting adalah membantu proses pencernaan. Pencernaan yang lancar akan membantu tubuh mengeluarkan racun atau sampah dari dalam usus, sehingga membantu mencegah kanker usus besar.

4. Menurunkan kolesterol. Serat berfungsi menghambat produksi asam empedu tubuh yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Sebagai gantinya, tubuh anda harus menggunakan kolesterol dari aliran darah untuk membuat asam empedu lebih, hal ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Menjaga kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung tinggi serat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Ketika serat diubah menjadi pasta lengket di saluran pencernaan, maka dia akan menempel dan menyerap kolesterol sehingga akan mencegah penyumbatan pada arteri anda.

6. Menjaga kesehata kulit. Serat dapat membantu menghilangkan jamur dari tubuh anda, sehingga mencegah dari beberapa penyakit kulit seperti jerawat atau rashes. Dengan mengkonsumsi makanan dengan tinggi serat, seperti sayuran berdaun hijau, tubuh akan lebih mudah membuang racun dari dalam tubuh. Racun dapat mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh tidak terkecuali kulit. Kulit yang sehat adalah hasil dari aliran darah yang baik ketika racun dibersihkan dari sistem pencernaan.

7. Mengecilkan perut buncit. Ada banyak alasan kenapa serat sangat bermanfaat untuk menurukan berat badan, salah satunya adalah membantu proses pencernaan lebih efisien. Serat membantu usus bergerak dengan benar sehingga lebih mudah mengeluarkan sampah (tinja). Proses pencernaan yang lancar dapat menghindarkan anda dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Dengan demikian mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat akan membantu mencegah perut buncit.

8. Mencegah batu ginjal. Serat diketahui berfungsi  mencegah insulin memasuki aliran darah selama proses pencernaan, yang merupakan kontributor utama terbentuknya batu empedu dan batu ginjal.

9. Mencegah Stroke. Serat akan membantu anda terhindar dari stroke karena berkontribusi besar dalam menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi salah satu faktor utama penyebab penyakit stroke.

10. Mencegah diare. Pencernaan yang tidak sehat akan membuat tubuh lebih sulit  mengeluarkan racun berbahaya sehingga membuat anda lebih sering mengalami gangguan kesehatan pencernaan seperti diare. Untuk itu pastikan anda mendapatkan asupan serat yang cukup.

Untuk mencukupi kebutuhan serat harian anda, dibutuhkan makanan yang mengandung tinggi serat seperti buah, sayur dan biji-bijian.  

Share this