10 manfaat dan fungsi kalium bagi tubuh

Kalium adalah salah satu jenis mineral penting bagi tubuh manusia dan memiliki banyak fungsi untuk menunjang kesehatan. Kalium bisa ditemukan dalam sel-sel darah merah, otot dan tulang kita. Makanan yang mengandung tinggi kalium diantaranya buah, sayuran seperti sayur bayam, peterseli, brokoli, tomat, buah jeruk, pisang, apel, alpukat dan kismis.

Diet tinggi kalium berhubungan erat dengan kontrol tekanan darah. Ada beberapa mekanisme yang berkontribusi terhadap efek menguntungkan ini, termasuk meningkatkan fungsi ginjal, penurunan pembekuan darah, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Karena manfaat penting ini lah diet tinggi kalium sering digunakan untuk terapi yang bertujuan meningkatkan kontrol tekanan darah. Untuk lebih detilnya berikut:

10 manfaat dan fungsi kalium bagi tubuh

1. Fungsi kalium untuk Mengatur tekanan darah. Kalium berfungsi menurunkan tekanan darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi atau bahkan stroke. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam "American Journal of Physiology Regulatory, Integrative dan and Comparative Physiology." Penelitian yang dipimpin oleh FJ Haddy tersebut menemukan bahwa infus kalium akan menyebabkan peningkatan aliran darah yang dihasilkan dari pelebaran arteri dan relaksasi otot. Penelitian ini menunjukkan bahwa suplementasi diet dengan kalium bisa menurunkan tekanan darah.

gambar manfaat dan fungsi kalium
Ilustrasi kalium

2. Fungsi kalium untuk Kontraksi otot. Kalium dan natrium bekerja sama untuk mengatur keseimbangan asam-basa dalam darah dan jaringan. Fungsi kalium juga membantu menghasilkan kontraksi otot, termasuk mengatur detak jantung, karena kalium melintasi membran sel lebih mudah daripada sodium, sehingga kalium dapat memulai pertukaran yang melepaskan energi listrik dan mengaktifkan impuls saraf, menyebabkan kontraksi otot.

3. Fungsi kalium untuk Kesehatan tulang. Fungsi kalium untuk tulang sangat penting sekali karena kalium menjaga keseimbangan asam basa. Menurut peneliti Frances Tylavsky dari Departemen Preventive Medicine di University of Tennessee. Saat keseimbangan asam basa terganggu maka tubuh anda akan menarik kalsium dari tulang. Penemuan ini membuat para peneliti memahami pentingnya mencukupi kebutuhan kalium untuk mengurangi penarikan kalsium dari tulang yang bisa mengakibatkan kerapuhan pada tulang.

4. Fungsi kalium dalam Menjaga kesehatan ginjal. Salah satu Manfaat dan fungsi kalium yang sangat penting adalah menjaga kesehatan ginjal.  Kalium memainkan peran yang tak tergantikan dalam mengatur fungsi metabolisme sekaligus membuat hati dan ginjal bekerja dengan baik. Selain itu, kalium juga membantu ginjal dalam membuang limbah melalui proses ekskresi. Namun, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah asupan kalium yang tepat, karena di sisi lain kalium dapat membantu merangsang tubuh untuk menyerap lebih banyak kalsium dari yang diperlukan, sehingga hal ini akan menyebabkan masalah pada ginjal.

5. Fungsi kalium dalam Menjaga keseimbangan cairan. Selain menjaga kesehatan tulang fungsi kalium yang tidak kalah penting adalah mecegah dehidrasi, hal ini disebabkan karena kalium dapat membantu mengatur tingkat cairan di dalam tubuh sehingga membuatnya tidak cepat mengalami dehidrasi. Di sisi lain elektrolit tersebut juga membantu mengirimkan muatan listrik ke seluruh tubuh dari otak dan sistem saraf untuk membuat organ-organ penting berfungsi lebih cepat dan lebih efisien.

6. Fungsi kalium dalam Meningkatkan fungsi Sistem saraf. Tidak jauh berbeda dengan fungsi kalium untuk mencegah dehidrasi di atas, kalium ternyata juga secara langsung dapat meningkatkan efisiensi refleks saraf yang mengirimkan pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh yang lain. Hal ini tentunya akan mempermudah otot dalam melakukan berbagai kegiatan setiap hari tanpa membuatnya cepat lelah. Maka dari itu bagi para atlet atau orang dengan aktivitas padat sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan kalium untuk menunjang aktivitas mereka.

7. Fungsi kalium dalam Mencegah stres. Kalium adalah mineral penting untuk mengontrol saraf dan menjaga keseimbangan tekanan darah. Hal ini bermanfaat mencegah stres dan gangguan mental lainnya. Selain itu kalium juga mampu mengatur berbagai hormon dalam tubuh termasuk hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Dimana kelebihan kedua hormon tersebut dapat menimbulkan beragam kerugian bagi sistem tubuh.

8. Fungsi kalium dalam Meningkatkan fungsi otak. Jika ingin meningkatkan kerja otak mungkin anda perlu memenuhi kebutuhan kalium harian anda. Di atas sudah disinggung bahwa kalium memainkan peran penting dalam menghubungkan banyak saraf di otak hal ini tentunya akan banyak mempengaruhi fungsi otak seperti penigkatan fungsi memori dan kecerdasan.

9. Fungsi kalium dalam Menjaga kesehatan jantung. Memenuhi kebutuhan kalium dalam jumlah yang direkomendasikan akan sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Di dalam tubuh kalium berfungsi menjaga keseimbangan tekanan darah, mengurangi ketegangan pada arteri dan jantung. Dalam keadaan tersebut jantung dan arteri dapat berfungsi lebih baik yang pada gilirannya juga mencegah berbagai macam penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

10. Fungsi kalium dalam Meningkatkan metabolisme tubuh. Kalium membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang lambat sehingga membutanya dapat bekerja efektif. Jika anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan saat diet, hal itu bisa saja dikarenakan metabolisme yang lambat, oleh sebab itu sangat penting bagi anda untuk menjaga metabolisme tubuh.

Ternyata manfaat dan fungsi kalium sangat banyak bagi kesehatan, untuk itu sebaiknya kita benar-benar berupaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang satu ini.

Share this

7 bahaya tidur setelah makan bagi kesehatan

Bagi sebagian orang, tidur setelah makan menjadi kebiasaan yang sulit dihindari dan menjadi kebiasanan yang umum dilakukan, hal ini biasanya sering terjadi kepada orang yang suka begadang karena saat terjaga pada malam hari dorongan untuk makan menjadi lebih kuat. Kebanyakan orang sering tidak memperhatikan mengenai bahaya tidur selepas makan, padahal ada banyak penyakit yang bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk ini, apa sajakah itu? Mari simak 5 bahaya tidur setelah makan bagi kesehatan:

1. Susah tidur. Masalah susah tidur sering dialami oleh banyak orang di Indonesia, ada banyak faktor yang menyebabkan insomnia atau susah tidur ini dan yang paling sering adalah stres, selain stres ternyata makan sebelum tidur juga dapat menjadi penyebabnya, terlebih jika makanan yang anda konsumsi banyak mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman bersoda. Untuk itu sebaiknya anda memberi jarak antara waktu makan dan tidur, setidaknya harus ada rentan waktu sekitar 2 jam setelah makan. Meskipun tidur setelah makan dapat memicu insomnia membiarkan perut anda  kosong saat menjelang tidur juga bukan ide yang bagus karena itu akan memberikan masalah yang sama, jadi sebaiknya isi perut anda sebelum tidur tapi tidak dalam waktu yang berdekatan.

tidur setelah makan
ilustrasi tidur setelah makan

2. Memicu maag. Rasa perih pada lambung bisa terjadi ketika asam lambung dalam perut naik kembali ke kerongkongan setelah makan, menyebabkan sensasi ketat atau rasa terbakar di dada, Hal ini bisa disebabkan karena berbaring setelah makan. Untuk menghindarinya, Dr Timothy Morgenthaler, spesialis tidur dengan Mayo.Clinic.com, menganjurkan untuk mengurangi makanan pedas dan berlemak dan seperti saus tomat, jus jeruk atau makanan yang digoreng.

3. Komplikasi asma. Jika anda memiliki penyakit asma sebaiknya jangan sekali-kali tidur setelah makan karena itu dapat memperparah asma anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Gastroenterology pada tahun 2004 lalu mengungkap bahwa penderita asma yang makan sebelum tidur mengalami komplikasi lebih sering pada asma mereka seperti batuk, mengi dan sesak napas, dibandingkan mereka yang tidak melakukan tidur setelah makan. Dari hasil studi tersebut peneliti menyimpulkan bahwa kebiasaan tidur setelah makan bisa berdampak buruk bagi penderita asma.

4. Memperbesar resiko stroke. Penelitian yang melibatkan 500 orang sehat,  250 orang yang mengalami stroke dan 250 dengan sindrom koroner akut menunjukkan bahawa makan selepas tidur dapat menjadi penyebab stroke dan memperburuk penderita stroke. Dari hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa orang yang memiliki waktu 60 sampai 70 menit tidur setelah makan malam memiliki resiko 66% lebih kecil mengalami stroke. Sedangkan orang yang menunggu 70 menit sampai dua jam tidur setelah makan memiliki resiko 76% lebih rendah mengalami stroke.

5. Kegemukan. Berbicara mengenai naiknya berat badan yang diakibatkan tidur selepas makan sebenarnya itu lebih disebabkan apa yang anda makan dan mengapa anda memakannya. Menurut BIDMC, kebanyakan orang lebih sering makan di malam hari ketika seseorang mengalami bosan, lelah atau stres daripada benar-benar lapar, sehingga seseorang sering membuat pilihan makanan yang buruk. Meskipun demikian, tidur selepas makan juga dapat mengganggu proses pencernaan sehingga orang yang melakukannya lebih mungkin mengalami obesitas.

6. Pencernan yang buruk. Tidur setelah makan selain dapat memicu penyakit stroke ternyata juga dapat memperburuk pencernaan. Langsung tidur setelah makan dapat membuat pencernaan terganggu sehingga perut menjadi kembung karena makanan tidak dapat dicerna dengan sempurna. Selain itu dalam jangka waktu lama masalah infeksi usus juga mengintai orang yang tidur selepas makan.

7. Sembelit. Sulit BAB adalah masalah paling umum saat seseorang tidur setelah makan, hal ini terjadi karena makanan tidak bisa dicerna dengan baik sehingga sampah dalam perut menjadi sulit dikeluarkan akibatnya pengeluaran racun dari dalam tubuh pun tidak bisa maksimal sehingga memungkinkan penyakit hinggap di tubuh.

Nah,,demikianlah 5 bahaya yang bisa terjadi akibat tidur setelah makan, jadi agar terhindar dari efek negatif tersebut, sebaiknya anda memberikan waktu setidaknya 1,5 sampai 2 jam sebelum tidur sesaat setelah makan. Baca juga 7 bahaya mie instan dan cara mengatasinya

Share this

25 Makanan yang mengandung vitamin E tinggi

Vitamin E adalah vitamin larut yang memiliki sifat antioksidan. Secara alami vitamin E dapat ditemukan dari makanan yang kita konsumsi atau dari suplemen. Vitamin E sangat penting bagi kesehatan tubuh kita karena vitamin jenis ini membantu dalam mencegah beberapa masalah kesehatan khususnya yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tapi sayangnya tidak semua orang peduli mengenai manfaat dan fungsi vitamin E bagi tubuh tersebut, sehingga tidak jarang banyak orang kurang memperhatikannya. Memenuhi kebutuhan vitamin E itu sebenarnya tidak sulit karena sebenarnya ada banyak makanana yang mengandung tinggi vitamin E di sekitar kita yang mungkin tidak kita sadari, makanan apa saja itu? Berikut 25 makanan yang mengandung vitamin E:

1. Kacang almond. Jika anda sedang mencari makanan yang mengandung tinggi vitamin E maka kacang almond bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Kacang almond mengandung vitamin E cukup melimpah yaitu dari 100 gram kacang almond menyediakan sekitar 26,2 miligram Vitamin E. Selain itu kacang almond juga merupakan salah satu dari makanan penurun kolesterol jahat karena kandungan lemak baiknya.

makanan yang mengandung vitamin e
makanan yang mengandung vitamin e

2. Minyak nabati. Minyak nabati atau minyak yang berasal dari tanaman biasanya mengandung tinggi vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit anda. Contohnya saja minyak gandum, dalam satu sendok makan  minyak gandum dapat memenuhi 100% dari kebutuhan vitamin E harian Anda. Selain minyak gandum Minyak bunga matahari juga bisa menjadi alternatif sumber vitamin E.

3. Buah alpukat. Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang terkanal dengan kandungan lemak baiknya ini memang sering dijadikan menu diet sehat karena mengandung tinggi nutrisi termasuk vitamin E. Dalam setengah buah alpukat mengandung lebih dari 2 miligram Vitamin E. Selain itu buah alpukat juga merupakan makanan penurun kolesterol jahat karena kandungan HDL nya yang tinggi.

4. Biji bunga matahari. Biji-bijian memnag menjadi salah satu sumber terbaik dari vitamin E, salah satunya adalah biji bunga matahari. Hanya Setengah cangkir biji bunga matahari bisa mencukupi lebih dari kebutuhan vitamin E harian anda. Dalam 1 cangkir biji bunga matahari menyediakan sekitar 46,52 miligram Vitamin E atau 225% dari kebutuhan harian anda.

5. Margarin. Jika Anda ingin meningkatkan asupan vitamin E setiap hari, Anda bisa menggunakan margarin. Pastikan adan membeli margarin yang mengandung unsur minyak jagung. Tapi, ingat meskipun margarin mengandung tinggi vitamin E, dia juga tinggi lemak sehingga anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah tidak berlebihan.

sayur yang mengandung vitamin e
sayur mengandung vitamin e

6. Selai kacang. Butuh makanan yang mengandung tinggi vitamin E secara praktis? Selai kacang adalah jawabannya. Selai kacang merupakan sumber vitamin E cukup baik dan praktis. Dalam 2 sdm selai kacang memasok 2,5 mg vitamin E.

7. Brokoli. Anda suka makan sayuran seperti brokoli? Jika iya, berarti anda beruntung. Sayur-sayuran terlebih yang memiliki warna hijau memang sangat menyehatkan karena mengandung tinggi antioksidan dalam bentuk vitamin. Brokoli sendiri juga sering dikenal sebagai makanan pendetoks alami karena kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan hati. Satu cangkir brokoli menyediakan sekitar 4% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Meskipun jumlah tersebut tidak terlalu banyak, tapi brokoli bisa menjadi alternatif sumber vitamin E yang menyehatkan.

8. Sayur bayam. Bayam merupakan makanan favorit saya, selain lezat bayam juga mengandung tinggi nutrisi sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Salah satu alasan bagi saya menyukai makanan yang satu ini adalah karena bayam mengandung tinggi antioksidan dan vitamin E. Tidak cukup sampai di situ saja sayur berdaun hijau ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti kalsium, asam folat dan zat besi.

9. Sawi hijau. Sawi adalah makanan padat gizi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit. Sawi hijau mengandung beberapa macam vitamin seperti vitamin E, C, K, A dan asam folat. Mengkonsumsi  satu cangkir sawi yang sudah dimasak memenuhi sekitar 14% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Usahakan anda memilih sawi organik karena lebih aman.

10. Buah kiwi. Buah Kiwi memiliki rasa manis dan menyehatkan sekaligus kaya akan vitamin dan mineral. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin E sekitar 1.11mg per buah berukuran sedang. Selain vitamin E, buah kiwi juga diperkaya dengan vitamin C, kalium, dan serat. Buah ini juga relatif rendah kalori karena hanya mengandung sekitar 46 kalori per buahnya.

11. Buah tomat. Segar dan menyehatkan itulah gambaran singkat tomat. Tomat memiliki kandungan air cukup tinggi dan diperkaya dengan vitamin C sehingga sangat baik untuk menangkal sariawan. Tidak berbeda jauh dengan buah kiwi tomat juga mengandung vitamin E dan C yang keduanya merupakan antioksidan penting untuk tubuh. Tomat brukuran sedang memebrikan sekitar 0,66 miligram Vitamin E.

seafood yang mengandung vitamin e
seafood mengandung vitamin e

12. Buah mangga. Pasti semua orang sudah kenal dengan buah yang satu ini, buah dengan warna beragam ini memnag cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena selain mudah didapat harganya pun juga cukup terjangkau.  Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, antioksidan, mineral, vitamin termasuk vitamin E. Buah mangga rata-rata mengandung sekitar 2,32 miligram vitamin E, atau mencukup 11% dari kebutuhan vitamin E bagi orang dewasa.

13. Buah pepaya. Buah pepaya umumnya dikenal sebagai sumber vitamin C dan A, tapi tidak banyak yang tahu jika buah tropis ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin E.  Dalam buah pepaya berukuran sedang memenuhi setidaknya 17% dari kebutuhan Vitamin E harian Anda. Meskipun jumlah tersebut tidak terlalu banyak tapi ada banyak keuntungan yang akan anda dapat saat mengkonsumsi buah yang satu ini, salah satunya membantu mengontrol berat badan karena pepaya kaya akan kandungan seratnya.

14. Paprika merah. Rempah-rempah seperti cabai merah dan paprika tidak hanya menambah rasa masakan anda, tetapi juga menyediakan Vitamin E & Antioksidan penting lainnya. Satu sdm bubuk cabai merah atau paprika menyediakan sekitar 2,1 mg Vitamin E.

15. Buah zaitun. Zaitun adalah buah yang lezat yang penuh dengan nutrisi. Zaitun memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung karena mengandung sejumlah lemak baik. Buah zaitun memberikan sekitar 18% dari kebutuhan vitamin E yang direkomendasikan. Jika anda kesulitan menemukan buah ini, anda bisa mendapatkan sumber vitamin E dari minyak zaitun.
buah yang mengandung vitamin e
buah mengandung vitamin e

16. Udang. Udang adalah salah satu jenis seafood paling digemari oleh masyarakan Indonesia bersama dengan kepiting. Udang dipercaya mengandung tinggi mineral dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain protein dan mineral udang ternyata juga mengandung tinggi vitamin E dan memenuhi 5% dari kebutuhan harian anda.

17. Kale. Kale atau disebut juga borecole, merupakan sayuran dari keluarga Brassica seperti halnya kubis, kale adalah sayuran hijau yang kaya akan nutrisi penting. Satu cangkir kale rebus dapat memberikan 6% dari kebutuhan vitamin E harian anda. Usakan anda memilih kale organik karena sayur ini sangat sering terkontaminasi dengan pestisida.

18. Peterseli. Peterseli Adalah tanaman yang berwarna hijau dengan daun mirip seledri dan biasanya digunakan sebagai tambahan dalam olahan makanan atau pelengkap hidangan. Peterseli mengandung tinggi nutrisi seperti zat besi dan Vitamin E.

19. Lobak hijau. Hampir sama dengan sayuran berdaun lainnya lobak hijau juga merupakan sumber vitamin E. Dalam 1 cangkir lobak hijau mengandung Vitamin E, A dan C. Selain itu, lobak hijau juga menyediakan asam folat, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil.

20. Kacang pinus. Pernah mendengar kacang pinus? Mungkin kacang ini sedikit asing bagi beberapa orang, sebenarnya kacang pinus adalah sejenis bijian yang berasal dari pohon pinus. Biji atau kacang pinus ini bisa dimakan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Satu ons kacang pinus mengandung setidaknya 2,6 miligram Vitamin E.

21. Gandum. Tanaman gandum adalah sumber yang kaya akan Vitamin E. Selain vitamin E gandum juga merupakan sumber serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

22. Umbi talas. Satu porsi akar talas dengan berat 100  mengandung 2,9 miligram Vitamin E. Anda dapat menggunakannya sebagai menu sarapan sehat pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi.

23. Jagung manis. Jagung mengandung tinggi vitamin A dan E. Keduanya bekerja sebagai antioksidan penting bagi tubuh. Sebuah penelitian di Cornell University menemukan bahwa proses memasak pada jagung dapat meningkatkan kadar antioksidannya.

24. Buah aprikot. Satu cangkir aprikot kering menyediakan 5.63mg vitamin E, atau 27% dari kebutuhan vitamin E perhari.

25. Kemangi. Kemangi mengandung sejumlah nutrisi penting termasuk vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin K, vitamin B, dan vitamin E. Kemangi juga dipercaya memiliki banyak khasiat diantaranya meningkatkan ketajaman penglihatan, mencegah jerawat sampai meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain daftar 25 makanan yang mengandung tinggi vitamin E di atas mungki masih banyak yang belum masuk ke dalam daftar tersebut, jadi jangan berhenti mencari informasi untuk menambah wawasan kesehatan anda. 

Share this