Bahaya serta 7 cara mengatasi perlemakan hati

Perlemakan hati adalah suatu kondisi medis dimana ada penumpukan lemak hingga 10 persen di organ hati. Perlemakan hati ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti peradangan, yang pada gilirannya bisa memicu jaringan parut permanen (sirosis). Sirosis adalah komplikasi serius yang dapat mengakibatkan kegagalan fungsi hati dan kematian. Perlemakan hati sering  diakibatkan oleh minum minuman beralkohol, serta kondisi lain seperti obesitas, trigliserid tinggi dan diabetes. Namun, dalam beberapa kasus perlemakan hati diakibatkan oleh sesuatu yang tidak jelas. Perlemakan hati umumnya tidak memiliki gejala pasti, dan orang baru mengetahuinya ketika mengalami komplikasi penyakit lain.
perlemakan hati
ilustrasi perlemakan hati

Bahaya perlemakan hati

Untuk mengetahui bahaya perlemakan hati, pertama yang harus anda ketahui adalah fungsi hati bagi tubuh manusia. Hati berfungsi mengatur metabolisme tubuh termasuk membakar lemak dan membuang kelebihan lemak dari tubuh. Ketika hati dalam keadaan normal (sehat) proses tersebut bisa dilakukan dengan baik. Tetapi sebaliknya,  jika organ hati mengalami masalah seperti perlemakan hati, maka akan berakibat fatal. Hal ini terjadi karena jika hati memiliki kelebihan lemak risiko penyakit lain seperti obesitas, stroke, kolesterol tinggi, dan tekanan darah menjadi meningkat. Semua ini akan menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan jika tidak dilakukan penanganan. Bahkan, saat hati tidak bisa bekerja dengan semsetinya tubuh akan mengembangkan hepatitis atau sirosis hati, yang pada akhirnya akan menyebabkan kegagalan fungsi hati dan kanker hati.

Cara mengatasi perlemakan hati

1. Jauhi alkohol. Jika anda adalah seorang peminum, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi perlemakan hati adalah berhenti minum minuman beralkohol. Menurut University of Maryland Medical Center, hati memiliki kemampuan untuk memperbaiki setiap kerusakan yang diakibatkan penyalahgunaan alkohol dengan cara berhenti minum. Jadi sangat penting bagi anda untuk menghindari minuman beralkohol, bahkan bagi anda yang tidak memiliki masalah perlemakan hati sekali pun.

2. Menurunkan berat badan. Berat badan berlebih dapat menaikkan risiko terkena perlemakan hati. Sehingga anda harus menjaga kestabilan berat badan pada tingkat normal. Ada banyak hal positif yang bisa membantu anda mendapatkan berat badan ideal, yaitu dengan cara berolahraga dan mengurangi makanan berlemak. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau paling tidak 3 kali seminggu. Menurunkan berat badan bisa membantu anda meningkatkan kesehatan organ hati dan mengurangi risiko perlemakan hati.

3. Jaga asupan makanan anda. Dalam rangka mencegah perlemakan hati sangat penting bagi anda untuk memilih makanan sehat. Makan makanan tinggi lemak membuat hati menjadi rentan mengalami perlemakan hati. MayoClinic.com menyarankan untuk makan buah-buahan dan sayuran segar untuk meningkatkan asupan antioksidan alami bagi tubuh yang pada gilirannya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat racun dan masalah kesehatan lain seperti perlemakan hati.

4. Tingkatkan asupan asam lemak omega-3. Omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan hati. Mengkonsumsi makanan tinggi omega-3 seperti kacang-kcangan, ikan salmon dan minyak zaitun dapat menurunkan lemak di organ hati dengan mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Jika merasa sulit memenuhi asupan omega-3 dari makanan, anda bisa mengambil suplemen omega-3 seperti minyak ikan. Tetapi, sangat disarankan jika anda mendapatkan omega-3 dari makanan kaerena lebih alami.

5. Jaga kadar kolesterol darah anda. Kolesterol tinggi bisa memicu penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Slain itu, kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu masalah kesehatan lain seperti perlemakan hati. Untuk menurunkan kadar kolesterol anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesetrol jahat, mengurangi makanan berlemak, dan menambah aktivitas fisik.

6. Minum kopi. Dalam sebuah penelitian, orang yang menderita perlemakan hati nonalkohol mengalami penurunan kadar lemak dalam hati mereka setelah minum kopi. Tidak jelas bagaimana kopi dapat meringankan perlemakan hati, sehingga penelitian lebih lanjut mungkin perlu dilakukan untuk mengklaim temuan ini. Meskipun kopi bisa memberikan manfaat bagi penderita perlemakan hati, sebaiknya anda tetap berhati-hati dalam mengkonsumsinya, karena kopi juga mengandung tinggi kafein yang tidak boleh diminum secara berlebihan.

7. Tingkatkan asupan vitamin E. Vitamin E juga disebut sebagai antioksidan alami yang dapat membantu melindungi hati dengan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh peradangan. Bahkan, beberapa bukti menunjukkan jika suplemen vitamin E dapat membantu bagi orang-orang dengan kerusakan hati yang disebabkan oleh perlemakan hati nonalkohol. Tapi Vitamin E memiliki efek samping, seperti peningkatan risiko kanker prostat. Sebenarya anda tidak perlu khawatir mengenai efek samping tersebut, selama anda mendapatkan vitamin E dari sumber makanan, bukan dari suplemen. Selengkapnya bisa anda baca di 25 Makanan yang mengandung tinggi vitamin E

Share this

10 Manfaat buah raspberry untuk kesehatan

Diet sehat dan seimbang harus banyak melibatkan buah segar seperti raspberry. Nutrisi dalam buah-buahan membantu kita dalam menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan kanker. Minum jus raspberry segar dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral  yang berkontribusi besar terhadap kesehatan kita secara keseluruhan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat buah raspberry, berikut ulasannya:
manfaat buah raspberry
manfaat buah raspberry

1. Mencegah kanker. Raspberry diketahui bermanfaat mencegah kanker karena mengndung dua senyawa penting yaitu asam ellagic dan vitamin C. Keduanya berperan aktif dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dari polusi dan racun, yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel.  Dua gelas jus raspberry di pagi dan sore hari mungkin dapat membantu anda terhindar dari berbagai penyakit kanker.

2. Menjaga kestabilan berat badan. Raspberry dapat digunakan sebgi buah untuk dit sehat karena mengandung karbohidrat kompleks, ini ditandai dengan kandungan seratnya yang tinggi plus rendah gula. Serat dalam raspberry juga bermanfaat membantu anda merasa kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi anda untuk makan berlebih. Selain itu, Raspberry juga rendah kalori dan secara alami bebas lemak. Satu cangkir raspberry segar mengandung 64 kalori dengan 8 gram serat.

3. Kesehatan tulang. Mangan adalah salah satu jenis mineral yang banyak ditemukan dalam buah raspberry. Mineral ini membentuk senyawa yang disebut superoxide dismutase, yang bekerja melawan radikal bebas. Menurut University of Maryland Medical Center, mangan dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tulang. Bersama dengan kalsium, mangan bahu-membahu mempertahankan kepadatan tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

4. Mencegah pendarahan. Raspberry merupakan sumber vitamin K, nutrisi penting untuk kesehatan darah dan tulang. Vitamin K juga diperlukan oleh tubuh dalam mengaktifkan protein yang dibutuhkan untuk membentuk bekuan darah, proses yang dibutuhkan untuk menghentikan pendarahan setelah cedera.

5. Kesehatan mata. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada edisi Mei 2006, melaporkan bahwa raspberry mengandung anthocyanin yang dapat membantu mempertajam penglihatan terutama di malam hari. Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi raspberry jug mampu meningkatkan sirkulasi dalam kapiler retina, sehingga mengurangi risiko retinopati pada pasien diabetes, dan memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula.

6. Menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi buah-buahan segar memang sangat baik untuk kesehatan jantung, hal ini dikarenakan buah biasanya mengandung tinggi serat yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat, Raspberry juga bekerja dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Magazine edisi Januari 2011 menemukan bahwa tikus dengan hipertensi yang diberi ekstrak raspberry merah mengalami penurunan tekanan darah dari 12,2-16,1 mmHg selama lima minggu.

7. Anti-inflamasi. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Maret 2011 di Journal Carcinogenesis menemukan bahwa tikus yang diberikan raspberry hitam selama tujuh hari mengalami penurunan signifikan dalam beberapa sitokin pro-inflamasi. Temuan ini menjadi acuan bahwa manfaat buah raspberry dapat menjadi anti-inflamasi alami untuk mengurangi peradangan.

8. Fungsi otak. Studi yang dilakukan pada hewan baru-baru ini menunjukkan hubungan positif antara asupan flavonoid yang ditemukan dalam raspberry dan peningkatan memori. Penelitian tersebut menemukan bahwa mengkonsumsi raspberry memiliki potensi mengurangi risiko penurunan kognitif otak pada lansia. Konsumsilah raspberry mulai dari sekarang dan dapatkan manfaatnya di hari tua.

9. Detoks tubuh. Raspberry merupakan makanan tinggi antioksidan penting untuk membantu tubuh memebuang zat-zat yang tidak diinginkan, terutama dari polusi dan makanan. Dengan demikian, Raspberry adalah detoks alami tubuh. Selain antioksidan, kandungan seratnya yang tinggi juga dapat membantu memperlancar proses pencernaan tubuh, untuk membuang limbah yang tidak diinginkan.

10. Mengontrol gula darah. Raspberry mengandung tinggi serat makanan. Studi telah membuktikan bahwa serat dalam buah raspberry dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1.  Sebagai langkah pencegahan, anda bisa memasukkan buah ini ke dalam menu sehat harian anda.

Share this

10 Manfaat buah murbei untuk kesehatan

Murbei atau dalam bahasa Inggris mulberry, adalah buah yang masuk dalam keluarga berry bersama dengan strawberry, balckberry, raspberry dan blueberry. Di Cina, pohon murbei digunakan untuk memberi makan ulat sutra. Sedangkan buahnya dikonsumsi untuk memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Bahkan, murbei dianggap sebagai tonik kesehatan dan digunakan sebagai teh dan sirup. Beberapa manfaat buah murbei diantaranya:
manfaat murbei
ilustrasi manfaat murbei

1. Mencegah penuaan dini. Penuaan adalah proses alami yang dialami seseorang karena bertambahnya usia. Tetapi, hal ini bisa menjadi tidak wajar ketika penuaan disebabkan oleh kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas. Radikal merupakan produk oksidatif yang didapat dari polutan atau beberapa kondisi seperti stres. Untuk mencegah efek buruk radikal bebas tersebut, anda membutuhkan makanan tinggi antioksidan seperti murbei. Murbei diketahui mengandung beberapa antioksidan seperti leutin dan zea-xanthine, karoten dan fitonutrien. Keduanya mampu menetralisir radikal bebas dan melindungi tubuh dari penuaan dini.

2. Mencegah batu ginjal. Ada empat jenis batu ginjal, dan Jenis yang paling umum adalah kalsium oksalat. Mereka dapat tumbuh dengan cepat dan menjadi besar di saluran kemih sehingga bisa memicu infeksi. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan asam amino secara berlebihan. Penumpukan kalsium  yang tidak diinginkan ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi jus murbei segar secara rutin. Murbei sering ditambahkan pada obat-obatan untuk memperkuat ginjal.

3. Pembersih darah. Anda membutuhkan makanan pembersih darah? mungkin murbei bisa menjadi jawabannya. Darah kotor dapat menyebabkan masalah kesehatan ringan sampai berat. Salah satu produk utama darah kotor adalah jerawat dan bisul. Murbei disinyalir dapat digunakan sebagai pembersih darah terbaik karena mengandung tinggi antioksidan penting. Selain itu, murbei juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

4. Menjaga Kesehatan Jantung. Mengkonsumsi murbei secara rutin telah terbukti bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan murbei mampu memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat, sehingga mencegah penyumbatan di aliran darah. Mengurangi tingkat kolesterol dalam darah sangat penting untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Mencegah hipertensi
. Murbei adalah alah satu makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi terbaik. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Maret 2008 di "American Journal of Clinical Nutrition" murbei diketahui memberikan manfaat positif pada peredaran darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan pembekuan darah, stroke dan penyakit jantung. Untuk itu, cobalah melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi buah sehat seperti murbei.

6. Meningkatkan sistem imun. Sudah tidak diragukan lagi jika murbei merupakan makanan dengan tinggi antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pada gilirannya akan mencegah serangan virus dan infeksi. Melemahnya sistem imun juga membuat anda rentan terhadap penyakit seperti flu dan batuk.

7. Mencegah kerusakan retina. Murbei bisa dikatakan sebagai pelindung alami mata anda. Hal ini disebabkan murbei kaya akan Zea-xanthin, sebuah karotenoid makanan yang berkonsentrasi ke dalam lutea makula retina. Zea-xanthin ini bekerja sebagai antioksidan yang melindungi retina dari kerusakan akibat sinar ultraviolet yang berbahaya melalui tindakan penyaringan cahaya.

8. Diabetes. Manfaat buah murbei ternyata tidak berhenti sampai di situ saja. Buah kecil ini juga diperkaya dengan flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan kadar gula darah pada pasien diabetes. Sehingga murbei cukup efektif untuk mencegah komplikasi pada penderita diabetes yang diakibatkan lonjakan kadar gula darah.

9. Sebagai sumber nutrisi. Murbei merupakan sumber vitamin yang lengkap seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan folat (vitamin B9). Vitamin tersebut bermanfaat memberikan bantuan pada tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, murbei juga mengandung banyak nutrisi lainnya termasuk serat makanan, protein, riboflavin, fosfor, magnesium, asam folat, dan potasium.

10. Untuk kecantikan. Ternyata manfaat buah murbei bukan terbatas pada pencegahan penyakit saja. Menggunakan murbei dapat mencegah beberapa masalah seperti kulit kering, jerawat dan penuaan. Sifat antioksidan yang dimiliki murbei mampu bekerja dengan mengeluarkan racun, memperkecil pori-pori, melembabkan kulit dan melawan noda hitam di wajah. Bukan hanya itu saja, murbei juga diprecaya bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut sehingga membuatnya tampak lebih sehat bersinar.

Meskipun murbei dapat memberikan manfaat dalam mencegah batu ginjal, tetapi anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebih. Pasalnya, murbei mengandung tinggi kalium sehingga dapat menciptakan ketidaknyamanan kepada pasien penyakit ginjal. Oleh sebab itu, bagi pasien penyakit ginjal sebaiknya melakukan konsultasi dulu ke dokter jika ingin mengkonsumsi murbei.

Share this

17 Top Makanan yang mengandung vitamin C tinggi

Vitmain C adalah salah satu dari sekian banyak vitamin yang larut dalam air. Manfaat dan fungsi Vitamin C sangat banyak sekali bagi kesehatan, mulai dari mencegah sariawan sampai membantu tubuh melawan infekesi.

Fungsi vitamin C

Fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.  Karena Vitamin C juga merupakan antioksidan, maka dapat membantu melindungi sel-sel darah putih dari kerusakan oksidatif.

Kesehatan kulit. Vitamin C sering digunakan sebagai buah sehat untuk kulit, bahkan serum vitamin C juga telah digunakan untuk perawatan kecantikan. Tetapi manfaat yang sesungguhnya dari vitamin C untuk kulit adalah karena vitamin ini mampu melindungi kulit dari kerusakan seperti keriput dan kulit kering.

makanan tinggi vitamin C
makanan tinggi vitamin C

Mengurangi Risiko Stroke. American Journal of Clinical Nutrition mempublikasikan penelitian jika vitamin C dapat memberikan efek menguntungkan bagi penderita stroke. Dalam studi tersebut mengungkap orang-orang dengan kadar tinggi vitamin C dalam darah mereka memiliki risiko 50% lebih rendah untuk terkena stroke.

Makanan yang mengandung tinggi vitamin C

1. Jambu biji. Makanan yang mengandung vitamin C paling terkenal adalah buah jeruk, padahal kandungan vitamin C dari jambu biji jauh lebih tinggi jika dibandingkan jeruk. Satu buah jambu biji berukuran sedang setidaknya mengandung 125,57mg Vitamin C. Jumlah ini sudah melebihi dari kebutuhan vitamin C kita perharinya, yaitu lebih dari dua kali dari jumlah harian yang direkomendasikan.

2. Paprika. Paprika adalah makanan yang mengandung tinggi vitamin C selanjutnya. Paprika banyak warna dan hampir dari semuanya mengandung tinggi vitamin C, tetapi paprika merah diyakini yang paling tinggi. Paprika adalah sayuran yang masuk dalam keluarga cabai, meskipun sekilas memiliki tampilan seperti tomat. 1 buah paprika mengandung sekitar 341,31 mg Vitamin C (569% DV).

3. Kembang kol. Satu porsi kembang kol menyediakan 46,4mg Vitamin C, atau tiga perempat dari jumlah kebutuhan vitamin rata-rata orang dewasa. Sayuran ini adalah makanan yang sangat lezat dan tinggi nutrisi sehingga menjadi menu ideal untuk anda. Kembang kol juga relatif rendah kalori sehingga anda tidak perlu khawatir soal kenaikan berat badan.

4. Kubis. Kubis mentah biasanya digunakan sebagai hiasan dalam makanan, tetapi sebenarnya manfaat kubis tidak terbatas itu. Kubis mengandung tinggi vitamin C yang sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem imun.  Satu cangkir kubis cincang sudah memenuhi lebih dari kebutuhan vitamin C harian anda. Jadi tunggu apa lagi, bagi anda yang membutuhkan makanan tinggi vitamin C masukkan sayur yang satu ini ke dalam menu sehat.

5. Sawi hijau. Sawi adalah makanan sehat tinggi nutrisi. Sawi mengandung rendah lemak sehingga cocok bagi pelaku diet sehat. Satu cangkir sawi cincang menyediakan 539,2 miligram vitamin C. Selain itu, sawi hijau juga diperkaya dengan nutrisi lain seperti kalsium, folat, serta vitamin A dan vitamin K.

6. Lobak hijau. Satu cangkir lobak mentah mengandung 33 mg Vitamin C. Lobak bisa menjadi makanan tambahan sumber antioksidan dan menyediakan lebih dari setengah dari jumlah total vitamin C yang direkomendasikan. Vitamin C dalam lobak bermanfaat meningkatkan sistem imun sekaligus menangkal serangan virus.

7. Brokoli. Brokoli sangat terkenal karena mengandung tinggi antioksidan yang bermanfaat menangkal efek buruk radikal bebas dari polusi udara. Brokoli merupakan makanan ideal untuk membersihkan paru-paru dari racun dan polusi. Satu cangkir brokoli cincang memberikan sekitar 81,18 mg Vitamin C, jumlah tersebut sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian anda.

8. Buah kiwi. Buah kiwi memiliki harga cukup mahal, tetapi manfaat yang dimilikinya cukup sepadan dengan harganya. Buah kiwi diperkaya dengan vitamin C yaitu 84,36 mg. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Cobalah mengganti camilan anda dengan buah-buahan sehat seperti kiwi dan dapatkan manfaat yang banyak darinya.

9. Buah nanas. Buah tropis dengan bentuk khas ini bisa digunakan untuk salad atau smoothie. Nanas mengandung tinggi vitamin C dan memenuhi sekitar 131% dari kebutuhan vitamin C harian. Selain vitamin C, nanas juga mengandung banyak nutrisi sehingga sangat bermanfaat memperkuat tulang, meringankan gejala arthritis, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

10. Tomat. Sayuran ini memang diperdebatkan apakah masuk dalam kategori buah atau sayur.  Terlepas dari itu, tomat adalah makanan paling menguntungkan karena memiliki kandungan antioksidan ganda. Tomat memiliki salah satu antioksidan paling kuat yaitu likopen. Antioksidan ini dipercaya mampu mencegah kanker dan kondisi kesehatan lainnya. Belum lagi tomat juga merupakan sumber vitamin C.  Tomat berukuran sedang mengandung 28,78 mg Vitamin C (48% DV).

11. Strawberry. Buah dengan tampilan menawan ini memang memiliki daya tarik tersendiri dikalangan penggemarnya. Terlepas dari kandungan nutrisinya, buah strawberry masih tetap menjadi primadona banyak orang. Buah ini relatif mahal, tetapi mengandung tinggi antioksidan dari vitamin C. Satu cangkir strawberry cincang sudah memenuhi lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda.

12. Melon. Melon masih satu keluarga dengan mentimun. Dalam hal manfaat keduanya juga tidak jauh berbeda. Melon mengandung tinggi vitamin C, 1/8 menyediakan setidaknya 20,19 mg vitamin C atau setera dengan 34% kebutuhan vitamin C anda. Karena kandungan nutrisinya yang tingi, melon diketahui juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi tingkat stres. Selain vitamin C, Buah ini juga diperkaya dengan kalium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi.

13. Buah Mangga. Buah mangga sangat mudah dibudidayakan di Indonesia, maka tidak heran jika pohon mangga sangat sering dijumpai khususnya di daerah pedesaan. Mangga memiliki harga cukup terjangkau, tetapi memiliki manfaat yan tidak sedikit. Buah mangga diperkaya dengan aneka mineral dan vitamin seperti vitamin C. Buah mangga segar berukuran sedang memberikan 57,34 vitamin C. Mengkonsumsi mangga juga memberikan anda banyak nutrisi seperti Vitamin A, E, dan B6, serta mineral termasuk tembaga dan kalium.

14. Buah jeruk. Diantara semua makanan tinggi vitamin C di atas, jeruk merupakan yang paling populer, meskipun bukan yang paling tinggi dalam hal kandungan vitamin C. Jeruk memang memiliki rasa asam manis yang unik sehingga membuatnya banyak digemari banyak orang. Dalam buah jeruk segar mengandung sekitar 36,11 vitamin C, masih kalah jauh dengan jambu biji, tetapi setidaknya buah jeruk bisa menjadi pilihan yang lezat. Belum lagi, jeruk juga menyediakan nutrisi penting seperti asam folat, kalium, dan vitaminB.

15. Buah pepaya. Buah pepaya sering digunakan sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Satu buah pepaya berukuran sedang mengandung 187,87 mg vitamin C. Itu lebih dari tiga kali lipat kebutuhan vitamin C harian.

16. Kubis merah. Tidak jauh berbeda dengan kubis biasa, kubis merah juga menyediakan vitamin C.  Satu cangkir kubis merah segar mengandung 50,73 mg Vitamin C dan 993.2IU Vitamin A.

17. Buah ceri. Ada banyak jenis  bauh ceri, hampir semuanya mengandung tinggi vitamin C. Buah memang merupakan sumber terbaik dari vitamin dan mineral, terlebih buah juga lebih rendah lemak sehingga baik dikonsumsi secara rutin. Satu cangkir Buah ceri segar mengandung sekitar 1644,05 miligram Vitamin C (2740% DV).

Share this

17 manfaat buah bit untuk kesehatan

Buah bit adalah buah dengan tampilan menawan. Buah bit memiliki warna merah darah yang menjadi indikasi bahwa buah ini mengandung tinggi betakaroten. Buah bit tergolong sebagai buah mahal dan kurang begitu populer di Indonesia. Secara tradisional, buah bit sudah digunakan sebagai obat untuk demam dan sembelit. Hippocrates yang merupakan bapak kedokteran,  menganjurkan penggunaan daun bit untuk mengikat luka. Dari Abad Pertengahan, buah bit juga digunakan sebagai bahan pengobatan untuk berbagai kondisi, terutama Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan pencernaan dan darah. Untuk mengetahui secara detil sputar manfaat buah bit untuk kesehatan, mari kita simak ulasan berikut ini:
manfaat buah bit
Ilustrasi manfaat buah bit

1. Mengatasi masalah kulit. Makan buah bit secara teratur dipercaya dapat  mencegah dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Buah yang kaya antioksidan ini juga dapat membantu menghilangkan noda membuat kulit menjadi lebih sehat secara alami.

2. Mencegah kanker. Buah berwarna merah ini diketahui mengandung tinggi antioksidan yang merupakan komponen penting untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Ini menjadikan buah bit sebagai bahan utama untuk mencegah kanker. Kebayakan jenis kanker diakibatkan oleh radikal bebas yang tidak terkontrol di dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus buah bit mengandung betacyanin yang membantu mencegah pembentukan tumor dan kanker.

3. Menjaga kesehatan mata. Buah memiliki warna merah menyala yang mengindikasikan bahwa buah bit mengandung  tinggi betakaroten. Nutrisi ini merupakan nutrisi utama untuk mata. Penelitian melaporkan bahwa kandungan dua senyawa penting  lutein dan zeaxanthin bermanfaat bagi retina mata. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal anda bisa memadukan jus buah bit dengan wortel atau buah naga.

4. Mengatasi anemia. Anda butuh makanan penambah darah? Mungkin buah bit bisa menjadi jawabannya. Buah ini bisa menambah sel darah merah bukan karena memiliki warna merah seperti darah. Buah bit diketahui mengandung tinggi zat besi, yang merupakan mineral utama pembentukan sel darah merah. Selain zat besi nutrisi lain yang diperlukan untuk menambah kuantitas sel darah merah adalah vitamin B12 yang bisa anda dapatkan dari kebanyakan makanan laut.

5. Meningkatkan sistem imun. Memiliki sistem imun yang kuat merupakan hal yang sangat penting untuk menghalau serangan virus dan penyakit terkait penurunan sistem imun. Kabar baiknya, buah bit mengandung tinggi aneka vitamin dan nutrisi lain yang telah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi.

6. Miningkatkan fungsi otak. Buah bit memberikan efek positif pada fungsi otak dengan membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini dapat mengurangi risiko penurunan fungsi otak terkait usia seperti penyakit alzheimer. Para peneliti dari Translational Science Center di Wake Forest University menemukan bahwa kandungan nitrat dalam buah bit memainkan peran kunci dalam melawan perkembangan demensia dan meningkatkan fungsi otak. Nitrat diubah menjadi nitrit oleh bakteri di dalam mulut yang membantu pembuluh darah terbuka di tubuh, meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak.

7. Mengontrol tekanan darah. Salah satu manfaat penting buah bit adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi  bisa mendapatkan manfaat besar dengan mengkonsumsi buah bit karena kandungan nitratnya yang tinggi. Menurut sebuah studi yang didanai oleh British Heart Foundation dan dipublikasikan secara online dalam American Heart Association journal of Hypertension, orang yang minum jus buah bisa mengalami penurunan tekanan darah dalam waktu 24 jam. Seiring kemampuannya tersebut memebuat buah bit sangat efektif digunakan sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Menurunkan berat badan. Buah bit mengandung rendah lemak dan tinggi serat yang sangat diperlukan untuk diet. Gula dalam buah bit adalah karbohidrat kompleks karena rendah gula dan tinggi serat. Ini akan membantu anda dalam usaha menurunkan berat badan, cobalah ganti menu camilan anda yang tidak sehat dengan makan buah bit.

9. Memperlambat proses penuaan. Penuaan adalah suatu proses alami, tetapi terkadang bisa menimbulkan masalah, dimana seseorang mengalami penuaan lebih cepat dari pada seharusnya. Warna merah darah buah bit berasal dari kelompok antioksidan kuat yang disebut betalains. Ada ratusan penelitian tentang manfaat kesehatan yang positif dari betalains. Kandungan Antioksidan dalam buah bit bermanfaat menghilangkan akumulasi racun dari dalam tubuh yang bisa menyebabkan penuaan.

10. Mengontrol gula darah. Buah Bit dapat menstabilkan kadar glukosa dalam darah, sehingga penderita diabetes yang rutin makan buah bit setidaknya tiga kali dalam seminggu dapat terbantu untuk mengontrol gula darah. Hal ini disebabkan dari serat larut dalam buah bit. Pasien dengan diabetes diharuskan banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat larut seperi buah bit.

11. Detoksifikasi darah. Buah bit merupakan makanan untuk membersihkan darah paling ideal karena mengandung sejumlah vitamin dan serat. Jus buah bit saat dikonsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi jerawat yang disebabkan karena darah kotor. Selain bisa menimbulkan jerawat, darah kotor juga dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya lainnya.

12. Mencegah cacat pada bayi. Manfaat buah bit yang cukup penting adalah membantu menutrisi ibu hamil, ini dikarenakan buah bit mengandung sejumlah asam folat. Asam folat merupakan komponen penting untuk perkembangan sang bayi termasuk membantu pembentukan sumsum tulang belakang . Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat memperbesar risiko cacat tabung saraf yang merupkan kondsi abnormal ketika bayi berada dalam kandungan. Untuk mencegah kondisi tersebut sang ibu diwajibkan memenuhi asam folat dari makanan seperti buah bit segar.

13. Mencegah ketombe. Manfaat buah bit bukan hanya terbatas pada pencegahan penyakit saja, melainkan untuk perawatan kecantikan. Buah bit mengandung aneka nutrisi seperti protein, fosfor, kalium dan banyak vitamin esensial yang bermanfaat meningkatkan srikulasi darah ke kulit kepala. Hal ini akan membantu menghilangkan kulit mati dari kulit kepala dan membantu pertumbuhan rambut dengan menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala.  Selain itu, buah bit juga bersifat antiseptik dan anti inflamasi, yang bisa menghilangkan dan menyembuhkan kulit mati  sehingga akan mencegah ketombe.

14. Menguatkan tulang. Buah bit adalah makanan sumber mineral yang lengkap. Buah bit mengandung kalsium, folat, vitamin C, mangan, magnesium dan tembaga, kesemua nutrisi tersebut sangat diperlukan dalam pembentukan tulang yang kuat. Mengkonsumsi setengah buah bit segar setiap hari bisa membantu menjaga tulang dari kondisi seperti osteoporosis masalah tulang lainnya.

15. Menurunkan kolesterol. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah dapat menghindarkan seseorang dari serangan jantung dan stroke. Buah bit mengandung karotenoid dan flavonoid, yang membantu menurunkan kolesterol jahat.Sebuah studi yang diterbitkan di Farmacia pada tahun 2011 menyatakan bahwa buah bit dapat menurunkan kadar kolesterol total sekaligus meningkatkan high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol baik.  Bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi bisa mencoba mengkonsumsi buah bit untuk membantu mengendalikannya.

16. Meningkatkan kesehatan mental. Kesehatan mental yang buruk seperti stres dan depresi dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti serangan jantung dan melemahnya sistem imun, untuk itu sangat penting bagi kita menjaga kesehatan mental dengan mengkonsumsi buah segar. Buah bit sering digunakan dalam pengobatan depresi. Hal ini karena buah bit mengandung triptofan, yang memberikan efek menenangkan pikiran dan menciptakan perasaan senang, mirip dengan cokelat.

17. Detoks hati. Hati adalah organ penting di dalam tubuh yang bekerja mengeluarkan racun. Untuk membuat kerja organ hati kita maksimal kita bisa mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan seperti buah bit. Mengkonsumsi buah bit bisa merangsang fungsi sel-sel hati dan melindunginya dari racun. Serat dalam buah bit memberikan efek peningkatan produksi enzim-enzim detoksifikasi di hati (SOD, katalase, glutation).

Share this

Gejala dan penyebab tekanan darah tinggi

Darah tinggi adalah penyakit berbahaya yang sangat ditakuti di seluruh dunia. Penyebab darah tinggi sering diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman keras dan kurangnya waktu istirahat. Gejala darah tinggi cukup sulit dikenali secara pasti, tapi bisa dengan mudah diketahui oleh dokter dengan melakukan tes tekanan darah.

Untuk mengetahui apakah pasien terkena tekanan darah tinggi atau tidak biasanya dokter akan melakukan tes tekanan darah. Dokter menempatkan manset tekanan darah pada lengan, yang berfungsi mengukur tekanan dalam pembuluh darah. Jika pasien didiagnosis terkena tekanan darah tinggi, maka pasien harus menghindari makanan atau minuman seperti kopi, minuman bersoda, daging merah dan makanan berlemak lainnya. Berikut beberapa penyebab tekanan darah tinggi paling umum:

penyebab tekanan darah tinggi
penyebab tekanan darah tinggi

1. Obesitas. Memiliki berat badan berlebih memang menempatkan anda pada risiko besar terserang penyakit berbahaya seperti jantung, darah tinggi dan diabetes. Penelitian menunjukkan orang yang gemuk memiliki kemungkinan 10 tahun meninggal lebih awal dibandingkan mereka dengan berat badan normal. Tentunya informasi ini bukan bermaksud menakut-nakuti mereka dengan badan gemuk, tetapi lebih membuat mereka waspada.

2. Stres. Penyakit darah tinggi sangat erat kaitannya dengan managemen stres yang buruk. Perasaan khawatir berlebih akan membuat jantung kita berdenyut lebih cepat dari pada biasanya sehingga meningkatkan risiko darah tinggi. Kabar baiknya, ada beberapa cara sederhana yang bisa anda coba untuk menghilangkan stres, seperti bernafas dalam-dalam atau sekedar keluar untuk menghirup udara segar.

3. Kekurangan kalsium. Anda mengenal kalsium sebagai nutrisi untuk tulang, tetapi sebenarnya fungsi kalsium tidak sesederhana itu. Kalsium memainkan banyak peran penting di dalam tubuh kita, salah satunya menjaga kestabilan tekanan darah. Akibatnya kekurangan kalsium bisa menempatkan seseorang pada risiko tinggi terkena hipertensi (tekanan darah tinggi).

4. Kekurangan kalium. Nutrisi lainnya yang tidak kalah penting adalah kalium. Kalium bermanfaat menjaga detak jantung anda pada tingkat normal sehingga akan mencegah darah tinggi. ada banya makanan yang mengandung tinggi kalium seperti sayuran hijau, alpukat, pisang dan kentang. Kekurangan kalium dari makanan dapat memperbesar risiko serangan jantung dan stroke.

5. Rokok dan alkohol. Gaya hidup yang tidak sehat seperti menenggak minuman beralkohol dan merokok menjadi salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi. Jika anda ingin terbebas dari penyakit berbahaya sebaiknya tinggalkan keduanya, atau keinginan untuk memiliki hidup sehat hanya sekedar mimpi belaka.

6. Begadang. Tidur larut malam mungkin sudah menjadi gaya hidup anak muda di zaman sekarang dan seolah-olah menjadi hal yang biasa. Padahal begadang memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Tidur terlalu malam akan membuat jantung kita bekerja semakin keras, yang seharusnya beristirahat. Akibatnya anda akan lebih mungki untuk terkena penyakit darah tinggi dan serangan jantung. Belum lagi, tidur di atas jam 23.00 akan membuat pembuangan racun dari dalam tubuh tidak bisa maksimal sehingga anda akan berisiko terkena kanker.

7. Makanan tinggi lemak. Menjaga pola makan dengan mengurangi makanan berlemak menjadi salah satu cara menghindari tekanan darah tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak terutama lemak trans dan lemak jenuh bisa menyebabkan serangan jantung dan hipertensi. Makanan yang dikategorikan tinggi lemak seperti: gorengan, keju keras, hati ayam, krim, es krim, mentega, dan daging berlemak.

8. Kurangnya aktivitas fisik. Kurang olahraga menjadi penyebab banyak penyakit. Serangan jantung dan obesitas menjadi salah satu akibat nyata. Orang yang tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup menjadi sangat rentan terhadap penyakit, terlebih disebabkan karena melemahnya sistem imun tubuh. untuk menghindari darah tinggi lakukan olahrag secara rutin setidaknya 2 kali smeinggu dengan durasi 30-60 menit.

Bagaimana menghindari tekanan darah tinggi? cara menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, dengan banyak berolahraga, mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan plus menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan begadang. Selain itu, kurangi asupan natrium dari garam, sebaliknya tingkatkan asupan kalium dan kalsium dari makanan. Informasi terkait 14 Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Gejala penyakit darah tinggi

Pada umumnya orang yang mengalami tekanan darah tinggi sulit untuk diidentifikasi, sehingga penderita baru menyadarinya setelah bertahun-tahun menderita penyakit tersebut. Inilah kenapa darah tinggi juga sering disebut sebagai  “silent killer”. Meskipun demikian, kadang penderita tekanan darah tinggi mengalami beberapa gejala seperti pusing, mual dan mimiasan, tetapi ini masih tidak bisa menjadi ukuran, oleh sebab itu periksakan kondisi anda ke dokter jika merasa mengalami gejala darah tinggi tersebut.

Share this

7 Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol merupakan masalah kesehatan serius yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan peningkatan risiko stroke. Kabar baiknya adalah, hal ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan mengelola tingkat stres.

Penyebab utama tekanan darah tinggi masih didominasi oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti: merokok, begadang, minum minuman beralkohol, makanan tinggi lemak, dan kurangnya aktivitas fisik. Jadi sangat penting bagi anda untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut. Selain melakukan pencegahan, ada beberapa hal yang bisa membantu anda menurunkan tekanan darah tinggi secara alami tanpa obat, beberapa diantaranya adalah:
gambar cara menurunkan tekanan darah tinggi
Ilustrsi tekanan darah tinggi

1. Latihan menggenggam. The American Heart Association baru-baru ini melaporkan bahwa latihan menggenggam tangan diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 10 persen. Mencengkeram dan melepaskan bola karet kecil 2 menit, hingga 15 menit, tiga hari dalam seminggu selama delapan sampai 12 minggu, dapat membantu meringankan gejala hipertensi. Meskipun penelitian ini tidak menjelskan secara rinci mengapa latihan ini memiliki efek menguntungkan terhadap pasien tekanan darah tinggi, tetapi para peneliti percaya gerakan berulang dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

2. Bernafas dalam-dalam. Menurut sebuah Studi di Hipertensi Research menemukan bahwa latihan pernapasan dalam dapat mengurangi Tekanan darah sistolik mereka. Para Ilmuwan memperkirakan melakukan latihan ini secara teratur dapat membantu menyembuhkan pasien hipertensi. Para ilmuwan menjelaskan bahwa saat kita melakukan pernapasan dalam akan melibatkan sistem saraf parasimpatis yang memiliki efek menenangkan sehingga dapat  mengurangi denyut jantung dan tekanan darah tinggi.

3. Berjalan kaki. Berjalan kaki adalah olahraga ringan tetapi memiliki efek luar biasa bagi kesehatan. Berjalan kaki secara rutin akan melatih kerja jantung dalam memompa darah dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi pada tahun 2013 lalu mencoba membandingkan manfaat antara berjalan dan berlari, dengan melibatkan lebih dari 48.000 orang Pelari dan Pejalan kaki. Penelitian tersebut menemukan bahwa berjalan selama 30 sampai 60 menit sehari menurunkan risiko tekanan darah tinggi hingga 19 persen, sedangkan lari  dalam durasi yang sama mengurangi risiko sebesar 15 persen.

4. Meiliki hewan peliharaan. Tahukah anda jika binatang peliharaan bisa membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi? sebuah studi yang melibatkan lebih dari 5.000 orang mengungkapkan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah sistolik lebih rendah dibandingkan yang lain. Para peneliti menduga bahwa binatang peliharaan bisa memberikan efek menenangkan sehingga dapat mengurangi stres dan depresi yang menjadi penyebab hipertensi. Sebuah penelitian di Psychosomatic Medicine menemukan bahwa orang yang membawa hewan peliharaan, ketika diminta untuk mengerjakan soal matematika yang sulit, memiliki lonjakan tekanan darah lebih rendah dibanding yang lain.

5. Meningkatkan asupan kalium. Mencukupi kebutuhan kalium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu fungsi kalium adalah melemaskan dinding pembuluh darah anda. Sebuah sumber yang mengejutkan kalium: kismis. Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa ngemil dengan buah kering yang diperkaya kalium tiga kali sehari selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 4,8 persen.

6. Mengurangi asupan natrium. Menjaga asupan natrium harian dapat mengurangi tekanan darah tinggi 2-8 mm Hg. Pengaruh asupan natrium pada tekanan darah bervariasi pada masing-masing orang. Secara umum, anda harus membatasi sekitari 2.300 mg natrium per hari.

7. Ramuan biji semangka. Biji semangka mengandung senyawa yang disebut cucurbocitrin, senyawa ini bermanfaat melebarkan pembuluh kapiler darah. dengan demikian, biji semangka bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cara pembuatannya: ambil dua sendok teh biji semangka kering yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan ke dalam satu cangkir air. Minum ramuan tersebut dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Minyak zaitun. Kebanyakan orang akan melihat minyak zaitun hanyalah sekumpulan lemak, yang itu artinya buruk bagi kesehatan jantung. Faktanya justru tidak demikian, minyak zaitun diketahui memiliki efek menguntungkan dalam hal menurunkan tekanan darah seseorang. Sebuah studi tahun 2012 lalu yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension melihat bahwa minyak zaitun dapat membantu meringankan tekanan darah pada wanita muda yang menderita tekanan darah tinggi ringan.

Buah bit. Peneliti Australia melihat jus buah bit memiliki efek menguntungkan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi pada pria dan wanita. Peserta penelitian tersebut diminta untuk minum buah bit yang ditambah jus apel, kemudian tekanan darah mereka dimonitor selama 24 jam. Hasil studi tersebut menunjukkan para peserta yang minum jus buah bit memiliki penurunan tekanan darah secara signifikan. Studi ini diterbitkan dalam Journal Of Nutrition pada tahun 2013.

Biji rami. Menurut sebuah studi  yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension, menemukan bahwa mengkonsumsi biji rami dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik (ketika jantung berkontraksi) dan tekanan darah diastolik (saat jantung berelaksasi) lebih dari enam bulan pada orang dengan hipertensi. Bahkan, efek menguntungkan dari biji rami ini lebih baik dari obat hipertensi. Para peneliti masih belum mengetahui pasti penyebab hal ini, tapi mereka menduga kandunga senyawa dalam biji rami seperti: alpha linolenic acid, lignan, peptida dan serat yang menjadi faktor utama.

Susu rendah lemak. Dalam berbagai ulasan dan analisis penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Human Hypertension, peneliti Australia menemukan hubungan antara konsumsi susu rendah lemak dan rendahnya risiko hipertensi. Susu memang diketahui mengandung tinggi kalsium yang merupakan mineral penting dalam mengendalikan tekanan darah tinggi. Meskipun kalsium memainkan peran tersebut, tetapi ada komponen lain dari susu yang menguntungkan dalam menurunkan tekanan darah, termasuk senyawa seperti peptida.

Buah delima. Para peneliti dari Inggris menemukan bahwa jus buah delima bisa memberikan efek positif untuk tekanan darah tinggi di kalangan anak muda dan orang dewasa. Menurut hasil studi yang dipublikasikan di Plant Foods for Human Nutrition, Mengkonsumsi lebih dari satu cangkir jus buah delima setiap hari selama empat minggu dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Para peneliti menduga hal ini bisa terjadi karena buah delima mengandung tinggi kalium dan polifenol. Meskipun demikian, penelitian lebih mendalam perlu dilakukan untuk menguatkan temuan ini. Selengkapnya 14 Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Tips mencegah tekanan darah tinggi

Menurunkan berat badan. Memiliki berat badan berlebih dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti serangan jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi bisa melonjak seiring meningkatnya berat badan, dan kehilangan berat badan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Indeks massa tubuh dan lingkar pinggang adalah ukuran yang biasa digunakan untuk menentukan apakah seseorang kelebihan berat badan atau obesitas.

Berhenti merokok. Jika anda beranggapan merokok itu maco, anda harus buang jauh-jauh statemen ini, faktanya merokok hanya menimbulkan penyakit. Merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat memperburuk masalah kesehatan yang berhubungan dengan darah tinggi.

Manajemen stres. Stres selain dapat mempengaruhi hubungan sosial seseorang, ternyata juga bisa menimbulkan masalah kesehatan tersendiri seperti menurunnya sistem imun dan meningkatkan risiko hipertensi. Cara paling efektif untuk mengendalikan stres adalah dengan bersantai dan befikir positif. Manajemen stres yang baik dapat meningkatkan kesehatan emosional dan fisik seseorang.

Dapatkan aktivitas fisik. Memulai hidup sehat bisa dilakukan dengan meningkatkan aktivitas fisik. Tidak peduli seberapa sibuk, anda harus mendapatkan latihan yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Olahraga selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara langsung,  juga bermanfaat menegendalikan berat badan yang merupakan salah satu faktor utama pnyebab kenaikan tekanan darah.

Beberapa jenis obat tekanan darah tinggi

ACE inhibitor. Obat jenis ini bekerja dengan mengurangi jumlah bahan kimia yang dalam aliran darah anda, yang disebut angiotensin II. Bahan kimia ini dapat mempersempit (konstriksi) pembuluh darah. Oleh karena itu, mengurangi kimia ini akan membuat pembuluh darah lebih melebar, sehingga tekanan darah dalam pembuluh darah menjadi berkurang.

Kalsium channel blockers. Obat ini bekerja dengan mempengaruhi penggunaan kalsium di pembuluh darah dan otot jantung. Hal Ini akan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah. Ada berbagai jenis dan merek obat ini seperti: amlodipine, diltiazem, felodipin, lasidipin, lercanidipine, nicardipine, nifedipine, dan verapamil. Kalsium channel blockers juga dapat digunakan untuk mengobati angina.

Beta-blocker. Beta blocker bekerja dengan memperlambat denyut jantung, dan mengurangi kekuatan hati. Tindakan ini bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Beta-blocker juga sering digunakan untuk mengobati angina, dan beberapa kondisi lain. Obat ini tidak boleh dikonsumsi penderita asma dan jenis penyakit paru-paru lainnya seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Informasi mengenai jenis obat penurun tekanan darah tinggi di atas hanya sebagai tambahan pengetahuan, bukan ditujukan sebagai rujukan utama, maka dari itu, konsultasikan dulu ke dokter atau tenaga medis profesional sebelum mengambil obat tersebut. 

Share this

14 Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi adalah penyakit terkait  tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan faktor utama serangan jantung dan dianggap sebagai penyebab utama stroke. Hipertensi (tekanan darah tinggi) sering disebut "silent killer", karena orang yang menderita penyakit ini biasanya tidak terasa,  dan baru akan menyadarinya ketika mereka terkena stroke atau serangan jantung.

Penyakit darah tinggi sering dipicu masalah kesehatan lain seperti obesitas. Obesitas akan menyebabkan kerja jantung menjadi lebih berat sehingga dapat mengacaukan tekanan darah. Selain faktor tersebut, tekanan darah tinggi juga berkaitan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasan merokok dan mengkonsumsi makanan tinggi lemak. Makanan disisi lain memang dapat meningkatkan risiko hipertensi, tetapi disisi lain juga bisa membantu mengatasinya, beberapa contoh makanan penurun tekanan darah tinggi diantarnya:

makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi
makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

1. Buah berry. Anda butuh makanan penurun tekanan darah tinggi? cobalah memulai dengan buah berry. Buah berry masuk daftar sebagai buah dengan antioksidan tinggi karena mengandung tinggi vitamin C.  Buah berry seperti blueberry, stroberi, dan raspberry juga diperkaya dengan serat yang bermanfaat menurunkan kolesterol jahat. Selain vitamin C, Keluarga berry juga mengandung tinggi kalium yang merupakan mineral penting untuk mengontrol tekanan darah.

2. Buah pisang. Pisang merupakan buah yang lezat dan sangat populer karena mengandung tinggi nutrisi termasuk serat dan kalium. Dalam buah pisang mengandung sekitar 450 miligram kalium, yang cukup efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk menjaga kestabilan tekanan darah, sangat penting bagi kita mengurangi jumlah garam dan meningkatkan tinggi kalium dalam menu harian. Selain itu, asupan kalium yang rendah juga dapat meningkatkan risiko penyakit stroke.

3. Yogurt. Yogurt adalah makanan tinggi kalsium yang memiliki efek menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut studi dari diet DASH Orang dewasa yang mengkonsumsi setidaknya 1000-1500 miligram kalsium perhari dari makanan dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Meskipun mengambil suplemen dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mudah, tetapi para ahli merekomendasikan kita mendapatkan asupan kalsium dari makanan. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi kalsium memiliki efek penurunan tekanan darah tinggi lebih baik dibandingkan dari suplemen.

4. Anggur merah. Red Wine atau anggur merah sering digunakan sebagai minuman beralkohol yang memberikan efek buruk bagi kesehatan dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Tetapi anggur merah yang masih belum difermentsi justru memiliki efek sebaliknya. Anggur merah bermanfaat menenangkan arteri, mengurangi kadar gula darah dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Memasukkan anggur ke dalam menuh sehat harian anda bisa membantu mencegah timbulnya tekanan darah tinggi bahkan meringankan hipertensi. Anggur merah dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung beberapa zat seperti etil alkohol (etanol) dan polifenol antioksidan, termasuk resveratrol dan procyanidins.

5. Kayu manis. Kayu manis sudah sejak lama dikenal sebagai obat. Kombinasi kayu manis dengan madu dipercaya cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Belum lagi, kayu manis diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Kayu manis dapat anda pasangkan dengan aneka makanan seperti oatmeal.

6. Ikan salmon dan tuna. Kedua jenis ikan ini mengandung tinggi asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Lemak sehat yang terdapat dalam kedua jenis ikan tersebut telah terbukti mampu mengurangi risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Sebuah analisis menunjukkan, bahwa suplementasi minyak ikan dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, mengkonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan asam omega-3 bukan merupakan cara ideal, karena beberapa studi menunjukkan bahwa terlalu banyak menkonsumsi minyak ikan justru dapat meningkatkan risiko kardiovaskular. Ini berbeda saat anda mendapatkan asupan omega 3 dari makanan, karena jumlah omega 3 dalam makanan biasanya tidak berlebihan.

7. Teh hibiscus (bunga sepatu). Minum teh merupakan kebiasaan sehat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Beberapa jenis teh diketahui memiliki kemampuan lebih dibandingkan yang lain dalam hal menurunkan tekanan darah. Seperti teh hibiscus, teh jenis ini telah terbukti mengurangi tekanan darah pada orang dewasa sebelum terkena hipertensi, ini sangat baik digunakan sebagai langkah pencegahan. Hibiscus adalah pohon kecil dengan bunga merah yang kaya akan flavonoid, mineral, dan nutrisi lainnya. Para ahli merekomendasikan minum teh hibiscus dua sampai tiga cangkir per hari untuk mendapatkan manfaat nyata. Meskipun demikian beberapa jenis teh mengandung tinggi kafein sehingga anda harus membatasinya.

8. Buah bit. Buah bit dikenal sebagai makanan untuk membersihkan darah dari racun karena mengandung tinggi antioksidan penting. Selain kemampuannya tersebut, buah bit telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mencegah hipertensi anda perlu menjaga tingkat emosional dan stres, dimana stres sering dipicu oleh radikal bebas, sedangkan kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah bit bisa menetralisir efek buruk radikal bebas tersebut.

9. Kentang. Kentang adalah makanan yang mengandung tinggi kalium dan magnesium, dua mineral penting untuk membantu melawan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan asupan tinggi kalium di Amerika dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa hingga 10 persen. Kentang makanan serba guna karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti serat, mineral dan karbohidrat. Cobalah mengganti menu sarapan anda dengan kentang untuk terhindar dari tekanan darah tinggi.

10. Brokoli. Brokoli merupakan sayuran sehat karena mengandung tinggi serat dan antioksidan. Bahkan, brokoli selalu masuk daftar tertinggi makanan sehat karena manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan. Brokoli diperkaya dengan mineral penting seperti kalsium, kalium dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan jantung, termsuk hipertensi.

11. Makanan tinggi vitamin E. Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, vitamin ini adalah bentuk lain dari antioksidan. Vitamin E memberikan perlindungan tubuh dari peyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan oleh kolesterol. Vitamin E bukan hanya menurunkan LDL tetapi juga meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), keduanya sangat penting dalam mencegah stroke yang diakibatkan tekanan darah tinggi.

12. Asparagus. Sayuran ini adalah pilihan nomor satu untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena kaya akan kalium. Meskipun banyak makanan lain yang tinggi kalium  seperti buah pisang, buah jeruk, aprikot kering dan ikan. Tetapi asparagus juga merupakan diuretik alami, yang memberikan efek kuat dalam menurunkan tekanan darah.

13. Oatmeal. Oatmeal adalah menu sarapan sehat karena bermanfaat menurunkan kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 88 orang menunjukkan bahwa makan oatmeal secara rutin bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah jenis oatmeal organik, atau anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

14. Jamur. Jamur diperkaya dengan kalium, yang merupakan mineral utama untuk mengendalikan tekanan darah. Jamur juga memiliki banyak kelebihan lain dari pada hanya sekedar mengurangi hipertensi. Makanan ini tinggi serat, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Belum lagi, jamur adalah makanan yang lezat dan bisa dibuat menjadi aneka makanan seperti sup, tumis dan sate.

Share this

Jenis penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru mengacu pada gangguan yang mempengaruhi fungsi dan kerja paru-paru sebagai alat untuk bernafas. Masalah pernapasan terkait penyakit paru-paru bisa menghalangi tubuh untuk mendapatkan cukup oksigen. Data di Amerika menunjukkan bahwa wanita lebih rentan mengalami penyakit paru-paru dibandingkan dengan  pria. Selain itu, perempuan yang meninggal karena PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) lebih tinggi dibandingkan laki-laki setiap tahun sejak tahun 2000. Para peneliti masih mendalami mengenai penyebab fenomena ini. Untuk sementara para peneliti menduga bahwa kebisaan merokok pada wanita lebih merusak dibandingkan pria. Berikut beberapa jenis penyakit paru-paru beserta gejalanya :
penyakit paru-paru
Ilustrasi penyakit paru-paru

1. Asma. Asma adalah penyakit pernapasan dengan gejala seperti batuk, mengi, dan sesak dada. Penyakit ini juga sering disebut asma bronkial atau penyakit saluran napas reaktif. Penyakit asma bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan. Penyakit ini bisa diobati dengan pengobatan yang tepat.

2. Emfisema. Emfisema adalah suatu penyakit paru-paru kronis jangka panjang. Orang yang menderita penyakit ini biasanya akan mengalami kesulitan bernapas yang disebabkan keterbatasan dalam mengeluarkan udara. Penyakit emfisema memiliki banyak penyebab, tetapi faktor utama pemicu penyakit ini adalah kebiasaan merokok. Emfisema adalah salah satu jenis penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Disebut "obstruktif" karena orang dengan emfisema seolah-olah ada sesuatu yang menghalangi aliran udara. Penyakit ini sulit diobati tetapi bisa dicegah dengan berhenti merokok, serta banyak mengkonsumi buah dan sayur.

3. Fibrosis sistik. Fibrosis sistik adalah penyakit yang mempengaruhi tubuh dalam memproduksi lendir dan keringat. Akibatnya, beberapa bagian tubuh seperti paru-paru dan sistem pencernaan menjadi terganggu. Penyakit ini disebabkan oleh gen abnormal. Orang dengan Fibrosis sistik biasanya memiliki produksi lendir terlalu banyak sehingga mempengaruhi fungsi paru-paru.

4. Bronkitis. Bronkitis adalah salah satu dari bentuk penyakit pernapasan yang terjdi ketika selaput lendir pada saluran bronkial paru-paru menjadi meradang. Bronkitis akut biasanya akan menyebabkan batuk dan produksi dahak yang disertai infeksi pada saluran pernapasan atas. Penyakit bronkitis umumnya disebabkan oleh virus dan bakteri. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok disinyalir dapat memperburuk penyakit ini.

5. Tuberkolosis. Tuberkolois atau biasa disebut TBC adalah penyakit pernapasan yang terjadi akibat infeksi bakteri yang dapat menyebar melalui kelenjar getah bening dan aliran darah ke organ tubuh lain, dan paling sering terjadi di paru-paru. Orang yang menderita TBC biasanya tidak terlalu kelihatan karena bakteri di dalam tubuh tidak aktif. Tetapi jika sistem kekebalan tubuh melemah, seperti pada orang dengan HIV atau orang dewasa lanjut usia, bakteri TBC ini akan berubah menjadi aktif. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit menular dan media penularannya adalah udara.

6. Kanker paru-paru. Penyakit kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker paling mematikan. Penyakit ini ditandai dengan berat badan turun dengan cepat, mengi, sesak napas dan lendir berdarah. Kanker paru-paru sering dikaitkan dengan kebiasaan merokok, meskipun merokok bukan satu-satunya penyebab penyakit ini. Beberapa perawatan kanker paru-paru meliputi operasi dan kemoterapi.

7. Pneumonia. Pneumonia Adalah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi pada organ paru-paru. Pneumonia sering dipicu akibat menghirup kuman ke dalam paru-paru anda. Penyakit ini bisa juga diakibatkan penyakit lain seperti penyakit asma, jantung, kanker, atau diabetes. Gejala Pneumonia ini meliputi batuk, demam, dan sulit bernapas.

8. PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik). Penyakit paru obstruktif kronik, merupakan penyakit paru-paru jangka panjang yang terjadi pada kedua bronkitis kronis dan emfisema. Gejala penyakit paru-paru jenis ini biasanya seperti lendir dan sesak napas. Untuk mengatasi penyakit ini diperlukan obat-obatan tertentu, sekaligus mengkonsumsi makanan untuk membersihkan paru-paru.

Penyakit paru-paru bisa dicegah dengan cara membersihkan paru-paru dari polusi melalui makanan sehat tinggi antioksidan. Selain itu, hindari juga kebiasaan buruk yang dapat merusak organ paru-paru seperti merokok.

Share this

10 Akibat kekurangan protein

Fungsi protein sangat banyak sekali bagi tubuh manusia. Protein terlibat dalam hampir setiap proses di dalam sel dan jaringan. Selain memberikan struktur pada organ tubuh, otot, kuku serta rambut, nutrisi ini juga terlibat dalam komunikasi sinyal saraf. Bukan hanya itu saja, di dalam tubuh kita protein membantu pembentukan molekul kekebalan tubuh, sel darah merah, hormon dan enzim. Sehingga kekurangan protein bisa mengakibatkan masalah serius bagi kesehatan.

makanan tinggi protein
makanan tinggi protein
Dari mana kita mendapatkan protein? Protein bisa kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi seperti daging, susu, telur, kedelai, ikan, jamur dan kacang-kacangan. Jika kesulitan mendapatkan dari makanan, anda bisa mengambil suplemen atau produk susu yang dikemas denga tinggi protein. Tetapi usahakan anda mendapatkan protein dari sumber makanan karena lebih alami.

1. Proses penyembuhan yang lambat. Protein adalah nutrisi penting bagi tubuh kita, terutama untuk pembentukan otot. Kekurangan protein bisa berakibat tubuh sulit membangun jaringan otot. Kekurangan protein juga bisa berakibat tubuh tidak akan lekas pulih dari cidera dan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Protein diperlukan untuk membangun jaringan baru, sehingga jika tidak tersedia, maka tubuh tidak dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi.

2. Rambut rontok. Untuk menjaga kekuatan rambut, anda membutuhkan makanan yang mengandung tinggi protein seperti daging sapi. Sebaliknya jika anda tidak mendapatkan asupan protein yang cukup dari makanan, maka beberapa bagian tubuh seperti rambut akan mudah rontok, karena otot-otot rambut tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain rambut, bagian tubuh lain yang kehilangan kekuatannya akibat kekurangan protein adalah kuku.

3. Menjadi lemah. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika protein adalah nutrisi utama bagi otot. Jadi, sudah bisa dipastikan jika kekurangan protein akan membuat anda lebih lemah. Akibatnya anda tidak akan sanggup mengangkat beban yang mungkin sebenarnya ringan. Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi pada diri anda, terutama bagi laki-laki.

4. Mengurangi kinerja otak. Protein ternyata bukan hanya dibutuhkan oleh otot saja melainkan juga otak. Protein pada makanan membantu melepaskan karbohidrat sebagai energi. Energi ini dibutuhkan bukan hanya pada tubuh, tetapi juga oleh otak untuk bekerja dengan baik. Cobalah mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti daging, seafood, kedelai dan susu sebagai sumber tenaga untuk otak.

5. Mudah lelah. Dari uraian di atas kita bisa melihat bahwa protein dibutuhkan oleh tubuh untuk melepaskan karbohidrat sebagai energi, sehingga kekuragan protein bisa berakibat tubuh mudah lelah kerena karbohidrat tidak bisa dikonfersi dengan baik menajdi energi. Selain itu, saat kekurangn karbohidrat tubuh menggunakan protein sebagai cadangan energi agar membuatnya masih bisa beraktivitas.

6 Anemia. Bersama dengan zat besi protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. Jadi, sangat penting bagi anda untuk mendapatkan asupan protein yang cukup agar terhindar dari anemia (kurang darah). Orang yang menderita anemia biasanya juga terkait erat dengan rendahnya asupan protein dalam diet mereka.

7. Susah tidur. Kesulitan tidur bisa disebabkan oleh kekurangan serotonin (hormon yang bertanggung jawab mengendalikan suasana hati), sedangkan kekurangan serotonin bisa dipicu rendahnya asupan asam amino tertentu.  Asam amino ini diproduksi ketika proses pemecahan protein, itu artinya kekurangan protein dapat menyebabkan kesulitan tidur. Untuk membantu mengatasi masalah insomnia anda bisa minum segelas susu sebelum tidur.

8. Kulit kering. Kulit kering dan ruam bisa menjadi petanda jika anda sedang mengalami kekurangan protein. Gejalai ini biasanya juga disertai dengan kulit mudah mengelupas dan pecah-pecah. Cara mengatasinya adalah dengan mencukupi kebutuhan protein harian anda dari makanan, plus perbanyak minum air putih.

9 Berat badan turun. Penyebab berat badan turun yang paling utama adalah kurangnya nutrisi bagi tubuh termasuk protein. Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuat jaringan otot, sehingga anda bisa beraktivitas dengan baik. Penurunan berat badan kadang diinginkan oleh sebagian orang, terutama bagi pelaku diet, tetapi jika turunnya berat badan ini diakibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi, tentunya anda tidak menginginkannya bukan.

10 Edema. Edema adalah penyakit yang menyebabkan beberapa bagian tubuh seperti tangan, kelopak mata dan pergelangan kaki membengkak akibat dari penumpukan cairan. Beberapa penyebab edema adalah perubahan hormonal selama kehamilan atau menstruasi, akibat efek samping pengobatan, makan makanan asin dan kekurangan protein.

Share this

14 Top Makanan untuk menguatkan tulang

Tulang adalah struktur penting bagi  tubuh kita. Tanpa kehadirannya kita tidak akan mampu berdiri atau berjalan, sehingga sangat penting bagi kita menjaga kekuatannya agar tidak mudah rapuh. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tulang yang kuat, salah satunya melalui makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis makanan, terutama yang mengandung tinggi kalsium dan vitamin D sangat penting untuk dikonsumsi agar kekuatan tulang kita tetap terjaga. Beberapa diantarnya adalah:
gambar makanan untuk menguatkan tulang
makanan untuk menguatkan tulang
1. Susu. Sudah tidak diragukan lagi jika susu masuk dalam daftar makanan untuk menguatkan tulang. Susu mengandung tinggi kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang terutama pada masa pertumbuhan. Dua gelas susu perhari di pagi dan malam dapat membantu anda mendapatkan tulang yang kuat.

2. Keju. Hampir sama dengan susu, keju memiliki kandungan kalsium cukup tinggi dan bisa anda coba sebagai makanan sehat untuk tulang. Selain kalsium, keju juga diperkaya dengan mineral lain seperti kalium dan magnesium yang bermanfaat melindungi kesehatan tulang dari osteoporosis. Pilihlah jenis keju yang berkualitas dan rendah lemak agar mendapatkan hasil maksimal.

3. Telur. Makanan yang satu ini mungkin sudah banyak orang yang tahu mengenai manfatnya. Telur adalah sumber protein, kalsium dan vitamin D yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh tulang. Belum lagi asam amino essensial dalam telur juga diketahui membantu tumbuh kembang anak. Jadi, tunggu apa lagi, masukkan telur ke dalam menu harian keluarga anda.

4. Yogurt. Yogurt merupakan produk susu yang berasal dari fermentasi bakteri baik. Manfaat yogurt yang sering dikenal masyarakat adalah menjaga kesehatan pencernaan. Selain kemampuannya tersebut kebanyakan jenis yogurt diperkaya dengan vitamin D dan kalsium.  Kalsium bekerja dalam pembentukan tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuh dalam penyerapan kalsium, sehingga kombinasi keduanya sangat diperlukan untuk menguatkan tulang.

5. Ikan salmon. Anda jangan mengira jika ikan yang satu ini hanya mengandung omega 3 saja. lebih dari itu, ikan salmon memiliki segudang nutrisi penting yang sangat diperlukan tubuh, terutama dalam masa perkembangan anak. Salmon mengandung tinggi vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi anda. Tiga ons ikan salmon sudah memenuhi kebutuhan vitamin D harian anda. Kombinasikan ikan salmon dengan makanan lain yang mengandung tinggi kalsium untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Sayur bayam. Saat berbicara mengenai sumber kalsium pasti banyak orang akan melihat produk hewani sebagai sumber utama. Padahal banyak dari produk nabati yang juga menyediakan kalsium bagi tubuh seperti bayam. Dalam satu cangkir bayam mengandung 25 persen dari kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan. Jumlah kalsium yang cukup dari makanan merupakan komponen penting bagi anda untuk mendapatkan tulang yang kuat.

7. Seafood. Seafood adalah makanan yang berasal dari laut, tapi biasanya tidak termasuk ikan. Karena berasal dari laut, beberapa jenis seafood memiliki kandungan mineral cukup tinggi. Mineral utama yang dimiliki seafood adalah kalsium yang terdapat dalam beberapa hewan seperti kepiting, lobster, kerang dan udang. Selain itu, banyak dari jenis seafood juga mengandung tinggi vitamin D yang bisa membantu kerja kalsium dalam menjaga kekuatan tulang anda.

8. Ikan teri. Ikan ini memiliki ukurang kecil, tetapi manfaatnya tidak sekecil ukurannya. Ikan ini kurang begitu diperhitungkan karena memiliki harga relatif murah, padahal seharusnya itu menjadi kelebihan ikan ini. Memang ikan teri tidak setenar salmon atau tuna dalam hal nutrisi, tetapi ikan teri menyediakan kalsium yang tidak kalah tinggi. Salah satu yang membuatnya menjadi sumber kalsium terbaik adalah ikan teri bisa dimakan bersamaan durinya, dimana di dalam duri tersebut terdapat jumlah kalsium yang melimpah. Nah,,bagi anda yang ingin menjaga kesehatan tulang, cobalah dengan memasukkan ikan teri ke dalam menu harian anda.

9. Kedelai. Bagi anda para penganut vegetarian tidak perlu khawatir jika ingin mendapatkan makanan untuk menguatkan tulang. Pasalnya ada banyak makanan dari sumber nabati yang bisa anda pilih, seperti kedelai. Kedelai selain tinggi protein nabati juga menyediakan sejumlah kalsium yang bermanfaat mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).

10. Kacang almond. Kacang sering dijadikan sebagai camilan sehat karena mengandung tinggi kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk tulang. Selain keduanya beberapa jenis kacang juga menyediakan sejumlah lemak baik seperti omega 3. Belum lagi, kacang almond diketahui juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda.

Selain makanan yang mengandung tinggi Kalsium dan vitamin D di atas anda juga membutuhkan nutrisi lain yang bisa membantu menguatkan tulang. Beberapa diantaranya seperti makanan berikut ini:

11. Makanan tinggi magnesium. Magnesium sering disebut sebagai mineral pendamping kalsium dalam pemembentuk tulang. Sayangnya, masyarakat kita kurang memperhatikan hal ini dan lebih memilih berfokus pada kalsium saja. Kurangnya asupan magnesium sering dikaitkan dengan tingginya resiko osteoporosis, serta masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung. Makanan laut dan daging merupakan sumber yang baik dari magnesium.

12. Makanan sumber mangan. Mineral ini sangat diperlukan dalam pertumbuhan tulang yang tepat. Makanan yang menjadi sumber mangan diantarnya: Biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat dan sayuran hijau. Jika anda bisa memenuhi nutrisi ini dalam jumlah yang tepat dalam menu harian anda, hal tersebut akan mempermudah usaha anda untuk menguatkan tulang.

13. Makanan tinggi vitamin K. Vitamin K adalah vitamin yang tidak bisa larut dalam air, dan hanya bisa larut dalam lemak. Vitamin ini berfungsi membantu produksi protein yang diperlukan tubuh untuk pembentukan tulang. Asupan vitamin K yang cukup memainkan peran penting dalam mencegah penumpukan kalsium di tempat yang tidak seharusnya. Makanan yang mengandung tinggi vitamin K diantarnya seperti: kubis, asparagus, kembang kol dan daun bawang.

14. Makanan sumber fosfor. Fosfor adalah jenis mineral yang utama dalam pembentukan tulang setelah kalsium. Fosfor sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kepadatan tulang manusia sekaligus mencegahnya dari kerapuhan. Makanan yang mengandung tinggi fosfor diantarnya seperti produk susu, sereal dan daging. Jumlah kebutuhan fosfor masing-masing orang bervariasi, tergantung pada usia dan jenis kelamin, tetapi setidaknya orang dewasa membutuhkan 550 mg fosfor.

Share this

10 makanan untuk membersihkan darah dari racun

Kenapa kita harus membersihkan darah? Darah adalah komponen paling penting di dalam tubuh kita, tanpa kehadirannya kita tidak akan bisa hidup, karena darah memainkan banyak peran penting seperti membawa oksigen dan nutrisi dari makanan ke seluruh tubuh. Darah kotor dapat memicu masalah kesehatan seperti: jerawat, bisul, sakit kepala, penuaan dini, rambut rontok dan susah tidur.  Alasan lainnya adalah kualitas darah yang buruk juga bisa memberikan kontribusi besar terhadap munculnya berbagai macam penyakit berbahaya termasuk penyakit jantung dan ginjal.

Tanpa disadari setiap hari kita memasukkan bahan kimia dan racun berbahaya di dalam tubuh yang berasal dari lingkungan, makanan, obat-obatan dan kosmetik serta bahan kimia rumah tangga yang kita gunakan. Sedangkan di waktu yang bersamaan, tubuh bekerja terus-menerus untuk membersihkan diri dengan menyaring darah dan racun melalui ginjal, hati, usus dan kulit. Untuk mempermudah proses detoksifikasi, kita membutuhkan makanan yang dapat membantu pengeluaran racun tersebut. The Cleveland Clinic mencatat bahwa makanan dengan sifat antioksidan serta tinggi vitamin dan mineral tertentu sangat bermanfaat membersihkan darah. Beberapa diantarnya adalah:

gambar makanan untuk membersihkan darah
makanan untuk membersihkan darah

1. Bawang putih. Bawang putih kaya akan sulfur yang dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh. mengkonsumsi bawang secara teratur akan merangsang hati untuk memproduksi enzim detoksifikasi. Enzim tersebut pada gilirannya akan membantu membersihkan racun dari darah. selain terkenal sebagai makanan untuk membersihkan darah, bawang putih juga bermanfaat membersihkan usus besar dari berbagai jenis mikroba. Jadi bagi anda yang memiliki masalah kesehatan dengan pencernaan seperti diare, mungkin harus mencoba mengkonsumsi bawang putih.

2. Buah apel. Buah yang satu ini sangat terkenal sebagai buah untuk diet sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Selain sebagai buah untuk diet, apel diketahui cukup efektif untuk membersihkan darah karena mengandung vitamin, mineral dan fitonutrien  yang berfungsi menangkal radikal bebas. Bukan hanya itu saja, serat yang terdapat dalam buah apel dapat membantu menurunkan kolesterol dan membersihkan darah. Cobalah mengkonsumsi 2 buah apel organik perhari untuk mendapatkan manfaat darinya.

3. Sayur wortel. Butuh makanan pembersih darah? cobalah mengkonsumsi wortel. Wortel mengandung aneka vitamin seperti vitamin A, K, C dan B6 yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan glutathione dalam wortel membantu membersihkan darah dan racun yang tidak diinginkan dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal cobalah mengkonsumsi wortel mentah sebagai detoksifikasi tubuh. Kandungan vitamin dalam wortel mentah masih terjaga karena tidak berkurang selama proses memasak.

4. Brokoli. Brokoli memiliki sifat antioksidan untuk menangkal efek buruk radikal bebas, terutam kecambah brokoli. Kecambah brokoli merupakan sumber antioksidan untuk membantu membersihkan darah. Selain kemampuannya dalam detoksifikasi darah, brokoli juga mengandung sulfurophane yang membantu pembuangan bahan kimia berbahaya dari tubuh. Jika anda tidak menyukai brokoli mentah anda bisa membuatnya menjadi sup atau makanan lainnya. Perlu diingat, jangan terlalu lama memasak sayuran termasuk brokoli, karena dikhawatirkan kandungan vitamin di dalamnya akan hilang, dan akan mengurangi khasiatnya dalam membersihkan darah.

5. Lemon. Lemon adalah buah sehat yang menyediakan sumber vitamin C dan antioksidan penting. Maka tidak heran, jika lemon sering digunakan sebagai makanan untuk membersihkan paru-paru dan organ penting lainnya. Meningkatkan asupan lemon akan menambah antioksidan yang akan membersihkan seluruh tubuh dari racun berbahaya termasuk darah. cara kerja lemon dalam membersihkan darah yaitu dengan mengubah racun menjadi senyawa larut kemudian mengeluarkannya melalui urin.

6. Kemangi. Kemangi sering digunakan sebagai ramuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Konsumsi daun kemangi secara rutin akan membantu membersihkan racun dalam tubuh termasuk darah. Ambil beberapa lembar daun kemangi sebagai lalapan makan anda. Selain bermanfaat membersihkan darah dari racun, menggunakan daun kemangi sebagai lalapan juga berguna menghilangkan bau mulut secara alami.

7. Kunyit. Kunyit adalah ramuan alami yang bisa digunakan sebagai pembersih darah dari racun dan bahan kimia. Kandungan kurkumin dalam kunyit akan membantu memberikan hasil terbaik. Proses detoksifikasi akan maksimal dengan memasukkan kunyit ke dalam menu harian anda. Buatlah ramuan sederhana dengan kunyit dan madu untuk membantu anda mendapatkan tubuh yang bersih dari limbah dan racun.

8. Keluarga berry. Beberapa keluarga berry seperti mulberry, strawberry, blueberry dan blackberry tercatat sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi, sehingga sangat ideal digunakan sebagai makanan untuk membersihkan darah. Belum lagi kandungan vitamin dan mineral yang tinggi juga membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti katarak, kanker, penyakit jantung dan darah tinggi.

9. Buah bit. Bit adalah buah yang memiliki bentuk menyerupai ubi, berwarna merah gelap. Buah ini memiliki harga cukup mahal dan kurang begitu populer di Indonesia. Buah bit diketahui mengandung tinggi antioksidan penting untuk melawan oksidasi yang diakibatkan radikal bebas. Cobalah menikmati segelas jus buah bit di pagi hari sebelum sarapan untuk membantu tubuh membersihkan darah dan organ penting lainnya.

10. Madu. Manfaat madu sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan. Madu mengandung banyak enzim yang diperlukan tubuh. Madu secara alami dapat memperlancar sirkulasi darah sekaligus membantu membersihkannya dari racun. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakterial yang bisa mencegah segala macam infeksi.

Darah kotor dapat mengakibatkan berbagai jenis masalah kesehatan. Dengan demikian, akan jauh lebih baik jika kita melakukan pencegahan dengan mengambil beberapa langkah untuk membersihkan darah dan membuatnya kembali bersih.

Share this

20 Penyebab berat badan turun dengan cepat

Kebanyakan orang ingin memiliki tubuh yang ramping, terutama wanita, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang mengeluh karena berat badan turun dengan cepat. Banyak orang takut karena mengalami penurunan berat badan yang tidak normal sehingga mencari solusi untuk masalah tersebut. Penurunan berat badan sebenarnya tidak selamanya buruk, tergantung penyebabnya. Contohnya penurunan berat badan akibat bertambahnya usia, hal ini tentunya normal dan tidak perlu mendapat penanganan medis.

Selain faktor usia, penyebab turunnya berat badan juga bisa terjadi akibat kondisi medis yang kronis. Namun, penyakit ringan seperti flu dan pilek juga bisa menjadi penyebabnya. Selain di atas berikut beberapa penyebab berat badan turun yang tidak diinginkan:

penyebab berat badan turun
ilustrasi penyebab berat badan turun

1. Kekurangan nutrisi. Ini adalah kondisi paling umum penyebab berat badan turun. Jika anda tidak mengkonsumsi  sejumlah nutrisi yang cukup maka sudah pasti berat badan anda akan turun dengan sendirinya, kondisi ini sebenarnya alami, tetapi harus mendapatkan penanganan, karena kekurangan nutrisi bisa menimbulkan masalah tersendiri bagi kesehatan.

2. Efek samping obat-obatan. Jika anda mengalami penurunan berat badan setelah mengkonsumi obat tertentu, mungkin itu hasil dari efek samping obat tersebut. Obat-obatan tertentu diketahui dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Jadi, jika anda ingin mengkonsumsi jenis obat tertentu sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter mengenai efek samping obat tersebut.

3. Gangguan pencernaan. Selain malnutrisi penyebab penurunan berat badan yang sering terjadi adalah masalah pencernaan seperti penyakit celiac, gangguan radang usus, pankreatitis, gastritis dan tukak lambung.

4. Kanker. Salah satu penyebab utama penurunan berat badan yang diakibatkan oleh penyakit adalah kanker. Setiap jenis kanker dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Beberapa jenis kanker seperti kanker  paru-paru, pankreas, prostat, kanker usus dan kanker ovarium memiliki kemungkinan lebih tinggi menyebabkan penurunan berat badan dibandingkan jenis kanker lain.

5. HIV dan AIDS. Pada tahap awal, penurunan berat badan pada penderita HIV disebabkan karena hilangnya massa otot. Setelah itu kondisi tersebut semakin parah dengan penurunan berat badan menjadi lebih cepat. Penurunan berat badan ini disebabkan karena orang dengan HIV cenderung memiliki pengeluaran kalori yang lebih tinggi karena berkurangnya asupan kalori dalam reaksi terhadap penurunan nafsu makan dan kemampuan untuk makan. Perawatan antiretroviral dapat membantu memulihkan berat badan pasien HIV serta mengendalikan virus.

6. Depresi. Depresi digolongkan sebagai gangguan suasana hati yang diakibatkan perasaan sedih, kehilangan, atau kemarahan yang berlebih. Depresi sering mengganggu pekerjaan sehari-hari dan hubungan anda denga kaluarga. Depresi dapat membuat produktivitas seseorang menjadi lebih rendah. Selain itu, depresi juga dapat mempengaruhi beberapa kondisi kesehatan kronis seperti Arthritis, asma, penurunan berat badan, penyakit jantung, kanker dan diabetes.

7. Penyakit ginjal. Penyakit ginjal dapat menyebabkan mual, muntah dan nafsu makan berkurang. Hal ini tentunya dapat menyebabkan turunnya berat badan. Selain itu, diet yang dilakukan penderita penyakit ginjal juga bisa menjadi penyebab lain penurunan berat badan karena kesulitan beradaptasi dengan pola makan yang dibatasi.

8. Diabetes. Diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang menyebabkan tingginya kadar gula darah yang disebabkan oleh kerusakan produksi dan/atau fungsi insulin. Insulin adalah hormon yang dilepaskan oleh pankreas ketika kita makan makanan. Jika diabetes berkembang dengan cepat, seperti yang terjadi dengan diabetes tipe 1, biasanya penderita akan mengalami penurunan berat badan yang cepat. Jika diabetes berkembang secara perlahan, seperti pada diabetes tipe 2, maka penderita mungkin tidak akan menyadari hingga komplikasi penyakit lain muncul seperti serangan jantung, mati rasa, dan kesemutan di kaki.

9. Hipertiroidisme. Kondisi ini terjadi ketika tiroid bekerja terlalu cepat. Sehingga akan mengakibatkan penurunan berat badan, meskipun seseorang makan banyak sekalipun. Selain berat badan turun penyakit ini juga ditandai dengan mudah berkeringat, masalah dengan perut, kepekaan terhadap panas, susah tidur, rambut rontok, menjadi mudah gugup dan memiliki kecemasan ekstrim.

10. Leukimia. Leukemia adalah jenis kanker yang terjadi pada sel-sel darah. Ada beberapa jenis sel darah, termasuk sel darah merah dan sel darah putih (leukosit), dan trombosit, umumnya leukemia mengacu pada kanker leukosit (sel darah putih). Leukemia terjadi ketika sel darah putih telah bermutasi sehingga bertambah terlalu cepat dan akhirnya mendesak sel-sel normal. Penyakit ini ditandai dengan berat badan turun dengan cepat, nyeri tulang, sering berkeringat, bintik merah pada kulit dan mudah infeksi.

Selain di atas berikut penyebab lain berat badan turun

11. Masalah gigi
12. Mengubah pola diet
13. Mengalami perubahan nafsu makan
14. Perubahan mood
15. Minum-minuman beralkohol
16. Infeksi dalam tubuh
17. Masalah usus seperti bisul, penyakit Crohn dan pankreatitis
18. Masalah psikologis
19. Mengalami masalah neurologis seperti penyakit Parkinson atau Alzheimer
20. Salah menggunakan resep obat

Bagaimana mengatasi berat badan turun yang tidak normal? Cara paling utama yang bisa anda lakukan adalah pergi ke dokter, di sana anda akan tahu penyebab pasti penurunan berat badan anda, apakah itu disebabkan penyakit atau masalah lain. Saat  penyebabnya sudah diketahui anda akan diarahkan untuk melakukan tindakan tertentu yang dapat mengatasi penurunan berat badan tersebut. Informasi terkait 13 Penyebab kenaikan berat badan

Jika dokter Anda merasa bahwa penurunan berat badan disebabkan karena malnutrisi atau gangguan pencernaan, maka biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk mengetahui kadar vitamin dan mineral tertentu di dalam tubuh anda. Hasil tes ini nantinya akan menentukan apakah anda kekurangan nutrisi atau tidak. Contohnya jika ternyata penurunan berat badan anda terjadi akibat anemia yang disebabkan kekurangan zat besi, maka biasanya anda akan disarankan untuk mengkonsumsi makanan penambah darah atau mengambil suplemen zat besi dan vitamin B12.

Yang jelas, jangan terlalu panik jika berat badan anda turun, karena tidak semua penurunan berat badan disebabkan oleh penyakit.

Share this