Protein Hewani & Nabati, mana yang lebih baik?

Advertisement
Protein adalah salah satu nutrisi paling penting yang dibutuhkan tubuh manusia, karena sebagian besar otot dan organ di dalam tubuh kita terdiri dari protein, seperti jantung. Tubuh tidak bisa menghasilkan protein dengan sendirinya sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan yang kita konsumsi. Menurut Mother Nature Network, protein terdiri dari asam amino, yang tubuh kita memecah untuk membentuk protein baru. Dari sana, protein memungkinkan kita untuk membangun sel dan jaringan otot dalam tubuh kita. Hal ini juga membantu perbaikan jaringan saat cedera, membuat kita merasa berenergi dan memberikan kontribusi bagi kesehatan rambut, kulit dan kuku.
Sumber Protein Hewani & Nabati
Sumber Protein Hewani & Nabati

Perbedaan utama antara protein hewani dan protein nabati sebenarnya terletak pada kandungan asam amino pada sumber makanan. Protein hewani memiliki kandungan asam amino lebih lengkap dibandingkan protein nabati sehingga dapat digunakan lebih mudah dan cepat oleh tubuh dibandingkan dengan protein nabati. Sedangkan protein nabati umumnya mengandung asam mino esensial lebih terbatas. Selain itu, protein yang ditemukan dari hewan umumnya lebih tinggi dibandingkan  dari sumber tanaman, sehingga bagi para vegetarian sedikit sulit untuk memenuhi kebutuhan proten harian mereka. Baca 22 Makanan yang mengandung tinggi protein

Kelemahan utama dari protein hewani seperti daging, susu, dan seafood adalah karena mereka mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung ketika dikonsumsi berlebihan. Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menemukan bahwa banyak mengkonsumsi daging merah, terutama daging olahan, secara rutin dapat mengakibatkan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke, dan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular lainnya. Sebaliknya, mengganti protein hewani dari daging merah menuju ke sumber protein nabati termasuk kedelai dan kacang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Baca selengkapnya 13 Makanan yang mengandung protein nabati

Kebutuhan protein yang dianjurkan RDA (recommended dietary allowance), tidak menunjukkan secara rinci apakah kita mendapatkan protein dari sumber hewani ataupun nabati. Walau bagaimanapun juga protein hewani dan nabati sama-sama penting bagi tubuh kita karena keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Mendapatkan protein dari berbagai sumber (hewani dan nabati) membantu kita untuk mendapatkan asupan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Yang paling penting adalah kita jangan terlalu sering mendapatkan asupan protein dari hewani, cobalah dengan mengimbanginya dari protein nabati, tapi juga jangan menghindari seratus persen protein hewani, karena bagaimanapun juga protein hewani tetap dibutuhkan oleh tubuh.
loading...

Share this

12 Makanan yang mengandung zinc (seng)

Advertisement
Zinc merupakan mineral penting yang secara alami terdapat di beberapa makanan, dan juga tersedia sebagai suplemen. Selain itu, zinc juga ditemukan di banyak tablet hisap dingin dan beberapa obat flu.

Zinc dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita, terutama bagi mereka yang sudah mengalami menopause. Penelitian telah menunjukkan bahwa rendahnya tingkat zinc pada wanita berhubungan erat dengan berkurangnya kepadatan tulang, sehingga akan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain itu, zinc juga sangat diperlukan untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit, mencegah ketombe, dan rambut rontok.

Makanan yang mengandung zinc
Makanan sumber zinc

Zinc sangat penting untuk pembelahan sel dan pertumbuhan, sehingga sangat penting bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zinc. Zinc juga membantu menghindari kelainan bawaan dan mencegah bayi lahir prematur. Sedangkan untuk pria zinc bisa menjaga kesehatan testosteron (hormon pria). Zinc akan melindungi kelenjar prostat dari infeksi dan peradangan. Sehingga membantu menjaga kesuburan pria.

1. Daging sapi. Daging sapi adalah makanan sumber Zinc utama karena  dalam 100 gram daging sapi menyediakan setidaknya 4,18 mg zinc. Belum lagi daging sapi juga mengandung tinggi protein, magnesium dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama tulang. Pastikan anda memilih daging sapi yang berkualitas untuk mendapatkan manfaat dari kandungan zinc dan nutrisi lainnya.

2. Sayur bayam. Makanan ini sangat disukai oleh vegetarian karena mengandung tinggi nutrisi penting termasuk Zinc di dalamnya. 1 porsi bayam dengan berat 100gram mengandung 0.53 miligram zinc dan hanya memiliki 23 kalori. Bayam juga memiliki banyak kelebihan lain terutama kandungan serat dan vitaminnya yang benar-benar membantu anda mendapatkan tubuh sehat.

3. Biji labu. Satu porsi (100 gram) biji labu mengandung sekitar 10,3 mg zinc, jumlah tersebut mencukupi sekitar 69% kebutuhan zinc harian anda. Selain sangat tinggi zinc, biji labu juga dapat membantu mencegah kanker prostat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan kandungan zinc yang maksimal, disarankan untuk mengkonsumsi biji labu mentah-mentah, tetapi jika tidak menyukainya,  anda boleh memasaknya, meskipun akan mengurangi kandungan zinc di dalamnya.

4. Kerang. Seafood umumnya memang mengandung tinggi mineral. Satu porsi dengan 6 tiram mengandung 76 mg zinc yang sudah melebihi kebutuhan zinc harian anda. Meskipun demikian, makanan ini tidak mudah tersedia. Karena itu mungkin anda hanya akan mengkonsumsinya sesekali saja. Selain itu, kelebihan asupan zinc dapat menyebabkan gangguan kekebalan tubuh dan terganggunya metabolisme mineral lainnya.

5. Bawang putih. Makanan ini lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur dibandingkan dikonsumsi secara langsung. Karena manfaat bawang putih sangat banyak bagi kesehatan membuat penggunaannya semakin luas. Bawang putih menawarkan sejumlah nutrisi termasuk zinc. Bawang putih juga merupakan makanan yang bagus untuk detoks tubuh karena diperkaya dengan mangan, vitamin B6, vitamin C dan selenium.

6. Cokelat hitam. Mengkonsumsi cokelat hitam bisa memberikan dorongan asupan zinc harian anda. 100 gram cokelat hitam tanpa gula memiliki hingga 9.6mg zinc. Sedangkan bubuk kakao mengandungi 6.8mg zinc. Cokelat hitam juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan mental. Tetapi, anda harus waspada karena cokelat yang selama ini beredar memiliki kandungan kakao lebih sedikit, plus sangat tinggi kalori karena penambahan gula.

7. Jamur. Di antara sayuran lain, jamur juga pantas disebutkan secara khusus sebagai makanan sumber zinc yang baik. Jamur hampir tidak memiliki kandungan lemak dan sangat rendah kalori sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Secangkir irisan jamur putih yang sudah dimasak memberikan 1,4 mg atau 9% DV zinc. Meskipun jumlah tersebut tidak terlalu tinggi, tetapi jamur masih menjadi pilihan yang tepat karena ada banyak nutrisi penting di dalamnya.

8. Biji wijen. Biji wijen sering digunakan sebagai campuran membuat kue atau makanan lainnya. Sebagai bahan campuran biji wijen memiliki banyak sekali manfaat lebih dari makanan utama. Biji wijen mengandung setidaknya 10 mg zinc dari 100 gram. Selain zinc, biji wijen juga mengandung mineral lainnya seperti magnesium.

9. Biji semangka. Makanan yang satu ini mungkin kurang umum dikonsumsi masyarakat kita, tetapi diakui atau tidak biji semangka menyediakan nutrisi yang cukup melimpah bagi tubuh. Biji semangka mengandung beberapa nutrisi seperti zinc, protein, magnesium, lemak sehat, dan sejumlah Vitamin B. 100 gram biji semangka mengandung 10 mg zinc dan 602 kalori.

10. Hati sapi. Hati dianggap sebagai makanan sumber lemak dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebih, tetapi di sisi lain hati juga merupakan sumber mineral termasuk zat besi, kalium, magnesium, dan zinc. Untuk itu, sebaiknya jangan menggunkan hati sapi sebagai makanan utama sumber zinc, anda hanya boleh mengkonsumsinya sesekali saja.

11. Ikan salmon. Reputasi ikan ini memang sangat baik, seiring dengan kandungan omega-3 yang dimilikinya. Salmon adalah ikan yang sangat sehat dan berguna menjaga kesehatan jantung. Selain zinc, anda juga akan mendapatkan mineral lain dari ikan ini diantaranya kalsium dan selenium.

12. Beras merah. Jika anda ingin mendapatkan asupan zinc dengan mudah, cobalah mengganti beras putih dengan beras merah. Beras merah menjadi makanan pokok paling spesial karena memiliki indeks glikemik sangat rendah dibanding nasi putih. 100 gram beras merah mengandung sekitar 2,2 mg zinc.  
loading...

Share this

6 Makanan yang mengandung mangan

Advertisement
Ketika kita berpikir mengenai makanan tinggi mineral, pasti kita akan mencari kalsium atau zat besi. Keduanya mamang merupakan mineral utama bagi tubuh. Tetapi ada banyak jenis trace mineral, yang umumnya kurang mendapatkan perhatian, kerena kebutuhannya bagi tubuh tidak sebanyak kedua mineral tersebut. Selain itu, saat kita mencari makanan tinggi mineral lain seperti magnesium dan kalsium, maka kita juga akan menemukan mangan di dalamnya, sehingga kekurangan mangan sangat jarang terjadi. Pada tahun 1930, peneliti menemukan bahwa tubuh kita memerlukan sejumlah kecil mangan dari makanan yang kita konsumsi. Sejak itu, telah ditetapkan bahwa setiap orang dewasa membutuhkan sekitar 15-20 mg mangan dari makanan.

Manfaat dan fungsi mangan

Mangan memiliki banyak manfaat dan fungsi bagi tubuh kita, contohnya sebagai antioksidan. Selain itu mangan juga dapat membantu mengurangi tingkat kelelahan, mencegah osteoporosis, dan bahkan meningkatkan memori otak.

Mangan adalah mineral yang berguna mengkonversi protein dan lemak untuk diubah menjadi energi. Mangan juga mendorong pertumbuhan tulang yang normal, membantu menjaga kesehatan reproduksi, saraf, dan sistem kekebalan tubuh, dan terlibat dalam regulasi gula darah. Selain itu, mangan terlibat dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang rawan serta cairan pelumas pada sendi. Beberapa makanan tinggi mangan diantaranya:
makanan yang mengandung mangan
makanan sumber mangan

1. Kacang hazelnut. Kacang memang merupakan sumber mineral yang sangat baik untuk tubuh seperti hazelnut. Jenis kacang umumnya juga mengandung tinggi protein yang bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda. 100 gram kacang jenis ini memenuhi semua kebutuhan mangan harian anda.

2. Biji bunga matahari. Makanan ini memang sering dipandang sebagai sumber mineral tubuh, selain menyediakan tinggi zat besi, magnesium dan vitamin E, biji bunga matahari juga mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan mangan harian anda.

3. Oatmeal. Oatmeal terbuat dari biji-bijian seperti gandum sehingga mengandung banyak nutrisi penting termasuk mineral seperti mangan. Seperempat cangkir oatmeal mengandung kurang lebih 6 mg mangan. Biji-bijian lain seperti sereal bekatul murni juga mengandung mangan, yaitu sekitar 2,5-2,7 mg dalam seperempat cangkir.

4. Kacang lima. Kacang adalah salah satu tanaman yang paling lama dibudidayakan dan telah menjadi sumber penting protein nabati di seluruh belahan Dunia. Setengah cangkir (85 gram) kacang lima mengandung lebih dari setengah jumlah kebutuhan mangan per individu.

5. Sayuran hijau. Ada banyak keuntungan mengkonsumsi sayuran hijau. Selain menyediakan vitamin, antioksidan dan serat, sayuran berdaun hijau juga menyediakan sebagian besar mineral termasuk mangan. Beberapa kelompok sayuran seperti selada, bayam, endive, arugula, brokoli, sawi, kangkung dan swiss chard merupakan sumber mangan yang cukup baik.

6. Kakao atau cokelat. Cokelat sering dianggap tidak sehat karena mengandung tinggi lemak. Tetapi cokelat hitam yang terbuat dari kakao murni merupakan makanan sehat karena mengandung tinggi antioksidan dan mineral. Satu porsi (100 gram) bubuk kakao atau cokelat mengandung 3,8 mg mangan, setara 192% kebutuhan mangan harian.
loading...

Share this

7 manfaat minyak bunga matahari untuk tubuh

Advertisement
Minyak bunga matahari dihasilkan dari biji bunga matahari. Menurut University of Maryland Medical Center minyak bunga matahari mengandung vitamin A, yang penting bagi banyak fungsi tubuh Anda. Beta-karoten dapat diproduksi secara sintetis dari minyak bunga matahari dan diubah menjadi retinol, yang merupakan bahan dalam banyak produk anti-penuaan perawatan kulit, menurut Mayo Clinic. Minyak bunga matahari juga dapat diambil dalam bentuk suplemen, serta dibeli dalam bentuk minyak murni untuk memasak dan aplikasi topikal.

manfaat minyak bunga matahari
Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari memiliki komposisi nutrisi yang seimbang sehingga manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan. Selain vitamin A, minyak bunga matahari mengandung tinggi vitamin E dan lemak baik (Omega-6) sehingga minyak ini bisa digunakan secara internal ataupun eksternal untuk tubuh.

1. Pencegahan Kanker.  Seperti yang sudah kita ketahui jika minyak bunga matahari merupakan sumber vitamin E, yang mana vitamin jenis ini adalah antioksidan penting dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan dan menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.  Radikal bebas akan membuat sel-sel normal bermutasi menjadi sel-sel kanker. Jenis kanker yang secara khusus bisa dicegah dengan manfaat minyak bunga matahari adalah kanker  usus besar. Tetapi penelitian tidak berhenti sampai di situ saja, karena tercatat ada beberapa jenis kanker lain yang bisa dicegah dengan memanfaatkan kandungan vitamin E dalam minyak bunga matahari.

2. Kaya akan Omega-6. Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan enam asam lemak tak jenuh ganda (omega- 6). Menurut Linus Pauling Institute Lemak jenis ini merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat omega-6 kita membutuhkan 11 sampai 14 gram omega-6 per hari.

3. Kesehatan jantung. Minyak bunga matahari kaya akan vitamin E dan rendah lemak jenuh. Minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda bersama dengan vitamin E keduanya merupakan salah satu minyak paling sehat untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan seimbang antara lemak tek jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat memberikan bantuan kepada anda dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, Minyak bunga matahari juga kaya akan fitokimia tertentu seperti kolin dan asam fenolik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

4. Menurunkan kolesterol. Di atas sudah kita ketahui jika minyak bunga matahari merupakan sumber lemak baik seperti omega-3 dan 6. Keduanya bermanfaat mencegah penyakit jantung dengan cara menurunkan kolesterol dalam darah. Selain penyakit jantung, ada banyak penyakit yang bisa dikurangi dengan mengontrol kolesterol termasuk diabates, kanker, stroke dan sirosis. Untuk itu, pastikan anda mendapatkan asupan lemak baik dari minyak bunga matahari. Sebenarnya ada makanan lain yang bisa membantu anda mendapatkan omega-3 dan 6 seperti ikan salmon, tuna, minyak jagung, kacang almond dan aneka jenis kacang lainnya.

5. Mencegah infeksi pada bayi. Minyak bunga matahari berguna dalam mengurangi risiko infeksi pada bayi yang lahir prematur dimana mereka memiliki berat badan lebih rendah. Dalam keadaan prematur bayi akan lebih mungkin untuk menderita infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum berkembang dengan baik termasuk organ penting seperti kulit. Minyak bunga matahari bertindak sebagai pelindung dan mencegah infeksi tersebut. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan minyak bunga matahari kepada bayi.

6. Menjaga kesehatan kulit. Manfaat minyak bunga matahari bukan hanya dapat mencegah penyakit, tetapi juga bisa digunakan sebagai produk kecantikan. Minyak bunga matahari mengandung tinggi vitamin E, dimana vitamin jenis ini sangat diperlukan untuk kesehatan kulit. Vitamin E diperlukan untuk mencegah kerusakan  kulit akibat paparan sinar UV dan meregenerasi sel kulit.

7. Mengatasi jerawat. Jerawat terjadi ketika ada minyak berlebih dalam folikel di bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, C, D, E, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak bunga matahari akan memberikan lapisan pelindung, yang mencegah kontak kulit dengan bakteri. Karena itu. minyak bunga matahari juga bekerja sebagai obat yang efektif terhadap jerawat, dan minyak ini harus diterapkan pada kulit secara langsung.

Minyak bunga matahari menyediakan sekitar 124 kalori dan 14 gram lemak per 1 sendok makan. kelebihan lemak dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan atau obesitas, dan obesitas meningkatkan risiko berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Namun, jumlah lemak yang terkontrol dari makanan seperti 20 sampai 35 persen kalori dari lemak, atau 44-78 gram lemak per hari pada total 2.000 kalori justru dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat menurut Dietary Guidelines from the U.S. Department of Health and Human Services. Dalam jumlah tepat, minyak bunga matahari adalah sumber lemak sehat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung sekaligus mempertahankan berat badan anda.

Menurut National Sunflower Association, ada lima jenis minyak bunga matahari, minyak bunga matahari termasuk terhidrogenasi parsial, tetapi hanya tiga dari mereka yang digunakan untuk memasak. Setiap jenis minyak bunga matahari memiliki kandungan lemak jenuh, lemak tak jenuh dan trans yang berbeda-beda. Minyak bunga matahari linoleat, adalah jenis yang paling umum dari minyak bunga matahari, yang mengandung tinggi asam lemak omega-6. Mengkonsumsi makanan tinggi asam lemak omega-6 tetapi tidak diimbangi dengan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh Anda. Hal ini juga menempatkan anda pada risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit seperti sindrom iritasi usus, inflamasi, obesitas, diabetes tipe-2 dan penyakit jantung.
loading...

Share this

10 Manfaat minyak bunga mawar untuk kecantikan dan kesehatan

Advertisement
Pada umumnya ada dua jenis mawar yang digunakan dalam perawatan kulit: rosa damascena dan rosa centifola. Keduanya dinilai memiliki kualitas baik untuk digunakan sebagai minyak esensial murni, yang berasal dari bunga mawar. Fakta menarik: Dibutuhkan puluhan ribu bunga mawar untuk menghasilkan 1 ons minyak esensial mawar, hal ini disebabkan mawar tersebut akan dipilih saat fajar, karena tidak semua bunga mawar bisa dibuat menjadi minyak. Alasan Itulah yang membuat minyak bunga mawar menjadi salah satu minyak esensial paling mahal. Beberapa manfaat dari minyak bunga mawar diantarnya:
Manfaat minyak bunga mawar
Gambar minyak bunga mawar

1. Manfaat minyak mawar sebagai Antidepresan. Minyak bunga mawar merupakan antidepresan alami yang membantu mengatasi masalah mental termasuk kecemasan, depresi, dan stres. Pasien dengan depresi akut bisa diberikan minyak bunga mawar secara rutin dengan dosis tertentu. Selain itu, minyak mawar juga banyak digunakan sebagai aromaterapi yang memberikan efek relaksasi secara alami.

2. Manfaat minyak mawar sebagai Antiseptik. Minyak bunga mawar adalah obat yang paling efektif untuk mengobati luka. Minyak ini merupakan antiseptik alami sehingga dapat mencegah infeksi.

3. Manfaat minyak mawar untuk mengobati jerawat. Minyak bunga mawar dapat menghilangkan jerawat secara alami dengan mudah. Cara menggunakan minyak mawar untuk jerawat: Oleskan satu tetes minyak bunga mawar murni ke jerawat tiga kali sehari. Pastikan Anda menggunakan kapas steril saat mengoleskan ke jerawat. Menggunakan minyak esensial bunga mawar untuk kulit dapat membantu meningkatkan permeabilitas kulit.

4. Manfaat minyak mawar sebagai aroma terapi. Anda mungkin sudah mengenal mengenai penggunaan minyak bunga mawar untuk yang satu ini. Menurut legenda, Cleopatra diketahui telah menggunakan minyak bunga mawar untuk mandi sebagai aromatik untuk membantu menarik perhatian kekasihnya. Minyak bunga mawar diyakini akan meningkatkan perasaan cinta, kasih sayang dan pengabdian, yang juga bertindak sebagai tonik untuk sistem reproduksi wanita.

5. Manfaat minyak mawar sebagai Antiinflamasi. Selain minyaknya bunga mawar juga dapat mengurangi bintik-bintik kemerahan atau bengkak pada kulit. Sifat menenangkan ini juga dapat membantu meringankan eksim. Cara penggunaannya, cukup rendam 8 kelopak bunga mawar dalam 3-4 sendok makan air selama kurang lebih 2-3 jam. Lalu tumbuk kelopak tersebut ke dalam air dan tambahkan 3 sendok makan madu. Aduk hingga merata, dan terapkan ke seluruh bagian wajah anda. Biarkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

6. Minyak mawar untuk sistem imun. Salah satu manfaat minyak mawar yang paling menguntungkan adalah karea sifat antivirus yang dimilikinya. Minyak bunga mawar berguna merangsang sel darah putih untuk melawan serangan bakteri dari luar. Hal ini juga mampu mencegah beberapa kondisi seperti flu, pilek dan penyakit lain yang disebabkan menurunnya sistem imun.

7. Manfaat minyak mawar untuk melindungi kulit. Minyak bunga mawar mengandung tinggi vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C adalah komponen penting dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, seperti kerusakan akibat paparan sinar UV. Dengan demikian, menggunkan minyak mawar pada kulit benar-benar memberikan manfaat yang banyak.

8. Bermanfaat bagi wanita. Menghirup aroma minyak bunga mawar selama pra menstruasi bisa sangat membantu meringankan gejala pra menstruasi. Beberapa masalah seperti kram perut, pinggul, dan paha selama masa menstruasi dapat dikurangi dengan menggunakan minyak esensial bunga mawar. Bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur juga mendapatkan keuntungan saat menggunakan minyak ini karena bunga mawar sangat efektif dalam membantu sekresi hormon yang bertanggung jawab untuk menstruasi. Selain itu, minyak bunga mawar sangat bermanfaat meringankan masalah selama pasca-menopaus dan wanita hamil termasuk morning sickness (mual selama hamil).

9. Manfaat minyak mawar untuk Detoksifikasi tubuh. Ketika minyak esensial bunga mawar digunakan untuk pijat tubuh, bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan efek  terapeutik. Hal ini juga membantu drainase cairan limfatik. Sistem saraf, kelenjar dan otot akan dirangsang saat penggunaan minyak bunga mawar untuk pijat, sehingga akan mempermudah proses detoksifikasi tubuh.

10. Membantu meringankan gejala menopause. Manfaat minyak bunga mawar untuk menopause ditunjukkan pada sebuah studi pada 2008 lalu yang melibatkan 52 wanita menopause.  Penelitian ini memberikan setengah wanita menopause untuk pijat mingguan dengan beberapa minyak esensial (termasuk lavender melati, minyak mawar dan minyak geranium). Setelah 8 minggu, para wanita yang menerima pijat dengan minyak bunga mawar memiliki gejala menopause lebih ringan (seperti hot flashes) daripada mereka yang tidak dipijat.

Jangan menelan atau menerapkan minyak bunga mawar langsung pada kulit Anda tanpa saran dari tenaga medis profesional karena sebagai minyak esensial murni bunga mawar sangat terkonsentrasi sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Konsultasikan dulu dengan dokter anda sebelum menggunakan minyak esensial untuk pengobatan atau sebagai produk kecantikan.
Minyak mawar secara umum aman digunakan selama berkualitas baik. Disarankan  untuk melakukan tes patch kulit untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi atau kepekaan terhadap minyak ini. Untuk keamanan, Wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak sebaiknya tidak menggunkan minyak bunga mawar.
loading...

Share this

8 Manfaat kedelai dan kandungan nutrisinya

Advertisement
Sejarah kedelai dimulai pada 13.000 tahun yang lalu dan diyakini berasal dari Cina. Pada abad ke-8, kedelai diperkenalkan di Jepang dan selama berabad-abad kemudian kedelai mulai menyebar ke daerah lain di Asia termasuk India, Thailand, Malaysia, Indonesia, Korea dan Vietnam.

Kedelai adalah anggota dari keluarga kacang-kacangan dan botanikal yang juga dikenal sebagai Glycine max. Hal ini karena kandungan minyak dan protein yang kaya dalam kedelai. Ada banyak produk olahan kedelai seperti susu kedelai, kecap, tempe, tahu, minyak kedelai dan lain-lain. Beberapa manfaat kedelai diantaranya:
Manfaat kedelai
Tumbuhan Kedelai 

1. Mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang sehingga memperbesar risiko patah tulang, terutama pada wanita lanjut usia. Mengkonsumsi makanan seperti kedelai dapat mengurangi risiko osteoporosis pada wanita yang mengalami menopause. Manfaat kedelai ini mungki disebabkan oleh kandungan isoflavon di dalamnya.

2. Pencegahan Kanker. Kedelai mengandung tinggi antioksidan sehingga membuatnya menjadi makanan yang baik untuk mencegah timbulnya berbagai jenis kanker. Antioksidan bermanfaat menetralisir radikal bebas, yang merupakan produk sampingan dari metabolisme sel berbahaya. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel normal bermutasi menjadi sel kanker yang mematikan. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam kedelai bisa mengurangi risiko kolorektal dan kanker usus besar, karena serat membantu mempermudah proses pencernaan dan mencegah ketegangan pada sistem pencernaan.

3. Sirkulasi dan pasokan oksigen. Ada dua mineral penting yang terdapat dalam kedelai yaitu tembaga dan zat besi, dimana keduanya merupakan faktor penting untuk pembentukan sel darah merah. Jumlah darah merah yang mencukupi dalam tubuh akan membantu organ penting mendapatkan aliran darah dan oksigen yang dibutuhkan untuk berfungsi secara efisien. Dengan demikian maka aktivitas metabolik dalam tubuh akan berjalan lancar dan menghindarkan anda dari kondisi berbahaya seperti anemia.

4. Meningkatkan kesehatan jantung. Mengganti sumber lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang pada gilirannya akan menghindarkan anda dari penyakit jantung dan stroke. Penelitian di University of Illinois mengungkap bahwa minyak nabati yang berasal dari kedelai tidak mengandung kolesterol jahat dan merupakan sumber lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh ganda adalah jenis lemak baik yang dikenal dengan omega-3, lemak jenis ini sangat menguntungkan dalam menurunkan kolesterol.

5. Sumber protein nabati. Tubuh membutuhkan protein, yang merupakan senyawa organik kompleks yang terdiri dari asam amino, untuk fungsi sel dasar. Protein yang lengkap mengandung sembilan asam amino esensial. MedlinePlus menjelaskan, tubuh Anda tidak dapat mensintesis asam amino esensial ini, sehingga anda membutuhkan makanan tinggi protein nabati seperti kedelai. Kedelai mengandung tinggi protein dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya dan merupakan satu-satunya sumber protein terlengkap.

6. Mencegah diabetes. Diabetes merupakan penyakit paling ditakuti selama lebih dari satu dekade. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, meskipun kebanyakan dari penderita diabetes adalah orang dewasa. Pola makan yang tidak sehat seperti terlalu bayak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat sederhana menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mencegah diabetes, kita harus mengganti sumber karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks seperti kedelai. Kedelai merupakan makanan yang mengandung  tinggi serat dan sangat rendah kalori sehingga sangat baik untuk menurunkan gula darah. Penelitian telah menunjukkan jika banyak mengkonsumsi produk kedelai bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

7. Baik untuk wanita hamil. Untuk memastika bayi dalam kandungan sehat, seorang wanita hamil membutuhkan asupan asam folat yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Dengan demikian, calon ibu harus mencari makanan tinggi asam folat seperti kedelai. Kekurangan asam folat selama kehamilan akan memperbesar risiko bayi lahir cacat. Kedelai juga merupakan sumber gizi yang sangat baik karena mengandung banyak mineral dan nutrisi penting seperti vitamin B, C, E, K, magnesium, zat besi, serat dan protein.

8. Membantu program diet. Sudah tidak asing lagi jika kedelai merupakan makanan yang sangat baik untuk diet sehat. Hal ini disebabkan kedelai mengandung tinggi serat, serta sangat rendah kalori dan lemak. Selama menjalani diet anda membutuhkan makanan tinggi serat dan juga protein nabati seperti kedelai. Keduanya dibutuhkan untuk mencukupi nutrisi sehingga saat menjalani diet anda akan tetap kenyang. Selain itu, serat juga dibutuhkan untuk melancarkan buang air besar yang menjadi penyebab perut buncit.
loading...

Share this

5 Efek buruk akibat kelebihan protein

Advertisement
Protein pada dasarnya adalah nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita karena dibutuhkan dalam pembentukan otot dan juga pembuatan sel darah merah. Orang-orang yang membatasi asupan lemak dan karbohidrat untuk tujuan penurunan berat badan mendorong mereka untuk mengkonsumsi lebih banyak protein sebagai sumber energi, yang dapat digunakan sebagai tenaga. Beberapa ahli kebugaran dan binaragawan mendapatkan keuntungan dari diet tinggi protein ini. Jika tubuh kekurangan protein, dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan. Salah satu bahaya dari kekurangan protein adalah menurunnya fungsi otak, sulit tidur, anemia, dan lemah. Tetapi kelebihan protein ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan bisa menyebabkan penyakit serius. Beberapa dampak negatif kelebihan protein adalah:
telur sumber protein
telur sumber protein

1. Memicu penyakit Kanker & ginjal. Protein adalah nutrisi yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebih, hal ini disebabkan saat seseorang mengkonsumsi protein lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kelebihan tersebut akan dikonversi menjadi gula dan lemak. Peningkatan kadar gula darah ini selain dapat memicu diabetes juga dapat memberi makan bakteri patogen dan jamur, seperti Candida albicans (candidiasis), serta mendorong pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ketika mengkonsumsi terlalu banyak protein, tubuh harus membuang lebih banyak produk limbah nitrogen dari darah, sehingga akan menekan ginjal.

2. Meningkatkan kadar kolesterol. Banyak mengkonsumsi makanan tinggi protein lebih dari yang seharusnya, terutama dari sumber hewani, bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah, yang berkontribusi besar pada pengerasan arteri yang menjadi penyebab utama serangan jantung dan stroke. The National Heart, Lung and Blood Institute merekomendasikan kita untuk menjaga asupan kolesterol tidak lebih dari 200 miligram per hari.  Jika anda khawatir kelebihan protein bisa mengakibatkan masalah kesehatan, imbangi sumber protein anda dari makanan yang mengandung protein nabati seperti kedelai, kacang, brokoli dan jamur.

3. Berbahaya untuk otak. Asupan protein yang berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan organ hati, otak dan sistem saraf kita. Ketika mengkonsumsi protein secara berlebih maka hati akan bekerja terlalu keras, sehingga amonia dan zat beracun lainnya bisa berkembang dalam aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan ensefalopati, sebuah kondisi yang ditandai dengan penurunan otak dan fungsi sistem saraf.

4. Meningkatkan berat badan. Penelitian baru yang disajikan pekan ini di European Congress on Obesity poin menemukan jika kelebihan asupan protein bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan kematian jika dilakukan pada orang dengan penyakit jantung. Padahal kita tahu jika protein sangat diperlukan selama diet untuk membuat kita lebih kenyang sehingga tidak membutuhkan banyak makanan. Memang di satu sisi protein membantu kita merasa kenyang, namun di sisi lain kita tetap harus menjaga asupan protein agar tidak berlebihan. Jika anda masih ragu, cobalah beralih ke protein nabati.

5. Meningkatkan risiko osteoporosis. Satu studi mencatat bahwa asupan protein sebenarnya memiliki efek positif terhadap kepadatan mineral tulang, tetapi hal ini terjadi jika kita mencukupi kebutuhan protein dalam jumlah moderat. Sebaliknya, jika kita mengkonsumsi terlalu banyak protein, terutama protein hewani, justru akan meningkatkan risiko pengeroposan tulang. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengambil protein dari kedelai, karena makanan ini merupakan sumber isoflavon yang memiliki efek perlindungan tambahan kepada tulang pada wanita pasca-menopause. 

loading...

Share this

13 Makanan yang mengandung protein nabati

Advertisement
Protein merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kita, termasuk meningkatkan fungsi otak, pembentukan otot, dan menjaga kekuatan rambut. Tanpa kehadiran protein maka tubuh tidak akan bisa bekerja dengan baik, bahkan bisa menimbulkan masalah serius. Namun, masalah yang sesungguhnya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan asupan protein yang sehat, karena kita tahu jika di negara kita sumber protein utama adalah dari hewan. Tidak semua protein dari hewan itu buruk, bahkan protein hewani memiliki kandungan asam amino yang lebih lengkap dibanding protein nabati, tetapi sayangnya kelebihan protein hewani bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama jika tidak diimbangi dengan sumber protein nabati. Penelitian telah menunjukkan jika kelebihan protein yang berasal dari daging merah bisa memicu penyakit kanker. Berikut daftar makanan sumber protein nabati pengganti protein hewani:
Makanan yang mengandung protein nabati
Makanan sumber protein nabati

1. Lentil. Lentil adalah makanan sumber protein favorit para vegetarian. 1 cangkir Lentil mengandung 9 gram protein ditambah dengan hampir 15 gram serat. Jika anda sedang mencari camilan sehat, lentil bisa menjadi pilihan yang sangat cocok.

2. Tahu. Makanan ini memang sangat digemari di Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau dan nilai gizinya cukup tinggi. Tahu mengandung tinggi protein karena terbuat dari kedelai, dimana kedelai juga sumber protein nabati. Untuk menemukan makanan ini juga sangat mudah jadi anda tidak perlu khawatir kekurangan protein nabati.

3. Jamur. Jamur semakin populer seiring dengan manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan. Bahkan, selama berabad-abad yang lalu jamur sering digunakan sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di zaman moderen ini, penggunaan jamur sebagai obat mungkin sudah jarang ditemui, tetapi makanan yang satu ini tetap digunakan oleh masyarakat luas tetapi sebagai bahan makanan. Jamur diketahui mengandung tinggi protein nabati yang bisa dijadikan alternatif pengganti daging merah. Kandungan lemaknya yang sangat rendah juga menjadi daya tarik tersendiri.

4. Brokoli. Brokoli adalah salah satu sayuran yang padat akan nilai gizi termasuk protein nabati. Brokoli selalu menjadi pilihan bagi vegetarian karena selain menyediakan protein, makanan ini juga sangat tinggi serat, vitamin, dan antioksidan penting. Antioksidan dalam brokoli disebut-sebut dapat mencegah penyakit kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Jadi, tunggu apa lagi, masukkan brokoli ke dalam daftar menu sehat harian anda.

5. Kacang polong. Manfaat kacang polong memang sangat banyak, terutama karena kandungan protein nabati di dalamnya. 1 Cangkir kacang polong mengandung setidaknya 8 gram protein nabati, sehingga sangat baik digunakan sebagai makanan pengganti protein hewani. Selain itu, kacang polong juga kaya leusin, asam amino penting untuk metabolisme dan penurunan berat badan yang sulit ditemukan di sebagian besar makanan nabati.


6. Tempe. Tidak jauh beda dengan tahu, tempe juga sering digunakan sebagai bahan masakan di banyak warung di Indonesia. Kelebihan makanan ini masih terletak pada kandungan protein nabati dan harganya yang pastinya cukup terjangkau. Jika anda sedang mencoba menurunkan kolesterol cobalah mengkonsumsi makanan ini karena protein dari kedelai sangat rendah lemak jahat, selama tidak digoreng. Belum lagi, kedelai yang menjadi bahan pembuat tempe juga tinggi serat yang bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Kecambah kacang hijau. Kecambah atau tauge adalah suatu proses biji yang tumbuh menjadi tanaman. Tauge kacang hijau memiliki banyak manfaat karena mengandung tinggi vitamin K. Viatmin K sangat diperlukan untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Tidak hanya vitamin K, tauge juga sarat akan protein nabati sehingga bisa menjadi pilihan yang bagus terutama bagi anda yang sedang diet.

8. Kacang almond. Almond dikenal sejak lama menjadi camilan sehat karena mengandung jenis lemak baik. Dimana jenis lemak ini sangat begruna untuk mengurangi kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Tidak berhenti sampai disitu, kacang almond juga tinggi akan kandungan protein nabati. Satu ons yang berisi sekitar 24 biji, mengandung 6,03 gram protein.

9. Asparagus. Asparagus adalah sayuran yang memiliki bentuk seperti tombak. Seperti sayuran hijau lainnya, aparagus menyediakan berebagai macam nutrisi yang berasal dari vitamin dan mineral. Sayuran ini sangat padat akan protein, dimana 1 cangkir asparagus cincang menyediakan 4 gram protein nabati, jumlah ini sekitar 4-6 biji asparagus. Selain itu, asparagus juga merupakan sumber vitamin B dan asam folat yang sangat diperlukan oleh wanita hamil.

10. Biji bunga matahari. Biji bunga matahari merupakan paket kecil yang menyediakan tinggi protein nabati. Selain protein, makanan kecil ini juga dikemas dengn aneka mineral penting termasuk zat besi, magnesium, dan selenium. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, magnesium berguna meningkatkan kepdatan tulang, sedangkan selenium bisa dimanfaatkan untuk mencegah kanker. Jadi, kandungan protein di dalamnya bukan satu-satunya asan bagi anda untuk mengkonsumsi makanan ini. Dalam 100 gram biji bunga matahari terdapat setidaknya 21 gram protein nabati.

11. Alpukat. Buah pada dasarnya bukan merupakan sumber protein yang baik, karena umumnya buah mengandung sejumlah kecil protein. Meskipun demikian, ada banyak alasan lain kenapa anda harus memperhitungkan buah sebagai makanan sumber protein. Buah Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh anda, sedangkan di sisi lain alpukat juga memiliki lebih banyak kalium per gram dibandingkan pisang. Untuk mendapatkan kandungan protein dari alpukat anda membutuhkan makanan lain sebagai tambahan.

12. Sayur bayam. Popeye sangat menyukai makanan ini karena saat memakannya dia akan menjadi lebih kuat, mungkin karena kandungan protein dan zat besi di dalamnya. Di dalam film tersebut berpesan jika mengkonsumsi banyak sayuran terutama bayam, bisa membuat tubuh kita menjadi kuat. Tentunya film tersebut sedikit dilebih-lebihkan, tetapi faktanya bayam memang menjadi makanan super yang sangat padat dengan nilai gizi. Di dalam bayam setidaknya terdapat beberapa nutrisi seperti protein, leutin, vitamin C, A, K, asam folat, serat, zat besi, zinc, dan fosfor. Baca juga info mengenai 22 makanan yang mengandung protein tinggi.

13. Kacang hitam. Kacang hitam sering dianjurkan bagi orang dengan penyakit diabetes karena membantu menjaga kadar gula darah. Kacang hitam dicerna secara bertahap oleh tubuh, sehingga dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan protein nabatinya yang tinggi juga bisa membantu anda merasa lebih terisi.
loading...

Share this

22 Top makanan yang mengandung protein tinggi

Advertisement
Protein adalah salah satu nutrisi paling penting bagi tubuh manusia yang diperlukan dalam membuat jaringan otot dan pembentukan sel darah merah. Beberapa bagian tubuh yang sangat membutuhkan protein diantaranya rambut, kulit dan kuku. Protein juga penting untuk fungsi neurotransmitter yang sehat, dan menjadi persedian cadangan energi saat tubuh tidak mendapatkan cukup karbohidrat. Untungnya banyak dari jenis makanan yang mengandung tinggi protein meskipun memiliki jumlah yang berfariasi.
makanan yang mengandung protein
makanan sumber protein

Selama ini kita tahu jika protein bisa didapatkan dari dua sumber, yaitu protein hewani dan nabati. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Protein hewani umumnya mengandung lebih banyak asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk membangun jaringan. Sedangkan protein nabati lebih tinggi serat dan rendah lemak. 


Manfaat dan fungsi protein:
  • Membentuk masa otot
  • Meringankan stres
  • Pembentukan hemoglobin
  • Sebagai cadangan energi
  • Meningkatkan sistem imun
  • Memperbaiki sel
  • Menguatkan folikel rambut
  • Menjaga kesehatan jantung

Akibat kekurangan protein:
  • Mengurangi kinerja otak
  • Mudah lelah
  • Anemia
  • Sulit tidur
  • Kulit mudah kering
  • Lambatnya proses penyembuhan 
  • Menjadi lebih lemah karena otot kekurangan nutrisi

Daftar makanan sumber protein tinggi

1. Daging Kalkun. Mengkonsumsi daging kalkun adalah cara mendapatkan asupan protein yang sangat baik. kalkun merupakan sumber protein yang baik, karena rendah kalori, dan dapat dimasak menjadi aneka makanan. Satu porsi kalkun dengan ebrat 3 ons mengandung 21 g protein.

2. Dada ayam. Dada merupakan bagian daging ayam yang menyediakan tinggi protein dan sangat rendah lemak. Satu porsi dada ayam denga ukuran kurang lebih  3 ons, menyediakan sekitar 30 g protein. Dada ayam bisa dijadikan alternatif sumber protein yang ramah karena lebih rendah kalori.

3. Daging kambing. Kebanyakan orang Indonesia sudah mengatahui jika daging kambing merupakan makanan tinggi protein. Dalam 3 ons daging kambing menyedikan kurang lebih 20 gram protein. Untuk mengurangi kandungan kolesterol di dalamnya sebaiknya hindari menyajikan kambing dalam bentuk digoreng atau dipanggang.

4. Daging sapi. Jika berbicara mengenai makanan sumber protein pasti kita akan langsung berfikir daging sapi. Sapi memang sangat terkenal karena mengandung tinggi protein dan mineral penting untuk tubuh. Daging sapi bisa dimasak menjadi aneka makanan seperti bakso, rawon, sup daging dan makanan lain. Dalam 3 ons daging sapi menyediakan 16 g protein.

5. Ikan salmon. Salmon lebih terkenal karena kandungan omega-3 yang dimilikinya. Ikan ini memang  menjadi salah satu hasil laut paling menguntungkan untuk manusia. Saat mengkonsumsi ikan salmon anda akan mendapatkan banyak nutrisi termasuk, protein, omega-3 dan mineral penting lainnya. Ikan ini juga sangat rendah kalori sehingga tidak akan membuat anda menjadi gemuk. Perlu dicatat jika omega-3 dalam ikan salmon bisa membantu mngurangi risiko penyakit jantung dengan mengontrol kadar kolesterol dalam darah. 4 Ons ikan salmon memberikan 24 g protein untuk anda.

6. Ikan tuna. Memilih jenis ikan sebagai sumber protein merupakan cara yang sangat baik untuk mempertahankan kadar kolesterol darah. Banyak dari jenis ikan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.  Jadi saat mengkonsumsi ikan, anda bukan hanya mendapatkan asupan protein tetapi juga mempertahankan kesehatan jantung. 3 ons ikan tuna mengandung kurang lebih 18 g protein.

7. Ikan cod. Minyak hati ikan Cod sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan karena dapat membantu tumbuh kembang otak mereka. Hal ini disebabakan ikan cod mengandung aneka nutrisi penting termasuk omega-3 dan 6. Selain keduanya ikan cod juga menyediakan protein yang melimpah. Ikan cod ukuran 4 ons, menyediakan 24 gram protein, dan 138 kalori.

8. Kepiting. Seafood adalah makanan yang paling banyak digemari karena selain lezat juga mengandung tinggi protein. Tetapi anda harus berharti-hati jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini, karena di sisi lain juga tinggi kolesterol. Sebaiknya gunakan kepiting sebagai makanan selingan saja, bukan sebagai sumber utama protein harian. Dalam satu cangkir daging kepiting menyediakan 22 g protein.

9. Tahu. Karena dibuat dari olahan kedelai, maka tahu merupakan sumber protein yang sangat baik. Berbeda dengan makanan di atas, tahu sangat aman dikonsumsi setiap hari karena merupakan sumber protein nabati, yang itu artinya sangat rendah lemak. Tahu juga relatif murah dan mudah didapat karena sangat merakyat. Hampir disemua pasar dan supermarket menyediakan makanan ini. 1 irisan tahu setidaknya mengandung 6 gram protein. Meskipun jumlah ini relatif rendah, tetapi tahu bisa menjadi alternatif yang sehat.

10. Telur. Telur adalah makanan sehat dan paling bergizi di planet ini. Makanan ini sangat praktis dan bisa dijadikan sumber nutrisi yang murah. Protein adalah salah satu nutrisi paling terkenal dalam telur. Sayangnya banyak orang yang menghindari telur karena dianggap mengandung tinggi lemak. Itu memang benar, tetapi perlu anda ketahui jika tidak semua kandungan lemak dalam telur itu buruk bagi kesehatan. Sebagian besar lemak dalam telur merupakan jenis lemak baik sehingga sangat menguntungkan untuk kesehatan.

11. Susu. Susu mengandung tinggi kalsium, protein, vitamin dan mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Itulah alasan kenapa ibu anda sering menganjurkan minum susu. Namun, beberapa orang alergi dengan susu sapi sehingg harus mencari alternatif  lain seperti susu kambing atau susu soya. 1 cangkir susu mengandung 8 gram protein, dengan 149 kalori.

12. Brokoli. Meskipun sayuran bukan sumber utama protein, tetapi anda harus melirik makanan yang satu ini. Brokoli merupakan sayuran yang sangat sehat, karena mengandung tinggi sarat, vitamin C, vitamin K, kalium dan antioksidan penting. Jadi brokoli bukan hanya menyediakan protein untuk anda. Brokoli juga sarat dengan berbagai nutrisi bioaktif yang diyakini dapat membantu melindungi tubuh terhadap serangan kanker. 1 cangkir brokoli cincang mengandung 3 gram protein, dan hanya 31 kalori.

13. Keju cottage. Cottage cheese adalah keju lembut yang dibuat dari dadih dan memiliki rasa yang asam. Keju cottage bisa dijadikan menu sarapan sehat dan lezat saat disajikan dengan buah atau salad.  Selain lezat makanan  ini juga tinggi protein untuk membangun otot. Belum lagi keju cottage juga rendah kalori sehingga bisa mnejadi fokus utama dalam memilih makanan sumber protein. Melayani ukuran 4 ons keju cottage mengandung setidaknya 14 gram protein.

14. Yogurt Yunani. Sebenarnya semua jenis yogurt juga menyediakan protein, tetapi yogurt yunani sering menjadi pilihan karena memiliki konsentrasi protein lebih tinggi. Belum lagi keju jenis ini juga memiliki kandungan kalsium lebih tinggi dibandingkan jenis keju lain. 1 cangkir yogurt yunani mengandung 24 g protein.

15. Tempe. Makanan ini masih saudara dengan tahu karena dibuat dengan bahan yang sama. Berbeda dengan tahu, tempe masih memiliki kedelai utuh sehingga kandungan nutrisinya lebih terjaga. Dalam 1 ons kedelai menyediakan 5 gram protein.

16. Udang. Udang adalah jenis seafood paling populer. Udang tinggi mineral dan rendah kalori. Beberapa mineral yang terdapat di dalam udang diantaranya selenium, magnesium, kalsium, fosfor dan kalium. Seperti kebanyakan jenis ikan, udang juga mengandung banyak asam lemak omega-3. 3 ons udang mengandung 18 gram protein, dengan hanya 84 kalori.

17. Kacang Almond. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang perlu diperhitungkan. Selain protein, almond juga menyediakan serat, dan lemak sehat. Almond relatif tinggi lemak, sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebih. Meskipun demikian, sebagaian lemak dalam almond adalah lemak sehat, jadi sangat baik dikonsumsi dalam jumlah moderat. 1 porsi kacang lamond mengandung 21 g protein.

18. Tiram. Mungkin jenis seafood ini kurang begitu umum dijadikan menu harian, tetapi tiram adalah sumber protein yang baik serta vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Selain itu, tiram juga dikemas dengan vitamin B-12, yang menyediakan sumber energi.  Dalam 1 porsi tiram menyediakan 9 gram protein yang sangat baik untuk memperkuat otot.

19. Putih telur. Seperti protein whey, putih telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi, protein dalam putih telur membantu membangun massa otot tanpa lemak bila digunakan dalam kombinasi dengan latihan rutin. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012 dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menemukan mengkonsumsi 25 gram campuran putih telur, whey protein kasein sebelum dan sesudah berlatih dapat meningkatkan massa otot dan meningkatkan kinerja fisik.

20. Selai kacang. Jika anda membutuhkan makanan yang mengandung protein dan praktis, mungkin selai kacang bisa menjadi pilihan tepat. Selai kacang bisa dioleskan di atas roti atau makanan lain sehingga sangat praktis. 1 sendok makan selai kacang mengandung  4 gram protein, dan 94 kalori.

21. Biji labu. Biji labu adalah bagian dari benih yang menduduki daftar teratas makanan dengan tinggi mineral. Biji labu dengan porsi 100 g, kira-kira mengandung sekitar 19 g protein. Makanan ini mungkin kurang umum dikonsumsi di Indonesia, apalagi dijadikan menu harian, tetapi biji labu dianggap sebagai makanan ringan yang populer di Meksiko.

22. Jamur. Jamur adalah tanaman yang paling banyak dijadikan sebagai obat sebelum ditemukan obat kimia. Hal ini tidak terlepas dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Jamur mengandung tinggi protein dan rendah kalori sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Makanan ini juga bisa menjadi menu diet sehat karena membantu anda kenyang lebih lama.

Hati dan ginjal adalah 2 organ yang harus bekerja untuk memecah protein. Jika Anda memiliki masalah dengan salah satu dari organ tersebut, periksakan dulu ke dokter sebelum meningkatkan asupan protein harian Anda.
loading...

Share this

Manfaat, fungsi magnesium, dan efek sampingnya

Advertisement
Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh setiap organ dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik termasuk tulang, protein dan pembentukan asam lemak. Magnesium juga sangat penting dalam mengaktifkan vitamin B dan D, rileksasi otot, mengatur kadar kalsium, dan sekresi insulin.
fungsi magnesium
makanan tinggi magnesium

Kebutuhan magnesium rata-rata orang laki-laki antara usia 19-30 tahun adalah 400 mg magnesium, untuk laki-laki usia di atas 30 tahun menjadi 420 mg/ hari. Sedangkan untuk perempuan berusia 19-30 tahun, membutuhkan setidaknya 310 mg magnesium/hari, dan akan meningkat menjadi 320 mg pada usia di atas 31 tahun. 


Manfaat dan fungsi magnesium

1. Meringankan asma. Beberapa studi menunjukkan bahwa intravena (IV) magnesium dapat membantu meringankan penyakit asma akut pada orang dewasa dan anak-anak usia 6 sampai 18 tahun. Tetapi belum ada bukti klinis yang menunjukkan jika mengkonsumsi magnesium membantu mengontrol gejala asma. Meskipun demikian, rendahnya asupan magnesium dapat meningkatkan risiko terkena asma. Sebuah studi klinis yang melibatkan 2.500 anak-anak, usia 11-19 tahun, menemukan bahwa kurangnya asupan magnesium menjadi penyebab tingginya risiko asma.

2. Menjaga kestabilan tekanan darah. Mengkonsumsi makanan tinggi magnesium seperti susu, buah, dan sayuran secara teratur bisa membantu anda menjaga kestabilan tekanan darah. Semua makanan tersebut kaya akan magnesium, kalsium dan kalium yang kesemuanya dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah. Sebuah studi dengan melibatkan 8.500 wanita menemukan bahwa asupan tinggi magnesium dapat mengurangi risiko hipertensi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah, meskipun tidak semua studi menunjukkan hasil yang sama.

3. Mencegah penyakit jantung. Kekurangan magnesium sering dikaitkan dengan  serangan jantung, karena salah satu fungsi magnesium adalah menjaga kestabilan detak jantung. Magnesium melindungi jantung dengan cara menenangkan saraf dan memediasi proses pencernaan yang menganggu sistem kardiovaskular Anda. Untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian cobalah banyak mengkonsumsi makanan seperti susu, buah segar, sayur dan kacang-kacangan.

4. Mencegah insomnia. Magnesium memiliki efek menenangkan dengan cara mengontrol detak jantung. Ini bukan hanya bermanfaat untuk mengobati stres, tetapi juga membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Stres dan ketegangan sering menjadi penyebab utama masalah sulit tidur atau insomnia.

5. Mencegah diabetes. Magnesium meningkatkan sekresi insulin, yang memfasilitasi metabolisme gula. Tanpa Magnesium, glukosa tidak dapat mentransfer ke dalam sel. Glukosa dan insulin bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat, sehingga menyebabkan berbagai jenis kerusakan jaringan, termasuk saraf mata.

6. Meningkatkan produksi kolagen. Magnesium adalah mineral penting untuk memproduksi protein yang secara perlahan berubah menjadi kolagen. Kolagen yang terjadi secara alami oleh protein sebagian besar ditemukan di jaringan berserat seperti tendon, ligamen, kornea, tulang, usus, tulang rawan, dan pembuluh darah. Semakin banyak kolagen dalam sistem tubuh kita, maka beberapa bagian organ penting di dalam tubuh akan bisa bekerja maksimal.

7. Meringankan Fibromyalgia. Fibromyalgia adalah suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh. Penyakit ini bisa dikurangi dengan banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalsium dan megnesium. Sebuah studi yang menggunakan 24 orang dengan fibromyalgia menemukan bahwa pasien yang diberi suplemen dengan tinggi asam malat dan magnesium selama 2 bulan mengalami  rasa sakit lebih ringan. Studi lain menunjukkan kombinasi kalsium dan magnesium dapat membantu beberapa orang dengan fibromyalgia.

8. Meningkatkan kesehatan tulang. Magnesium menjadi salah satu minereal penting untuk menjaga kepadatan tulang. Kurangnya konsumsi makanan tinggi magnesium dapat menjadi penyebab osteoporosis. Magnesium membantu dalam regulasi kadar kalsium dalam tubuh, bersama dengan vitamin D, tembaga, dan seng. Untuk mempertahankan kepadatan tulang kita harus mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin D, dan magnesium dari makanan atau suplemen. Tetapi lebih baik jika anda mendapatkan asupan magnesium dari makanan untuk menghindari efek samping suplemen magnesium.

Efek samping suplemen magnesium

Seiring manfaatnya yang banyak bagi kesehatan magnesium juga memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, tetapi jika mereka terjadi sebaiknya  mendapatkan perawatan medis.

Efek samping yang jarang terjadi:
  1. Pusing atau pingsan
  2. Pembilasan
  3. Iritasi dan nyeri 
  4. Kelumpuhan otot
  5. Sulit bernafas
  6. Penglihatan kabur atau ganda
  7. Koma
  8. Mengantuk (parah)
  9. Meningkat atau menurun buang air kecil
  10. Detak jantung lambat
Selain di atas, ada efek samping magnesium yang sering terjadi tetapi tidak memerlukan perhatian medis termasuk diare. Efek samping ini biasanya akan hilang  dengan sendirinya saat tubuh dapat menyesuaikan dengan suplemen megnesium tersebut. Selain itu, saat anda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis profesional Anda akan diberit tahu cara mencegah atau mengurangi beberapa efek samping ini. 
loading...

Share this

Fungsi mangan, manfaat, dan efek samping

Advertisement
Mangan adalah mineral yang banyak ditemukan dalam tubuh manusia dan tumbuhan. di dalam tubuh kita mangan disimpan dalam beberapa organ penting seperti tulang, hati, ginjal, dan pankreas.

University of Maryland Medical Center melaporkan jika Kekurangan mangan dalam tubuh seseorang dapat menyebabkan terganggunya sistem reproduksi, malformasi tulang, kejang dan lemah. Meskipun ada banyak makanan yang mengandung tinggi mangan seperti kacang-kacangan, jenis bijian dan nanas, tetapi masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mampu mencukupi kebutuhan mineral ini. Kebutuhan mangan pada masing-masing orang berbeda tergantung jenis kelamin dan usia. Pria berusia 19 atau lebih tua harus memenuhi sekitar 2,3 mg mangan setiap hari, sedangkan wanita usia 19 atau lebih membutuhkan setidaknya 1,8 mg mangan setiap hari. Wanita hamil dan menyusui lebih diutamakan memenuhi kebutuhan mangan harian untuk memastikan bayi mereka lahir dengan normal.
Fungsi mangan
suplemen mangan

Mangan adalah komponen enzim antioksidan superoxide dismutase (MnSOD). Antioksidan mengambil partikel merusak dalam tubuh yang sering dikenal sebagai radikal bebas. Partikel-partikel ini terjadi secara alami dalam tubuh, tetapi dapat merusak membran sel, berinteraksi dengan materi genetik, dan mengakibatkan proses penuaan serta pengembangan sejumlah penyakit berbahaya termasuk kanker. Antioksidan seperti MnSOD dalam mangan dapat menetralkan radikal bebas tersebut sehingga mengurangi dan mencegah beberapa kerusakan yang diakibatkannya. Selain itu, mangan juga sangat diperlukan dalam mempertahankan kesehatan sistem saraf dan meningkatkan fungsi otak. Beberapa manfaat dan fungsi mangan yang lain diantaranya:

Untuk kekuatan tulang. Mangan adalah mineral paling penting untuk menguatkan tulang setelah kalsium. Mineral ini sangat diperlukan oleh tubuh terutama tulang belakang. Mencukupi kebutuhan mangan harian dikaitkan dengan meningkatnya kekuatan tulang seseorang. Meskipun belum ada penelitian yang konsisten mengenai manfaat mangan untuk mencegah osteoporosis, tetapi diyakini mineral ini merupakan kontributor utama dalam mencegah pengeroposan tulang terkait usia.

Mencegah diabetes. Beberapa penelitian telah menemukan jika orang yang mengalami penyakit diabetes biasanya memiliki tingkat mangan yang rendah dalam tubuh mereka dibandingkan orang tanpa diabetes. Para penelitia masih belum bisa menyimpulkan secara pasti apakah orang dengan tingkat mangan rendah mengalami kemungkinan lebih besar terkena diabetes ataukah penyakit diabetes lah yang mengurangi tingkat mangan pada tubuh penderita. Tetapi ada penelitian lain yang sedikit menguatkan mengenai manfaat mangan untuk penderita diabetes, studi tersebut mengungkap jika penderita diabetes dengan kadar kadar mangan lebih tinggi di dalam tubuh mereka lebih terlindung dari oksidasi LDL (kolesterol jahat) dibandingkan penderita diabetes dengan tingkat mangan lebih rendah. Perlu diingat jika kandungan kolesterol yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes.

Meningkatkan kesuburan. Mangan terlibat dalam pembentukan hormon reproduksi sehingga dapat meningkatkan kesuburan terutama pada wanita usia muda. Selain itu, mangan juga sangat diperlukan oleh wanita selama masa kehamilan dan menyusui untuk membantu meningkatkan kesehatan ibu dan bayi.

Meringankan gejala PMS. Banyak wanita sering mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). Dimana wanita pada masa ini sering mengalami perubahan suasana hati, sakit kepala, depresi dan mudah tersinggung. Wanita yang menderita gejala PMS tersebut sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi mangan  yang berasal dari kacang-kacangan.

Efek samping dan keamanan: Mangan adalah salah satu mineral paling beracun jika dikonsumsi secara berlebih. Setidaknya batasi kebutuhan mangan harian anda dari 2-3 mg saja perhari. Dosis hingga lebih dari itu bisa membahayakan bagi kesehatan dan bahkan mengakibatkan keracunan. Meskipun demikian, sangat jarang kasus keracunan akibat mengkonsumsi makanan tinggi mangan, tetapi hal ini sangat mungkin jika seseorang mendapatkan asupan mangan dari suplemen.
loading...

Share this

10 manfaat kacang hijau yang menakjubkan

Advertisement
Kacang hijau adalah makanan yang sangat padat akan nilai gizi. Makanan ini sering digunakan sebagai menu makanan di Cina, dan disebut disebut lǜ Dou. Selain di cina, kacang hijau juga digunakan secara luas di Thailand, Taiwan, Jepang, Korea, Pakistan, India, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di Vietnam, kacang hijau disebut Djau xanh. Umumnya, kacang hijau bisa dimasak secara langsung atau dibuat menjadi tauge. Tauge dari kacang hijau biasanya dibuat menjadi campuran sup atau soto. Beberapa manfaat kacang hijau diantaranya:
manfaat kacang hijau
Gambar kacang hijau

1. Untuk penderita diabetes. Ada banyak makanan sehat di luar sana yang memberikan manfaat mengurngi kadar gula darah termasuk kacang hijau. Makanan ini tinggi akan kandungan serat yang berguna mengurangi tingkat kolesterol darah. Selain itu, kacang hijau juga sangat rendah indeks glikemik sehingga sangat berguna untuk mengontrol kadar gula darah yang pada gilirannya akan mencegah penyakit diabates. Untuk mendapatkan manfaat kacang hijau, anda bisa membuatnya menjadi berbagai macam olahan makanan seperti bubur kacang hijau.

2. Mengurangi risiko kanker. Salah satu jenis kanker yang bisa dicegah dengan manfaat kacang hijau adalah kanker payudara. Kacang hijau diketahui kaya akan protein inhibitor yang membantu mengurangi manipulasi sel tumor termasuk kanker payudara. Jadi bagi para wanita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau secara rutin.

3. Mengurangi pendarahan. Pendarahan merupakan kondisi yang terjadi saat kita mengalami cidera. Dalam keadaan normal saat pendarahan tubuh akan melakukan pembekuan darah untuk mencegah darah keluar terlalu banyak. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah pendarahan adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung tinggi vitamin K, dimana vitamin ini  bermanfaat mempermudah proses pembekuan darah saat cidera.

4. Meningkatkan fokus. Kacang hijau merupakan makanan yang mengandung tinggi zat besi yang berguna membuat sel darah merah. Sel darah merah sangat diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh organ di dalam tubuh termasuk otak. Jika pasokan oksigen ke otak bisa lancar, maka akan membuat kita lebih mudah berkonsentrasi. Untuk itu, bagi anda yang memiliki buah hati cobalah untuk rutin menyajikan kacang hijau ke menu harian mereka.

5. Kolesterol terjaga. Bagi yang memiliki kolesterol tinggi tampaknya harus mencoba  makan lebih banyak kacang hijau. Manfaat kacang hijau yang paling penting datang dari kandungan seratnya. Serat larut dalam kacang hijau sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengeluarkan kolesterol. Kolesterol adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke yang merupakan dua dari beberapa penyakit paling mematikan di Indonesia. Untuk mencegah penyakit jantung, tidak ada salahnya jika anda mencoba rutin mengkonsumsi olahan kacang hijau.

6. Meringankan hipertensi. Kacang hijau adalah salah satu makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2014 dalam Chemistry Central Journal, tikus yang diberikan ekstrak kecambah kacang hijau mengalami penurunan tekanan darah tinggi secara signifikan. Para peneliti menduga jika efek anti-hipertensi yang diberikan  kacang hijau disebabkan fragmen protein yang disebut sebagai peptida. Senyawa ini diketahui dapat membantu mengurangi konstraksi pembuluh darah yang bisa memicu tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan asupan protein. Jika anda adalah seorang vegetarian dan khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan protein harian, anda bisa mencoba mengkonsumsi kacang hijau. Kacang hijau megandung 20-24% dari struktur kimia pembentuk asam amino. Asam amino berperan penting dalam membantu pembentukan protein dari makanan.

8. Makanan untuk diet. Disamping kaya akan nutrisi penting, kacang hijau juga sangat rendah kalori. Dalam kacang hijau hanya terdapat sekitar 30 kalori per cangkir. Makanan rendah kalori dan tinggi serat seperti kacang hijau sangat cocok digunakan sebagai makanan untuk diet sehat. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat kita kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi porsi makan kita.

9. Tinggi antioksidan. Kacang hijau adalah makanan dengan tinggi kandungan antioksidan. Dalam satu cangkir kacang hijau mengandung setidaknya 13 miligram vitamin. Menurut Linus Pauling Institute Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung koroner atau stroke. Selain itu, antioksidan juga sangat berguna untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

10. Baik untuk wanita hamil. Dalam satu cangkir kacang hijau memenuhi  100 persen kebutuhan asam folat harian anda. Fungsi asam folat sangat banyak sekali di dalam tubuh kita termasuk untuk sintesis DNA, pertumbuhan sel, keseimbangan hormon, fungsi kognitif otak, dan sistem reproduksi. Karena manfaatnya pulalah yang membuat folat sangat diperlukan oleh wanita hamil. Dan itu bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi satu cangkir kacang hijau. Perlu diketahui jika kekurangan asam folat selama kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat.
loading...

Share this

7 Manfaat kacang polong dan kandungan nutrisinya

Advertisement
Kacang polong adalah produk kacang-kacangan yang menyediakan tinggi nutrisi plus rendah kalori. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam kacang polong diantarnya: serat, protein nabati, folat, vitamin E, C, A, niacin, zat besi, magnesium, kalium, mangan, dan karetenoid. Beberapa manfaat kacang polong diantaranya:
Manfaat kacang
 kacang polong

1. Mencegah kanker. Kacang polong dikemas dengan beberapa senyawa alami, termasuk polifenol yang disebut Coumestrol. Senyawa ini telah ditemukan mampu mengurangi risiko kanker perut hingga 50 persen. Sebuah studi di Meksiko telah menemukan bahwa mengkonsumsi satu porsi kacang polong setiap hari dapat membantu kita mengurangi risiko kanker perut. Satu cangkir kacang polong menyediakan 10 mg Coumestrol.

2. Mencegah diabetes. Fitonutrien yang ditemukan dalam kacang polong, seperti saponin, asam fenolik, dan flavanol seperti catechin dan epicatechin, telah terbukti dapat memberikan efek antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mencegah penyakit diabetes. Kacang polong juga mengandung serat larut yang bisa membantu anda mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah yang terkontrol akan membantu anda terhindari dari penyakit diabetes.

3. Menurunkan kolesterol. Kacang polong adalah makanan penurun kolesterol karena dikemas dengan serat larut. Serat larut adalah jenis serat yang apabila masuk di dalam tubuh akan membentuk sebuah gel. Gel ini berguna menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh kita. Jadi dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat larut seperti kacang polong akan membantu anda menurunkan kolesterol jahat. Studi menemukan jika mengkonsumsi setidaknya 10 gram serat larut perhari bisa mengurangi kadar kolesterol jahat hingga 10 persen.

4. Sumber folat. Asam folat adalah nutrisi yang sangat penting bagi wanita hamil. Kurangnya asupan folat selama masa kehamilan dapat mengakibatkan bayi beresiko tinggi lahir cacat. Hal ini dikarenakan folat berguna dalam membentuk jaringan otak dan sum-sum tulang belakang. Selain itu, folat juga diperlukan untuk sintesis DNA dalam sel. Studi menunjukkan bahwa memenuhi kebutuhan asam folat selama hamil akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab tertinggi kematian akibat penyakit. Salah satu pemicu utama penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol darah. Kacang polong dikenal sebagai makanan yang mengandung tinggi serat larut dimana serat ini berfungsi menyerap kolesterol kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Belum lagi, anti-oksidan yang kuat dan sifat anti-inflamasi yang dimiliki kacang polong juga bermanfaat mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Selain kolesterol, stres merupakan faktor penting penyebab penyakit jantung.

6. Sumber protein nabati. Jenis kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Kacang polong lebih rendah lemak dibandingkan dengan sumber protein hewani seperti daging. Jadi kacang polong bisa menjadi pilihan sumber protein bagi para vegetarian. Selain itu, bagi anda yang sedang menjalani diet juga bisa mencoba mengkonsumsi kacang polong sebagai pengganti protein hewani karena lebih rendah kalori dan tinggi serat makanan.

7. Meningkatkan imunitas. Kekebalan tubuh kita sangat tergantung pada konsumsi Vitamin A dan C. Keduanya sangat penting untuk menangkal efek buruk rdikal bebas dari polusi karena merupakan antioksidan alami. Satu cangkir kacang polong memenuhi sekitar 22% dari kebutuhan vitamin A harian kita. Vitamin A dan C dalam kacang polong memiliki manfaat melindungi tubuh dari serangan infeksi dan mikroba.
loading...

Share this

Alasan kenapa olahraga itu penting

Advertisement
Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Olahraga merupakan faktor penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindari dari berbagai penyakit. Tetapi sayangnya banyak orang yang kurang mendapatkan waktu  olahraga. Kebanyakan dari kita mengetahui manfaat olahraga, tetapi rasa malas dan kurangnya waktu lah yang menjadi penyebab utama kenapa kita enggan berolahraga. Untuk membuat kita semakin bersemangat dalam berolahraga, berikut beberapa alasan kenapa olahraga itu penting untuk kita lakukan:
gambar orang sedang berolahraga
gambar orang sedang berolahraga

1. Cara menjaga kesehatan yang murah. Jika mau sehat, pasti membutuhkan biaya, setidaknya untuk membeli makanan sehat dsb. Tetapi sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat badan kita tetap sehat, salah satunya dengan banyak berolahraga. Untuk berolahraga kita tidak membutuhkan banyak biaya asalkan kita bisa memilih jenis olahraga yang tepat. Misalnya berjalan kaki di pagi hari, selain gratis berjalan kaki juga sangat menyehatkan terutama untuk kesehatan jantung kita.

2. Agar tidak mudah lelah dan selalu fit. Anda merasa mudah lelah dan kurang fit? banyaklah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Olahraga memberikan kita doronga energi dengan cara memberikan latihan kepada tubuh. Selain itu, olahraga juga berguna membakar lemak berlebih di dalam tubuh yang sering menyebabkan kita mudah lelah dan kurang bersemangat.

3. Meningkatkan kepercayaan diri. Olahraga bukan hanya sekedar membuat tubuh kita tetap sehat, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan tubuh yang selalu fit dan bertenaga maka kita akan lebih percaya diri. Beberapa jenis olahraga seperti bela diri, basket, sepak bola dan bersepeda akan membantu kita mendapatkan kepercayaan diri.

4. Meningkatkan kesehatan mental kita. Olahraga bukan hanya dapat mencegah penyakit berbahaya, tetapi juga memberikan dorongan pada kesehatan mental. Dengan banyak berolahraga maka kita akan meminimalisir stres dan depersi, dimana keduanya merupakan gangguan mental utama di era moderen ini. Olahraga di pagi hari menjadi salah satu cara paling efektif untuk membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Usahakan juga berolahraga di ruang terbuka seperti taman, agar kita bisa menghirup udara segar.

5. Mencegah penyakit berbahaya. Jika kita bertanya kepada ahli kesehatan apa rahasia hidup sehat, pasti salah satu jawabannya adalah melakukan olahraga secara teratur. Memang tidak bisa dipungkiri jika olahraga merupakan faktor penting untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Bahkan, penelitian menunjukkan jika aktivitas fisik seperti olahraga dapat memperpanjang usia seseorang. Tercatat ada banyak penyakit yang bisa dicegah dengan olahraga teratur termasuk diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker, nyeri sendi, Alzheimer dan masih banyak lagi.

6. Kualitas hidup yang lebih baik. Jika kita bisa mendapatkan manfaat dari olahraga di atas, pastinya kualitas hidup kita akan lebih baik. Kualitas hidup seseorang bukan hanya diukur dari kekayaan saja, tetapi juga dengan bagaiman kita menjalani hidup. Orang yang sehat akan memiliki banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah, berkumpul bersama keluarga, teman atau orang yang kita cintai. 
loading...

Share this

10 Manfaat buah blackberry bagi kesehatan

Advertisement
Pada tahun 2006, para ilmuwan Chili menerbitkan sebuah studi di Amerika Latin Archives of Nutrition. Studi ini membandingkan kekuatan antioksidan dari berbagai makanan sehat, termasuk 28 jenis buah-buahan berbeda. Hasilnya blackberry masuk dalam daftar teratas buah dengan tinggi antioksidan. Kelaurga berry memang diketahui sejak lama memiliki kandungan antioksidan penting termasuk strawberry, raspberry, dan blueberry.

Blackberry mengandung banyak anthocyanin, pembentuk warna pada tumbuhan yang telah terbukti bekerja sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Antioksidan dari makanan seperti blackberry dapat membantu melindungi kita dari efek merugikan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang menjadi penyebab berbagai penyakit degeneratif, termasuk kanker, degenerasi makula, diabetes, aterosklerosis, penyakit jantung, stroke, Alzheimer, dan arthritis. Berikut daftar lengkap manfaat buah blackberry:
Manfaat buah blackberry
Gambar buah blackberry segar

1. Melawan radikal bebas. Di atas sudah disinggung bahwa blackberry memiliki kemampuan melawan radikal bebas karena mengandung tinggi antioksidan. Anthocyanocides dan polifenol adalah dua antioksidan penting yang ditemukan dalam blackberry. Sedangkan antioksidan dari Vitamin C dan Vitamin A membuatnya sangat efektif melindungi kulit dari kerusakan. Mengkonsumsi blackberry secara teratur akan membantu anda melindungi kulit dari sengatan sinar UV.

2. Bantuan Diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam blackberry sangat berguna mengurangi risiko penyakit diabetes, terutama jenis serat larut. Mengkonsumsi blackberry setiap hari membantu mengontrol kadar gula darah. Selain buahnya, daun blackberry juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah diabetes.

3. Fungsi tiroid. Tiroid memainkan banyak peran penting di dalam tubuh termasuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru, sistem pencernaan, kulit dan otak. Fungsi tiroid yang seharusnya juga membantu tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi dan proses karbohidrat. Karena tubuh membutuhkan bantuan tambahan untuk memproses dan mengkonversi unsur makanan menjadi nutrisi dan energi, pasien hipotiroid harus mengurangi konsumsi karbohidrat. Pasien hipotiroid harus mengkonsumsi makanan yang kaya protein, vitamin dan mineral tetapi rendah karbohidrat. Buah terbaik untuk jenis diet ini adalah keluarga berry, seperti raspberry, blueberry, blackberry dan stroberi.

4. Mencegah Kanker. Blackberry merupakan makanan tinggi antioksidan yang bermanfaat mencegah berbagai macam jenis kanker. Blackberry mengandung cyanidin-3-glucoside yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel tumor. Antioksidan dalam blackberry juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas akan merusak sel DNA sehingga memicu perkembangan sel-sel kanker.

5. Mangan dan tembaga. Banyak mengkonsumsi blackberry akan meningkatkan asupan tembaga dan mangan harian anda, kedua mineral ini sangat penting untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan. Keduanya membantu memproduksi kolagen untuk membuat tulang rawan, dan mempromosikan kesehatan kulit. Tembaga juga membantu metabolisme zat besi dan meningkatkan fungsi otak. Menurut Institute of Medicine, Setiap 1 cangkir blackberry mengandung 1,8 miligram mangan. Jumlah tersebut sudah memenuhi 100% kebutuhan mangan harian untuk wanita, dan 78 persen untuk laki-laki. Satu porsi jus blackberry juga menyediakan 468 mikrogram tembaga, atau 52 persen dari kebutuhan asupan harian orang dewasa.

6. Mengendalikan tekanan darah tinggi. Blackberry memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Kalium dalam blackberry berfungsi mengendalikan kelebihan natrium yang menjadi penyebab hipertensi. Satu cangkir blackberry mengandung 114 miligram kalium. Sehingga membantu mempertahankan tekanan darah.

7. Blackberry melawan infeksi. Satu cangkir blackberry segar mencukupi 24 persen kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C adalah antioksidan larut dalam air yang secara alami membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap infeksi dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, blackberry merupakan sumber asam ellagic. Asam ellagic adalah phytonutrisi yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri dan jamur dalam tubuh.

8. Tinggi serat. Serat adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Serat berfungsi membawa makanan melalui usus besar untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Menurut Linus Pauling Institute Satu cangkir blackberry menyediakan 7,6 gram serat makanan atau mencukupi 20 persen dari kebutuhan serat harian untuk pria, dan 29 persen untuk wanita. Serat selain berguna melancarkan BAB juga membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolesterol, sehingga konsumsi serat yang cukup akan menghindarkan anda dari penyakit diabetes dan kardiovaskular.

9. Meningkatkan fungsi otak. Konsumsi makanan tinggi antioksidan seperti blackberry sering dikaitkan dengan menurunnya risiko penyakit alzheimer (penyakit menurunnya fungsi kognitif otak). Blackberry dianggap sangat baik untuk otak karena mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Magnesium, Mangan, B-kompleks, dan Selenium yang sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi otak. Jika otak mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan, maka sistem saraf akan bisa bekerja dengan maksimal. Studi telah membuktikan bahwa megkonsumsi blackberry secara teratur dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik otak.

10. Menjaga kesehatan jantung. Ada banyak alasan kenapa banyak mengkonsumsi buah dapat menghindarkan anda dari penyakit jantung. Alasan pertama adalah kebanyakan buah seperti blackberry merupakan sumber serat, dimana serat sangat berguna untuk menurunkan kolesterol yang menjadi penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, blackberry juga kaya akan kalium yang bisa dimanfaatkan untuk menjag kestabilan detak jantung. Detak jantung yang terkontrol dengan baik akan memastikan anda terhindar dari penyakit jantung. Tidak berhenti sampai di situ, buah ini juga menyediakan antioksidan penting yang dapat dijadikan agen anti-inflamasi yang juga berperan penting dalam mecegah penyakti kardiovaskular termasuk penyakit jantung.
loading...

Share this

14 Manfaat buah strawberry yang mengagumkan

Advertisement
Manfaat buah strawbeerry sering didominasi karena kandungan antioksidan di dalamnya. Strawberry memang menjadi salah satu rajanya buah dengan antioksidan tinggi bersama dengan keluarga berry lainnya termasuk blueberry dan blackberry.  Strawberry mengandung antioksidan yang disebut antosianin dan catechin yang telah dikaitkan dengan penurunan  risiko penyakit kronis termasuk kanker dan jantung. Dengan banyaknya hasil penelitian yang mengungkap manfaat strawberry bagi kesehatan, membuat buah ini semakin populer. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat buah strawberry, mari simak ulasan berikut ini:
manfaat buah strawberry
Gambar buah strawberry segar

1. Sistem imun. Strawberry merupakan makanan yang mengandung tinggi vitamin C, dimana vitamin jenis ini bermanfaat meningkatkan istem imun tubuh. Sistem imun yang kuat akan membentengi tubuh dari serangan berbagai macam infeksi akibat virus dan bakteri.

2. Tinggi serat. Bersama dengan keluarga berry lainnya, strawberry adalah makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Serat dari makanan sangat berguna untuk meningkatkan kinerja sistem pencernan tubuh, sehingga dapat melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

3. Mencegah kanker. Kandungan vitamin C dalam strawberry selain berguna meningkatkan sistem imun juga bisa dimanfaatkan sebagai agen anti-kanker. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan alami yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Mencegah penyakit jantung. Flavonoid yang disebut anthocyanin dan antioksidan dalam strawberry dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat pada dinding arteri, penumpukan kolesterol dalam arteri akan mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Penelitian juga telah menunjukkan jika konsumsi strawberry secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Kesehatan kulit. Sudah tidak diragukan lagi jika strawberry merupakan sumber antioksidan. Antioksidan bukan hanya diperlukan untuk mencegah kanker, tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi. Alasan ini jugalah yang membuat banyak produk kecantikan seperti pembersih wajah, krim anti-penuaan dan pelembab sering menggunakan ekstrak strawberry.

6. Meringankan hipertensi. Penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Penyakit ini sering mengakibatkan banyak kematian mendadak, karena gejala awal hipertensi kadang tidak bisa diidentifikasi. Kabar baiknya, Strawberry bisa dijadikan sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung tinggi kalium dan magnesium, yang keduanya cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan fungsi otak. Menurunnya fungsi otak merupakan masalah klasik bagi para lansia. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satu yang paling umum adalah radikal bebas. Untuk mencegah hal ini, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan termasuk strawberry. Selain antioksidan, strawbeery juga diperkaya dengan flavonoid alami untuk meningkatkan kemampuan mengingat otak dengan merangsang jalur sinyal. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Neurology telah membuktikan bahwa makan 2 porsi atau lebih buah strawberry dalam seminggu bisa menunda penurunan memori akibat bertambahnya usia.

8. Buah untuk diet. Selama menjalani diet, anda dituntut untuk mengurangi jumlah kalori tanpa harus mengabaikan kebutuhan nutrisi. Untuk itu, kita harus pandai memilih makanan yang tinggi nutrisi tetapi rendah lemak, strawberry adalah salah satu diantarnya. Strawbeery mengandung tinggi air dan juga serat yang bisa membuat anda kenyang lebih lema sehingga mengurangi makan berlebih. Tidak berhenti sampai di situ, strawberry juga mengandung anthocyanin, yang dapat merangsang pembakaran lemak berlebih. Baca juga 17 makanan untuk menghilangkan lemak.

9. Baik untuk wanita hamil. Srawberry memberikan sejumlah asam folat yang sangat baik untuk wanita hamil. Kekurangan asam folat selama masa kehamilan akan beresiko melahirkan cacat. Selain itu, Folat dalam buah strawberry membantu perkembangan otak bayi, tengkorak dan pengembangan sumsum tulang belakang.

10. Mencegah rambut rontok. Salah satu manfaat strawberry untuk kecantikan adalah memperkuat folikel rambut. Bukan hanya itu, Mineral seperti tembaga dan magnesium dalam strawberry berguna mencegah ketombe dan pertumbuhan jamur pada kulit kepala Anda.

11. Anti-inflamasi. Peradangan dapat dikurangi, berkat antioksidan dan fitokimia yang ditemukan dalam buah strawberry. Penelitian menemukan jika wanita yang makan setidaknya 16 buah strawberry setiap hari memiliki risiko lebih kecil mengalami permasalah inflamasi seperti penyakit jantung dan rheumatoid arthritis.

12. Mengontrol gula darah. Ketidakseimbangan dalam regulasi gula darah, atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat sederhana dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang menjadi penyebab utama penyakit diabetes. Strawberry bisa digunakan sebagai makanan pengontrol kadar gula darah karena mampu memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa setelah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Bukan hanya itu, kandungan serat dalam buah strawberry juga bermanfaat mengurangi risiko diebetes.

13. Tinggi mangan. Satu cangkir Strawberry memenuhi sekitar 29% kebutuhan mangan harian Anda. Mangan merupakan mineral penting yang diperlukan untuk sistem saraf dan otak. Dengan mencukupi kebutuhan mineral ini maka beberapa gangguan neurologis seperti penyakit epilepsi dan Parkinson dapat dicegah. Mangan juga merupakan mineral yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang sehingga rutin mengkonsumsi strawberry bisa membantu anda mendapatkan tulang kuat.

14. Meningkatkan kesehatan mata. Mengkonsumsi strawberry dalam jumlah moderat bisa membantu melindungi seseorang dari degenerasi makula terkait usia. Degenerasi makula adalah menurunnya fungsi penglihatan seiring dengan bertambahnya usia. 
loading...

Share this