12 Buah untuk ibu hamil yang baik bagi kesehatan bayi

Dalam artikel ini akan mencari tahu daftar buah sehat untuk ibu hamil setelah sebelumnya kita membahas mengenai makanan sehat untuk ibu hamil. Meskipun buah-buahan adalah makanan yang sehat, tetapi kadang-kadang masih terdapat beberapa orang yang kurang menyukai buah. Kebanyakan dari mereka lebih suka mengkonsumsi makanan ringan seperti kue kering atau gorengan yang sudah jelas nutrisinya sangat rendah.
Buah untuk ibu hamil
image by wikimedia.org, Buah untuk ibu hamil

Hal yang sama juga berlaku untuk wanita hamil. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi ketimbang biasanya. Dan kita semua tahu bahwa buah-buahan adalah salah satu makanan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil

1. Asam folat. Asam folat bisa dikatakan sebagai nutrisi utama bagi ibu hamil karena asam folat berguna mencegah cacat tabung saraf. Seorang wanita hamil sangat ditekankan mengkonsumsi makanan tinggi asam folat untuk memastikan bayi mereka lahir dengan sehat. Beberapa makanan yang mengandung tinggi asam folat diantaranya: Buah alpukat, bayam, brokoli, dan buah pisang.

2. Zat besi. Zat besi adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, karenanya dengan mencukupi nutrisi ini maka dapat mencegah anemia. Bagi ibu hamil anemia bisa membahayakan janin mereka, terutama jika sudah masuk tahap kronis. Beberapa makanan yang mengandung tinggi zat besi diantaranya: Buah kurma, seafood, biji bunga matahari, beras merah, dan buah aprikot.

3. Vitamin C. Mencukupi kebutuhan vitamin C sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, terutama bagi ibu hamil. Sumber vitamin C diantarnya: Buah kiwi, buah strawberry, buah jambu, dan paprika.

4. Kalsium. Kalsium adalah nutrisi utama bagi tulang, sehingga kekurangan kalsium sering dikaitkan dengan osteoporosis. Seorang ibu hamil harus mencukupi kebutuhan mineral yang satu ini untuk pembentukan tulang bayi dalam kandungan. Sumber: susu, telur, keju, buah jeruk, kacang almond dan sawi hijau.

5. Protein. Menurut hasil penelitian di Harvard University ibu hamil harus mendapatkan cukup protein untuk mencegah penyakit kehamilan termasuk preeklamsia. Sleain itu, protein juga dibutuhkan untuk membuat sel darah merah bersama dengan zat besi dan asam folat. Sumber: Daging, telur, kacang-kacangan, buah delima, dan unggas.

Buah sehat untuk ibu hamil

1. Buah aprikot. Aprikot mengandung berbagai macam nutrisi bagi ibu hamil seperti Vitamin A, C, E, Beta Carotene, Fosfor, Silicon, Kalsium, Besi dan Kalium sehingga membuatnya menjadi salah satu buah sehat bagi ibu hamil. Di dalam buah aprikot juga terdapat serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan ibu  sekaligus memaksimalkan penyerapan nutrisi. Aprikot juga mengandung zat yang berguna untuk mencegah anemia.

2. Buah ceri. Saat hamil, anda akan membutuhkan asupan makanan yang mengandung tinggi vitamin  C untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian anda, dan itu bisa didapat dengan mengkonsumsi buah ceri. Mengkonsumsi buah ceri diketahui dapat membantu suplai darah yang efisien untuk plasenta dan bayi. Selain itu, ceri juga dikemas dengan Melatonin, hormon antioksidan kuat yang membantu dalam memerangi efek merugikan radikal bebas.

3. Buah kurma. Buah yang satu ini memang cukup menakjubkan karena memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Buah kurma mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk zat besi. Penelitian terbaru telah berhasil mengungkap mengenai manfaat buah kurma yang sangat menakjubkan. Dalam penelitian tersebut  menemukan bahwa kurma basah memiliki kemampuan untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Pantaslah jika Allah memerintahkan maryam untuk mengkonsumsi buah ini setelah melahirkan.

4. Buah alpukat. Nutrisi penting yang harus didapat oleh ibu hamil adalah asam folat, dimana nutrisi ini sangat banyak ditemukan dalam buah alpukat.  Memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil akan mengurangi risiko melahirkan cacat tabung saraf  (cacat yang berhubungan dengan perkembangan otak dan tulang belakang). Wanita hamil setidaknya membutuhkan asupan sam folat sekitar 400 mcg, dan itu bisa didapat dengan banyak mengkonsumsi buah alpukat atau makanan lain yang mengandung asam folat tinggi.

5. Buah pisang. Buah pisang dikemas dengan serat, mineral dan multivitamin penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengkonsumsi buah pisang selama kehamilan dapat membantu mengurangi mual menurut pengalaman banyak wanita hamil  kata Allidina, seorang ahli diet di Richmond Hill, Ontario. Hal ini disebabkan karena buah pisang merupakan sumber vitamin B6. Kalorinya yang tinggi dalam buah pisang juga bisa membantu anda mendapatkan tenaga selama kehamilan.

6. Buah anggur. Ada banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, flavonoid, folat, kalium, natrium, dan fosfor yang terkandung dalam buah anggur. Semuanya sangat penting utuk mengontrol tingkat metabolisme pada wanita hamil dan pengembangan visual pada janin. Selain itu, nutrisi tersebut juga diperlukan untuk mencegah cacat lahir dan mengurangi kram otot untuk ibu. Jadi pantas jika buah anggur masuk dalam daftar buah sehat untuk ibu hamil.

7. Buah Strawberry. Buah ini menjadi favorit banyak orang bukan hanya karena tampilannya yang menawan, tetapi juga disebabkan manfaatnya yang banyak, terutama bagi ibu hamil. Strawberry mengandung sejumlah nutrisi termasuk karbohidrat, vitamin B, C, zinc, magnesium, folat, kalium, mangan, dan serat. Phytonutrisi dalam strawberry juga membantu melindungi sel-sel secara efektif. Jadi pastikan strawberry masuk dalam daftar menu sehat harian anda.

8. Buah apel. Anda sedang mencari buah sehat untuk ibu hamil? cobalah memilih apel. Buah ini sangat mengagumkan karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, plus rasanya yang lezat juga menjadi daya tarik tersendiri. Mengkonsumsi buah apel selama kehamilan dapat mengurangi risiko asma dan eksim pada anak. Kandungan vitamin dalam buah apel juga sangat lengkap meliputi Vitamin A, D, dan E.

9. Buah mangga. Mangga sering disebut sebagai buahnya wanita hamil, karena kabanyakan dari mereka mengidam buah ini selama hamil. Sepertinya pilihan ibu hamil tersebut sangat tepat karena buah mangga mengandung banyak nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Mangga mengandung Vitamin C yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi ringan.

10. Blueberry. Buah ini sangat terkenal karena kandungan antioksidannya yang berguna menagkal efek merugikan dari radikal bebas. Bahkan, blueberry masuk dalam urutan teratas makanan yang mengandung tinggi antioksidan.

11. Buah semangka. Semangka adalah buah yang sangat menyegarkan karena mengandung tinggi air. Buah ini juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat membantu mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki, sekaligus meringankan kram otot. Mengkonsumsi buah semangka selama kehamilan juga akan membuat ibu hamil tetap terhidrasi karena kandungan airnya cukup tinggi.

12. Buah delima. Buah sehat untuk ibu hamil yang terakhir adalah buah delima. Delima mengandung banyak nutrisi diantarnya kalsium, folat, zat besi, protein dan vitamin C. Jadi buah ini benar-benar bermanfaat bagi ibu hamil.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dari buah dan makanan lainnya, ibu hamil juga harus menghindari beberapa makanan yang bisa membahayakan janin dalam kandungan. Beberapa makanan pantangan bagi ibu hamil diantaranya seperti minuman berbasis kafein, pepaya mentah, ikan mentah termasuk sushi, dan semua produk susu yang tidak dipasteurisasi. 
loading...