Thursday, January 14, 2016

7 Manfaat buah aprikot yang mengagumkan

Buah Aprikot berasal dari Asia yang ditemukan lebih dari 4000 tahun yang lalu. Buah ini dapat tumbuh dengan baik pada iklim hangat sehingga banyak negara yang mengimpor buah ini dari negara-negara yang lebih panas. Buah aprikot masih satu kerabat dengan plum, nectarine dan persik dengan nama ilmiah Prunus armenia. Manfaat buah arpikot sangat banyak sekali bagi kesehatan, hal ini tidak terkepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah termasuk vitamin, mineral dan serat. Berikut daftar lengkap manfaat buah aprikot untuk kesehatan:
Manfaat buah aprikot
image by pixabay, manfaat buah aprikot

1. Tinggi vitamin A. Buah aprikot merupakan salah satu buah yang diperkaya  vitamin A, dan karotenoid. Dalam 100g buah aprikot segar mengandung hingga 1.926 IU atau 64% dari kebutuhan vitamin A harian anda. Vitamin A diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk meningkatkan fungsi penglihatan. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga mukosa dan kesehatan kulit. Banyak mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya karoten membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

2. Tinggi vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang paling penting untuk tubuh kita. Vitamin ini bekerja sebagai antioksidan yang berguna menangkal efek buruk radikal bebas sekaligus memperbaiki sel-sel dari kerusakan. Dengan rutin mengkonsumsi buah aprikot kebutuhan vitamin C harian anda akan terpenuhi karena buah ini sangat tinggi vitamin C. Kombinasikan buah aprikot dengan makanan tinggi vitamin C lain seperti buah kiwi, strawberry dan paprika untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda.

3. Mengandung tinggi serat. Anda ingin diet? salah satu caranya adalah banyak mengkonsumsi buah dan sayur segar dengan tinggi serat. Aprikot bisa menjadi pilihan menu diet sehat karena merupakan salah satu makanan yang mengandung tinggi serat. Selain berguna untuk menurunkan berat badan, serat juga bermanfaat mengurangi tingkat kolesterol jahat, melancarkan pencernaan dan mencegah diabetes. Untuk itu, cobalah banyak mengkonsumsi buah aprikot.

4. Baik untuk wanita hamil. Buah Aprikot sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung vitamin A, C dan E serta mineral penting seperti fosfor, silikon, kalsium, zat besi dan kalium. Wanita hamil sering disarankan untuk mengkonsumsi aprikot kering karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang penting bagi wanita hamil untuk mencegah anemia. Namun, perlu diketahui bahwa sebelum mengkonsumsi buah ini harus dicuci  dengan benar untuk menghilangkan parasit dan bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit makanan seperti listeriosis dan toksoplasmosis menurut American Pregnancy Association dan FDA.

5. Mencegah kanker. Buah Aprikot kaya akan antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas dan kerusakan sel. Radikal bebas diproduksi dalam tubuh akibat polusi, sinar UV dan asap kendaraan. Mereka menghambat proses pertumbuhan sel, membawa perubahan dalam DNA sel dan merusak jaringan sel. Kondisi tersebut dapat menyebabkan pembentukan sel kanker. Aprikot kaya akan vitamin A dan C yang merupakan antioksidan kuat untuk melawan penyakit kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Tinggi kalium. Kalium adalah mineral penting yang juga ditemukan dalam buah aprikot (1 aprikot mengandung 6% dari RDA) yang diperlukan untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif adalah nama lain dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, kalium dalam buah aprikot juga berguna menyeimbangkan tekanan darah, sehingga dapat mencegah hipertensi dan penyakit jantung.

7. Menjaga keseimbangan cairan tubuh. Buah aprikot mengandung mineral seperti kalium dan natrium yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar elektrolit tubuh. Hal ini penting untuk transportasi ion pada setiap sel tubuh. Selain itu,  menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh juga penting untuk kontraksi otot. Dengan demikian, kalium dan natrium dalam aprikot membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.
loading...