7 Manfaat kulit pisang

Apa yang anda lakukan dengan kulit pisang setelah memakan buahnya? pasti kebanyakan dari ita akan langsung membuangnya. Kulit buah yang satu ini memang sepertinya sangat tidak berharga karena rasanya tidak enak. Tapi tahukah anda jika sisa makanan yang sering kita abaikan ini ternyata memiliki banyak kegunaan untuk tubuh manusia, apa sajakah itu, mari simak 7 manfaat kulit pisang:
Manfaat kulit pisang
 kulit pisang

1. Mencegah kerusakan mata. Kulit pisang mengandung lutein, yang merupakan karotenoid dengan sifat antioksidan. Ini dikenal dapat mengurangi stres oksidatif dan menetralisir radikal bebas di berbagai organ dalam tubuh, termasuk kulit Anda. Selain berguna menangkal efek buruk radikal bebas manfaat kulit pisang ini juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak, menyaring sinar UV yang berbahaya, dan melindungi mata Anda dari kerusakan radikal bebas.

2. Menghilangkan kutil. Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Meskipun umumnya tidak berbahaya, kutil cukup mengganggu sehingga dapat mengurangi rasa percaya diri. Untuk menghilangkan kutil kita bisa memanfaatkan khasiat dari kulit pisang. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menggosok kulit yang terkena kutil dengan kulit pisang. Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk menggunakan kulit pisang untuk kulit.

3. Menurunkan kolesterol. Buah pisang memang diperkaya dengan serat diantara buah dan kulitnya yang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol. Meskipun kulit pisang kurang umum untuk dikonsumsi, beberapa orang menggunkannya sebagai ramuan untuk menurunkan kolesterol jahat mereka. Sehingga dengan menggunakan kulit pisang mereka akan mendapatkan keuntungan mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan kanker. Bahkan ada beberapa orang yang sudah mulai memproses kulit pisang menjadi makanan untuk digunakan sebagai penurun kolesterol alami.

4. Mengatasi gigitan serangga. Jika anda digigit serangga seperti semut atau nyamuk mungkin dapat menggunakan kulit pisang untuk menyembuhkannya. Kulit pisang memberikan sensasi rasa dingin dan mengurangi rasa sakit akibat gigitan serangga sehingga bisa dijadikan obat alami yang cukup efektif.

5. Memutihkan gigi. Ingin mendapatkan gigi putih secara alami? mungkin kulit pisang bisa menjadi pilihan yang bagus. Kulit pisang mampu membersihkan dan memutihkan gigi secara alami tentunya juga aman karena tanpa flouride. Meskipun demikian, anda tetap butuh menggosok gigi untuk membantu menghilangkan sisa makanan. Cara menggunakan kulit pisang untuk memutihkan gigi adalah dengan menggosok kulit pisang pada gigi anda selama sekitar satu menit selama 1 minggu.

6. Meningkatkan sistem tubuh. Kulit pisang memiliki banyak serat, bakteri baik/probiotik sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Belum lagi, kulit pisang juga berguna menyingkirkan sembelit sekaligus membantu detoksifikasi tubuh dan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

7. Melindungi sel darah merah. Penelitian menemukan bahwa kulit pisang dapat melindungi sel darah merah dari kerusakan. Dalam sebuah penelitian juga ditemukan bahwa kulit pisang hijau lebih efektif dalam melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.
loading...