Thursday, January 7, 2016

Makanan untuk melancarkan BAB

Kesehatan pencernaan yang buruk dapat memberikan efek yang merugikan bagi kesehatan secara keseluruhan. Masalah kesehatan ringan yang timbul akibat kurang mengkonsumsi makanan berserat adalah sembelit atau sulit buang air besar. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan perut buncit dan masalah kesehatan lainnya. Bahkan, kesehatan pencernaan yang buruk bisa menjadi penyebab kanker usus besar jika terjadi terus menerus dalam jangka waktu panjang. Untuk itu, sebaiknya jangan meremehkan masalah susah BAB ini. Beberapa maknan yang diketahui cukup ampuh untuk melancarkan BAB diantranya:
makanan berserat
image by wikimedia.org makanan berserat

1. Pepaya. Buah ini sangat terkenal dalam hal melancarkan BAB karena mengandung tinggi serat dan juga air. Buah pepaya juga sangat baik untuk diet sehat karena juga rendah kalori. Jika anda punya masalah dengan sembelit, sebaiknya sering makan buah yang satu ini

2. Anggur. Anggur merupkaan buah nikmat dengan rasa manis yang menyegarkan. Buah ini sangat mewah karena sering dinikmati para raja di zaman dahulu. Manfaat buah anggur pun juga sangat melimpah bagi kesehatan dan salah satunya adalah sebagai pencahar untuk melancarkan BAB. Mengkonsumsi anggur 1 cangkir perhari akan membantu anda mendaptkan pencernaan yang sehat bebas sembelit.

3. Air putih. Air merupakan sumber kehidupan dimana sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Air sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan untuk membuang racun dan melancarkan pencernaan. Kekurangan air dapat memicu sembelit dan masalah pncernaan lainnya. Cukupi setidaknya 7-8 gelas air perhari agar badan anda selalu sehat.

4. Brokoli. Sayuran ini adalah rajanya makanan tinggi antioksidan. Brokoli mengandung aneka vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Belum lagi kandungan seratnya yang tinggi juga menjadi daya tarik tersendiri sayur ini. Anda bisa menikmati brokoli dalam bentuk dikukus atau mengolahnya menjadi aneka makanan. Tapi ingat, sayur seperti brokoli akan mudah kehilangan vitamin jika dimasak dalam waktu lama.

5. Sayur bayam. Makanan kesukaan popeye ini memang tidak berhenti memberikan manfaat bagi kesehatan. Selain tinggi zat besi, vitamin dan mineral lainnya bayam juga merupkan sumber serat, yang itu artinya sangat baik untuk pencernaan kita.

6. Buah jeruk. Jeruk adalah buah kesukaan saya, karena selain lezat juga menyediakan tinggi vitamin C yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jeruk mengandung tinggi air dan juga serat, dimana keduanya sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan. Mengkonsumsi 2 buah jeruk berukuran besar setidaknya akan membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat.
loading...