Saturday, January 23, 2016

Buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil

Mengatur pola makan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur sekaligus menghindari makanan tertentu merupakan cara bagi ibu hamil untuk memastikan bayi mereka lahir dengan sehat. Ibu hamil dituntut untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi sehingga harus mempersiapkan daftar makanan sehat yang akan dijadikan menu harian. Namun, di sisi lain seorang wanita hamil  memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga lebih rentan terhadap efek bahaya dari virus dan bakteri. Inilah salah satu alasan kenapa ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.
Buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil
Gambar Buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil

Buah pada dasarnya adalah makanan sehat yang menyediakan banyak nutrisi berupa vitamin, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Tetapi ternyata ada beberapa jenis buah yang diketahui memiliki efek kurang baik bagi kehamilan anda, beberapa diantaranya adalah:

1. Buah nanas. Kebanyakan orang menganggap buah nanas sebagai makanan pantangan bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Buah nanas mengandung  bromelain yang dapat memicu kontraksi sehingga sangat memungkinkan seorang ibu melahirkan prematur.  Tetapi beberapa wanita mengaku jika mereka mengkonsumsi buah ini tetapi tidak ada masalah apa-apa dengan kehamilan mereka. Selain kandungan senyawa tersebut jumlah seberapa banyak mengkonsumsi nanas juga bisa berpengaruh . Sebagai langkah pencegahan sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi buah yang satu ini. Sebagai gantinya pilihlah buah sehat bagi ibu hamil seperti berry, pisang, alpukat atau kiwi.

2. Buah pepaya. Pepaya sebenarnya adalah makanan sehat untuk ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi penting termasuk asam folat dan vitamin C. Tetapi sayanganya buah ini harus mendapatkan perhatian khusus bagi ibu hamil karena disinyalir dapat membahayakan hemamilan mereka. Pasalnya buah pepaya yang masih setengah matang atau mentah memang bisa menyebabkan keguguran atau ibu hamil melahirkan prematur, oleh sebab itulah beberapa orang melarang ibu hamil mengkonsumsi buah pepaya.  Sebenarnya buah pepaya yang sudah masak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil tetapi dalam jumlah terbatas.

3. Durian. Durian adalah buah yang paling banyak dihindari oleh ibu hamil setelah nanas. Memang banyak yang mengatakan jika durian tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa berakibat buruk bagi kehamilan mereka, apakah hal itu benar? Penelitian menemukan durian mengandung organo-sulfur dan triptofan sehingga memberikan manfaat bagi ibu hamil karena bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, durian juga memiliki efek antimikroba, antibakteri dan antijamur, yang dapat melindungi ibu hamil dari serangan penyakit. Meskipun demikian, durian harus dikonsumsi dalam jumlah moderat karena terlalu banyak makan durian bisa menyebabkan beberapa masalah bagi ibu hamil. Durian memiliki kalori dan kandungan gula cukup tinggi  dimana 2 biji durian memiliki 60 kalori, sehingga durian dianggap sebagai salah satu buah dengan kandungan kalori tertinggi. Oleh sebab itu ibu hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Selain alasan tersebut tampaknya belum ada penelitian yang membenarkan jika makan durian bisa membahayakan kehamilan secara langsung.
loading...